Menjelajahi Media Sosial

by - November 24, 2018



Asl please
18, P, Bogor
Fs?
Gitu kira-kira percakapan anak SMA yang suka bikin tugas di warnet dan sambil buka media sosial yang hits pada masanya, Friendster alias Fs :))
Asl itu singkatan dari Age, Sex (jenis kelamin), dan Location. Bahasa percakapan di Mirc banget, sebelum ada aplikasi WhatsApp, Telegram, Line, dan lain-lain. Masa-masa SMA rajin banget sampe duluan di laboratorium komputer, sebelum pelajaran dimulai guru, aku dan temenku buka-buka internet.

Friendster berjaya pada masanya, bisa ganti-ganti foto. Jadi belajar edit foto yang ala-ala biar ngga biasa aja profile picturenya. Ada fitur who's viewed me juga yang bisa memperlihatkan akun friendster mana yang terakhir melihat profil kita. Oiya kita juga bisa ganti-ganti tampilan profil kita, misalnya nambahin tulisan glitter biar blink-blink hahahaha. Temen-temen pun bisa ngasih testimoni di profil kita :))

Ternyata pas kuliah, ada media sosial lain yang lebih menarik yaitu Facebook. Waktu itu temen kuliah ku ngajak untuk daftar akun Facebook, biar nambah teman katanya. Iseng-iseng aku bikin, sempet ngerasa asik update status terus banyak yang komen di update status kita. Jadi tiap hari maunya ada aja yang di update. Di Facebook kita bisa buat album foto dan menandai/tag wajah teman-teman kita satu-persatu. Facebook juga menghadirkan game online Hahahaha, jadi inget pernah keasikan banget main Baking Life dan nyampah di timeline karena game satu itu. Tapi seru sih, bikin restaurant, melayani pelanggan yang datang, dan membuat aneka kue.


Setelah Facebook, lanjut deh punya akun Twitter. Pas awal bikin, cuma untuk bersahut-sahutan aja dengan temen-temen yang lain. Sampe dibilang, yah lo lagi lo lagi :))
Cuitan di twitter pun random banget dan sering menuh-menuhin timeline kalo ada yang baru putus apalagi baru jadian eaaa

Media sosial dari Indonesia pun ada loh! Namanya Koprol. Ada yang tau nggak ya? Atau ada yang sampe bikin akunnya?
Koprol adalah media sosial yang dibuat salah satunya oleh, Satya Witoelar, anaknya Wimar Witoelar. Koprol ini menyediakan fitur update lokasi gitu seperti foursquare. Kalo kita login dan check-in di tempat tertentu, otomatis bakal tau siapa aja pengguna lain yang berada di sekitar lokasi kita. Seneng banget dari Koprol aku menang tiket konser Paramore. Sayang sekali koprol ngga berkembang dan akhirnya tutup.

Sampai sekarang media sosial masih terus aku manfaatkan untuk monetizing blog, alhamdulillah banget kan punya media sosial nggak cuma sekedar punya tapi bisa diberdayakan secara maksimal. Hati-hati juga untuk temen-temen yang senang berkenalan dengan orang asing di media sosial, karena pemalsuan identitas mulai dari foto sampai pencurian akun sudah pernah terjadi. Berbagilah hal-hal yang bermanfaat di media sosialmu dan jangan ragu untuk lapor jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.

Selamat meraih manfaat dari media sosial! Tetap lindungi diri dan orang-orang terdekat juga dari dampak negatifnya :)


You May Also Like

2 komentar

  1. jadi inget jaman kelas 1 sma, abis lia terus ke warnet demi Mirc :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha jangan-jangan kita di warnet yang sama eaaa

      Hapus

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)