Contoh Surat Lamaran Kerja

Mengirimkan surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan membutuhkan persiapan khusus agar berpeluang besar untuk diterima di tempat tersebut. Sebagai pelamar kerja, teman-teman harus menyertakan berbagai macam dokumen termasuk surat lamaran. Bagi lulusan baru atau fresh graduate, sebagian besar mungkin mengalami kesulitan untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Nah baca sampai selesai ya karena postingan kali ini akan membahas mulai dari bagaimana cara menulis surat lamaran kerja dan ada contoh surat lamaran kerja juga, terutama untuk fresh graduate.

Baca: BPJS Ketenagakerjaan

Bagaimana Cara Menulis Surat Lamaran Kerja?

Berikut ini panduan mudah cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Seperti apa caranya? Yuk lanjut baca!

Tulis Tempat dan Tanggal Surat Dibuat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menulis tempat dan tanggal pembuatan surat di pojok kanan atas. Jangan salah menuliskan tanda baca dan huruf kapital karena akan menjadi point minus bagi HRD! Hal ini bisa mengesankan anda adalah orang yang kurang teliti.

Pastikan Penerima Surat dan Alamat Sudah Benar

Selanjutnya teman-teman harus menulis nama penerima dan alamat perusahaan. Namun, jika teman-teman tidak tahu siapa nama penerima secara spesifik maka boleh menyertakan nama perusahaan saja.

Buat Salam Pembuka

Salam pembuka menjadi bagian penting selanjutnya yang perlu diperhatikan. Bagian ini berisi tentang tujuan surat lamaran. Teman-teman dapat menjelaskan darimana memperoleh informasi mengenai lowongan, apakah dari rekomendasi teman atau iklan di portal-portal job.

Baca: Lowongan Kerja

Jelaskan Isi Surat dengan Jelas

Setelah salam pembuka, berikutnya Anda harus menjelaskan isi surat dengan singkat dan jelas supaya HRD bisa memahaminya secara langsung. Beberapa komponen penting yang harus dicantumkan adalah:

  1. Nama lengkap
  2. Alamat
  3. Tempat tanggal lahir
  4. Alamat email dan nomor telepon yang bisa dihubungi
  5. Pengalaman organisasi atau magang
  6. Kemampuan atau keahlian yang dimiliki untuk meyakinkan bahwa teman-teman cocok dengan lowongan pekerjaan tersebut.

Tuliskan Lampiran Jika Ada

Beberapa perusahaan meminta pelamar untuk melampirkan dokumen tertentu, contohnya portfolio, ijazah, transkip nilai, dan lainnya. Teman-teman juga perlu menuliskan lampiran apa saja yang menyertai surat lamaran tersebut. Cara ini dilakukan agar HRD bisa melihat kelengkapan dokumen tersebut.

Tutup dengan Penutup dan Tanda Tangan

Penutup surat diisi dengan harapan teman-teman untuk perusahaan. Tulislah secara singkat, formal, dan tidak berlebihan. Menjelaskan harapan yang terlalu muluk-muluk mengesankan kalau teman-teman tidak cukup profesional. Ucapkan terima kasih dan tulislah nama di pojok surat lamaran.

Baca Juga: Rekomendasi Performance Management Software untuk Pantau Kinerja 

Contoh Surat Lamaran Kerja 

Setelah mengetahui bagaimana cara menulis surat lamaran kerja, berikut ini contoh surat lamaran kerja terutama untuk fresh graduate yang bisa dijadikan acuan! 

Baca: Lanjut Kuliah atau Tidak


Jakarta, 20 Juni 2020

Perihal: Lamaran Kerja


Kepada Bapak/Ibu HRD PT. Elektrik Lancar Makmur

Gedung Gajah Mada, Jl. Moh. Toha No. 56, Jakarta


Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang saya dapat dari akun LinkedIn PT Elektrik Lancar Makmur, dengan ini saya bermaksud mengajukan surat lamaran pekerjaan sebagai Accounting Staff di PT. Elektrik Lancar Makmur. Berikut ini data diri saya:

Nama : Naura Monika

Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 1 Januari 1999

Pendidikan Terakhir : S1 Akuntansi

Alamat : Jl. Raya Dago No 7

Nomor Telepon : 0899997890

Alamat Email : nauramonika@gmail.com

Saya seorang fresh graduate dari Universitas Negeri Bandung tahun 2021 dan memperoleh IPK 3,70. Selama masa perkuliahan, saya aktif mengikuti beberapa organisasi dan pernah menjadi project lead beberapa kegiatan internal kampus. Berdasarkan pengalaman ini, saya menjadi pribadi yang mudah bekerja sama dalam tim serta mampu menganalisis dengan baik. Bersama surat lamaran kerja ini saya sertakan beberapa dokumen pendukung, yaitu: 

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy ijazah
  3. Fotocopy KTP
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan harapan saya bisa bergabung dan berkontribusi di dalam tim PT Elektrik Lancar Makmur. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Salam Hormat,


Naura Monika

Baca: Aplikasi Siap Kerja

Bagaimana? Sudah terbayang kan bagaimana cara mambuat surat lamaran kerja yang baik dan benar? Tidak sesulit yang dibayangkan toh? Semoga ulasan ini bisa membantu teman-teman untuk mendapatkan pekerjaan ya! 

Baca: Kerja dari Rumah


lamaran kerja


1 Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

  1. Sudah lamaaaa banget nggak bikin surat lamaran kerja lagi. Pas mampir ke sini jasi teringat lagi formatnya. Terima kasih banyak ya Mba.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama