Cara Menggunakan Google Analytics dan Google Search Console

Dari awal ngeblog saya hanya tau memilih template blog gratis yang estetik dan tentunya sederhana anti ribet. Setelah saya mengikuti kelas BRT Networks, ternyata template yang estetik dan sederhana itu tidak akan menjamin kinerja blog kita berjalan optimal. Dari dulu kemana aja ya? Hehehe. Sudah sering lihat google analytics hanya dipake sekadar untuk nengokin pageviews, apalagi google search console yang belum optimal banget dimanfaatkan demi kelangsungan menuju blog yang lebih berkualitas.


BRT Networks

Akhirnya saya pun merombak tampilan blog ini dengan memilih template yang SEO friendly. Bagi teman-teman yang memiliki blog di blogspot bisa memilih beberapa template gratis yang SEO friendly, salah satu kriterianya adalah urutan elements H1, H2, dan H3 berurutan dengan baik. Nah lho apaan tuh hahaha. Lanjut baca sampai selesai dan temukan dimana bisa dapetin template yang direkomendasikan!

Saya berterimakasih banget sama Mas Pewe dan Mbak Monica plus tim BRT Networks yang berbagi ilmu gratis dengan menghadirkan senior-senior yang juga mau sharing dan jawab pertanyaan-pertanyaan dari saya khususnya yang akhirnya punya page about di blog ini walau isinya tetep ya curhat. Tujuan saya ikut kelas memang semata supaya DA saya naik satu aja gitu, tapi ternyata berjuang tak sesederhana itu. Saya gigih di awal tapi kendor semangatnya di akhir. Padahal kelas untuk kenalan sama backlink itu bukan pertama kalinya saya ikuti bahkan pernah dikasih akses Moz Pro juga tapi belum bisa saya manfaatkan dengan maksimal.

Mas Aldhi Fajar pun berbagi ilmu seputar SEO Off Page supaya blog kami dipercaya google untuk ditempatkan pada posisi terbaiiik, lalu berlanjut ke SEO on page yang dibimbing Mas Pewe. Awalnya saya merasa terintimidasi karena yah blog ini banyak bobroknya, semakin diobok-obok semakin saya pusing hahaha. Tapi semangat teman-teman yang lain juga pencerahan dari Mbak Gilang bikin saya maju pelan-pelan. Special thanks juga untuk Mbak Adriana yang mau jawab chat saya hehehe, keren sih prestasinya bikin auto minder plus mundur alon-alon. Rasanya saya seperti sedang ikut Master Chef Indonesia, padahal saya nggak masak, cuma lihat orang masak sambil nungguin kelas dimulai. Alhamdulillah saya bisa naik kelas dan lanjut mengikuti pembahasan Google Analytics dan Google Search Console dari Mas Priyo Harjiyono.


BRT Networks

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics adalah tools dari google yang memperlihatkan kondisi blog atau website kita berdasarkan data yang diperoleh dari kunjungan pembaca blog. Data yang ditampilkan dalam google berupa data saat ini (real time) dan bisa juga menjangkau data dengan jangka waktu tertentu. Kita juga bisa memperoleh data pengunjung blog, mulai dari negara mana mereka berasal, perangkat yang digunakan untuk mengakses blog, hingga bahasa yang mereka gunakan dan tentunya data lain seperti umur, jenis kelamin, serta minat mereka. Saya seringnya memperhatikan data page views pada google analytics dan postingan mana yang memperoleh views tertinggi. 

Apa itu Google Search Console?

Google Search Console adalah perangkat yang disediakan google untuk mengetahui kemampuan blog kita untuk menjangkau pembaca atau pengunjung blog berdasarkan data dari mesin pencarian google. Lebih spesifik lagi kita bisa melihat kata kunci apa saja yang dicari di mesin pencarian google, kemudian pencari informasi tersebut meluncur ke blog kita.

Mengapa kita perlu menggunakan Google Analytics dan Google Search Console?

Data dari Google Analytics dan Google Search Console penting untuk kita diketahui, terutama untuk melihat berapa jumlah pengunjung yang membaca blog kita. Selain itu juga kita bisa mengetahui kata kunci apa saja yang paling banyak dibaca oleh pengunjung. Kita juga bisa melihat ketertarikan pengunjung yang membaca blog kita sehingga postingan yang dipublish bisa menyesuaikan dengan apa yang disukai pembaca. 

Bagaimana menggunakan Google Analytics?

Google Analytics bisa diakses melalui desktop maupun aplikasi di play store. Saya lebih sering menggunakan browser di hand phone untuk membaca data google analytics. Sebelum diakses, tentunya kita harus mendaftarkan blog kita di url analytics[dot]google[dot]com.

Bagaimana menggunakan Google Search Console?

Google Search Console dapat langsung diakses lewat desktop dan sebelum menggunakannya kita juga harus melakukan verifikasi data. Akses langsung ke search[dot]google[dot]com lalu submit blog yang kita kelola. Saya saat itu mendaftarkannya masih menggunakan webmaster tools.

Kapan perlu menggunakan Google Analytics dan Google Search Console?

Gunakan data dalam Google Analytics dan Google Search Console saat ingin meningkatkan kualitas postingan blog kita. Data dan informasi yang ditampilkan pada kedua tools tersebut sangat bermanfaat dan bisa digunakan dengan optimal agar postingan kita banyak pembacanya. Salah satu alasannya agar pengunjung blog semakin meningkat, tentunya dengan dukungan konten-konten yang bermanfaat. 

Pembelajaran terkait dua tools dari Google ini padat sekali disampaikan oleh Mas Priyo, namun saya kurang maksimal menyimak karena masih pemulihan pascavaksin yang bikin panas dingin. Tapi jangan khawatir karena Mas Priyo berbagi pengetahuan juga terkait ini pada blognya. Silakan berkunjung dan temukan banyak pencerahan disana. Saya jadi minder karena belum pernah sama sekali berbagi tips seputar blogging. Ini menjadi postingan saya yang pertama dengan pembahasan seputar performa blog. Bagi pembaca yang lagi semangat ngeblog, saya rasa harus pilih template yang tak hanya sekadar estetik hehehe. Untuk blogspot bisa cari di gooyaabitemplates[dot]com atau berdasarkan rekomendasi teman-teman ada sugeng[dot]id dan igniel[dot]com. Semoga bermanfaat! 

Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama