BPJS Ketenagakerjaan Online

BPJS ketenagakerjaan online kali ini diurus oleh suami yang pada saat itu dalam proses pindah kerja. Bahkan suami tidak pernah mengurus pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan sejak era JAMSOSTEK. Bagi pembaca yang mengalami hal yang sama, silakan disimak cerita suami saya ini. Perlu diketahui bahwa pengurusannya akan memakan waktu yang lama, tidak bisa dalam sekejap dan pengurusan ini bisa dilakukan online di masa pandemi. Entahlah kalau pandemi usai, semoga masih bisa diurus secara online ya jadi tidak membuang waktu jika ada berkas tambahan yang harus dilengkapi. Pertama anda harus melakukan registrasi di website BPJS Ketenagakerjaan atau di aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang bisa diunduh pada play store. Proses registrasi atau pendaftaran ini akan sulit, karena biasanya walau kita merasa belum pernah mendaftar, sistem menyatakan bahwa anda sudah terdaftar. Untuk itu kita bisa langsung menghubungi admin BPJS Ketenagakerjaan di facebook untuk melakukan reset akun sehingga kita bisa registrasi ulang.

Baca: Bikin BPJS di Cibinong

Apa Data yang Diperlukan untuk Mengurus BPJS Ketenagakerjaan Online?

1. Setelah registrasi berhasil, kita harus download formulir JHT (Jaminan Hari Tua) untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan

2. Cetak formulir tersebut, tulis tangan, bubuhkan tanda tangan

3. Selesai mengisi formulir, foto formulirnya kemudian siapkan foto diri untuk di upload

4. Siapkan juga foto Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan dan Kartu JAMSOSTEK (jika kasusnya seperti suami saya yang sudah disebutkan di atas)

5. Foto KTP 

6. Foto Kartu Keluarga

7. Surat Keterangan Kerja / Verklaring (paklaring) / Surat Keputusan / Surat Keterangan Cacat

8. Buku Rekening Tabungan

9. NPWP (untuk klaim manfaat JHT dengan saldo diatas Rp. 50.000.000,- atau Klaim JHT pengambilan 10%)

Selesai upload berkas, tunggu email yang menyatakan bahwa dokumen ditolak atau diterima. Proses selanjutnya adalah wawancara dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk pengecekan berkas. Foto-foto dokumen di atas harus jelas terbaca, lebih baik lagi menggunakan scan. Namun jika kamera hand phone sudah memadai maka itu cukup untuk kemudian seluruh berkas ini anda upload ke website atau aplikasi BPJSTKU. Berkas yang anda upload tidak boleh kurang satupun karena jika berkas tidak lengkap maka wajib upload ulang dan menunggu waktu sekitar tiga minggu lagi wawancara serta pengecekan dokumen asli sehingga berkas tidak boleh hilang.

Dimana Mengurus BPJS Ketenagakerjaan Online?

Pengurusan BPJS Ketenagakerjaan ini dilakukan melalui aplikasi dan bisa juga via website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Suami saya menggunakan aplikasi untuk upload data karena data-data yang diupload difoto lewat hand phone sehingga lebih mudah menggunakan aplikasi dibandingkan via website. Jika ingin upload melalui website bisa langsung meluncur ke bpjsketenagakerjaan[dot]go[dot]id.

Bagaimana Mengurus BPJS Ketenagakerjaan Online?

Proses mengurus BPJS Ketenagakerjaan ini terbilang mudah jika berkas anda lengkap dan sanggup menunggu dengan sabar proses setelah dinyatakan data-data diterima. Lamanya menunggu proses selanjutnya yaitu wawancara sekitar tiga minggu, jika dokumen ditolak dan dinyatakan tidak lengkap maka harus upload ulang dan menunggu lagi sekitar tiga minggu. Proses wawancara ini hanya dilakukan pada hari kerja dan jadwal ditentukan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Baca: BPJS untuk Melahirkan

Kapan BPJS Ketenagakerjaan Cair?

Pencairan dana JHT memerlukan waktu tiga minggu jika berkas lengkap dan dinyatakan diterima melalui email. Namun dalam kasus suami, pencairan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan karena berkas ditolak di awal dan harus dilengkapi. Setelah berkas lengkap, pencairan dana JHT tak perlu menunggu lama karena langsung masuk ke rekening.

Mengapa Harus Mengurus BPJS Ketenagakerjaan Online?

Alasan kami pribadi karena beralih pekerjaan, sehingga memilih untuk mencairkan dana BPJS terhitung sejak masa JAMSOSTEK. Uang yang kami kira hangus karena sudah lama tidak diurus, ternyata bisa dicairkan bersamaan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Ada kekhawatiran juga jika terlalu lama tidak diurus, uang tersebut benar-benar hilang dan proses pencairannya lebih memakan waktu.

Baca: Bikin BPJS Calon Bayi di Cibinong

Siapa yang Bisa Mengurus BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS Ketenagakerjaan bisa dengan mudah diurus sendiri sehingga tidak perlu diwakilkan. Mungkin proses upload dokumen bisa dibantu orang lain, namun tahapan selanjutnya yaitu wawancara untuk pengecekan dokumen harus yang bersangkutan. Kami tidak mengetahui proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan secara offline, karena masih dalam masa pandemi COVID-19.

BPJS Ketenagakerjaan
Sumber: detik[dot]com






Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama