Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Pabrik

Memilih pekerjaan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, sebab dapat menentukan masa depan dan kelangsungan hidup seseorang. Di antara kita, ada yang memilih bekerja kantoran, freelancer, atau bahkan bekerja di pabrik. Beberapa orang memilih pabrik sebagai tempat kerja, namun tentu harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Bekerja di pabrik menjadi pilihan bagi sebagian orang, apalagi mereka yang baru lulus SMA dan tidak melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Tentunya, ada beberapa hal yang menjadi penyebab pabrik jadi tempat kerja andalan bagi mereka, salah satunya adalah upah yang menjanjikan.

Jika Anda memang ingin melamar kerja ke pabrik, tentu harus menyiapkan banyak hal, salah satunya adalah dokumen lamaran. Dokumen lamaran yang kerap sulit untuk dibuat adalah resume. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan layanan resume online terbaik untuk memudahkan dalam membuat dokumen tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Pabrik

Setiap tempat kerja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tidak terkecuali di pabrik. Sebelum Anda memilih tempat bekerja, ada baiknya menimbang terlebih dahulu. Mulai dari sistem manajemen kerjanya, sampai kepribadian Anda untuk menilai kecocokan diri untuk bekerja di suatu tempat. Jika Anda ingin bekerja di pabrik, ada baiknya menyimak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

KELEBIHAN

1. Dapat Pengalaman Kerja

Setiap tempat kerja pasti menawarkan pengalaman kerja, tidak terkecuali di Pabrik. Ketika Anda bekerja di pabrik, tentu Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak pernah didapat sebelumnya. Sebab, di pabrik ada banyak bidang yang bisa kamu lamar bahkan dari tingkat SMP sekali pun. Dengan begitu, Anda pun bisa mengasah keterampilan dengan bekerja di pabrik.

2. Pendapatan Pasti

Pendapatan di pabrik tergolong jelas dan pasti dan umumnya mengikuti UMK/UMR di daerah tempat pabrik beroperasi. Setiap orang pasti menginginkan upah yang jelas dan pasti. Apabila Anda termasuk orang yang ingin mendapatkan penghasilan yang jelas, pabrik bisa menjadi pilihan yang menguntungkan.

3. Jam Kerja yang Jelas

Berbeda dengan pekerja kreatif, freelance, dan pekerja kantoran pada umumnya, biasanya mereka yang bekerja di pabrik mendapatkan jam kerja yang jelas. Umumnya, para pegawai pabrik bekerja dari pukul 07.00 sampai 17.00, tentu ada lemburan tetapi tidak diberikan secara tiba-tiba. Anda pun setiap harinya akan bekerja dengan jam kerja tersebut, dan mendapatkan libur tanpa diganggu oleh atasan.

4. Asuransi

Beberapa pabrik memberikan asuransi dan berbagai jaminan bagi pekerjanya, hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang bekerja di pabrik. Anda akan mendapatkan jaminan kesehatan dan pekerjaan yang sudah diatur oleh manajemen. Beberapa tempat kerja apalagi untuk start up, terkadang jaminan atau asuransi harus diurus secara pribadi.

KEKURANGAN

1. Sulit Menyampaikan Ide

Jika Anda adalah orang yang senang berpikir dan menciptakan ide, tentu bekerja di pabrik merupakan pilihan yang kurang direkomendasikan. Sebab, biasanya mereka yang bekerja di pabrik kesulitan untuk menyampaikan ide, kecuali Anda berada di jajaran manajemen tinggi. Akan tetapi, untuk mencapai posisi tersebut tentu tidak mudah, ada banyak hal yang harus Anda penuhi terlebih dahulu.

2. Jenjang Karir yang Sulit Dicapai

Apabila Anda memulai karir sebagai pekerja di pabrik, Anda bisa bekerja dengan posisi tersebut selama bertahun-tahun tanpa jenjang karir yang jelas. Tentu hal ini menjadi kekurangan tersendiri jika Anda adalah orang yang menginginkan karir yang lebih tinggi, ada baiknya Anda menyelesaikan pendidikan tinggi dan melamar ke pabrik untuk bisa mendapatkan potensi jenjang karir yang lebih baik.

3. Monoton

Seperti yang sudah disampaikan di atas, setiap harinya Anda akan dihadapkan pekerjaan yang sama dengan jam kerja yang serupa. Dengan kata lain, bekerja di pabrik akan sangat monoton ketimbang bekerja di tempat lain. Hal ini sangat tidak cocok bagi Anda yang mudah bosan atau senang bekerja di lapangan. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan lagi sebelum melamar ke pabrik sebagai pekerja.

Beberapa kelebihan dan kekurangan di atas sangat perlu Anda pertimbangkan untuk kepentingan masa depan Anda sendiri. Setiap orang tentu menginginkan masa depan yang lebih baik, akan tetapi untuk menentukannya tentu ada di tangan orang tersebut. Jangan sampai hanya karena iming-iming belaka, Anda bekerja di tempat yang tidak sesuai.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan kerja di pabrik yang dapat Anda pahami. Setelah menyimak penjelasan di atas, diharapkan Anda bisa menentukan pekerjaan atau tempat kerja yang cocok dengan diri Anda sendiri. Sebab, yang menjadi tolok ukur dalam bekerja adalah karir yang jelas. Untuk menggapainya, pastikan Anda bekerja di tempat yang tepat supaya bisa bekerja dengan baik dan nyaman. Selain itu, bukan tidak mungkin Anda pun akan mendapatkan jenjang karir yang menjanjikan dan menjadi orang yang lebih terpandang. 

lowongan kerja

Image by jcomp on Freepik

Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama