Kursus Online Gratis Bersertifikat di Aplikasi Siap Kerja

Bagi pecinta sesuatu yang gratis seperti saya, sekarang kita bisa mengikuti kursus online gratis bersertifikat di aplikasi siap kerja QuBisa. Apa saja ya yang bisa dipelajari di aplikasi siap kerja? Gimana tuh caranya ikut kursus online gratis bersertifikat? Kenapa juga kita harus kursus online? Semua jawabannya ada disini berdasarkan pengalaman pribadi. Lanjut baca sampai selesai ya!

Kursus Online Gratis

Saya adalah seorang ibu yang memilih bekerja dari rumah setelah melahirkan. Dalam rutinitas sehari-hari yang seringnya bikin bosan, saya merasa perlu meningkatkan kemampuan dan menggali ilmu yang tentunya bermanfaat untuk pekerjaan saya sebagai freelance blogger. Tak dipungkiri memang sulit bagi saya untuk membagi waktu antara passion dan keluarga. Terlebih lagi sebelum pandemi, berbagai kursus dan peningkatan skill seringnya menuntut saya untuk hadir langsung di kelas bertatap muka dengan instruktur yang akan menyampaikan materi. Satu hikmah yang saya syukuri dibalik pandemi Covid-19 yang belum juga reda yaitu semakin banyak kursus online gratis bersertifikat di Indonesia. Metode pembelajaran online ini sangat membantu saya yang kesulitan jika harus meninggalkan anak di rumah untuk menuntut ilmu.

Kursus Online

Platform Belajar Online

Saya pun mendapat rekomendasi dari teman-teman tentang aplikasi belajar online sekaligus aplikasi siap kerja QuBisa. Saya pikir ini menarik karena aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk pekerja kantoran namun untuk ibu rumah tangga seperti saya juga bisa banget! Yakin deh siapapun bisa mengembangkan diri lewat aplikasi ini karena begitu daftar QuBisa, banyak banget kursus online yang bisa dipilih baik itu yang gratis maupun berbayar dengan harga terjangkau.

Daftar QuBisa Dapet poinQu

Baru pertama kali install dan daftar di aplikasinya aja saya langsung mendapatkan 2000 poinQu. Wah poin apa nih ya? Saya cukup mendapatkan motivasi lebih untuk sering buka aplikasi siap kerja ini, salah satunya karena bisa dapet poin dan kalau ada poin biasanya sih bisa ditukar dengan sesuatu dong yaaa. Selain dari aplikasi belajar online di smartphone, kita bisa juga lho belajar lewat situs resminya QuBisa dan bisa mendapatkan poin juga. Ternyata user dengan banyak poin memiliki kesempatan untuk mendapatkan smartphone dan saldo gopay. Skema poinnya mulai dari 5 - 3000 poin, kita bisa menonton microlearning, mengikuti webinar, sampai rating app. Harus hati-hati juga jika sudah mendaftar kursus, tapi tidak menyelesaikannya dan tidak hadir maka poinQu bisa dikurangi. Sebelum lanjut kursus online di QuBisa, kita harus update profil terlebih dahulu untuk menambahkan data nama lengkap dan nomor KTP agar bisa mendapatkan sertifikat.   

PoinQu QuBisa


Buat saya yang baru pertama kali menggunakan QuBisa, rasa penasaran pun muncul untuk mengetahui lebih jauh tentang QuBisa, cara belajar efektif lewat QuBisa, dan belajar gak ribet ala QuBisa. Platform pembelajaran yang menghubungkan "peserta" dengan "instruktur" dalam satu wadah ini memberikan pengajaran yang memungkinkan peserta dan instruktur berinteraksi baik secara online maupun tatap muka. Kursus online QuBisa melakukan pembelajaran lewat webinar, video, dan memberikan materi dalam bentuk pdf. Selain sebagai peserta yang mengikuti kursus, kita bisa juga lho menjadi instruktur jika memenuhi kualifikasi. Lumayan kan bisa memperoleh uang tambahan setiap tiga bulan dalam kerjasama revenue sharing dengan QuBisa. 

Kelas Voice Over dan Personal Development

Saya pun nggak mau ketinggalan dong ikut meningkatkan kemampuan di QuBisa. Salah satu hal yang saya pelajari adalah cara meningkatkan personal branding. Penting bagi saya pribadi untuk mengetahui bagaimana pandangan orang lain terhadap keahlian yang selama ini saya miliki. Saya sebagai ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai freelance blogger ini merasa lebih percaya diri ketika orang lain mengenal saya dengan baik. Personal branding memang nggak bisa dibangun dalam waktu semalam karena harus ada jam terbang dan pengalaman serta portofolio yang jelas untuk membuktikan bahwa saya memiliki keahlian di bidang content creator ini. Teman-teman yang lagi cari cara meningkatkan personal branding, yuk belajar bareng!

Semakin banyak orang yang memilih bidang pekerjaan yang sama, tentunya menampilkan nilai jual diri kita menjadi semakin penting. Salah satunya supaya orang bisa menilai dan percaya dengan kualitas kita di bidang keahlian yang dimiliki. Maka dari itu diperlukan upskilling dan reskilling agar kemampuan kita lebih terasah sesuai dengan kebutuhan saat ini dan mampu memenangkan persaingan serta berkolaborasi dengan bidang lainnya. Proses upskilling dan reskilling ini memang membutuhkan waktu belajar yang cukup ya agar keahlian kita bisa diakui banyak orang.

Aplikasi Belajar Online

Di QuBisa saya mengikuti kursus dari Bapak Bayu Setiaji, Chief of Learning Development Solution PT GML Performance Consulting, terkait personal branding atau pencitraan pribadi. Belajar gak ribet deh karena saya bebas menyesuaikan waktu untuk mengikuti kursus, yaitu saat jam tidur anak dan pekerjaan domestik rumah tangga sudah dibereskan. Ada satu materi dalam format pdf dan satu video pembelajaran dalam kursus kali ini yang menjelaskan bagaimana kita mengatur persepsi orang lain terhadap kita. Beberapa orang mengenal saya sebagai blogger, ada juga yang menyebut influencer walau ragu-ragu menyebutkannya. Bidang yang saya geluti ini memang hanya diketahui oleh teman-teman yang follow di media sosial sementara orang-orang yang hadir di kehidupan nyata seperti tetangga belum banyak yang mengetahui personal branding saya sebagai content creator. Menumbuhkan potensi yang ada dalam diri kita memang sangat penting, kita harus memetakan diri sehingga dapat mengetahui kekuatan yang ada dalam diri dan kemampuan apalagi yang harus ditingkatkan. 

Aplikasi Siap Kerja

Selain kursus, saya juga mengikuti kelas "Berkarya dengan Suara : Peluang Voice Over Talent Masa Kini" yang merupakan salah satu keinginan terpendam sejak lama. Seiring berjalannya waktu, meningkatkan kemampuan di bidang lain yang bisa melengkapi keahlian rasanya juga penting ya. Terlebih lagi saya senang mencoba hal-hal baru, lewat QuBisa saya bisa mendapatkan cara belajar efektif sekaligus mengikuti kursus yang sesuai dengan passion. Wah mungkin setelah ini saya akan mengikuti banyak kelas di QuBisa nih!

Kenapa Belajar Online di QuBisa?

Kursus Gratis

Buat teman-teman yang sedang mencari cara untuk meningkatkan kemampuan di bidang masing-masing daftar saja langsung melalui aplikasi yang bisa diunduh dari App Store maupun Play Store. Ingin menggali potensi di bidang lain pun tentu saja bisa, karena di QuBisa tersedia berbagai pilihan kelas mulai dari bisnis, desain, keuangan, IT, sumber daya manusia, kesehatan, sales dan marketing, bidang akademik, dan personal development seperti yang sedang saya ikuti. Teman-teman pemula juga bisa mempelajarinya dari awal hingga level profesional dari para instruktur ahli di bidangnya. QuBisa juga memberikan konsultasi karir bagi teman-teman yang membutuhkan dan telah berkolaborasi dengan universitas, industri, juga para ahli profesional dalam memberikan konten materi pembelajaran. 

Kursus Bersetifikat

Nah untuk teman-teman yang memiliki blog, QuBisa sedang mengadakan kompetisi blog nih. QuBisa mengajak teman-teman semua yang suka berbagi pengalaman dalam belajar bareng di aplikasi belajar online QuBisa. Caranya gampang deh dan hadiahnya wow banget! Masih banyak waktu untuk mempersiapkan postingan yang paling menarik untuk jadi pemenang karena periode kompetisi masih berlangsung sampai 10 Desember 2021. Untuk persyaratan dan ketentuan penulisannya bisa langsung dibaca di qubisa.com/kompetisi-blog. Jangan ragu ya untuk berbagi cerita seru belajar online lewat aplikasi maupun situs resmi QuBisa!

Kompetisi Blog QuBisa



80 Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

  1. Alhamdulillah, minimal bisa mengisi untuk kesibukan selama pandemi ya, terimkasih infonya

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, minimal bisa untuk upgrade diri selama pandemi ya

    BalasHapus
  3. Penasaran sama QuBisa. Lagi pengin belajar corel. Mau ngecek aplikasinya dulu. Makasih info menariknya ya...

    BalasHapus
  4. Banyak juga ya mbak pilihan kelas QuBisa tersedia berbagai pilihan kelasnya mulai dari bisnis, desain, keuangan, IT, sumber daya manusia, kesehatan, sales dan marketing, bidang akademik, dan personal development. Bikin semangat belajar online di sini.

    BalasHapus
  5. setuju banget jika personal branding hrus dimaintain secara konsisten hingga memiliki jam terbang/ pengalaman dan portofolio yang qualified

    BalasHapus
  6. AKu kalau yang gratis mauuuuu. Apalagi untuk meningkatkan kemampuan diri. Oke punya nih kursus online QuBisa. Bersertifikat juga ya. Personal brandingnya nih tertarik aku, biar lebih mantap membranding diri sebagai blogger. Sama, kalau tetangga sosial media tahu aktivitas kita, kalau tetangga di dunia nyata tahunya emak dasterna di rumah kwkwkw

    BalasHapus
  7. Hah..kursus online gratis tali bersertifikat? Emang bisa?? Eh..ternyata dengan QuBisa hal itu benar-benar bisa terwujud ya.. Terima kasih sharingnya Kak

    BalasHapus
  8. Wah baru tahu lho aku mba Qubisa ada juga buat voice over, lah gue banget nih ha ha ha . Ih aku udah tahu aplikasi ini tapi baru ngeh hari ini huahahaha. Makasih ya mba infobya

    BalasHapus
  9. Bermanfaat banget nih kursus online di Qubisa, jadi bisa nambah skill tanpa harus keluar rumah, cukup melalui aplikasi saja.
    Btw menarik banget tuh blog competitionnya, jadi mupeng liat hadiahnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mba..sangat menarik nih kesempatan belajar secara online, gratis lagi! mantaaab betuuul

      Hapus
  10. wah ada pelatihan voice over.. Memang sekarang banyak platform buat belajar tp masih bingung mau ikut yang mana. Btw makasih infonya kakk

    BalasHapus
  11. Pertama kali lihat scrolling media sosialnya Qubisa, seketika mataku langsung tertuju ke Voice Over Talent. Wah, sayangnya nggak jodoh sama waktunya. Jam segitu aku masih di kantor, atau perjalanan pulang ke rumah yang menggunakan transportasi umum. Ya angkot, ya kereta, ya ojol. Daripada ikutan tapi nggak optimal karena pasti terpengaruh sinyal, kayaknya mau kutunda dulu sampai ketemu jadwal pelatihan yang pas di hati dan waktunya, hihihi ...

    BalasHapus
  12. Wah, menarik banget ya Kak kursus online tapi ada sertifikatnya. Membantu banget buat upgrade skill kita di masa pandemi ini.

    BalasHapus
  13. Dari kemarin cari-cari pembelajaran bahasa yang pas, ikut PraKerja ternyata tidak ada. Boleh lah downlod ini

    BalasHapus
  14. Seneng banget ada Qubisa ini. Bisa isi waktu luang berfaedah. Apalagi tersedia kursus gratisnya juga. Jadi sayang sih kalau harus dilewatkan

    BalasHapus
  15. Jadi penasaran pengen coba langsung qubisa , ada kursus gratiss gak mesti keluar rumah enaakk banget pastinya. Jadi makin produktif nih di rumah karena ada qubis

    BalasHapus
  16. asyik banget ya Mbak belajar di QuBisa ini, bisa menyesuaikan waktu kita untuk belajar, jadi kapan kita punya waktu bisa langsung masuk kelas lagi ya tuk belajar.
    pilihan kelasnya pun banyak banget, tinggal cari aja yang sesuai kebutuhan, gratis pula :D

    BalasHapus
  17. Mantap sekali.
    Aku pikir di Qubisa ini hanya fokus ke peningkatan skills di dunia kantor, ternyata ada banyak sekali kursus online lainnya yang berfokus pada pengembangan diri.
    Suka sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener ... Di kantor okelah ya misalnya difasilitasi training. Tapi di luar itu, kita butuh banget meningkatkan skill yang memang untuk diri kita pribadi, bukan hanya untuk kebutuhan perusahaan. Kan kita juga punya kehidupan sebagai diri sendiri, hihihi ...

      Hapus
  18. Masyaallah, sudah lah dapat ilmu, gratis pula.
    keren aplikasi qubisa ini.. ku jadi kepingin cobain juga :D

    BalasHapus
  19. Aku sama sekali tidak menyangka kalo kelas-kelas di Qubisa ini ternyata banyak bgt dan menambah skill banget ya kak

    BalasHapus
  20. Eeehhh bahkan ada kelas voice over juga ya di QuBisa. Aku belum ngulik sampai ke sana khan jadi penasaran. Apalagi belajar di QuBisa gini, bisa dimana aja dan kapan aja.

    BalasHapus
  21. Jadi ingat pernah baca juga tentang Qubisa ini, dan lupa unduh, untung baca postingan mba, aku langsung download deh, penasaran!

    BalasHapus
  22. Asyik nih bisa kursus voice over dan personal development dengan gratis. Materinya bagus lagi.

    BalasHapus
  23. Qubisa memang aplikasi untuk belajar online yang lengkap. Gak cuma kursus berbayar, tapi ada juga kursus gratisan yang singkat namun padat. Selain itu juga ada webinar.

    Saya sering ikut kelas-kelas seperti personal branding, digital marketing, dll di Qubisa ini

    BalasHapus
  24. Wah sekarang QuBisa udah ada poinnya ya, makin semangat belajar jdinya 😃😁

    BalasHapus
  25. Hi kak aku baru tau loh soal Qubisa ini, unik dan vafuatif banget yahhh jadi pengen ikutan juga deh

    BalasHapus
  26. Wah ini kursus online baru dengan multidisiplin ilmu dan keahlian. Bagus juga pengembangan diri. Thx review-nya

    BalasHapus
  27. jadi penasaran juga mba sama Qubisa ini. apalagi ada lomba blognya juga. jadi pengen nyoba dan berbagi pengalaman seru dari apss Qubisa ini

    BalasHapus
  28. Banyak pilihan yang bisa dipelajari di QuBisa ya mba. Asalkan kita mau belajar untuk meningkatkan kemampuan, gratis dan bersertifikat pula. Untuk yg mau masuk dunia kerja, agar lebih siap, bisa ikutan kursus di sini juga. Keren.

    BalasHapus
  29. Kalo ada poin2nya gitu biasanya bikin makin semangat 🤭
    Btw, itu semua bisa belajar gratis atau ada yang berbayar?

    BalasHapus
  30. Aku kok jadi tertarik ya sama
    "Kelas Voice Over dan Personal Development", tetitaka voice overnya itu mbak. Semoga ada kesempatan nyoba ah

    BalasHapus
  31. baru tau kalo QuBisa ada kursus online gratis nya

    mau nyuruh keponakan saya untuk coba ah

    karena fresh graduate, dia bingung cari kerja

    padahal bisa banget nambah skill sambil cari kerja

    BalasHapus
  32. Serunya bisa dapat poin itu lho ... saya jadi rajin check ini hihi.
    Tapi yg paling suka sih bahan2 pelajarannya.

    BalasHapus
  33. Keren banget yang ditawarkan Qubisa. Setidaknya selama pandemi jadi ada kegiatan yang bermanfaat. Gratis pula, ya

    BalasHapus
  34. cocok nih buat anakku yang ngegame muluk supaya bisa beralih untuk meningkatkan skillnya lewat QuBisa nih, jadi pingin tau lebih banyak , apa saja sih

    BalasHapus
  35. Siapa sih yang nggak seneng kalau dapat gratisan, ilmu yang daging banget lagi. Penasaran banget sama Qubisa

    BalasHapus
  36. Keren banget aplikasi Qubisa ini, emang kudu banget terus ningkatin wawasan sama skill. Menarik nih kelasvoice over sama personal development itu.

    BalasHapus
  37. Lengkap banget ya mba aplikasinya dan tersedia berbagai level pula, hehehe jadi penasaran pengen coba ikut kelas di QuBisa nih...

    BalasHapus
  38. Mari tambah cuan dengan rajin belajar. Qu bisa bisa jadi pilihan tepat karena online dan banyak pilihan untuk upgrade ilmu

    BalasHapus
  39. Whoa Qubisa ini emang lagi hits bangeet ya kak. Variatif banget materinya, asli puas deh kalau ambil ilmu di Qubisa

    BalasHapus
  40. Asyiknya belajar di QuBisa ini kita bisa mendapatkan banyak ilmu dan upgrade skill yang didapatkan secara gratis, dengan instruktur yang profesional pastinya

    BalasHapus
  41. Makasih mba tipsnya. Sekarang belajar nambah ilmu bisa online dan ilmunya pun sangat bermanfaat menambah skill ya mba :)

    BalasHapus
  42. Kursus gratis seperti ini memang menyenangkan, karena materinya banyak, dan pengajarnya juga asik menerangkannya. Apalagi lengkap ya ada tes nya juga

    BalasHapus
  43. Kalau ada yang gratis harus bisa dimanfaatkan apalagi bisa meningkatkan skil & pengetahuan kita ya. Lewat QuBisa kita bisa belajar online, seru ya bisa dapat poin juga pengurangan poin. Harus rajin & disiplin ya ikutan belajar onlinenya

    BalasHapus
  44. Terima kasih banyak informasinya, Mbak. Selain bisa kursus dari rumah, dapat ilmu, dapat sertifikat pula. Paket lengkap ini mah.

    BalasHapus
  45. Cocok buat para freshgraduate yang mau meningkatkan skill sebelum bertarung memasuki persaingan duni kerja.

    BalasHapus
  46. Wah bagus nih ada kursus bahasa inggris yang kelasnya disesuaikan dengan umur juga ya...asyik banget bisa gratis bersetrifikat pula :D

    BalasHapus
  47. Terima kasih banyak mba infonya bagus sekali untuk saya yang lagi belajar ini

    BalasHapus
  48. Di Qubisa ini kita bisa upgrade skill dengan biaya gratis. Menyenangkan banget deh. Selain itu, mentornya profesional semua.

    BalasHapus
  49. Jadi pengen ikutan yang personal brandingnya mbak :D
    Wah pilihan kelasnya juga banyak yaaa. Kudu dipilih nih yang sesuai aktivitas sekarang supaya bisa menambah skill dan ebih profesional lagi. Apalagi waktunya juga fleksible yaa.
    Coba nanti aku install dan intip2 aplikasinya yaa TFS

    BalasHapus
  50. Qubisa ini bagus banget utk kita yg ingin tetap punya skills walau LG pandemi. Dan ada di playstore juga

    BalasHapus
  51. Aku udah intip-intip di Qubisa banyak pelatihan gratisnya juga yaaa, plus pakai sistem poin juga jadi seru sih kaya race gitu jadinya hihi

    BalasHapus
  52. Qubisa aplikasinya komplit ya, tidak hanya bisa belajar online sekaligus bisa mendapatkan sertifikat. Ini yang paling penting. Karena bisa dipakai untuk lingkup pekerjaan baru

    BalasHapus
  53. Wah sama aku juga tim penyuka gratisan.wah qubisa ini banyam yg pakai dengan respon positif akupun ingin mencoba banyak pula pilihannya.

    Aku beberapa kali baca paling suka yg naikin personal branding kita.butuh ilmu itu

    BalasHapus
  54. ah asik juga ya bisa kursus online gratis, bersertifikat pula. kita memang perlu upgrade skill sesuai dengan passion yang kita punya ya.. jadi pengen cobain deh ikut belajar online di QuBisa ini.

    BalasHapus
  55. Sama kayak aku, Mbak. Pandemi ini membawa hikmah tersendiri. Aku bisa ikut berbagai workshop, seminar, atau kursus-kursus online tanpa harus meninggalkan anak-anak.
    Aku juga sudah mencoba belajar online di QuBisa. Dan memang asyik sih belajar di sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem nih jadi lebih memas memilih mau ikutan webinar yang mana dan banyak banget bahkan yang gratis ya?
      Kalau kursus aku masih blm pernah ikutan kursus dengan aplikasi2 kyk QuBisa, coba nanti aku cek2 juga ah kali ada yang menarik :D

      Hapus
  56. Dengan belajar di kelas online Qubisa, kita semua bisa menambah skill baru dan bisa bermanfaat untuk masuk ke dunia baru. Asiknya juga dapat sertifikat yaa...
    Ini tuh bukti kalau kita menguasai di bidang tersebut.

    BalasHapus
  57. Ada banyak temenku yang rekomendasiin aplikasi ini karena ada banyak skill yg bisa kita dapat di sini. Fix mau coba langsung donlot dan cari mana skill yg cocok sama aku

    BalasHapus
  58. Pelatihan online yang bebas biaya macam qubisa ini pastinya bantu banget buat orang orang yang mau mengasah skill tapi penuh keterbatasan. Dan sepertinya fitur-fitur yang ditawarkan cukup bagus ya.. cuss ah aku mau coba kepoin semoga cocok

    BalasHapus
  59. Tulisannya lengkap dan kasih insight bagus nih tentang betapa pentingnya di masa ini untuk terus upgrade skill dengan mengikuti kursus online atau belajar di aplikasi belajar online ya.

    BalasHapus
  60. Aku kemarin jg cobain ini daaaann alhamdulillah dapat kursus gratiss. Padahal di luar harganya jutaaann

    BalasHapus
  61. Pengin ngulik QuBisa ini banyak-banyak loh, coba mencari pelatihan apa saja yang sesuai dengan passion saya selama ini. Alhamdulillah ya, bisa upgrade skill cukup dari rumah saja.

    BalasHapus
  62. Dari beberapa waktu lalu Qubisa ini banyak direview para blogger. Tapi emang bener suih banyak pelatihan keren yang bisa diakses gratis di aplikasi ini. Semoga bisa membantu mereka untuk menambah skill dalam dunia kerja.

    BalasHapus
  63. Semenjak pandemi ini memang dunia online berkembang pesat dan memudahkan kita dalam upgrade knowledge

    BalasHapus
  64. Wah keren bangt nih. Bukan cuma menyediakan kursus yang banyak diperlukan tapi juga bersertifikat

    BalasHapus
  65. Asik banget ada pelatihan gratis yang bisa diakses oleh semua orang dan pastinya bikin kita lebih pinter dan siap berkompetisi dengan dunia luas. Pas banget di màsa pandemi gini pelatihannya online ya kak.

    BalasHapus
  66. Wah ini nambah lagi referensi untuk kursus online terpercaya buat dapetin sertifikat keahlian yg bisa diperoleh online. Mantab!

    BalasHapus
  67. saya juga pakai ini kak, banyak pelatihan gratisnya lumayan banget bisa nambah wawasan lebih banyak

    BalasHapus
  68. Aku baru tau nih aplikasi Qubisa. Lumayan banget ya mba bisa dapat tambahan ilmu secara gratis plus sertifikat pula,, lewat Qubisa sekarang peluang untuk jadi lebih ahli di bidang tertentu jadi terbuka lebar yaa mba

    BalasHapus
  69. Menyenangkan sekali mba bisa nambah ilmu dari rumah dan bisa dilakukan di sela sela kegiatan urus anak dan rumah. Aku harus mencoba aplikasi ini

    BalasHapus
  70. wah bisa dapat tambahan ilmu yang menarik nih gratis pula, menariknya lagi dapet sertifikat nih

    BalasHapus
  71. Menggali potensi di bidang lain nih yang selalu pengen aku lakukan tapi bingung mulai dari mana dulu, kyknya dengan QuBisa ini bisa deh. Mulai dengan start ikut pelatihan2nya yaa.
    Ada yang free ada yang berbayar, tapi bersertifikat juga ini yang paling penting :D
    TFS

    BalasHapus
  72. wah iya,vada ya kursus personal branding di Qubisa ini
    menarik nih, apalagi sebagai blogger butuh personal branding

    BalasHapus
  73. Wah mau coba dong kursus gratis di qubisa deh. Jadi penasaran ada apa saja di sana

    BalasHapus
  74. Pecinta gratisan plus suka belajar, kudu banget belajar online di Qubisa.
    Karena banyak materi yang bisa membuat kita upgrade skill.
    Suka banget sama ulasan lengkapnya. Jadi ada bayangan mau ambil kelas apa nih..

    BalasHapus
  75. Walau sibuk mengurus anak dan pekerjaan rumah, tetap harus upskilling dengan mengikuti kursus online ya, Mak. Apalagi blogger, untuk branding diri yang baik sebaiknya belajar banyak hal.

    BalasHapus
  76. Wah senangnya, udah bisa ikut kursus online gratisnya di Qubisa, ada lomba blognya pula ya, Mbak... saya ikutan ah ntar, ini pingin merasakan kursusnya dulu biar ada user experience nya yahh

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama