Belajar SEO untuk Pemula

Sebenarnya SEO itu apa ya? kok tau-tau jadi bahas ini dimari hehehe. Mumpung masih 'anget' nih, Alhamdulillah dari kelas BRT Networks aku dapet lagi kesempatan untuk akses MOZ Pro. Waduh MOZ Pro apaan lagi tuh ya? MOZ Pro itu salah satu SEO tools. Jadi SEO itu kepanjangannya Search Engine Optimization atau kalau dalam bahasa kita kira-kira artinya Optimasi Mesin Pencari. Nah SEO ini adalah sebuah proses yang tidak terjadi begitu saja, membutuhkan waktu, dan sulit dilakukan dalam sekejap.  

Apa Sih Fungsi SEO (Search Engine Optimization)?

Fungsi SEO yaitu untuk meningkatkan kunjungan pembaca ke blog atau website yang sedang kita optimalkan pengelolaannya. Cara untuk menarik pembaca supaya mau mampir bahkan betah membaca isi konten kita itu bisa memanfaatkan algoritma atau prosedur yang diberlakukan si mesin pencari tersebut. Algoritma itu sistem yang mencatat segala hal yang dibagikan di internet.

Coba sekarang pembaca ingat-ingat, saat kalian ingin menggali atau menemukan informasi awal dalam waktu cepat apa yang kebiasaan yang kita bangun? Kalau saya sih buka browser atau langsung google terus ketik aja deh kata-kata yang lagi pengen dicari lebih lanjut. Biasanya saya baca info dari halaman pertama yang ditampilkan, jarang banget buka halaman selanjutnya, apalagi kalau lagi diburu waktu. Kalian gitu juga nggak? Sekarang kalau kalian adalah si pemilik artikel dalam sebuah situs atau postingan dalam sebuah blog, kira-kira seneng nggak kalau muncul di halaman pertama google terus banyak yang klik dan baca karena informasi tersebut dianggap menarik dan memberikan manfaat. Saya sih tentu saja senang dan bangga aja gitu, itulah hal yang SEO lakukan. Informasi-informasi dalam artikel yang tampil pada halaman pertama pencarian itulah teknik SEO, cara SEO bekerja mengikuti algoritma mesin pencarian. Algoritma akan memproses informasi yang sesuai dengan kebutuhan pembaca. Jadi kita nggak perlu repot pasang iklan juga kalau teknik SEO nya dikelola dengan baik. 

Baca: Cara Menggunakan Google Search Console dan Google Analytics

Contoh SEO Tools

1. Google Search Console, Google Analytics, Google Trends, Google Keywords Planner. 

Mesin pencari yang biasa kita gunakan tentu saja google, apa ada yang menggunakan mesin pencari selain google? mungkin ada tapi sebagian besar orang tau google, cari di google, dan kembali ke google ketika membutuhkan informasi mulai dari hal yang dianggap remeh sampai hal yang penting dan banyak orang cari. Baiknya google memberikan kesempatan juga untuk kita membuat konten yang bisa diminati banyak orang, memberikan wadah di YouTube, blogger, google my business, google podcast, google local guide, and so on. Kita juga bisa menggunakan SEO tools dari google secara gratis dan bisa banget dioptimalkan untuk mengetahui bacaan seperti apa yang menarik minat pembaca.

Belajar SEO untuk Pemula


2. keywordtool[dot]io

Sebuah tools atau perangkat untuk memproses SEO membutuhkan kata kunci yang jitu, kata kunci yang kira-kira bakal dicari oleh orang lain. Kata kunci atau keywords tersebut harus kita riset terlebih dahulu sebelum akhirnya ditampilkan dalam judul artikel atau di dalam artikel itu sendiri. Misalnya kita sedang mencari kata kunci tempat wisata, di keywordtool[dot]io akan diperlihatkan kata kunci yang banyak dicari orang berdasarkan google, YouTube, blog, dan lain-lain seperti kata kunci tempat wisata di Bogor, tempat wisata murah, tempat wisata alam, tempat wisata edukasi, dan saran kata kunci lain yang bisa dieksplorasi lebih lanjut. Jika kita berlangganan Keyword Tool Pro, kita bisa mengetahui data lainnya yaitu berapa banyak orang yang mencari kata kunci tersebut, CPC (Cost Per Click), dan perbandingan dengan keywords lainnya seperti apa. 

Setelah riset kata kunci dirasa cukup, kita bisa menuangkan kata kunci tersebut dalam artikel dan tentunya judul yang akan kita posting. Hal ini berguna untuk menarik pembaca untuk berlama-lama berkunjung ke blog kita karena kata kunci yang kita gunakan sudah sesuai kebutuhan mereka. Jadi untuk apa cari informasi di blog lain? Teman-teman juga bisa belajar untuk riset kata kunci lebih jauh di YouTube channel Mas Alex Alfand, ketik aja di YouTube 'Cara Riset Keyword SEO Blog untuk Artikel. Penjelasannya jelas dan mudah dipahami bahkan untuk pemula.    

belajar SEO
sumber: rumahweb[dot]com

3. moz[dot]com

Bagi pembaca yang sudah kenalan dengan DA, PA, SS, DR, dan istilah-istilah lainnya mungkin tau sedikit banyak tentang moz. Moz adalah tools yang dianggap paling akurat untuk menentukan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) sebuah blog. Banyak klien yang masih mempertimbangkan DA dan PA blog saat memulai sebuah kerja sama, selain page views yang muncul pada google analytics. Moz menyediakan tools gratis untuk sekadar melihat DA dan PA blog teman-teman.

belajar seo

MOZ Sebagai Bagian dari SEO Tools

Setelah kita menyusun konten yang bagus untuk diposting, perlu dipikirkan juga apakah konten tersebut dianggap layak oleh mesin pencari untuk ditampilkan dan dibaca. Domain blog atau website yang kita kembangkan, bisa dipercaya atau tidak oleh mesin pencari. Reputasinya bagus nggak nih blognya? kualitas kontennya oke kah? 

Sejak lama sudah dibocorkan oleh para pakar SEO bahwa blog yang bagus itu adalah yang isinya spesifik, misalnya blog khusus membahas parenting, spesialis yang diblognya membahas seputar kesehatan, atau mengarah ke blog keuangan, dan sebagainya. Semakin spesifik yang dibahas biasanya mesin pencari semakin percaya pada blog tersebut, bisa jadi dianggap expert di bidang yang dibahas pada konten-konten yang dipublikasikan. Namun sayangnya, saya pribadi belum bisa mewujudkan blog dengan spesifikasi tertentu karena blog saya ini adalah wadah pelipur lara, pelarian saat stress, dan tentunya berbagi kebahagiaan alias blogger curhat.

Jadi bagi pembaca yang baru mulai ngeblog dan memiliki keahlian pada bidang tertentu, bagikan saja pengalaman kalian pada postingan-postingan blog yang saya yakin tetap akan ada pembacanya yang membutuhkan informasi tersebut. Misalnya anda seorang arsitek, bisa berbagi seputar biaya arsitek di Bogor atau seseorang yang hobi masak bisa banget membagikan resep-resep andalannya di blog.

belajar seo


Mengapa harus menggunakan MOZ sebagai SEO Tools

Moz sebagai SEO tools digunakan untuk menggali lebih lanjut 'kesehatan' blog kita. Bersahabat dengan Moz, terutama Moz Pro, bisa mengoptimalkan kinerja blog kita atau bahkan makin pusing melihat 'penyakit' diblog tersebut. Data yang muncul pada Moz Pro memudahkan kita juga untuk membandingkan situs-situs lain untuk dianalisa. Mendalami Moz Pro juga membantu kita untuk mengatur strategi agar konten-konten yang kita buat semakin berkualitas dan bisa bersaing dengan situs lainnya di mesin pencarian. Moz Pro juga memberikan masukan pada kita apa saja yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan blog kita agar mesin pencari semakin yakin bahwa informasi yang kita bagikan itu nggak kaleng-kaleng apalagi asal bahkan mengada-ada. Tentu saja semua penjelasan dan tools di dalamnya itu menggunakan bahasa Inggris ya guys, jadi selamat berasap otak anda alias ngebul kalau yang belum terbiasa termasuk saya. Mudah-mudahan ya Moz buka kantor gitu disini jadi dengan senang hati memberikan pencerahan dalam bahasa Indonesia hahaha mulai ngawur. Tapi udah ada kok beberapa orang yang berbagi dalam bahasa Indonesia di YouTube tentang Moz ini. 

belajar seo


Bagaimana menggunakan MOZ sebagai SEO Tools

Petunjuk dari Moz tentang bagaimana memulai menggunakan Moz untuk mengoptimalkan blog kita dijabarkan dengan jelas melalui learning tools yang ada di Moz. Kita bisa akses melalui academy[dot]moz[dot]com, di dalamnya terdapat video-video yang bisa kita pelajari satu per satu untuk membuat rencana pengoptimalan blog kita. Kebutuhan untuk mengoptimalkan blog itu sesuai dengan kecepatan kita untuk mencerna penjelasan yang dipaparkan oleh Moz di video-video tersebut. Bisa dalam 30 hari kita menyelesaikan masalah-masalah yang ada di blog kita atau bahkan hanya dalam waktu seminggu blog kita sudah bekerja optimal.

belajar seo


Salah satu hal yang saya lakukan di awal adalah riset kata kunci yang sedang naik daun diblog ini. Gunanya untuk memperoleh insight kata kunci lainnya yang bisa saya posting untuk semakin memperkuat konten saya sehingga pembaca pun betah baca postingannya karena kaya akan informasi. Jadi tidak gampang beralih ke blog lain, syukur kalau balik lagi untuk cari informasi lainnya, serta merekomendasikan pada orang-orang yang membutuhkan informasi itu juga. Kata kunci yang nggak saya duga bakal banyak yang cari itu berjudul kuliah atau tidak. Ternyata memutuskan untuk melanjutkan kuliah memang bukan privilege yang bisa diperoleh sebagian besar orang Indonesia ya. Jadi perlu dipikirkan secara matang dalam pengambilan keputusan melanjutkan kuliah. Menggunakan kata kunci yang tepat sasaran dalam tiap postingan yang kita buat adalah bagian penting dari SEO.

belajar seo

Kita juga bisa menggunakan Moz untuk mengetahui masalah yang ada dalam blog. Mulai dari url yang kepanjangan, halaman yang tidak ditemukan, judul yang kependekan, sampai masalah lainnya yang bisa bikin pusing tujuh keliling dan akhirnya nggak mood untuk benerinnya. Kita bisa pilih masalah mana yang mau diselesaikan terlebih dahulu berdasarkan simbol merah yang menunjukkan critical issues.

belajar seo

Begitulah kira-kira sedikit penjelasan dari SEO dan bagaimana SEO Tools khususnya Moz bekerja optimal untuk 'menyehatkan' blog kita. Ini hanya cuplikan singkat saja karena banyak sekali hal yang harus diperhatikan dan diperbaiki saat kita belajar SEO. Bahkan sekarang saya berpikir untuk curhat dengan bebas dan sembarangan di blog seperti awal-awal sangat sulit dilakukan karena harus di SEO-kan itu curhatannya hahaha. Semangat ngulik teman-teman, semoga penjelasan singkat ini bisa memberi insight bagi kalian yang baru memulai belajar SEO. 



Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama