Bagaimana Cara Bekerja dari Rumah?

Di masa COVID-19 yang masih pandemi di Indonesia, sebagian pekerja penuh waktu memiliki kesempatan untuk bekerja dari rumah, menikmati gaji yang sama dan tunjangan yang sama dengan bekerja dari tempat kerja. Namun, bagaimana dengan pekerja-pekerja lain yang tidak memiliki kesempatan tersebut? Karena profesinya mengharuskan keadaan yang bekerja di luar rumah?

Di bawah ini beberapa pekerjaan yang saya amati bisa dikerjakan di rumah walaupun mungkin pendapatannya jauh berbeda dengan bekerja di luar rumah.

1. Fotografer
Fotografer jadi jual foto online


Mulai dari fotografer event besar sampai wedding pun akhirnya tak bisa dilakukan karena sudah ada maklumat untuk tidak berkumpul dan mengundang massa dalam jumlah banyak. Seorang fotografer masih bisa sih melakukan food fotografi di rumah atau dengan berbagai model teknik fotografi lainnya, lalu menjualnya ke situs-situs atau klien yang membutuhkan hasil foto yang baik.

2.Pedagang di pasar jadi jualan online


Awal menikah saya baru tau bahwa kita bisa kirim pesan ke tukang sayur keliling agar dibawakan sayur mayur dan lauk pauk tertentu ke rumah. Tentu tidak ada ongkirnya karena sekalian berkeliling menjajakan barang dagangan. Nah sekarang hal ini sudah menjadi biasa karena pasar pun menerapkan sistem delivery. Mudah-mudahan di kota pembaca  blog ini ada juga ya!

3. Event organizers wedding jadi jual jasa akad minimalis.


Untuk profesi satu ini diambil dari pengalaman teman dekatku sendiri. Resepsi pernikahan yang sudah mendirikan tenda hajatan dibubarkan oleh petugas. Akhirnya dia buka jasa akad minimalis gitu deh.. mudah-mudahan masih terus berjalan roda usahanya.. aamiin

4. Selebritis jadi live streaming via sosmed


Beberapa acara televisi yang saya tau, melakukan siaran dengan video conference. Untuk penyanyi biasanya bikin konser mini di live instagramnya. Ada juga yang bikin tutorial makeup seperti Raisa dan Yuni Shara.

5. Guru di sekolah jadi belajar jarak jauh


Lembaga pertama yang langsung kena imbas dari  COVID-19 ini ya sekolah. Anak-anak diliburkan bahkan ada yang sampai setelah lebaran. Alhasil, guru-guru pun mengirimkan tugas online via Google classroom, WhatsApp, dan email. Ngga kebayang gimana kalo punya anak sekolah. Ya masak ya nyuci ya ngajar, semuanya di rumah aja. Phew

Berbagai peralihan di masa COVID-19 ini bikin semua orang lebih peduli untuk berperilaku hidup sehat salah satunya dengan menjaga kebersihan mulai dari cuci tangan pakai sabun. Suamiku yang dapet jatah kerja di rumah walau selang-seling pun jadi bisa sering main sama si kecil. Banyak hikmah yang bisa diambil dari wabah satu ini, mudah-mudahan kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Semoga wabah ini segera berlalu.. aamiin ya robbal alamiin



No comments:

Post a comment

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram