7 Oleh-Oleh dari Bangka yang Harus dibawa Pulang

Hal apa saja yang tak pernah lupa teman-teman lakukan saat liburan? Salah satu yang paling penting dan tidak luput dari perhatian tentu saja membeli oleh-oleh. Membawa buah tangan untuk orang-orang terdekat yang dicintai memang sudah jadi tradisi ketika berlibur. Rasanya bahagia sekali melihat keluarga, sahabat, atau rekan kerja terlihat senang saat menerima oleh-oleh yang telah disiapkan khusus untuk mereka.

Berburu oleh-oleh saat liburan kini semakin mudah jika teman-teman menggunakan moda transportasi berupa mobil sewaan. Bepergian dengan mobil sewaan membuatmu lebih leluasa mengunjungi berbagai tempat menarik untuk membeli oleh-oleh. Sekarang, teman-teman bisa sewa mobil praktis di Traveloka sehingga tak perlu repot-repot mencari transportasi lain saat tiba di tempat liburan dan ingin berbelanja oleh-oleh.

sewa mobil

Baca: Pindah Rumah Lebih Mudah

Traveloka telah menjalin kerja sama dengan mitra rental mobil terpercaya di kota-kota besar untuk memfasilitasi momen liburanmu agar semakin istimewa. Kita tinggal memilih jenis mobil dan menentukan durasi sewa sesuai kebutuhan sehingga Traveloka bisa menyediakan alternatif mobil sewaan terbaik untukmu. Fitur sewa mobil di Traveloka kini juga sudah menjangkau kawasan luar Pulau Jawa, termasuk Kepulauan Bangka. Sehingga nanti teman-teman memiliki banyak kesempatan berlibur dengan menyenangkan dan tak lupa berburu oleh-oleh khasnya. Berikut ini rekomendasi oleh-oleh dari Bangka yang bisa dibawa pulang: 

Sambal Lingkung

Apakah teman-teman pernah mencicipi sambal lingkung? Jangan membayangkan sambal pada umumnya yang bertekstur seperti pasta ya. Sambal lingkung adalah istilah populer untuk menyebut abon ikan di Bangka. Oleh-oleh khas Bangka ini biasanya terbuat dari ikan tenggiri yang dihaluskan dan dimasak bersama aneka rempah. Sambal lingkung paling nikmat disantap bersama nasi hangat karena rasanya sangat gurih. Daya tahannya juga cukup lama sehingga cocok dijadikan buah tangan untuk siapa saja.

Sirup Jeruk Kunci

Jeruk kunci adalah salah satu buah yang digemari masyarakat Bangka. Ukurannya lebih kecil dibandingkan jeruk nipis dan memiliki rasa serta aroma yang sangat khas. Masyarakat Bangka mengolah jeruk kunci menjadi sirup agar lebih praktis sebagai oleh-oleh. Sajian sirup jeruk kunci cocok dinikmati dalam kondisi panas maupun dingin. Rasanya segar sehingga pasti membuat siapapun yang mencobanya jadi ketagihan.

Kemplang dan Getas

Bangka merupakan kawasan kepulauan yang terkenal dengan hasil laut melimpah. Itulah sebabnya teman-teman bisa menemukan banyak olahan hasil laut saat berlibur ke Bangka. Salah satu oleh-oleh hasil laut yang paling populer adalah kemplang dan getas. Kerupuk aneka bentuk ini terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri sehingga rasanya sangat gurih. Biasanya harga getas dan kemplang ditentukan oleh komposisinya. Semakin banyak kandungan ikan yang terdapat dalam kerupuk tersebut, maka semakin mahal pula harganya. Namun, harga yang lumayan mahal tersebut tentu sebanding dengan cita rasanya yang istimewa.

Baca: Kereta Api Lebaran

Terasi

Selain kemplang dan getas, ada olahan hasil laut Bangka lainnya yang tak kalah diminati yaitu terasi. Meskipun daerah pesisir Pulau Jawa juga dikenal sebagai penghasil terasi, kualitas terasi asli Bangka tak kalah terkenal dibandingkan terasi khas Jawa. Terasi Bangka memiliki kandungan ikan yang banyak sehingga rasanya sangat gurih dan tidak terlalu asin. Itulah sebabnya terasi bangka menjadi oleh-oleh yang paling disukai para ibu rumah tangga karena dapat melengkapi berbagai jenis masakan.

Dodol

Jenis oleh-oleh Bangka berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah dodol. Berbeda dengan dodol Betawi, dodol Bangka diperkaya rempah-rempah khusus sehingga cita rasanya istimewa. Tak hanya dodol ketan asli, Bangka juga terkenal dengan oleh-oleh dodol durian yang menggugah selera. Daya tahan oleh-oleh ini relatif lama dan dikemas secara simpel sehingga cocok diberikan kepada orang-orang terdekat setelah teman-teman selesai berlibur.

Lempok Cempedak

Bangka juga dikenal sebagai daerah penghasil cempedak sehingga banyak olahan cempedak yang bisa teman-teman temukan saat berlibur ke kawasan kepulauan tersebut. Salah satu olahan cempedak yang paling populer di Bangka adalah lempok. Jika dilihat sekilas, lempok memang sangat mirip dengan dodol karena proses pengolahannya juga relatif sama. Namun, biasanya lempok banyak menggunakan bahan dasar berupa buah, seperti cempedak atau durian. Oleh-oleh ini memiliki rasa manis dan tekstur legit yang membuatnya disukai seluruh kalangan usia.

Keripik Siput Gonggong

Jangan ngaku pernah liburan ke Bangka jika belum mencicipi siput gonggong. Hewan bercangkang ini memang kerap diolah menjadi berbagai masakan khas Bangka. Kalau ingin membawa pulang siput gonggong sebagai oleh-oleh, teman-teman bisa memilih olahannya yang berbentuk keripik. Siput gonggong yang telah diolah jadi keripik memiliki tekstur renyah dan rasa yang sangat gurih. Bentuknya juga unik karena bahan dasarnya berbeda dengan keripik pada umumnya. Hati-hati ketagihan mencicipi siput gonggong, oleh-oleh khas Bangka yang unik ini.

Di antara ketujuh oleh-oleh lezat tersebut, manakah yang akan teman-teman pilih sebagai buah tangan saat berlibur ke Bangka? Jangan lupa siapkan anggaran yang mencukupi jika ingin membawa pulang banyak oleh-oleh untuk orang terdekatmu ya!

Baca: Mobil Perusahaan

Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama