December 19, 2018

Buat Apa Uang 100 Juta?

by , in

Seumur hidup, belum pernah pegang uang 100 juta. Terbayang deh kalo ada yang kasi 100 juta secara cuma-cuma, pasti banyak yang minta traktir! Kawan-kawan yang nggak pernah berkabar pun bakal merapat biar kecipratan traktirannya! Duh duh duh berprasangka buruk melulu ya pikirannya! Yah kalo boleh berandai-andai, ini kira-kira yang akan dilakukan kalo dapet rejeki nomplok 100 juta di depan mata.

1. Beli Emas

Berhubung aku suka dengan perhiasan, eh siapa juga ya perempuan yang nggak suka perhiasan?. Aku mau nabung dalam bentuk emas aja. Uang kan bentuknya padat tapi sifatnya cair alias gampang habisnya kalo nggak dibekuin lagi hahahaha. Lebih baik dipadatkan dalam bentuk emas batangan atau perhiasan. Perhiasan kan sewaktu-waktu bisa dijual lagi ke tempat kita beli, asalkan bukti pembeliannya tidak hilang. Harganya pun nggak terlalu turun kok!

2. Nabung Haji

Langsung deh buka rekening untuk tabungan haji berdua dengan suami. Daftar haji sekarang kan, masa tunggunya nggak sebulan dua bulan tapi cukup lama. Jadi lebih baik daftar dari sekarang supaya bisa ibadah haji. Mudah-mudahan beneran kesampaian aamiin ya robbal alamiin.

3. Uang Muka Rumah

Biaya yang dibutuhkan untuk beli rumah tuh semakin hari semakin besar, harga rumah selalu naik karena banyak orang yang membutuhkan. Kalo punya kesempatan dapet hadiah 100 juta, langsung survei rumah dan saat ketemu yang cocok bisa langsung kasi uang muka. Hmm beli rumah dimana kita?

4. Uang Muka Mobil

Mungkin kalo beli mobil bekas masih cukup kali ya uang 100 juta, tergantung kondisi dan merk mobilnya. Tapi kalo mau mobil baru ya mungkin cukup untuk uang mukanya saja. Udah punya bayi soalnya, kan kalo ada mobil enak bayinya nggak kehujanan dan kepanasan. Orang tuanya nggak pegel gendong, barang bawaan bisa disimpan di mobil, dan bisa bawa stroller juga. Lebih nyaman pastinya.

Dpikir-pikir, kapan ya bisa punya uang 100 juta. Semoga Allah SWT mengabulkan! Gaya hidup harus terkendali, supaya bisa terkumpul tabungan 100 juta. Bisa jadi dana darurat juga ya kan! Nah sekarang giliran kalian yang cerita, seandainya dapet hadiah 100 juta mau digunakan untuk apa aja nih?!
December 19, 2018

Klik Situs Ini dan Temukan Keseruannya!

by , in

Ketika berselancar di dunia maya, biasanya kita suka nggak tau waktu. Klik sana klik sini, tau-tau udah lewat tengah hari. Apalagi waktu masih mahasiswa, semua situs maunya dibuka untuk cari referensi dalam menyelesaikan tugas maupun penelitian. Lebih sering sih buka situs pertemanan dan senengnya buka-buka profil orang *ups ketauan deh*

Sekarang sih lebih sering buka media sosial dibandingkan website untuk tau informasi, tapi ada beberapa website yang memang sering dibuka.

1. Google.com

Situs pencarian paling populer ini mungkin jadi situs yang paling sering dibuka juga sama temen-temen semua. Yah gimana ya, segala informasi ada dari yang hoax sampe fakta. Bisa cari gambar juga, hasil-hasil penelitian juga, sampai menerjemahkan bahasa. Lengkap dan banyak sumbernya.

2. id.theasianparent.com


Saat masa-masa kehamilan mulai cari-cari di internet berbagai informasi seputar perkembangan janin dan pertumbuhan bayi. Nggak ragu untuk berlangganan artikelnya supaya bisa langsung masuk ke email kalo ada info-info baru. Sekarang sudah ada aplikasinya juga, jadi bisa lebih asyik baca artikelnya!

3. Popmama.com


Ibu muda macam aku ini bener-bener butuh 'asupan’ informasi yang mencerahkan, bukan berdasarkan katanya atau dulu kalo begini begitu nggak apa-apa. Popmama.com ini ada komunitasnya juga yang tergabung dalam grup WhatsApp. Rutin menyelenggarakan meet up yang dikemas dalam berbagai kegiatan seperti makeup class, parenting, fotografi, sampai financial. Suka ada giveaway juga lho! Aku belum pernah ikutan sih, cuma seneng baca-baca artikel dan kadang-kadang ikut interaksi di grup WhatsApp. Apa ada yang mau join?

4. Hellosehat.com


Sejak terkena infeksi saluran kemih, aku mulai cari-cari informasi tentang kesehatan. Situs hellosehat ini menurutku lengkap, karena kita bisa baca artikel yang ditulis oleh para ahli dan ada info tentang obat-obatan juga. Jadi nggak ragu deh untuk berlangganan newsletter hellosehat, supaya kalo ada artikel kesehatan terbaru bisa dapet notif dari email.

5. Kaskus.co.id


Saat banyak waktu luang, masih suka buka kaskus tapi seringnya jadi silent reader aja sih. Di kaskus kita bisa menemukan beragam informasi, mulai dari curhatan orang lain, informasi seputar persiapan pernikahan, tanam-tanaman, dan sebagainya. Forum-forum di kaskus juga sering mengadakan gathering, jadi nggak hanya interaksi dunia maya aja yang kenceng tapi di dunia nyata juga bisa jalin silaturahmi.

Dari lima situs yang sering aku kunjungi, semuanya memberikan manfaat masing-masing. Buang-buang waktu sambil online tuh emang nikmat banget. Apalagi kalo berselancarnya menggunakan laptop, buatku bisa seharian sambil main games dan blogwalking. Share dong situs yang paling sering kalian kunjungi, nanti aku mampir kesana! :D
December 17, 2018

Belanja Online Lewat Situs dan Aplikasi Lalu Temukan Official Shopnya!

by , in

Siapa yang jadi 'korban’ harbolnas???
*Tunjuk tangan*
Menjelang masa pemberian MPASI (Makanan Pendamping Asi), aku agak kalap saat harbolnas alias hari belanja online nasional yang berlangsung pada tanggal 12 Desember 2018. Aku susun terlebih dahulu printilan yang dibutuhkan, lalu aku sortir untuk diprioritaskan. Tetep aja nggak bisa tidur karena rasanya pengen beli semua aja tanpa harus sortir hahaha. Nah berikut ini lima situs belanja favorit saat harbolnas dan hari-hari sebelum harbolnas tiba.

1. Shopee

Situs ini jadi pilihan karena sering subsidi ongkos kirim dan bantuan filter star seller yang memudahkan untuk sortir. Pilihan official shopnya juga beragam, suka belanja di situs ini untuk beli baju bayi di libby official, perkakas MPASI di Lusty Bunny, kebutuhan harian di unilever, dan printilan lainnya yang ada di star seller. Packagingnya pun oke, dikardus dan diberi plastik isi angin saat belanja di shopee mall.

2. Lazada

Gratis ongkos kirim tiap beli barang yang sedang dicari juga bikin mikir-mikir untuk membandingkan harga. Barang yang dibeli pun belum pernah dalam kondisi buruk. Bahkan temenku sampe ikutan belanja pake akun ku juga karena puas belanja disitus yang satu ini. Tas, kipas angin, sampai popok bisa diubek dan ditimang-timang harganya.

3. PHD Delivery

Salah satu situs yang mudah diakses dan membantu saat ingin pizza tapi malas masuk waiting list di restoran. Tanggal gajian adalah hari yang pas untuk menikmati pizza. Bagi yang nggak mau repot pergi ke restoran seperti aku, cocok!

4. Alfacart

Belanja kebutuhan pokok di situs ini ku lakukan terutama saat bekerja. Tak perlu repot membawa kardus besar seorang diri. Tinggal klik-klik kebutuhan yang diperlukan, lalu duduk manis deh tunggu barang diantar. Praktis banget kalo lagi mager belanja.

Baca: Pengalaman Belanja Online

5. Instagram

Display produk di instagram tuh memikat mata banget. Kepincut sama gamis-gamis ibu menyusui dan jilbab biasanya kalo di instagram. Hati-hati juga kalo belanja online disini. Biasanya aku pilih foto produk yang asli, bukan barang-barang impor gitu. Alhamdulillah nggak mengecewakan, salah satunya belanja di akun instagram duresuka. Lagi diskon lho ibu-ibu gamis-gamis syantiknya, mangga diborong hahaha.

Melihat situs-situs belanja online dan teman-teman yang jualan juga, kadang suka mikir dan pengen ikutan jualan. Belum ada ide sih sampai hari ini mau jualan apa karena mentalnya konsumen bukan produsen apalagi penjual. Untuk yang hobi berbelanja online, pegang remnya kuat-kuat yah supaya nggak blong pengeluarannya! :))
December 16, 2018

Menciptakan Bahagia

by , in

Bahagia itu kita yang ciptakan, kalo tergantung orang lain wah nggak bisa dipastikan kayaknya ya waktunya. Dari sekian banyak kebahagiaan yang hadir, ada cara-cara sederhana yang bisa ditempuh dalam waktu singkat dan nggak repot-repot banget kok hahaha. Ini dia lima kebahagiaan itu!

1. Minum Es Campur

Ini kebahagiaan sederhana tapi mengundang penyakit hahahaha. Pernah saat hamil, malem-malem sampe pesen melalui aplikasi online karena kepengen banget es campur. Isi es campur yang aku suka itu ada cincau hitam dan kolang-kaling, tambahan lain seperti agar-agar, tape, roti, kelapa, rumput laut dan lain-lain nggak harus ada juga aku sudah sangat menikmati. Namun makin kesini jarang ku temukan es campur yang sesuai seleraku, seringnya dicampur buah dan semakin menjamur pedagang sop buah. Padahal menurutku, sop buah yang asli itu ya yang berkuah sari buah bukan hanya sirup atau susu kental manis hahaha.

2. Makan Pete / Jengkol

Dua makanan ini langka untukku, karena suami tidak suka maka harus memilih waktu yang tepat untuk menikmatinya hahaha. Nikmat mana lagi yang ku dustakan ketika makan dengan duo favorit ini ditambah nasi hangat plus sambal dan ikan asin :D

3. Dapet Komentar Positif di Blog

Duh duh duh siapa sih blogger yang nggak senang kalo blognya masuk dalam list blogwalking dan dapet komentar positif? Bonusnya traffic kunjungan naik, masuk halaman pertama saat situs pencarian, sukur-sukur dapet back link juga. Berhubung aku masih belum banyak kesempatan untuk blogwalking, jadi belum bisa sering meninggalkan jejak di blog-blog yang ku baca.

4. Disenyumin Tetangga

Saudara yang paling dekat adalah tetangga. Walaupun punya kakak dan adik lebih dari satu misalnya, tetap saja dalam keadaan darurat yang terdekatlah yang bisa menolong dengan segera. Disenyumin tetangga adalah satu dari sekian banyak ibadah yang mudah dan bikin bahagia, tentunya aku juga berusaha senyum dulu sebelum mengharapkan senyumku dibalas dan sering juga 'baper’ karena tetangganya melengos atau pura-pura nggak lihat. Ah, mungkin itu prasangka buruk ku saja.

5. Ditanya Kabar

Hai apa kabar?

Ditanya kabar terlebih lagi oleh kawan lama, asal nggak uud aja alias ujung-ujungnya duit hahaha. Seneng rasanya kalo mendapat sapaan hangat walaupun hanya lewat surat elektronik atau komentar positif di media sosial. Seringnya sih aku bertanya kabar ke kawan lama itu setelah mimpi malamnya, entah mimpi baik atau mimpi buruk, paginya ku sempatkan bertanya kabar. Memastikan bahwa orang yang kita kenal dalam keadaan yang baik-baik saja itu menenangkan untuk ku :)

Percaya nggak kalo hal-hal sederhana di atas bisa bikin bahagia? Kalo belum percaya, coba deh salah satunya.. Insya Allah bahagia. Bahagia itu tergantung mindset sih. Trust me, it's work!
December 15, 2018

Gunakan Lima Produk Ini Untuk Awal Belajar Makeup

by , in

Dari awal kenal makeup selalu tertarik dengan lipstik. Berhubung di rumah ada tiga perempuan, jadi kalo nggak suka sama warna lipstiknya bisa dipakai ibu atau adik ku hahaha. Semakin 'getol’ merias diri itu saat praktek pengalaman lapangan dan menghadiri undangan pernikahan. Sempet suka juga sama model-model hijab yang dibentuk-bentuk supaya lebih modis.

Awal-awal saat masa kuliah, coba-coba lipstick viva. Sebagian besar perempuan menggunakan merk viva untuk membentuk alisnya. Aku dari dulu nggak terlalu suka ‘ngalis’. Lebih senang main-main warna eyeshadow wardah dan eyeliner make over. Nah berikut ini lima produk yang sering aku pakai, mungkin bermanfaat juga untuk kamu yang malas ganti-ganti warna lipstik dan baru pengen coba-coba make-up.

1. Revlon Colorburst Matte Balm


Jenis pewarna bibir ini memberikan sensasi adem di bibir setelah diaplikasikan. Pilihan warnanya juga banyak, tapi setelah makan atau minum harus diaplikasikan lagi karena tidak tahan lama. Biasanya aku pakai untuk sehari-hari, warnanya melekat di bibir jadi terlihat seperti warna asli bibir alias tampak natural.

2. Makeover Creamy Lust Lipstick Mauve Brown


Wajahku ini nggak cocok kalo pake warna-warna nude yang hits pada masanya. Satu-satunya yang agak nude ya lipstick nomor 07 ini. Ikut coba-coba bareng temen-temen di counternya makeover. Langsung jatuh hati sama warnanya. Temen-temenku juga bilang cocok, langsung deh bungkus!

3. Elizabeth Helen

Baru 'ngeh’ kalo lipstick ini tuh cucok banget dan warnanya tahan lama. Packagingnya juga cantik karena warna favorit yaitu hijau. Kadang suka aplikasikan dengan teknik ombre juga dipadu makeover. Lipstick ini jadi salah satu oleh-oleh yang paling digemari ibu-ibu. Aku pikir warna-warnanya ‘dangdut’ semua, tapi ternyata ada warna merah muda yang selalu jadi pilihan saat menghadiri undangan pernikahan.

Baca: Temukan Elizabeth Helen di Watson

4. Eyeliner Pencil Makeover

Source: Tokopedia

Berhubung ibuku terbiasa pake eyeliner yang jenis pensil, aku pun jadi kurang mahir menggunakan eyeliner lainnya. Jadi punya eyeliner tuh awet banget karena jarang dipake juga sih, apalagi setelah punya anak. Makeover eyeliner pencil ini bahannya empuk, jadi saat mengaplikasikan enak dan tidak mudah patah. Untuk pemula yang ingin coba-coba bikin eyeliner tapi khawatir gagal, ku sarankan pake eyeliner pensil saja dulu sebelum coba yang lain.

5. Makeover Hydration Serum

Satu tetes cukup untuk satu wajah sebelum diaplikasikan foundation atau based. Efek setelahnya kulit jadi kenyal dan saat dibasuh air terasa lembut di kulit. Aku pake ini sekali-sekali saja, saat sedang santai dan nggak terburu-buru mengejar waktu :D


Apa ada produk yang sering kalian pakai juga? Rekomendasikan yah di kolom komentar :D
December 14, 2018

Mengenang Masa Kecil

by , in
Kadang orang berkeinginan untuk kembali ke masa kecil, saat yang tak kenal lelah untuk bermain sepanjang waktu. Belum tau bahwa mengayuh roda kehidupan itu berat jika dianggap beban, ringan jika teriring syukur. Kadang di atas kadang di bawah, tapi waktu masih kecil bahagia aja terus ya rasanya?

Alhamdulillah masa kecilku bahagia, walaupun hidup di kontrakan petak tapi orang tua selalu memenuhi kebutuhan kami anak-anaknya. Kenangan yang paling diingat memang bukan yang paling bahagia sih, tapi yang paling sedih. Sekitar tahun 2000, kami sekeluarga kecelakaan. Motor yang kami berempat tumpangi ditabrak truk tronton. Kami pun terseret, wajahku menggerus aspal. Ku lihat samar-samar ibuku tersungkur dan adikku menangis karena keningnya terluka, kejadiannya cepat sekali. Tau-tau kami sudah di pinggir jalan dan ayah serta banyak orang lainnya membantu kami berdiri. Shock.

Kami pun dibawa dengan angkot ke rumah sakit di Kota. Jauh, perjalanan kami jauh. Ibu harus dirawat di rumah sakit, sementara aku dan adik dengan luka jahitan di keningnya diantar pulang ke rumah kerabat. Adikku masih 3 tahun dan aku kelas 4 SD. Kondisi kami saat itu terpisah antara tempat ayah bekerja, ibu di rumah sakit, dan kami tinggal di rumah kerabat.

Rasanya tiap malam aku sedih, aku harus merawat adikku yang belum mengerti apapun dan selalu tanya kapan kita pulang. Kadang kami harus sembunyi-sembunyi menemui ibu di rumah sakit, karena peraturan tidak memperbolehkan anak dibawah umur masuk ruangan ibu. Aku tak tahu, kenapa begitu lama ibuku dirawat.

Hari berganti minggu, dari bulan ke bulan ibu tak kunjung pulang. Alhamdulillah menjelang bulan Ramadhan, ibu pulang. Ku ingat betul badannya kurus kering. Setelah beberapa lama, kami baru tau kalo ada malpraktek yang dilakukan pada ibu. Segera ditangani pada saat itu dengan pindah rumah sakit karena keluarga melihat yang tak sewajarnya.

Kami bisa berkumpul lagi setelahnya, rasa syukur dan rasa rindu tumpah ruah melebur jadi satu. Sekarang ibu sehat, walaupun sering mengeluh asam lambung yang tak kunjung diperiksa dan hanya dianalisa sendiri. Walaupun sudah terpisah rumah, kami masih sering bertemu. Semua orang sempat tak percaya ibu bisa gemuk lagi, karena kondisi setelah sakit benar-benar membuat prihatin. Alhamdulillah Allah masih mengizinkan kami berkumpul dengan nikmat sehat dan iman sampai hari ini.


December 13, 2018

Berdoa Yuk untuk Mewujudkan Lima Keinginan Ini

by , in

Banyak keinginan dari kecil yang belum kesampaian, salah satunya karena nggak diusahakan dan diniatkan sepenuh hati. Waktu kecil seringnya keinginan terkabul dan berpikir bahwa orang tua yang mewujudkannya, padahal tanpa izin Allah, sesuatu bisa saja tidak dikabulkan. Keinginan kita mungkin Allah kabulkan dalam bentuk yang lebih baik, tidak segera dikabulkan tapi di waktu yang tepat. Apa saja ya lima dari sekian banyak keinginanku?

1. Ibadah Haji

Semua kaum muslimin dan muslimah pasti punya keinginan yang sama. Ibadah haji ke tanah suci yang termasuk ibadah wajib ini, sekarang punya masa tunggu 15-20 tahun. Kalo bukan sekarang, kapan lagi daftar dan nabungnya?

2. Jalan-jalan ke UK

Tiap sepupuku kembali ke negara tempat tinggalnya hati maunya ikut aja, tapi sekedar pengen aja karena terbayang melihat tempat-tempat seperti di film-film yang disiarkan di TV. Bagus, rapi, bersih, dan orang-orang yang tinggal disana ganteng, putih, cantik, wah artis semua lah pokoknya hahahaha. Bisa lihat langsung semua orang cas-cis-cus ngobrol dalam bahasa inggris. Kepikiran mau cari beasiswa supaya bisa lanjut sekolah disana, tapi nggak terlalu niat sih. Mudah-mudahan suatu hari nanti, entah aku, suami, anak, cucu, cicit, sampai disana untuk lanjut sekolah aamiin ya robbal alamiin.

Baca: Mau Kemana Kita?

3. Punya tabungan

Setelah melewati momen “bertubi-tubi”, alhamdulillah aku dan suami bisa menikmati prosesnya. Sekarang tinggal berpikir sepuluh, dua puluh, tiga puluh tahun ke depan. Pengen banget punya tabungan yang diambil disaat yang tepat, tabungan pendidikan, tabungan hari tua, atau tabungan darurat. Kami memang menabung sedikit demi sedikit namun diambil juga sedikit demi sedikit untuk mencukupi kebutuhan yang lain. Bismillah, semoga Allah mudahkan...

4. Bisa nyetir mobil

Keinginan ini sudah terpendam sejak aku bisa nyetir motor, sekitar tahun 2014. Rasanya saat bikin SIM motor, pengen sekalian SIM mobil juga. Namun, ibuku masih belum membolehkan karena khawatir anaknya main tambah jauh hahahaha. Alhasil, sampai sekarang aku belum bisa nyetir mobil, padahal ya bermanfaat banget keahlian satu itu. Lumayan kalau nanti bisa jadi supir jemputan atau sopir taksi online :))

5. Menerbitkan Buku

Duh, cerpen aja belum pernah terbit! :D
Motivasi menulis buku memang kurang banget nih, apalagi sekarang sudah banyak hal-hal yang lebih prioritas. Semakin hilang usaha untuk mewujudkan buku karya pribadi. Mungkin enaknya dari kumpulan tulisan di blog ini langsung aja gitu ya jadi buku hahahaha. Apa ada yang mau baca?

Dari lima keinginan yang sudah disebut, mungkin pembaca sudah tau ya mana yang paling ingin diwujudkan. Hayo yang mana kira-kira? :D
December 11, 2018

Surat untuk Ananta

by , in
Untuk yang tersayang, dimanapun dan kapanpun kau baca surat ini, doa keluarga selalu mengiringi setiap jejak langkah yang kau pilih.

Kita tidak bisa memilih siapa orang tua kita dan siapa anak kita kelak. Kami menantimu penuh sukacita dalam doa di setiap malam-malam panjang agar kau selalu sehat dan kelak menjadi anak yang soleh, berbakti pada orang tua, tak kurang suatu apapun. Di usiamu saat ini, semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmat dan kasih sayang yang tak terbatas seperti yang teruntai dalam nama terakhir mu. Sesungguhnya engkau hanyalah titipan Allah nak.. sebaik-baiknya titipan Allah SWT yang kelak harus bermanfaat bagi orang lain.

Saat sekarang Mam menulis ini, kau masih ditimang-timang dalam pelukan Papah dan Mama. Kami bersyukur memiliki mu karena kau hadir sebagai pelipur lara saat kakek tiada, sebagai penghibur saat hujan deras datang malam hari, sebagai teman kala lampu padam karena listrik mati. Ada masa saat Mam kesal karena tangisan mu tak kunjung berhenti, rengekan mu tak jua usai saat Mam batuk dan pilek. Waktu itu rasanya kepala mau pecah, tapi setelah kau tenang… Mam merasa bersalah dan meminta maaf saat kau tidur. Wajahmu sangat menenangkan setiap orang yang melihat. Kau pun ramah dan suka tersenyum malu-malu saat orang memanggil namamu.

Memasuki pengenalan makanan, kau makan dengan lahap bubur dan biskuit bayi. Walaupun berat badanmu belum mencapai garis ideal, namun kau bukan anak yang kekurangan gizi. Dari hari ke hari berat badanmu semakin berat saat digendong. Kau pun mulai merangkak, duduk sendiri di kursi makan, dan maunya berdiri. Ah, tak sabar rasanya melihat kakimu berlari dan berjalan serta mengayuh sepeda tanpa perlu bantuan.

Kal, kelak kau akan tau… tersenyum malu-malu saja tak cukup untuk melembutkan hati manusia. Saat kau dewasa nanti, berdirilah yang tegak. Hadapi segala ujian yang Allah SWT berikan untuk menambah pahala untukmu. Carilah ilmu dan bagikanlah ilmu yang kau tau ke orang lain, jangan lupa beramal, dan jadilah anak yang soleh.

Suatu hari nanti saat kau baca ini, semoga kita masih dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin ya robbal alamiin.

Source: PicsArt

December 11, 2018

Mau Part-time atau Full-time?

by , in

Awalnya, setelah lulus kuliah, aku memilih bekerja sebagai blogger full-time. Tiap ada undangan event selalu hadir, blognya selalu update, tapi jam kerja dan uang yang diperoleh tidak bisa dipastikan. Menurutku pribadi nggak masalah, tapi ibuku punya pendapat yang berbeda. Beliau masih suka lihat anaknya pergi pagi pulang malam untuk mencari penghasilan, gaji dan jam kerjanya teratur, anaknya nggak menghadap handphone dan laptop terus. Akhirnya aku mengurungkan niat menjadi blogger full-time.

Setelah bekerja, aku menjadi blogger part-time. Masih senang hadir ke undangan event blogger dan review produk-produk. Menikahlah aku dengan seorang blogger juga :)

Dipikir-pikir nggak mungkin aku menjadi full-time blogger karena prioritas utamaku sekarang bukan itu. Ada suami dan anak yang harus disayangi serta dilayani kebutuhannya. Alhamdulillah suami masih mendukung kegiatan blogger sewaktu-waktu jika ada undangan. Aku sadar diri aja, setelah punya anak membatasi dulu acara-acara blogger yang jauh dari tempat tinggal. Sebenarnya dalam hati kepengen banget, tapi disabarin aja shay, karena pekerjaan yang sesungguhnya adalah mengurus rumah yang kerjaannya nggak habis-habis dan nggak ada bel pulangnya hahaha.

Salut sama temen-temen blogger yang masih bekerja dan masih aktif blogging juga. Ikut lomba, datang ke event, dan review, aku yakin semuanya dilakukan nggak semata karena uang. Kalo dilakukan karena uang aja, pasti nggak pernah puas. Beda dengan blogger yang memilih cari nafkah sebagai full-time blogger, karena kebutuhan utamanya mencari uang ya segala kegiatan per-blogger-an dijalani.

Aku merasa menjadi blogger full-time atau part-time akan menjadi pekerjaan yang abadi di masa depan, karena sebenarnya posting blog itu kan suka-suka. Mau di monetize atau tidak, itu juga terserah pemiliknya. Platform blog pun ku rasa akan semakin banyak tersedia, nggak hanya blogspot dan wordpress. Kalo lihat kisah sukses blogger yang bisa sampe melunasi rumah dan membantu perekonomian keluarga, itu aku speechless sih… kok bisa? Keren dan harusnya membuatku terpacu ya? Hahaha

Aku memang masih setengah-setengah, posting blog hanya sebagai hiburan dan bukan prioritas utama untuk cari uang. Buat temen-temen yang baru mulai blogging, santai aja… nanti juga ketemu asiknya :)
December 09, 2018

Pekerjaan Ini Paling Disukai Lho!

by , in
Source: PicsArt

Sebelum menikah, aku suka banget setrika baju dan cuci piring. Sekarang kok pekerjaan rumah yang disukai bisa beda ya? Mungkin salah satunya karena keterbatasan waktu.

Aku biasa setrika baju di kamar lantai atas yang biasanya tidak ada orang lain. Hanya aku dan tumpukan baju-baju, televisi, juga kipas angin, satu lagi handphone. Pekerjaan menyetrika enak dilakukan setelah solat subuh. Jadi abis subuh nggak akan tidur lagi. Sambil nyetrika biasanya sambil mikir, apa aja yang terlintas dipikiran. Kalo kata orang itu namanya salah satu meditasi. Oiya, setrika yang digunakan di rumah itu setrika sejak aku TK loh! Walaupun sering diperbaiki oleh ayahku sendiri, alhamdulillah masih bisa dipakai. Keluargaku memang gitu, selama belum rusak banget ya perbaiki terus-menerus. Menyetrika biasanya butuh waktu yah sejam dua jam. Aku menyetrika pakaianku sendiri sih. Kalo pakaian yang lain aku nggak sanggup :))

Pekerjaan rumah yang paling disukai setelah menyetrika adalah mencuci piring. Ini juga menjadi sarana meditasi, tidak ada yang ganggu. Jadi pikiranku mengalir bersama aliran air serta kotoran di perkakas makan, minum, dan memasak. Dulu tuh paling males bersihkan busa setelah cuci piring yang menempel di meja dan bak cuci piring. Jadi sering kena omel hahahaha.

Sekarang, setelah menikah aku masih suka cuci piring tapi nggak suka menyetrika. Aku lebih suka cuci baju, dulu males banget yang namanya cuci baju karena urutan mencuci yang diajarkan ibu tuh memakan waktu lama banget padahal pake mesin cuci. Ya memang hasilnya lebih bersih, tapi lama banget jadi aku males. Belum jemurnya harus angkat-angkat ember cucian ke lantai atas. Aduh membayangkannya aja aku udah mager duluan.

Tapi sekarang, aku jadi lebih suka cuci baju karena nggak harus duduk diam seperti menyetrika. Saat cuci baju kita masih bisa lakukan kegiatan lain. Proses mencuci seperti yang ibu ku ajarkan pernah aku lakukan sebelum punya anak, tapi setelah punya anak… bye! Biasanya aku cuci-cuci baju di hari Selasa, Jumat, dan suami bantu di hari minggu. Jemurnya pun nggak harus ke lantai atas dan nggak perlu pake baju rapi hahaha.

Sebenarnya pekerjaan rumah itu nggak akan pernah selesai ya nggak sih? Karena selesai mencuci pasti ada lagi yang habis pakai dan kotor, jadi harus dicuci dan setrika. Begitu juga dengan cuci piring, setelah makan ya ada lagi piring kotornya hahahaha. Gitu aja terus sampe ganti hari :D

Kalo kamu, apa suka cuci piring dan cuci baju juga?
December 09, 2018

Berlibur di Rumah

by , in
Hari libur adalah hari yang ditunggu-tunggu para pekerja luar rumah, karena buatku semua hari itu hari libur apalagi saat suami libur kerja. Kami biasa menghabiskan waktu di rumah, suami bantu beres-beres rumah dan cuci-cuci. Aku bagian mengolah masakan yang biasanya sudah direquest. Waktu hamil, pagi-pagi kami jalan kaki sama-sama. Aku belok ke tukang sayur, suami lanjut olahraganya.

Sampai di rumah aku pun mulai berantakin dapur, maklum tukang masak amatir. Resep-resep di cookpad dan blog-blog aku bandingkan sebelum mulai meracik bahkan sebelum memutuskan mau masak apa hari ini. Suami suka yang tumis-tumis, tepung-tepungan, dan sambal. Aku suka ikan dan sayur mayur berkuah. Hanya pasta dan ayam yang bisa mempersatukan selera kami hahahaha.

Beres-beres rumah selesai, lanjut makan siang. Sarapan biasanya beli atau sekedar cemal-cemil mi instan #lho

Habis makan terbitlah lapar, mumpung libur enaknya bobo siang… tapi jarang banget karena lebih enak dipake untuk streaming film lewat aplikasi langganan. Sebagai orang yang selalu antusias dalam menyambut weekend, aku juga nggak melewatkan kesempatan untuk utak-atik blog. Entah sekedar draft postingan atau blogwalking.

Aktivitas di atas adalah bulan-bulan sebelum aku melahirkan hahaha. Setelah melahirkan, pagiku ngantuk. Suami pun berangkat olahraga seorang diri, sementara aku memandikan bayi dan menidurkannya lagi karena biasanya si bayi bangunnya terlalu pagi. Bayi tidur, kadang aku pun tidur, atau memilih utak-atik handphone, balas-balas pesan whatsapp dan lihat-lihat updatenya.

Selesai suami olahraga, aku pergi belanja. Lebih enak belanja sendiri karena lebih cepat dan nggak perlu gendong, tapi seringnya belanja bertiga karena eh karena si bayi bangun dan paksu khawatir kalo nangis nggak berhenti-berhenti hahahaha. Jadi kita pergi belanja sayur rombongan :))

Saat aku masak-masak, suami pun gantian ajak main si bayi. Hal ini hampir tiap minggu kami lakukan. Namun, ada juga sih saat-saat kita pergi makan keluar, sekedar makan bakmi atau makan di food court.

Terasa sekali perbedaannya sebelum dan sesudah punya bayi. Awal-awal aku merasa nggak suka “ditempel” terus sama bayi, karena kondisiku capek dan ngantuk berat. Namun, lama-lama terbiasa Alhamdulillah.

Kalo kegiatan hari liburmu gimana? Apa ada kegiatan yang rutin dilakukan atau selalu berubah-ubah?

Share ya!

Source: PicsArt


December 08, 2018

Putar Lagu Ini dan Resapi Liriknya!

by , in

Semenjak memilih bekerja di rumah, aku nggak merasa kurang update alias kudet dengan temen-temen lain yang bekerja, karena masih aktif lihat perkembangan berita di TV dan handphone :))

Urusan musik, aku udah lama juga nggak dengar radio, biasanya sambil ketik-ketik di kantor dengerin radio. Sekarang sambil urusin kerjaan rumah dengerin TV yang aku setting video-video anak-anak hahahaha.

Aplikasi pemutar musik sudah di uninstall juga, kalo mau dengerin ya putar dari YouTube aja. Eh tapi aku masih punya lho playlist yang sering diulang-ulang kalo lagi pengen dengerin dan biasanya bisa balikin mood juga, ini dia daftarnya:

1. Bondan ft. 2 Black - Ya sudahlah

Ketika mimpimu… yang begitu indah…
Tak pernah terwujud… ya sudahlah
Apapun yang terjadi… ku kan slalu ada untukmu...

Ini baru namanya lagu romantis, pasrah, walaupun bukan lagu religi tapi kalo lagi down denger lagu ini tuh rasanya bisa istirahat sebentar, terus yah besok kita mulai lagi :)

2. The Overtunes - Sayap Pelindungmu

Kapanpun mimpi terasa jauh… oh ingatlah sesuatu…
Ku akan selalu… jadi sayap pelindungmu…

Masih tentang dukungan semangat pada kekasihnya, dengerin lagu ini enaknya sambil berpelukan eaaa

3. Us The Duo - Take Me Home

I'm only happy when I'm with you
Home for me is where you are.
I try to smile and push on through.
But home for me is where you are.

Musik pengantar tidur pada masanya, malam-malam dalam tenda di Papandayan.

4. Ed Sheeran - Photographs

We keep this love in a photograph
We made these memories for ourselves
Where our eyes are never closing
Hearts are never broken
Times forever frozen still

Unspeakable.

5. Taylor Swift - Ours

Don't you worry your pretty little mind
People throw rocks at things that shine
And life makes love look hard
The stakes are high, the water's rough
But this love is ours

Nggak usah peduli apa kata dunia, karena cinta ya milik kita dan Sang Maha Pencipta. Di luaran sana mungkin banyak orang yang memicingkan mata dengan tatapan curiga. Tapi kita akan selamanya saling menguatkan.

6. Aku Ada - Dewi Lestari ft. Arina Mocca

Melukiskanmu saat senja
Memanggil namamu ke ujung dunia
Tiada yang lebih pilu
Tiada yang menjawabku selain hatiku
Dan ombak berderu

Senja di Karimun Jawa waktu itu. Eargasm

Baca: Liburan ke Karimun Jawa

7. Berlari Tanpa Kaki - GAC

Ini musik soundtracknya film Ernest. Entah kenapa pas denger lagu ini tuh jadi baper dan ikut suasana filmnya. Apalagi pas toko ayahnya Ernest dijual. Ngena banget lah musiknya pas.

8. Try Everything - Shakira

Lagu ini adalah lagu kenangan waktu di Alor, pas ada kerjaan disana. Pascagempa Alor, aku dan tiga kawan lain berangkat untuk ambil data. Masya Allah, disana tuh hmm gimana ya… susah diungkapkan dengan kata-kata. Nyaman dan jauh dari hingar bingar. Lagu ini jadi iringan musik senam pagi saat aku mengajak murid-murid disabilitas untuk senam. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa singgah kesana lagi.

Baca: Belajar dari Alor

9. Karena Su Sayang - Dian Sorowea

Lebih suka alunan musik lagu covernya sih daripada musik aslinya. Lebih mendayu-dayu dan sendu. Mungkin lagu ini termasuk dalam daftar lagu terbaru di playlist ku :D

10. Isyana & Raisa - Anganku Anganmu

Cakeplah duo penyanyi ini dijadikan satu. Masing-masing punya kharisma tersendiri dan saling melengkapi. Lagunya Raisa aku banyak yang suka juga sih, begitupun Isyana. Top lah! Semoga ada lagu duet lainnya!

Dari sepuluh lagu ini masih cinta musik dalam negeri lah ya. Walaupun beda tipis, tapi musik dalam negeri sekarang memang berkualitas banget. Bahkan ada penyanyi yang ku pikir musik luar Indonesia ternyata karya anak bangsa, seperti Dira Sugandi dan Dipha Barus. Keren!

Share juga dong musik di playlist mu, bisa jadi selera kita sama hehehe
December 07, 2018

Tonton deh Channel YouTubers ini!

by , in
Lupa, sejak kapan aplikasi youtube di handphone ini aku uninstall dan disable, selain untuk mengosongkan space, aku juga install youtube kids dan YouTube go untuk coba-coba aja sih seperti apa tampilannya. Ujung-ujungnya aku uninstall juga dan lebih memilih akses YouTube dari mobile web.

YouTube bukan aplikasi yang sering aku klik untuk cari informasi. Paling sering lihat YouTube untuk melihat trending video pekan ini. Lebih sering lihat Instagram story dan whatsapp update. Ada beberapa channel yang aku subscribe untuk iseng-iseng kalo lagi pengen nonton YouTube. Ini dia 5 channel YouTubers itu!

1. Arif Muhammad alias Mak Beti


Arif Muhammad ini YouTubers asal Medan yang menciptakan karakter Mak Beti, Beti, kawan-kawannya, bapaknya, gurunya, dan semuanya diperankan sendiri. Orang sering terkecoh dengan namanya karena mirip dengan pocong alias Arief Muhammad. Tapi karena keduanya menciptakan karakter yang berbeda, jadi mudah diingat.
Awal-awal aku lihat videonya pas mudik lebaran tahun lalu. Bener-bener hiburan banget di perjalanan yang padat kendaraan. Bang Arif bikin tutorial songkok Mak Beti dari kerudung yang nggak pernah dia ganti. Kalo lihat diwawancara Bang Arief pocong, sekarang Mak Beti udah pake daster yang dikasi mamaknya Bang Arief jadi semakin menjiwai hahahaha. Tonton deh videonya, sering trending loh sekarang!

2. Rachel Goddard




Aku selalu penasaran sama orang Indonesia yang menikah dengan orang luar Indonesia. Salah satunya Kak Rachel ini, perjalanan dia selama menikah dan pindah-pindah negara dibagikan dalam channel YouTube pribadinya. Pas melahirkan pun kak Rachel gokil banget lah dia make up dong! :))
Kak Rachel sering berbagi tutorial make up lho. Dengan mimik muka yang bikin ilfil kalo dilihat saat menyapa para netizen, sambil bilang “Jempolnya mana” LOL. Jangan lupa subscribe YouTube channelnya, karena gaya ceritanya seru banget!

3. Benakribo




Salah satu blogger favorit aku ini senang berbagi di YouTube channelnya. Dia juga menambahkan subtitle pada video-video yang dibuat untuk memudahkan teman-teman tuli menonton. Dia bikin podcast juga di channelnya, Level Up. Ada juga sharing The More You Know yang menambah insight positif penonton YouTubenya. Jadi nggak hanya cerita keseharian, tapi juga memberikan wawasan!

Baca: Blogger Favorit


4. Suhay Salim




Channel satu ini direkomendasikan sama temenku pas lagi bingung mau skincare-an. Niatnya sih gitu ya, tapi jangan tanya kenyataannya hahaha. Berhubung aku lebih kenal make up duluan, jadi mengumpulkan niat untuk rajin dan konsisten pake skincare itu hmm rasanya hoream pisan! :))
Sekarang masih dalam tahap mengumpulkan niat dan ngubek-ngubek video skincarenya. Semoga terealisasi! Ganbatte!!!

5. Space #



Ini bukan YouTubers sih, lebih ke channel YouTube yang menanyangkan Reza Chandika hahahaha. Pas Ramadhan kemaren ini, nggak mau sampe kelewatan episode keluarga badak itu ngocok perut banget! Tapi kalo selera humor kita beda ya, ya udah masing-masing aja *kok jadi nge-gas*
Eh keterusan deh lihat video lain Kenapa Belum Nikah? Ada episode yang bikin baper juga nih. Cek langsung di channel YouTubenya aja ya!

Tadinya nih ya, sempet kepikiran untuk aktif sebagai YouTubers, tapi ternyata waktunya butuh banyak banget, untuk rekam video dan editnya. Kalo posting blog kan masih bisa via handphone seperti yang sering ku lakukan. Salut deh untuk blogger yang jadi YouTubers juga! Oh iya saling subscribe yuk! Aku ada channel YouTube juga lho! *bersih-bersih sarang laba-laba*





December 06, 2018

Ingin Ini Ingin Itu Banyak Sekali~

by , in
2017 sibuk pernikahan
2018 Alhamdulillah anak lahir
2019 Insya Allah rencana-rencana selanjutnya yang ingin dilakukan Allah kabulkan, aamiin ya robbal alamiin.


Ada 5 keinginan yang mudah-mudahan terwujud. Bisa jadi sama nih keinginannya denganmu :D


1. Piqniq alias Liburan


Source: PicsArt

Piknik keluar pulau atau keluar kabupaten gitu maunya hahahaha. Belum ada kepikiran tempat yang pasti ingin dikunjungi tahun depan, karena eh karena piknik itu bukan prioritas tapi harus ada. Piknik terasa sekali manfaatnya untuk aku dan suami, selain istirahat sejenak dari rutinitas harian dan melihat suasana baru, kita juga bisa mendapatkan inspirasi. Kualitas kumpul keluarga pun bisa diperoleh saat pergi liburan bersama, mencoba kuliner baru, dan pastinya foto-foto untuk stok media sosial, LOL.


2. Pulang Ke Kota Kelahiran


Source: PicsArt
Kangen! Itu satu kata yang sulit diungkapkan. Terlebih setelah almarhum mbah kakung meninggal, walaupun baru setahun belum mudik lagi  rasanya seperti berabad lamanya. Suasana pagi hari yang duingin, sungai dan hamparan sawah depan rumah, serta tentunya suara si mbah putri yang Alhamdulillah masih sehat :’)

3. Mendekor rumah milik sendiri


Source: PicsArt

Aamiin! Sudah berangan-angan sejak lama bakal seperti apa nanti terasnya, ruang tamunya, dapur, tempat jemur, dan tempat tidur. Mulai cari-cari informasi juga seputar biayanya, bahan material yang nggak gampang dimakan rayap, dan warna-warni cat. Waaa~ semoga kesampaian!


4. Aktif (lagi) dalam kegiatan organisasi dan komunitas


PicsArt

Rindu itu berat memang untungnya nggak berbayar. Sudah lama tak jumpa dengan kawan-kawan Indonesian Youth on Disaster Risk Reduction (IYDRR). Organisasi ini fokus pada  Pengurangan Risiko Bencana, bagaimana mempersiapkan diri sebelum bencana itu terjadi. IYDRR punya kuliah WhatsApp dengan materi-materi yang menarik seperti kesiapsiagaan keluarga, sikap kita dalam menghadapi berita bencana yang hoax, sampai pembahasan gempa. Semua dilakukan sebagai upaya siap untuk selamat! Minat join IYDRR? hubungi instagramnya yah!


5. Juara lomba blog


PicsArt
Ehm, ini hal yang harus direalisasikan. Menyerah sebelum memulai udah kebiasaan banget setelah tau peserta-peserta yang ikut. Eh giliran ikut dan submit di injury time ternyata waktunya diperpanjang. Jadi semakin males ikutan, karena ada aja alasannya. Tahun depan coba-coba boleh lah ya :D

Semoga keinginan ini bisa direalisasikan, nothing to lose. Great things take time :)
December 05, 2018

Baca 10 Blog ini dan Temukan yang Kau Cari!

by , in
Blogwalking yang aku lakukan akhir-akhir ini pastinya berkaitan dengan 30 Day Blog Challenge Blogger Perempuan Network. Ada beberapa blog yang langsung aku follow sehingga masuk reading list yang jadi bacaan kala senggang (baca: bayi tidur, mama pun kenyang). Aku juga lagi cari-cari seputar perawatan bayi dan renovasi rumah. Nah daftar blog yang lagi sering aku klik-klik ada di bawah ini, siapa tahu kalian butuh informasinya juga ya kan. Yuk sama-sama kita baca!


1. Grace Melia


Waktu aku cari-cari info seputar MPASI bayi, muncul postingannya mom Grace yang menyebutkan daftar perlengkapan MPASI bayi dan harganya. Langsung aku catet buat perbandingan harga nanti saat belanja kebutuhan MPASi. Mulai dari peralatan mengolahnya sampai menyuapi. Tentunya belanjaan akan disortir sesuai kebutuhan.

Mom Grace Melia adalah ibu dari dua orang anak yang salah satunya merupakan anak berkebutuhan khusus. Blog yang ia buat pada awalnya bertujuan untuk berbagi cerita seputar kesehatan anaknya. Kalo teman-teman perhatikan, wajahnya nggak asing lho karena muncul di iklan layanan masyarakat.


2. Faradila



Ibu millennials asal Bogor satu ini senang berbagi seputar kecantikan dan anak. Saat hamil dan aku sedang heboh mau belanja kebutuhan bayi. Blognya Dila muncul dengan postingan daftar perlengkapan bayi. Di dalemnya juga diinformasikan perlengkapan yang nggak perlu untuk dibeli. Jadi bisa hemat beb!


3. Echaimutenan



Master of gendong-menggendong, kalo bingung mau beli gendongan seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Baca deh blognya mbak'e karena lengkap dari mulai gendongan apa yang cocok, mengenal berbagai macam gendongan, sampai cara menggendongnya pun ada disana.


4. Metahanindita



Saat galau dalam memilih pompa ASI, aku ketemu blog bu dokter Meta Hanindita. Beliau mereview harganya juga dan berdasarkan pengalaman pribadi. Informasi ini penting banget untuk working mom. Nah sekarang aku lebih sering baca highlights Instagram storynya karena banyak sharing soal MPASI.




5. Diah Didi



Blog ini suka aku ubek-ubek untuk cari resep masakan yang akan dimasak hari ini hahaha. Resep yang sudah pernah aku coba ada jamur krispi dan urap, semoga resep lainnya bisa segera aku praktekkan dan nggak gagal. Oiya Diah Didi ini menjual tepung kentang lho! Jadi untuk ibu-ibu yang malas mengolah kentang seperti aku bisalah dicoba.


6. Cepy


Pak suami punya blog yang isinya bahas kuliner, ada kuliner daerah Bogor, Bandung, sampai Jawa Timur. Tulisan lengkap dan foto-foto yang menggugah selera makan bisa ditemukan pada ulasan gurih. Tentu saja blog ini selalu muncul di reading list karena selalu update. Selain makanan ada juga buah pikiran lain yang dituangkan disana. Mangga sadayana mampir!


7. Freaky Teppy


Setelah punya anak, aku jadi tahanan rumah khususnya dalam hal nonton di bioskop. Jadi suka ngubek-ngubek blognya Kak Teppy buat baca review film yang sudah ia tonton. Postingannya nggak seputar isi filmnya aja, tapi diselingi juga dengan meme dan gambar lain yang menghibur pembacanya.


8. By Ruthie


ruthvcp[dot]com

Blognya Kak Ruth yang punya nama lengkap Ruth Vania Christine ini cantik banget tampilannya, enak dibaca. Berawal dari kunjungan Kak Ruth ke postinganku tentang Blogger Perempuan dan saat ku lakukan kunjungan balik langsung ku add dalam
reading list. Why not? Blognya informatif, senang berbagi  hal-hal yang aku belum tau seperti platform blog square space yang ku pikir hanya template blog. Betah deh berlama-lama “tenggelam” di blognya Kak Ruth :)


9. Diana Rikasari



Nggak usah dikasih tau lagi kayaknya kenapa ini masuk daftar blog yang sering aku kunjungi hahahaha. Warna-warni pelangi kesukaan Kak Di bikin pengen ketemu langsung sama orangnya. Semoga suatu hari nanti ya!




10. Granit Prihara



Iseng-iseng blogwalking cari-cari cerita renovasi rumah. Eh ternyata ada yang berbagi di blog! Walaupun belum tau kapan renovasinya, tapi setidaknya jadi tau proses renovasi yang ternyata memakan waktu dan biaya. Terimakasih mbak sharingnya!


Itu dia 10 blog yang lagi sering aku kunjungi. Masih banyak sebenernya yang masuk dalam reading list. Belum sanggup menyebutkan sisanya :))


Untuk temen-temen yang baru mulai ngeblog atau sudah lama posting blog. Jangan lupa di update ya blognya! Selain bisa bermanfaat untuk orang lain, blog juga bisa jadi inspirasi untuk posting sesuatu, dan bisa menambah pertemanan dengan blogwalking. Yuk mulai posting, happy blogwalking!

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram