Menemukan Beragam Informasi Covid di Halodoc untuk Menjalani Kehidupan Normal yang Baru

Kehidupan normal yang baru sedang kita jalani hari ini. Berbagai protokol kesehatan untuk berbagai kegiatan mau tidak mau harus dilakukan. Covid sungguh berdampak pada banyak hal, dari mulai rakyat kecil hingga pengusaha yang mempekerjakan banyak pegawai. Sudah bukan saatnya lagi merutuki nasib dan berpangku tangan, kehidupan normal yang baru sudah di depan mata.


Jika kita mundur ke belakang, dari awal Covid hadir di negeri tercinta ini grafik kasus Covid terus meningkat sampai hari ini. Berbagai istilah pun muncul, bagi orang awam seperti saya awalnya membingungkan juga dengan sebutan ODP, OTG, Suspect, perbedaan isolasi dengan karantina, dan istilah lainnya. Informasi tentang covid pun mengalir terus-menerus di berbagai media, terutama televisi dan media sosial yang sering saya gunakan. Awalnya saya sempat stress juga dengan keadaan yang mengharuskan kita di rumah aja, tidak keluar rumah kalau tak mendesak, tapi lambat-laun pemerintah mengambil kebijakan untuk memulai kehidupan normal yang baru. Salah satunya dengan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun, dan wajib masker saat keluar rumah.


Jujur, dari awal keberadaan covid saya termasuk kelompok yang santai dan melonggarkan diri untuk bepergian, kecuali ke pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan dan pasar tradisional yang luas. Saya masih berbelanja ke warung sayur, membungkus makanan dan minuman, dan berkunjung ke rumah orang tua yang masih satu kelurahan. Alhamdulillah kami sehat, sebelum pemerintah mengambil kebijakan untuk new normal, kami telah menjalani itu sejak awal. Tentunya dengan berupaya menerapkan protokol kesehatan semaksimal mungkin.


The new normal adalah anjuran dari World Health Organization (WHO) yaitu dengan beradaptasi dan hidup berdampingan dengan corona. Walau perubahan ini bukan sesuatu yang mudah, namun kita harus menjalaninya karena pola hidup normal sebelum covid singgah di Indonesia sudah tidak mungkin lagi diterapkan. Perdoman yang dianjurkan oleh WHO seperti dikutip dalam website halodoc[dot]com adalah:

Baca: Bekerja dari Rumah

1.Menggunakan masker

Sebelum covid, saya menggunakan masker hanya saat mengendarai sepeda motor sendirian. Namun saat ini, kita wajib menggunakan masker kemanapun pergi bahkan lebih baik lagi jika menggunakan face shield terutama untuk anak-anak dan orang lanjut usia. Pegawai minimarket dan beberapa pedagang yang saya temui pun menggunakan masker untuk mencegah terpapar covid.

2. Batasan interaksi sosial di tempat umum

Sebenarnya menurut saya dengan adanya covid ini orang lebih sadar untuk mematuhi peraturan dan tertib di tempat umum, seperti tidak berdesakan saat antri di depan kasir dan menggunakan fasilitas umum lainnya. Di transportasi umum juga demikian, setiap orang harus menjaga jarak satu sama lain. Di dalam lift juga demikian, orang-orang yang menggunakannya dibatasi.

3. Hidup bersih

Di Indonesia sudah sejak beberapa tahun yang lalu kita diperkenalkan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari, rutin membersihkan toilet, dan perilaku lainnya yang tentunya sangat bermanfaat bagi diri kita sendiri. Di masa covid ini, PHBS mulai digaungkan kembali karena mengharuskan kita di rumah aja otomatis kebersihan dan kesehatan keluarga wajib mendapat perhatian khusus. Jika harus keluar rumah jangan lupa sedia hand sanitizer dan tisu yang mengandung alkohol untuk mengantisipasi covid dimana saja.


Perubahan perilaku kita menjadi semakin perhatian terhadap berbagai protokol kesehatan tentunya demi menjaga kita agar terlindungi dari virus COVID-19. Termasuk protokol kesehatan yang dilakukan pada berbagai rumah sakit, klinik, maupun dokter pribadi. Tunda ke rumah sakit jika kondisi tidak mendesak, konsultasi dokter bisa dilakukan melalui aplikasi Halodoc juga lho! Saya pernah menggunakan aplikasi ini untuk berkonsultasi dengan dokter spesial anak, kandungan, mata, dan membeli obat. Cara ini sangat membantu karena saat itu anak saya masih bayi dan membutuhkan obat untuk luka bakar karena terkena tutup teko panas. Penggunaan aplikasinya mudah dan saya bisa mendapatkan rekomendasi obat untuk pertolongan pertama segera.


Sehat jadi lebih mudah dengan Halodoc, kita bisa konsultasi dengan dokter-dokter terpercaya serta terintegrasi dengan berbagai apotek dan rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan kita. Riwayat kesehatan kita juga terpantau jelas pada aplikasi halodoc. Kerjasama halodoc dengan gojek pun semakin mempermudah kita memperoleh obat-obatan di apotek dan pembayarannya pun praktis dengan menggunakan gopay. Nah, di masa covid ini jika pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai gejala corona, bisa kok bertanya langsung pada dokter lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, atau buat janji dengan dokter di rumah sakit rujukan COVID-19 yang dekat tempat tinggalmu melalui aplikasi Halodoc. Setelah melalui kontak dokter di Halodoc dan ingin melakukan covid test, bisa cek di website halodoc untuk tau tempat-tempat yang melayani covid test jakarta dan kota lainnya.


Sekarang tak perlu khawatir lagi, di kehidupan normal yang baru ini mari kita sama-sama menerima kenyataan hidup berdampingan dengan covid. Imunitas tubuh pun harus terus dijaga dengan istirahat yang cukup, rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan bergizi, dan jangan lupa tambahan multivitamin. Segala ikhtiar yang kita lakukan hari ini, akan terasa manfaatnya kini dan nanti. Terus berdoa dan upayakan yang terbaik dalam menjaga kesehatan dan kebersihan ya!

34 comments:

  1. info dari halodoc nggak ada yang kelewat deh, keren sih :D

    ReplyDelete
  2. Halodoc emang praktis. Udah gitu fiturnya lengkap. Zaman sekarang ngga harus antri di RS kalau mau konsultasi pun.

    ReplyDelete
  3. sekarang itu cara paling tepat untuk menghindari kasus covid ya dengan di rumah aja. tapi bingung ketika mulai sakit. adanya halodoc ini memudahkan banget untuk bisa konsultasi tanpa perlu keluar rumah

    ReplyDelete
  4. ikhtiar aku juga sekarang rutin minum vitamin. tidur yang cukup dan olahraga meski masih jarang jarang. tidak ke tempat ramai dulu sementara ini. semoga semua cepat selesai ya.

    ReplyDelete
  5. aplikasi kesehatan memang menjamur ya sekarang demi memperpendek gerak kita di luar rumah. inovasi dari aplikasi halodoc juga sangat memudahkan kita untuk konsul dengan dokter pilihan kita ya

    ReplyDelete
  6. Penjelasannya rinci banget, kebetulan kan suka parno kalau bersin-bersin dikit aja apalagi kalau anak sampe pilek. Suka bingung antara harus ke dokter atau enggak.. aplikasi halodoc bisa jadi solusi yaa dari kebingunganku ituu.. nanti mau download deh 😊

    ReplyDelete
  7. Bismillah semoga kita semua sehat2 saja ya dan dijauhkan dr covid ini. Aku pernah pakai halodoc nih. Tapi cm konsultasi aja ke dokternya. Boleh jg ya gak perlu jauh2 ke dokter. Tapi sayangnya msh blm bisa pakai asuransi ya kl dokter online gini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini, Halodoc telah bekerja sama dengan 16 asuransi untuk memenuhi kebutuhan, yaitu Allianz, FWD, Prudential, Medicillin, AXA Mandiri, AXA Mandiri Corporate Solution, Cigna, BRI Life, ABDA, Avrist, Asuransi Syariah Keluarga Indonesia, Hanwha, ASURANSI UMUM MEGA, Mandiri AXA General Insurance, AXA Financial Indonesia, dan BCA Life.

      Delete
  8. Aplikasi yang sangat membantu ya di masa pandemi ini, semoga kita semua sehat selalu

    ReplyDelete
  9. Mencari informasi tentang corona memang harus hati hati ya mbak. Pasti terjamin valid klo infonya dari halodoc

    ReplyDelete
  10. Swjak pandemi ini muncul sebenarnya kita sudah dituntut untuk menjalankan pola hidup sehat sesuai dengan protokol kesehatan. Rasanya sebelum memasuki masa new normal ini, ya kemarin kemarin itu adalah masa pembiasaan dengan harapan, setelah new normal, masyarakat sudah biasa. Tapi ternyata nggak semua orang berpandangan sama ya.

    Beruntung aplikasi Halodoc hadir untuk menjadi ladang informasi kesehatan saat ini. Bisa chat langsung sama dokter untuk tanya tanya, atau buat janji pemeriksaan kesehatan pun sudah mudah.

    ReplyDelete
  11. Halodoc ini memang sangat membantu, konsultasi bisa dilakukan melalui online

    Jadi kalo ada gejala yg sedikit mirip dengan covid, kita bisa langsung tanyakan ke dokter2 di halodoc

    ReplyDelete
  12. aku sih gak mau hidup berdampingan sama si covid, hehe. semoga covid ini segera musnah ya, kita semua sehat dan yang sedang sakit segera disembuhkan, aamiin ya Rabb.
    etapi emang ya, halo doc itu mau nanya paa aja ada, udah gitu lengkap dan detail penjelasannya, mulai dari definisi, gejala, pencegahan sampai konsultasi. soalnya aku pernah pake halodoc waktu konsul soal sakitku 2 tahun yang lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdampingan dalam arti menerima kalau covid itu ya masih ada dan kita masih harus jaga diri supaya nggak kebablasan bepergian tanpa mengindahkan berbagai protokol kesehatan. Bukan berdampingan sama pasien covid ya xixixi

      Delete
  13. Halodoc memang aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mencari informasi ya kak. Apalagi akhir-akhir ini sedang dilanda si covid-19 butuh banyak tahu informasi nih ya, bisa langsung kita cari di halodoc :D

    ReplyDelete
  14. Sebelum pandemi aku juga udah pakai aplikasi halodoc ini. Ngebantu banget waktu sakit pas zaman ngekos. Huhu... Obat bisa langsung dianter tanpa kita perlu keluar rumah. The best sih

    ReplyDelete
  15. Info yang sangat bermanfaat untuk temen-temen non-medis. Terima kasih sudah menyuarakan karena memang pasien saya banyak yang takut karena bingung membedakan. Semoga COVID-19 ini segera berakhir ya Mom.

    ReplyDelete
  16. Jadi inget, Sebelum pandemi, Temanku juga suka nanya2 di halodoc seputar keluhan anak. Memudahkan banget untuk orang tua yg khawatir dg kesehatan anak tapi g melulu bawa anak ke faskes karena bisa konsultasi online di halodoc. Apalagi masa pandemi saat ini, pasti banyak banget yg butuh konsultasi online.

    ReplyDelete
  17. Salah satu kegiatan yang tetap dilaksanakan saat new normal ini adalah mencuci tangan dan menjauhi keramaian. Saya juga pakai aplikasi Halodoc untuk mencari informasi terkait covid 19 ini mbak.

    ReplyDelete
  18. Website halodoc lengkap banget ya, aku juga sering baca artikel di halodoc kalau butuh info tentang kesehatan

    ReplyDelete
  19. Semoga kita semua sehat selalu ya meski hidup berdampingan dengan covid-19

    ReplyDelete
  20. Kondisi sekarang jadi galau, tapi dengan tetap menjaga kesehatan insya Allah menghadapi new normal jadi lebih siap

    ReplyDelete
  21. Dengan adanya aplikasi sangat membantu informasi tentang kesehatan, bisa juga ya rapid test tinggal klik Aplikasi halodoc. Kereeeen !!!

    ReplyDelete
  22. Halodoc bukan hanya memberikan banyak sekali informasi mengenai Covid 19, namun masalah kesehatan lainnya. Sudah lama Halodoc saya jadikan referensi bacaan saya.

    ReplyDelete
  23. Corona ini nih bikin hidup jadi bersih dan sehat. Ternyata ada dampak positif juga ya.

    Semoga covid-19 bisa berlalu. Ya dan kita bisa ikutan test covid-19 di halodoc yang bisa dilakukan di rumah sakit, drive thru hingga datang ke rumah

    ReplyDelete
  24. Terus pantau pergerakan covid ini penting dan informasinya yang edukatif dan diiringi fakta tentunya. Jangan yang hoax dan meresahkan.
    Jadi makin mantap instal dengan apps Halodoc.

    ReplyDelete
  25. Pandemi bikin saya jadi lebih perhatian sama kesehatan.. lebih peduli sama kebersihan dan pola makan dan juga sering cari artikel soal kesehatan.. Halodoc salah satu website yang jadi rekomendasi saya kalo cari artikel kesehatan

    ReplyDelete
  26. Sebelum pandemi aku juga bisanya pakai halodoc untuk mengantarkan obat pesanan saya dari Rs. Jadi tidak perlu lama menunggu.tinggal tunggu dirumah obat akan diantarkan.


    Nah sekarang aku jg pakai halodoc untuk konsultasi, jadi lebih mudah bertemu dokter ya mba tanpa perlu kerumah sakit

    ReplyDelete
  27. Banyak hoax yang beredar soal Covid jadi lebih baik membaca informasi yang akurat dari Halodoc, ya..

    ReplyDelete
  28. aplikasi kayak halodoc ini memang membantu banget ya di masa pandemi ini entah itu buat konsultasi dokter sampai beli obat dan info seputar covid

    ReplyDelete
  29. Pas kapan itu aku juga pake Halodoc buat nyari obat yang mau aku beli dan senangnya di Halodoc ada karena seharian muter beberapa apotek gak ketemu obatnya

    ReplyDelete
  30. solusi banget ini halodoc dimasa pandemi ini, konsultasi juga selalu direspon cepat oleh dokternya..

    ReplyDelete
  31. Halodoc ini lengkaaap banget ya informasinya. Aku juga install di HP, gampang juga buat delivery obat :D

    ReplyDelete
  32. alhamdulilah ya mba solusi banget adanya halodoc waktu aku kambuh juga langsung direkomendasiin halodoc

    ReplyDelete

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram