The Green Office Park, BSD City, Punya First Autonomous Vehicle!

Semakin banyak terobosan baru dengan dukungan teknologi yang semakin canggih. Berkendara saat ini menjadi semakin efektif karena sekarang ada autonomous vehicle yang enggak perlu dikendalikan supir. Lho kok bisa gitu ya?! Kenalan dulu dong sama autonomous vehicle yang sekarang ada di Green Office Park, BSD City. Autonomous vehicle dari Navya Arma ini memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik tanpa awak ini berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang. Formasi duduknya yaitu 11 duduk dan 4 berdiri. Navya Arma dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera beresolusi tinggi untuk big data analysis. Kemudian akan diproses oleh komputer dengan spesifikasi tinggi yang tertanam di dalam mobil. Transportasi listrik tanpa awak ini tentunya mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga bisa mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

autonomous vehicle


Kita bisa lho mencoba autonomous vehicle di Green Office Park, BSD City, teman-teman bisa menaiki autonomous vehicle ini dari Lobby Utama The Breeze. Caranya hanya dengan memberikan pendapat mengenai autonomous vehicle melalui survei di aplikasi OneSmile yang tersedia di Apple Store dan Google Playstore. Catat ya tanggalnya! autonomous vehicle hanya bisa dicoba sampai tanggal 21 Desember 2022, karena selanjutnya autonomous vehicle akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai tgl 22 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023. Kendaraan ini beroperasi setiap hari Selasa sampai Minggu mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Masyarakat umum bisa mencoba autonomous vehicle ini secara gratis tanpa dikenakan biaya tambahan apapun. Bagi teman-teman yang membawa anak-anak bisa mencoba autonomous vehicle ini dengan ketentuan tinggi badan anak minimal 120 cm dan didampingi oleh orang tua. Wah sepertinya anakku belum masuk kriteria tinggi badan minimal nih, tapi sepertinya bisa disiasati dengan gantian naik sama suami hehehe.

Cara naik mobil listrik

Sumber: dicapriadi

Teman-teman tau enggak sih? autonomous vehicle ini juga baru saja mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali yang merupakan official side event dari G20. Exhibition ini diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan pada tanggal 11 sampai dengan 16 November 2022 yang lalu. Terobosan ini pun mendapat perhatian dari Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi, karena dinilai mampu mewujudkan transportasi masa depan bagi pembangunan kota pintar yang sustainable di Tanah Air.  

Budi Karya Sumadi


Pengoperasian autonomous vehicle pertama di Indonesia dalam kawasan BSD City ini menjadi salah satu inovasi dalam rangka mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dari Sinar Mas Land. Kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation serta didukung pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc telah berhasil melakukan uji coba tahap pertama Navya Autonom® Shuttle di QBig BSD City pada bulan Mei hingga Juli lalu. Selanjutnya uji coba dilanjutkan di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023 mendatang.

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Bapak Irawan Harahap, mengatakan bahwa perkembangan kendaraan listrik tanpa awak ini semakin memperkuat semangat untuk mendukung komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan. Transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. Kecanggihan fitur yang dimiliki autonomous vehicle juga merefleksikan gaya hidup yang akan dihadirkan di BSD City menjadi transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan aktivitas teknologi digital.

kendaraan tanpa awak
Sumber: dicapriadi

Penasaran enggak sih pengen coba langsung naik autonomous vehicle canggih ini? Buat sebagian besar orang termasuk aku, naik transportasi umum tanpa ada supir di dalamnya tentu bakal jadi pengalaman seru sih. Biasanya kan kita bisa lihat wajah supirnya, bahkan bisa ngobrol juga. Naik autonomous vehicle enggak khawatir supir bakal berhenti lama dari biasanya karena menunggu penumpang sampai penuh hehehe. Kecanggihan teknologi ini semoga nanti bisa menjangkau seluruh wilayah termasuk Bogor. 


Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama