Olahan Daun Kelor untuk Kesehatan, Ibu Rumah Tangga Wajib Coba!

Beberapa dari kita tentu tidak asing dengan daun kelor. Ya! tanaman hijau yang satu ini tumbuh subur di lingkungan beriklim tropis seperti negeri kita Indonesia. Bahkan daun kelor sering disebut sebagai superfood, karena faktanya ada banyak ide olahan daun kelor untuk mendukung kesehatan. Bagi pembaca yang terbiasa memasak, khususnya para ibu rumah tangga, wajib menyimak ulasan resep di bawah ini dan mencoba mengolahnya sendiri agar mendapatkan manfaat dari olahan daun kelor untuk tubuh yang sehat. Nutrisi yang ada di dalam daun kelor terbilang cukup tinggi, bahkan WHO sebagai organisasi kesehatan dunia sangat menyarankan daun kelor dikonsumsi oleh anak-anak dan bayi.

Manfaat daun kelor

Macam-Macam Olahan Daun Kelor untuk Kesehatan

Miracle tree atau yang dikenal dengan pohon kelor adalah tanaman dengan batang yang kecil dan berdaun rimbun. Tanaman ini bisa tumbuh subur di kebun atau ladang. Kelor menjadi makanan sehari-hari masyarakat negara asalnya yaitu Pakistan, India, dan Bangladesh. Belakangan ini, popularitas daun kelor menembus hingga ke negara Mesir, Australia, dan Yunani. Selama ini masyarakat Indonesia hanya mengolah daun kelor menjadi sayuran bening saja, padahal masih banyak olahan daun kelor lainnya. Yuk disimak resep olahannya berikut ini:

Baca: Posyandu Online

Sup Ayam Daun Kelor

Olahan daun kelor untuk kesehatan yang pertama adalah sup ayam. Kita tidak harus menggunakan bahan masakan lain sebagai campuran sup, daun kelor yang mengandung zat besi 25x lebih banyak bisa menjadi campurannya dan memberikan cita rasa berbeda saat dinikmati. Manfaat kandungan zat besi dalam daun kelor ini tentunya bisa mencegah berkurangnya kadar hemoglobin dalam darah atau anemia. Cara pengolahannya pun cukup praktis. Pertama-tama kita harus menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  1. Fillet dada ayam yang sudah dipotong kecil.
  2. Daun kelor yang sudah dipetik.
  3. Wortel yang sudah dikupas dan dipotong kecil.
  4. Irisan daun kol, buncis, daun bawang, dan seledri.
  5. Air secukupnya.
  6. Irisan bawang putih, pala bubuk, bawang merah, minyak, dan penyedap rasa.

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak di dalam wajan, tumis bawang putih dan merah hingga harum. Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Didihkan air ke dalam panci dan masukkan tumisan tersebut, tunggu hingga mendidih.
  3. Masukkan potongan bahan-bahan di atas kemudian masak hingga warnanya berubah.
  4. Masukkan penyedap rasa, tunggu mendidih, angkat dan sajikan.

Tumis Daun Kelor

Olahan daun kelor lainnya yang bisa kita coba di rumah adalah tumis daun kelor menggunakan bumbu kari. Kita juga bisa menambahkan protein nabati lainnya seperti tahu agar kandungan nutrisinya lebih lengkap. Manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya adalah mampu memelihara kesehatan gigi dan tulang. Selain itu juga terdapat kandungan laktagogum yang ada pada daun kelor bisa meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Sebelum memasak, siapkan bahan-bahan berikut ini terlebih dahulu:

  1. Tahu kuning.
  2. Bawang putih dan bombay.
  3. Cabai merah keriting.
  4. Bubuk kari instan.
  5. Penyedap rasa.
  6. Garam dan air.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih.
  2. Masukkan tahu yang sudah dipotong dan orak arik.
  3. Masukkan bubuk kari, cabai dan garam, kemudian aduk hingga merata.
  4. Masukkan daun kelor dan air.
  5. Masak hingga mendidih kemudian angkat dan sajikan.

Telur Dadar Daun Kelor

Terakhir adalah olahan daun kelor yang paling sederhana yaitu olahan daun kelor dicampur telur dadar. Seperti biasa, kita kocok telur hingga tercampur merata terlebih dahulu. Untuk jumlah telurnya menyesuaikan dengan kebutuhan porsi saat dihidangkan. Kemudian masukkan daun kelor yang sudah dipotong.

Nah, itu dia olahan daun kelor untuk kesehatan yang bisa kita coba dan rasakan sendiri manfaatnya. Bisa direkomendasikan juga untuk bekal anak di sekolah, agar lebih bervariasi juga bergizi tinggi dan lezat juga sehat. Selain tiga olahan daun kelor yang sudah disebutkan di awal, masih ada olahan daun kelor yang menyehatkan lainnya lho yaitu sereal Nutriflakes. Makanan sehat satu ini aman untuk dikonsumsi setiap hari, tanpa menimbulkan efek samping. Selain itu, Nutriflakes juga berguna untuk meredakan asam lambung dan maag kronis.


Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama