Psikolog BPJS Bogor Hadir Demi Kesehatan Mentalmu

Bagi pembaca yang membutuhkan bantuan psikolog untuk mengetahui kondisi kesehatan mentalnya, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung. Menjaga kesehatan seharusnya memang tak hanya kesehatan fisik tapi juga kesehatan mental. Beberapa tahun belakangan, kesehatan mental menjadi hal yang utama  yang dibicarakan banyak orang. Terlebih lagi di masa pandemi yang menguras energi, pikiran, dan waktu. Tak terkecuali saya yang sebelum pandemi pernah menjalani pengobatan pada seorang psikiater. Biayanya memang terbilang mahal jika tidak menggunakan BPJS. Semoga postingan ini bisa memberikan sedikit pencerahan terkait psikolog BPJS Bogor yang hadir demi menjaga kesehatan mental. 

psikolog bogor
Sumber: @jiemiardian
Psychiatrist at Siloam Bogor

Apa Bedanya Psikolog dan Psikiater?

Dikutip dari forum kesehatan Kompas, saya mengambil dua perbedaan mendasar antara seorang psikolog dan psikiater. Dari sisi pengobatan, psikiater adalah dokter yang bisa memberikan resep obat untuk membantu pemulihan pasiennya. Psikolog lebih berpusat pada konsultasi secara psikologis untuk membantu penyembuhan kesehatan mental pasiennya. Psikolog juga bisa memberikan rekomendasi jenis terapi yang efektif untuk pasiennya melalui hasil tes psikologis. Dari sisi pendidikan, Psikiater mengenyam pendidikan di sekolah kedokteran terlebih dahulu. Sementara itu, psikolog menjalani pendidikan psikologi selama paling tidak empat tahun. 

Siapa yang Perlu ke Psikolog?

Orang-orang dengan yang mengalami gangguan kesehatan mental seperti cemas berlebihan, berhalusinasi, depresi berat hingga insomnia, sampai orang yang berpikir untuk mengakhiri hidup. Tak hanya orang gila yang mungkin pernah kita lihat di pinggir jalan, tapi orang-orang yang secara sadar hidup normal namun di dalam hati dan pikirannya resah karena tak tahu harus berkonsultasi kemana. Jika melihat kawan yang membutuhkan bantuan psikolog pun jangan ragu untuk menyarankan untuk datang pada ahlinya.  

Kapan Sebaiknya ke Psikolog?

Jika teman-teman merasakan ada hal-hal yang bikin susah tidur selama berhari-hari, saran saya segera datangi psikolog karena itu butuh bantuan. Jangan sampai bergantung pada obat-obat penenang yang dibeli sendiri tanpa resep dokter dan tanpa mengetahui pasti apa yang sedang dialami. Terlebih lagi saat tak ada orang yang bisa mendengarkan keluh-kesah tentang kesehatan mental kita. 

Bagaimana Cara ke Psikolog Menggunakan BPJS?

Saya pribadi belum pernah menggunakan BPJS untuk konsultasi terkait keluhan kesehatan mental. Dari beberapa sumber yang saya baca, prosedurnya sama ketika ingin melakukan konsultasi dengan seorang psikolog. Pertama mendatangi fasilitas kesehatan kesatu (Faskes I) sesuai BPJS yang kita daftarkan. Jika di faskes tersebut tersedia layanan konsultasi dengan psikolog, tidak perlu meminta rujukan ke Rumah Sakit. 

Dimana Psikolog BPJS Bogor?

Rumah Sakit dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor menerima pasien BPJS yang bisa berobat langsung melalui IGD (jika kondisi darurat). Dalam situs resminya dijelaskan cukup membawa KTP dan kartu BPJS, bisa juga ditampilkan melalui aplikasi Jaminan Kesehatan yang tersedia di handphone. Beberapa Puskesmas di Bogor pun memberikan program Kesehatan Jiwa Masyarakat (Keswamas), yaitu Puskesmas Cibinong, Jonggol, Banjarsari, Leuwiliang, Jasinga, Ciomas, Pamijahan, Citapen, Jampang, Cibeuteung Udik, Tenjolaya, dan Tanjungsari. RSUD Kota Bogor juga memiliki poliklinik psikologi yang didukung oleh psikolog berpengalaman. 

Jangan ragu lagi ya teman-teman, terutama bagi yang membutuhkan jasa psikolog untuk memulihkan kesehatan mentalnya. Nggak perlu malu, karena mempunyai gangguan kesehatan mental itu sama sekali bukan aib yang harus ditutup-tutupi. Justru berbahaya jika keluhan kesehatan yang kita alami dipendam terlalu lama karena bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri jika tidak segera terdeteksi lebih awal dan ditangani oleh ahlinya. Kita juga bisa lho menghubungi psikolog melalui layanan telemedicine seperti alodokter yang memberikan rekomendasi dan perkiraan biaya konsultasi dengan psikolog yang ada di Bogor. Banyak cara ya kan untuk memulihkan kesehatan mental kita, tenang aja karena kita nggak sendirian kok! segera cari bantuan ya...



Referensi:

  1. 3 Perbedaan Psikolog dan Psikiater yang Perlu Diketahui https://health.kompas.com/read/2021/03/26/160100368/3-perbedaan-psikolog-dan-psikiater-yang-perlu-diketahui?page=all.
  2. Program Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat Keswamas di Kabupaten Bogor Tahun 2018 https://dinkes.bogorkab.go.id/links/program-pelayanan-kesehatan-jiwa-masyarakat-keswamas-di-kabupaten-bogor-tahun-2018/

Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama