Corona adalah Pertanda Bahwa Allah Kangen Sama Kita

Covid mengubah segala lini kehidupan duniawi manusia. Tak pandang agama, tak pandang bulu, tak pilih-pilih mau si kaya atau si miskin. Baru saja melihat tayangan YouTube Moslem Mind yang membahas 'Ketika Allah Kangen sama Kita'. Pertama adalah Allah memberikan ujian hidup pada perjalanan hidup manusia agar manusia tersebut kembali mendekatkan diri pada Allah. Kedua, Allah rindu pada hamba-hambaNya yang bertaubat. Ketiga, Allah rindu pada manusia yang tidak bisa mendapatkan apa yang mereka mau dengan mudah.


Virus corona yang tak jua pergi dari muka bumi ini, saya percaya adalah satu dari sekian banyak cara Allah menyadarkan manusia yang selama hidup memikirkan duniawi saja termasuk saya. Beragam profesi dan latar belakang terhempas virus COVID-19 yang belum beranjak dari bumi pertiwi. Segala tatanan kehidupan porak-poranda dan membentuk pola kehidupan normal yang baru. Tiap orang dihimbau untuk menghindari kerumunan, menjauh satu sama lain alias jaga jarak, sampai menerapkan pola hidup sehat yang tentu manfaatnya kembali ke diri kita masing-masing yang melakukannya.


Berbagai kebijakan disusun mulai dari pemerintah hingga rakyat jelata mengencangkan ikat pinggang. Pemutusan hubungan kerja, pemotongan upah pegawai, menutup toko-toko offline, menjual aset, mulai berdagang, dan bermacam upaya lain dioptimalkan untuk sekadar bisa menyambung hidup. Keahlian-keahlian pada bidang-bidang pekerjaan pun mulai terlihat mana yang efektif dan terus bermanfaat untuk orang lain khususnya di masa pandemi ini seperti desain grafis, web developer, digital marketing, kuliner, sampai pengrajin masker, dan hand sanitizer. Awalnya ragu-ragu menjadi yakin dan percaya bahwa rezeki datang darimana saja arahnya dan itu Allah yang jamin.


Untuk saya pribadi, masa-masa pandemi ini membuat banyak berpikir tentang perilaku orang lain yang selalu saya pikir panjang dulu alasan kira-kira kenapa orang tersebut berbuat demikian, menikmati alam yang makin bersih langitnya, dan sering-sering introspeksi diri. Sesungguhnya kita ini hidup di dunia ya hanya sementara dan hanya Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Rencana demi rencana yang manusia susun bisa begitu mudah ambyar dan terhempas. Itu semua biar apa? Biar kita kembali mendekatkan sama Sang Maha Pencipta. Tak melulu hidup soal uang, karena pada akhirnya uang tak bisa mengusir corona toh?

Dari semua draft yang nangkring, postingan ini yang terpublish untuk sekadar menyemangati diri sendiri. Semangat Ven, ayo mulai lagi!




No comments:

Post a comment

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram