Personal Branding Melalui Blog

Sebenarnya personal branding itu apa sih? dalam bahasa sederhana, personal branding yang saya tau adalah menggali lebih dalam keahlian dalam diri kita masing-masing sehingga orang yang nggak kenal sama sekali bisa mengenal bahkan mengingat kita dengan baik. Oh, Teh Ani Berta yang itu! Begitu kalimat yang terlintas dalam pikiran saya. Sudah pernah bertemu namun pada saat itu saya masih piyik banget di Blogger Bogor. 

Semakin hari Teh Ani pun makin menginspirasi siapa saja termasuk Asinan Blogger, pada saat itu saya belum bisa bertemu langsung dengan Teh Ani karena satu dan lain hal. Sampai akhirnya pada tanggal 16 Februari 2022, saya bisa bertemu lagi dengan Teh Ani walaupun secara virtual dan belajar bareng Mom Academy. 

Baca: Belajar SEO untuk Pemula

Mom Academy menjadi salah satu wadah saya juga untuk berbagi seputar perjalanan menjadi freelance blogger. Pada waktu itu saya mengajukan diri untuk berbagi dalam kulwap rutin SLDD. Diantara teman-teman blogger yang lain mungkin nama saya susah sekali untuk diingat karena ada yang panggilannya sama yaitu mbak Fenni Bungsu dan sering dikira laki-laki karena ada blogger Bang Giovanni. Melalui Mom Academy, saya semakin bisa mengerucutkan hal-hal yang ingin saya capai dalam dunia perbloggeran yang mungkin mulai ditinggalkan karena tingkat literasi masyarakat Indonesia semakin rendah (?).

Baca: Memulai Karir sebagai Blogger

Blogger Indonesia Sukses

Melihat pencapaian Teh Ani dan sering lihat wara-wiri di facebook membuat saya terinspirasi untuk seperti beliau. Pada masanya saya tidak berani memimpikan akan menjadi seorang blogger sukses Indonesia. Namun saat ini, saya ingin seperti Teh Ani yang memilki segudang prestasi.

Teh Ani pun semakin membuka pikiran saya untuk makin produktif dari rumah, terlebih lagi selama virus corona menjadi pandemi global. Saya merasa memperoleh dukungan 100% untuk mengerjakan hal-hal yang memang saya suka dan tentunya bermanfaat. Menampilkan karya kita dalam sebuah blog ibarat orang-orang dibalik layar perfilman mungkin ya, mereka menikmati hasil postingan kita dan kita adalah orang dibalik postingan-postingan di halaman pertama google. 

Dengan personal branding yang baik melalui blog, bisa banget membuka peluang kolaborasi. Manfaat ini sudah saya rasakan, salah satunya melalui Mom Academy, Moms ID, dan Popmama. Kesempatan untuk berkiprah di dunia blogging makin terasa nyata bagi saya pribadi. Personal branding yang baik memang salah satunya untuk memotivasi diri sendiri, begitu Teh Ani menyampaikan, lebih lanjut lagi kita juga bisa "merancang" ingin dikenal masyarakat seperti apa.

Baca: Google Analytics

Teh Ani berpesan untuk menampilkan keahlian kita dan bagikan pada orang lain salah satunya melalui postingan blog. Aktifkan media sosial dan breakdown hal-hal yang kita posting di blog harapannya agar postingan kita semakin banyak yang baca. 

Bagaimana Cara Membangun Personal Branding Melalui Blog?

  1. Tuliskan berbagai keahlian dan value yang kita miliki, misalnya kita merasa memiliki keahlian di bidang public speaking, MC, Event Organizer, dan lain-lain.
  2. Asah keahlian yang kita miliki dengan berguru pada ahlinya agar semakin expert dan mendapat sertifikasi jika dirasa perlu.
  3. Menjaga attitude dalam posting di blog, contohnya tidak posting keluh-kesah yang berlebihan dan posting hal-hal kontroversial
  4. Jujur saat tampil di depan umum, buat orang lain percaya dengan keahlian yang kita miliki. Posting juga hal-hal yang memang benar kita kuasai.
  5. Konsisten dengan nama akun media sosial yang ingin dikenal sehingga ketika orang lain mengetik nama kita makan muncul segala hal yang berkaitan dengan keahlian kita.
  6. Foto profil di akun media sosial pun harus jelas
  7. Hindari beli followers
  8. Mengikuti perkembangan trend saat ini
  9. Konsisten update keahlian kita dengan posting di blog, misalnya posting seminggu sekali.
  10. Hindari plagiat alias konten copas.
  11. Pehatikan juga UU ITE.
  12. Perbanyak referensi dari sumber-sumber terpercaya, serta posting hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca.
personal branding melalui blog



Terlalu panjang rasanya untuk dituangkan semua ilmu yang Teh Ani berikan saat belajar bareng Mom Academy. Mudah-mudahan suatu hari bisa bertemu secara offline dan mendengar langsung prestasi-prestasi selanjutnya yang Teh Ani raih. Sebagai blogger curhat yang sekarang mulai merasakan manisnya posting blog, saya juga ingin memotivasi diri supaya bisa seperti Teh Ani yang menginspirasi banyak orang.

Personal Branding Workshop




1 Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

  1. Terima kasih sudah hadir di acara ini ya Mba. Semoga semakin semangat! :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama