Cara Memilih Sayuran Segar dengan Baik

Sudahkah teman-teman tahu? bahwa membeli sayuran tidak boleh dilakukan dengan asal. Ada cara khususnya untuk memilih mana sayur yang kondisinya masih baik dan mana yang tidak. Kita bisa mengenali ciri-ciri sayuran segar dengan memperhatikan tips yang akan diuraikan disini.

Salah satu jenis makanan yang tinggi akan kandungan gizinya adalah sayuran. Tak heran jika kita sangat dianjurkan untuk sering mengkonsumsi sayur untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Namun gizi tersebut hanya diperoleh dari sayuran segar saja loh. Sedangkan sayuran yang sudah layu kandungan gizinya sudah tidak lagi maksimal. 

Baca: Kebutuhan Gizi Anak

Cara memilih sayuran segar dengan mudah

Cara memilih sayuran segar tidaklah sulit, dapat diketahui dari ciri fisik daripada sayuran tersebut. Ciri-cirinya dapat kita bedakan dengan memperhatikan secara seksama kondisi fisiknya. Namun jika teman-teman masih bingung, mari disimak cara memilih sayuran segar berikut ini:

● Hindari sayuran yang tampak layu

Langkah pertama dalam memilih sayuran yang baik adalah dengan memperhatikan kondisi fisik sayuran. Apabila tampak layu menandakan bahwa sayur sudah tidak segar lagi. Dan pastinya akan mempengaruhi teksturnya ketika dimasak nanti.

Untuk beberapa jenis sayuran yang berdaun seperti kangkung, bayam, sawi dan sebagainya, lebih mudah untuk ditandai dengan melihat tingkat kesegaran daunnya saja. Karena ketika sudah layu, daun akan menjadi lunglai.

● Hindari sayuran yang keriput

Jika sayuran berdaun dapat dikenali dari daunnya yang lunglai, maka untuk sayuran yang tak berdaun seperti terong, pare, wortel, kentang dan sebagainya dapat dilihat dari kondisi fisiknya yang mulai keriput atau kisut. Itu menandakan bahwa sayuran sudah ada sejak lama di warung atau tidak laku dijual dalam beberapa hari.

● Lihatlah warna sayuran

Cara berikutnya adalah dengan memperhatikan warna sayuran dengan teliti. Mungkin kita akan mengira bahwa hal tersebut adalah sepele. Tapi, sudahkah teman-teman mengetahui bahwa perubahan warna pada sayur dapat menentukan kelayakan sayur? Seperti halnya pada kentang, apabila kentang terlihat ada bercak hijau sebaiknya jangan dibeli. Kondisi tersebut menandakan bahwa kentang sudah lama terpapar sinar matahari. Sebagian orang mengira hal tersebut biasa saja. Tetapi perubahan warna hijau pada kentang mengandung zat beracun (Solanine). Contoh lain adalah pada terong, apabila terong berubah warna dari ungu menjadi coklat hal tersebut adalah bagian dari proses pembusukan. Maka sebaiknya pilihlah sayuran yang memiliki warna yang merata.

Baca: Minyak Goreng Sehat

● Amati betul tekstur dan baunya

Pada sayur yang sudah tidak segar lagi tentunya akan ada perubahan pada teksturnya seperti mulai keriput, layu, dan lembek. Selain itu menimbulkan bau yang kurang sedap yang menandakan adanya proses pembusukan. Apabila ditemukan sayur dengan kondisi seperti itu, sebaiknya jangan dipilih ya. Pilihlah sayuran segar dengan tekstur yang masih keras dan baunya yang masih segar juga. 

● Pilihlah sayuran yang bebas pestisida

Sebenarnya agak sulit membedakan apakah sayur mengandung pestisida atau tidak, jika tidak diberi label organik. Namun ada trik khusus untuk membedakannya yaitu dengan melihat kondisi fisik dari sayuran tersebut. Lihatlah apakah pada sayuran terdapat lubang bekas ulat atau tidak. Sayur yang mengandung pestisida tidak akan ada ulat yang mau menempel. Namun, pastikan sayuran yang dijual telah dibersihkan dari ulat ya agar tidak semakin merusak sayuran saat disimpan nantinya.

Baca: Mencuci Sayur dan Buah

Beli sayuran segar hanya di sayurbox.com ya

Supaya memudahkan teman-teman dalam mendapatkan sayuran segar, maka berbelanjalah secara online di sayurbox.com. Disini kesegaran sayurnya terjamin, tidak ada sayuran layu yang ditawarkan. Dengan begitu sangat membantu kita dalam memperoleh nutrisi secara maksimal dari bahan makanan yang masih segar. Adapun sayur yang dijual seperti bayam, daunnya segar dengan warna yang masih hijau menandakan bahwa bayam tersebut adalah sayuran baru siap panen. Wajar jika sayur disini segar terus ya. Beli sayuran segar? Ya sayurbox.com pilihannya. Yuk cekout sekarang juga dengan mengklik link berikut https://www.sayurbox.com/category/vegetables-1-a0d03d59 dan pesanan Anda akan dikirim pada hari yang sama. 

Sayurbox


Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama