5 Cara Memilih Domain yang Bagus untuk Bisnis Online

Persaingan bisnis online semakin ketat, oleh karena itu meningkatkan seluruh kapasitas pada berbagai aspek seperti media sosial sangatlah penting, terutama pada website resminya. Pastikan cara memilih nama domain yang bagus untuk bisnis online sudah tepat agar dapat menarik lebih banyak calon pembeli. 

domain yang bagus untuk bisnis
Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

Memilih domain yang bagus, bisa dimulai dari keseluruhan bagian website. Baik dari cara memasukkan nama merek sampai memilih akhiran domain. Memilih domain yang bagus tentu saja bertujuan salah satunya agar bisnis online yang dimiliki semakin menarik di mata para target market. 

Baca: SEO Expert Indonesia

Memilih Domain yang Bagus untuk Bisnis Online dengan Tujuan Meningkatkan Performa Bisnis

Pemilihan nama domain sebenarnya sangat mudah hanya melewati beberapa cara dan langkah saja. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diketahui dan diterapkan dengan baik dalam pemilihan nama domain untuk bisnis online: 

1. Usahakan Memilih Domain ‘.com’

Tips dalam memilih nama domain yang paling utama adalah memilih akhirannya. Sangat disarankan untuk menggunakan domain dengan akhiran '.com'. Alasannya karena pengguna internet lebih akrab dengan domain ini dibandingkan akhiran domain lainnya. Mereka lebih memilih mengetik '.com' di alamat browser sebab sebagian besar pengunjung website menganggap nama website hanya '.com'. 

2. Gunakan Nama Domain yang Menarik

Cara memilih nama domain untuk bisnis online berikutnya tentu saja penentuan nama domain. Pastikan selain berakhiran '.com' juga menggunakan nama domain yang menarik. Tentu tidak hanya sekadar menarik saja, namun perlu disesuaikan dengan produk yang akan dipasarkan. Beberapa bisnis online sudah menerapkan nama yang menarik untuk sebuah produknya. Ini juga yang mendasari dalam pemilihan nama domain. Sangat disarankan dalam pemilihan nama domain tidak menyusahkan orang untuk mencarinya. Jadi tidak hanya menarik tetapi bermakna, artinya mudah diingat dan berkesan di hati pelanggan. 

Baca: SEO untuk Pemula

3. Pilih Domain dengan Branding yang Kuat

Memilih domain juga tidak hanya menarik tetapi harus memberikan branding yang kuat pada produk yang sedang dipromosikan. Maksudnya nama domain sebisa mungkin mengandung merek dan memiliki karakter marketing. Kita semua menyadari jika branding sebuah produk sangat menentukan kesuksesan jangka panjang dalam berbisnis. Mengapa nama domain bisa menjadi branding yang kuat dan menimbulkan kesan yang baik pada target market? jawabannya karena terkesan unik, mudah diingat, mudah diucapkan, dan terdengar dapat dipercaya. Dengan demikian masyarakat akan menyimpan informasi positif lebih banyak tentang bisnis Anda.

4. Hindari Angka dan Tanda Penghubung

Menghindari angka dan tanda penghubung juga menjadi cara memilih domain yang bagus untuk bisnis online yang tepat. Selain itu hindari juga penggunaan akronim karena itu dapat membingungkan orang saat mengejanya. Sebagai contoh, www.tigakelinci.com tentu saja lebih baik dibandingkan dengan menggunakan www.3 kelinci.com, maka dari itu ini juga penting diperhatikan dalam pemilihan nama domain. Demikian juga dalam pemakaian tanda hubung untuk nama domain. Sebaiknya perlu menghindari tanda hubung seperti strip (-) dan underscore (_). Tujuan larangan ini agar tidak terjadi kesalahan pada calon pembeli saat memasukkan nama domain bisnis online Anda.

Baca: Personal Branding Melalui Blog

5. Riset Legal Trademark

Cara memilih domain untuk bisnis online yang terakhir adalah melakukan riset legal trademark. Maksudnya adalah kita harus mengetahui nama merek yang ingin dimasukkan pada domain itu apakah masih tersedia atau tidak. Riset ini sangat menentukan kelanjutan bisnis, sebab kalau tidak diperhatikan dengan baik dapat terjerat hukum. Oleh karena, itu periksa nama domain untuk website resmi bisnis online anda di situs database merek dagang seperti World Intellectual Property Organization (WIPO), e-Status HKI, Ditjen Kekayaan Intelektual dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa cara memilih domain yang bagus untuk bisnis online Anda. Nah... agar website bisnis online kita lebih optimal, kita juga perlu membeli hosting dan menggunakan layanan VPS untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung website bisnis online kita agar lebih baik. Domainesia[dot]com hadir dengan layanan hosting murah gratis domain dan SSL. Jadi, bagi Anda yang ingin membuat domain gratis bisa coba promo dari domainesia[dot]com ini.

Baca: Menentukan URL yang Tepat

VPS murah dari Domainesia juga tersedia lho, lengkap banget deh untuk kebutuhan website bisnis online Anda. Jadi, setelah memahami cara memilih nama domain untuk bisnis online penting juga memilih penyedia jasa hosting yang tepat dan menawarkan bonus pada pelanggannya. 

 



Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama