Tips Menentukan URL yang Tepat bagi Blogger Pemula

Sudah survei harga hosting per tahun dan memilih nama domain yang bagus, akhirnya blog milikmu pun selesai dibuat. Tugas tidak berhenti disitu saja, karena kamu masih harus melakukan optimasi. Apa yang dimaksud dengan optimasi bukan sekedar upload ratusan bahkan ribuan artikel saja. 

Kamu juga harus memperhatikan kualitas artikel dan komponen lain seperti Uniform Resource Locator atau URL. Masih banyak yang belum paham akan pengertian URL dan menganggapnya sama dengan domain. Seberapa pentingnya URL ini? Bagaimana cara membuat URL yang tepat, bisa kamu cek penjelasannya. 

harga hosting

5 Tips dalam Membuat Link URL di Website

URL merupakan rangkaian karakter dengan format tertentu yang jadi petunjuk sebuah alamat di internet. Nantinya isi dari URL ini adalah halaman website yang bisa berisi gambar, dokumen, teks dan masih banyak lagi. 

Domain sendiri adalah bagian dari URL yang merupakan alamat utama dari blog atau website. Tanpa ada alamat URL yang jelas maka akses sebuah informasi dalam website akan sulit dicari. Oleh karena itu jika kamu membuat artikel maka cek juga URL yang akan dibuat. 

Jika kamu menggunakan tools optimasi Search Engine Optimization (SEO) biasanya akan muncul kotak khusus untuk mengedit URL dan disebut sebagai permalink. Supaya tidak salah dalam mengatur URL, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diikuti. 

1. Menggunakan Huruf Kecil 

Permalink yang baik harus dibuat dengan huruf kecil dengan ejaan yang tidak terselip. Pastikan untuk mengecek besar kecilnya huruf ini dengan cermat. URL yang menggunakan huruf besar bisa tidak terdeteksi. Bahkan ketika pengunjung mengakses yang keluar justru pesan 404 not found. 
Semua ejaan juga harus mudah dipahami tujuan dan maksudnya. Sebelum upload sebaiknya mulai untuk rutin mengecek ulang permalink karena biasanya akan terisi otomatis. Jika kurang sesuai kamu masih memiliki kesempatan untuk mengeditnya. 

2. Harus Dibuat Pendek dan Simpel

Tips kedua adalah dalam hal penyusunan kata. Jika menggunakan Yoast maka permalink yang muncul otomatis adalah judul dari artikel yang kamu buat. Oleh karena itulah permalink bisa saja sangat panjang.  Padahal URL yang bagus justru harus dibuat sependek mungkin, kamu bisa menghilangkan kata penghubung yang tidak perlu. Meskipun pendek namun bukan berarti URL dibuat hanya dalam bentuk frasa. Tetap perlu membentuknya sebagai kalimat pendek yang bisa menyampaikan isi artikel dengan jelas.
 
3. Mengandung Kata Kunci 

Setiap membuat judul selalu ada kata kunci yang harus diselipkan, begitu juga dengan URL. Penting untuk memberikan kata kunci karena inilah yang akan jadi cara agar artikel kamu bisa berada di posisi pertama mesin pencari. Kamu bisa mengeceknya sendiri dengan mengecek salah satu kata kunci di mesin pencari. Website atau blog yang muncul pada setiap baris pasti memiliki URL yang mengandung kata kunci. Perlu mengolah kembali kata kunci ini agar menjadi kalimat yang pendek dan mudah dibaca. 

4. Menjelaskan Isi Artikel 

Selain kata kunci, URL yang dibuat juga harus dapat menjelaskan apa saja isi dari artikel tersebut. Jika URL dengan isi artikel tidak nyambung maka tingkat kepercayaan pengguna terhadap hasil yang dibagikan pun dapat menurun. Potensi agar artikel kamu dibagikan juga sangat rendah. Judul dan URL akan jadi kunci utama dalam meraih kepercayaan visitor untuk klik ke halaman web yang kamu buat. 

5. Menggunakan Sinonim Keyword 

Selain memasukan kata kunci utama pada URL, kamu juga bisa menggunakan kata kunci turunan atau sinonim. Trik ini biasanya digunakan ketika kamu sudah menggunakan kata kunci sama di satu website supaya tidak terbaca sebagai URL yang sama. Bisa jadi kata kunci turunan ini akan naik peringkatnya dibandingkan yang utama. Sehingga kamu bisa mendapat lebih banyak visitor berdasarkan kata kunci ini. 

Bagaimana, apakah kamu sudah menerapkan kelima tips ini selama upload artikel di blog? Cobalah satu per satu dengan begitu setiap artikel yang kamu buat akan lebih mudah terindeks, jangan lupa sesuaikan juga dengan teknik optimasi SEO lainnya dan pastikan artikel kamu berkualitas.




Referensi:
-https://www.devaradise.com/id/2014/12/cara-membuat-permalink-seo-friendly.html
-https://bikin.website/blog/permalink-yang-seo-friendly/
-https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-url-dan-fungsinya-untuk-website/#:~:text=di%20jaringan%20internet.-,Fungsi%20URL%20di%20Website,yang%20tersimpan%20pada%20sebuah%20website.



Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama