Mudik dengan Kereta Api Lebaran

Tradisi yang diajarkan orang tua saya sejak masa anak-anak salah satunya adalah mudik alias pulang ke kampung halaman tempat saya dilahirkan. Momen ini lebih sering dilakukan menjelang lebaran, di hari-hari yang bukan libur lebaran biasanya dilakukan saat ada sanak keluarga yang menikah. Sangat berbeda suasananya apabila tidak mudik, lebaran di kampung halaman saya masih lekat tradisi mengantar makanan yang dikemas dalam rantang beralaskan daun pisang ke tetangga-tetangga menjelang esok hari raya. Tentu saja makanannya bukan ketupat, karena ketupat baru akan dibuat satu minggu setelah hari raya. Di malam takbiran yang khidmat, kita bisa menyaksikan bantengan alias pawai obor yang dibawa warga berduyun-duyun dari wetan ke kulon. 

Betapa indahnya momen hari raya bersama keluarga yang hanya dirayakan setahun sekali. Keluarga yang tempat tinggalnya jauh pun rela mengupayakan berbagai cara seperti menempuh jalur laut demi kehangatan momen spesial ini. Kampung halaman saya masih lebih enak ditempuh melalui jalur darat, seringnya saya mudik dengan mobil pribadi rombongan dengan sanak keluarga yang lain. Enaknya kami bisa beristirahat sesuka hati dan singgah untuk menikmati santapan khas daerah-daerah yang kami lewati selama perjalanan atau sekedar mengambil gambar. Namun jelang lebaran, waktu tempuh perjalanan menjadi tidak terprediksi, biasanya lebih macet dan lebih padat, terhambat kecelakaan, pasar-pasar 'tumpah', dan pengalihan arus kendaraan membuat perjalanan mudik menjadi berwarna.


Agustus, 2013

Jalur kereta adalah pilihan lain yang lebih nyaman karena kita hanya duduk manis mematuhi jadwal keberangkatan saja. Lokasi stasiun juga tidak terlampau jauh dari kampung halaman jika dibandingkan dengan lokasi bandara yang menempuh jarak lebih jauh. Namun di kampung halaman, kami biasanya kesulitan untuk berkunjung ke tempat-tempat lain karena tidak membawa mobil pribadi. Pemesanan tiket kereta api lebaran pun membutuhkan usaha yang maksimal sejak tiga bulan sebelumnya bahkan untuk kereta eksekutif. Harga tiket kereta naik, berbeda dengan hari biasa. Ada satu masa saat saya berangkat mudik bersama rekan kerja dari Jakarta. Tiap tengah malam mereka begadang untuk mendapatkan tiket ekonomi. Saat berhasil mendapatkan tiketnya ada rasa bahagia karena bisa berkumpul dengan keluarga pada momen lebaran nanti. Mudik yang tak biasa bersama teman-teman yang mengadu nasib ke ibukota. 

Tahun ini adalah pertama kalinya kami mudik dengan si kecil. Kenyamanan dan durasi perjalanan mudik lebih enak dengan kereta api. Aplikasi pegi-pegi menjadi pilihan untuk memesan tiket kereta lebaran karena kita bisa melihat semua promo yang bertebaran termasuk untuk tiket kereta. Hari gini nggak boleh sampai ketinggalan promo! 



Lewat aplikasi pegi-pegi diuraikan dengan jelas periode booking dan keberangkatan. Tinggal salin kode kupon dan langsung pesan. Jangan lupa dibaca syarat dan ketentuannya ya! Mudah kan langkah-langkahnya?! Pesan tiket lewat aplikasi lebih banyak promonya juga. Untuk promo eksklusif tinggal daftarkan email kita aja!



Saran saya untuk mudik naik kereta api dengan si kecil pesan di tanggal-tanggal sebelum cuti bersama untuk mengantisipasi kepadatan penumpang di stasiun nanti. Berhubung saya tidak terikat dengan jam kantor jadi bisa bebas pilih tanggal. Kembali dari kampung halaman pun sebisa mungkin diatur lebih cepat, bisa di hari ketiga lebaran sebelum arus balik lebaran dimulai. Kalau misalnya kehabisan tiket juga, bisa disiasati dengan keberangkatan stasiun tujuan di kota lain. Biasanya berangkat dari Jakarta, kita pilih dari Bandung begitupun sebaliknya. Hal-hal lain yang saya persiapkan untuk membuat si kecil nyaman di perjalanan antara lain, makanan yang dikukus dan dikemas terpisah-pisah, board book, dan mainan yang mudah dibawa. Saya juga memilih pakaian yang nyaman, tas yang cukup untuk membawa popok ganti dan pakaian ganti si kecil, dan tak lupa gendongan. Mudah-mudahan mudik kali ini aman, nyaman, dan tentunya selamat di perjalanan sampai kembali lagi ke tempat asal.


27 comments:

  1. Naik kereta api memang punya kesan tersendiri, sayang di kotaku blm ada. Moga2 kalau ada kesempatan pulang ke Jawa bisa coba naik kereta api lagi, pesennya pake pegi2 biar gampang hehehe

    ReplyDelete
  2. Udah lama nggak naik kereta semenjak lahir anak kedua, itu sekitar 8 tahun yang lalu. Dan tahun lalu, aku punya kesempatan naik kereta dari Jogja ke Jakarta. Ah, senangnyaaa sekarang naik keretanya lebih eksklusif. :))

    ReplyDelete
  3. Pake aplikasi online gitu enak banget dan memudahkan pesen tiket ke mana aja, apalagi sering ada diskon. Cuma sayangnya, kita nggak bisa ngecek pas milih bangku ekonomi, itu bangku menghadap mana haha. Soalnya saya pernah salah pilih krn salah perhitungan.

    ReplyDelete
  4. Enak banget beli tiket kereta api di PegiPegi. kalau saya mudik kudu naik pesawat dan harganya uwow huhuhu
    Kudu buka pegipegi mulu nih cari tiket :)

    Tapi ngomong2 jadi pengen ngajak anak-anak naik kereta :)

    ReplyDelete
  5. aku entar mau ke jawa naik kereta mbak, kereta ekonomi aja sekarang udah bagus banget fasilitasnya. Tapi aku gagal terus mbak, kalau pesan tiket dari app, gaptek tulen kayaknya nih

    ReplyDelete
  6. Rencananya mau mudik kemana nih, mba?
    Berhasilkah dapat tiket promo di PegiPegi?

    Kalau aku, kayaknya lebaran di rumah di Balikpapan
    Aku justru doyan mudik saat bukan musim libur karena berat di ongkos mba, muahahaha...

    Baidewei,
    Selamat mudik ya mba...


    ReplyDelete
  7. Serunya mudiiikk... Dan pegipegi bantu bgt utk pemesanan tiket jd lbh mudah yaa

    ReplyDelete
  8. Udah berasa banget hawa Ramadan dan Lebaran. Pengen pulang kampung jadinya. Tetapi, biasanya saya naik kendaraan pribadi karena dekat. Mungkin kalau jauh, lebih memilih naik kereta biar gak capek

    ReplyDelete
  9. aku suka mudik naik kereta api soalnya bebas macet. Tapi ya gitu rebutan cari tiket mudiknya nih yang harus begadang.

    ReplyDelete
  10. Masih jadi opsi menyenangkan mudik pakai kereta api. Pengen bawa keluarga saya mudik ke rumah Mbah nya ke Jawa. 🙂

    ReplyDelete
  11. Wah bakalan seru nih pas mudik nanti dan enakan memang rame rame sama keluarga jadi di perjalanan pun gak bosen, pegi pegi harga tiketnya kayaknya lebih murah dibanding aplikasi sejenis ya

    ReplyDelete
  12. Naik kereta api adalah alternatif yang tepat untuk Mudik, apalagi harga tiket pesawat saat ini membengkak. Pesannya di pegi-pegi pasti menyenangkan ya mbak. Banyak promo dan kemudahan.

    ReplyDelete
  13. Sampe sekarang kalo lebaran aku belum pernah ikut promo promo tiket tramsportasi Mba. Soalnya suka bingung kalo mudik, rame gitu. Pengennya mudik setelah lebaran aja.
    Btw aku juga selalu kalo mesen-mesen tiket pake OTA kek Pegipegi ini :)

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah berhasil dapat kereta pas mau mudik. Selalu kehabisan. Semoga pas tahun ini dapat deh 3 seat, hehe.

    ReplyDelete
  15. Mau mudik ke mana, mba? Semoga perjalanan nanti lancar ya.. hm, sudah terasa nih senangnya mudik lebaran dg KA, hehe...

    ReplyDelete
  16. Tradisi mudik memang sangat unik inilah yang akan membuat kita bahagia saat ketemuan keluarga tercinta.

    Begadang demi mendapatkan tiket mudik dan pesan jauh jaug hari. Kalau ada pegi pegi yang membantu . Alhamdulillah

    ReplyDelete
  17. Suka terkesima melihat antusiasme para pemudik berburu tiket kereta Lebaran. Begitu hari pertama dibuka, langsung membludak. Dan, jadi ikutan senang melihat kalau melihat orang-orang berhasil mendapatkan tiket.

    ReplyDelete
  18. Mudik paling nyaman memang naik kereta selain harganya yang relatif lebih murah (dibandingkan pesawat) juga menyenangkan kalau bawa anak-anak tanpa harus mengalami kemacetan di jalan raya

    ReplyDelete
  19. Pengennya pulkam itu naik kereta tapi kampungku ga bisa di jangkau kereta huhu bisanya bus atau mobil. Btw semoga mudik mu lancar tanpa hambatan ya kak.

    ReplyDelete
  20. Mba, Tos banget kita.
    Aku juga suka mudik naik kereta api
    lebih nyaman, cepet sampe dan bisa lihat pemandangan yang sejuk

    ReplyDelete
  21. Aku ga mudik sih jadi masih santai santai saja. Kalo temen2 mudik nantiz harus hati2 yaaa gengs

    ReplyDelete
  22. Iyaa...
    Kaya Ibuku suka bilang gini..."Udah, mudiknya pakai kereta aja...gak capek dan ga mikir, dia uda punya jalan sendiri..."


    Hahahaa..
    Anti-macet, in syaa Allah.

    ReplyDelete
  23. I love taking the train. But the problem is, for big days like that, is of course the ticket. I hope you can get one

    ReplyDelete
  24. aku berharap ada kereta api yang menghubungkan pulau jawa dengan pulau sumatera, mbak.. jadi aku bisa ngerasain mudik pake kereta api... hehehehe
    tahun baru mau nyoba mudik bawa mobil sendiri, mungkin someday bakalan nyoba pake pesawat :D

    ReplyDelete
  25. Baca ini kangen juga bepergian naik kereta sama anak2. Udah lama kami nggak pergi kemana2 karena memang tidak pernah mudik :))

    ReplyDelete
  26. Inget mudik jadi inget tradisi tahunan masyarakat Indonesia.. Mudik saat lebaran memang sudah menjadi tradisi ya.. dan kereta api menjadi salah satu angkutan atau alat transportasi andalan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.. sudah bisa beli tiket kereta api dari sekarang nih ya melalui pegipegi.. semoga masih dapet tiketnya dengan harga yang bersahabat

    ReplyDelete
  27. Walaupun tidak pernah menjalani mudik ketika hari raya, tapi saya bisa membayangkan rasa nyaman naik kereta itu jauhhhhh lebih nyaman dibandingkan dengan memakai mobil pribadi

    ReplyDelete

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram