Permainan Sederhana untuk Anak-anak

Waktu bermain bersama anak sebisa mungkin dialokasikan rutin setiap harinya, agar kedekatan yang tercipta antara anak dan orang tua terjalin semakin akrab. Tak perlu repot membelikan mainan yang mahal yang ujung-ujungnya tak sering dimainkan anak karena sudah bosan. Permainan sederhana untuk anak-anak yang akan diuraikan ini bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Nah menjelang hari raya Idul Adha, kita bisa mengajak anak melakukan permainan sederhana sekaligus untuk membangun semangat menyambut hari raya kurban. Apa saja ya permainannya?

Menempel Sticker dalam Buku yang Berjudul Ya Allah Aku Ingin Berkurban.

Aktivitas ini sudah saya lakukan dari setahun yang lalu. Di tahun kedua ini, hampir setiap menjelang tidur di malam hari saya membacakan buku untuk anak saya yang masih balita. Dia pun sudah bisa menempelkan stiker-stiker binatang di dalam bukunya walaupun masih memerlukan bantuan. Buku yang sudah ditempelkan pun bisa dibaca berulang kali terutama saat menjelang hari raya Idul Adha tiba. Kelak saat anakku sudah bisa membaca, dia bisa beraktivitas mandiri dengan buku aktivitas stiker ini.

Ibadah kurban
Dok. rumahyudit[dot]com

Melihat dan Memberi Makan Hewan-hewan Kurban

Kegiatan ini termasuk momen yang paling mudah diingat untuk anakku. Setelah di rumah dibacakan buku tentang kurban dan kisah Nabi Ibrahim serta Nabi Ismail, aku pernah mengajak si kecil melihat langsung hewan-hewan kurban yang akan dipotong saat waktunya tiba. Anakku yang masih balita belum banyak bertanya mengapa hewan-hewan tersebut harus dipotong. Jadi sambil melihat hewan-hewan itu bisa diulang kembali penjelasan yang ada dalam buku. Salah satunya agar anak-anak menjadi semakin semangat untuk ibadah kurban. Tahun lalu, anakku cukup berani untuk mendekat ke hewan-hewan kurban dan memberi makan juga berfoto bersama.

Membuat Pop Up dengan Tema Idul Adha 

Permainan satu ini belum pernah aku coba karena masih khawatir anakku belum bisa diajak bekerjasama saat membuatnya. Sebenarnya cukup mudah dengan mencetak gambar-gambar yang akan di tempel pada selembar kertas. Kita juga bisa meminta anak-anak untuk mewarnai gambar-gambar tersebut. Gambar yang digunakan bisa gambar hewan-hewan kurban atau simulasi ibadah haji dengan Ka'bahnya juga. Saat selesai menggunting dan menempelkan gambar-gambarnya, kita bisa sambil menceritakan perjalanan ibadah haji atau sejarah ibadah kurban. Hasil pop up nya juga bisa dijadikan kartu ucapan selamat hari raya Idul Adha. 
Pop up idul adha
Dok. Bunda Catur Ummu Uwais

Simulasi Ibadah Haji

Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh anak-anak di sekolah. Guru-guru di sekolah membuat Ka'bah mini yang selanjutnya akan digunakan untuk anak-anak melakukan simulasi ibadah haji. Jadi bisa bermain sambil belajar, menanamkan betapa pentingnya ibadah haji dilaksanakan bagi umat muslim di seluruh dunia. Nah kalau di rumah, bisa dilakukan permainan sederhana dengan gambar Ka'bah yang ditempel pada sebuah kertas. Lalu menggunakan alat tulis, anak-anak diminta untuk mencari jalur menuju Ka'bah menelusuri garis-garis seperti dalam maze. 
Haji dan Umroh

Sebenarnya masih banyak ide permainan sederhana lainnya yang bisa kita temukan di internet. Bisa ditemukan aktivitas yang sesuai dengan usia anak kita dan menyesuaikan dengan tahapan perkembangannya dalam berbagai aspek. IndiHome sebagai internet provider Indonesia juga tak mau ketinggalan terus mendukung berbagai aktivitas termasuk aktivitas bermain bersama anak. IndiHome sebagai bagian dari Telkom Group juga ikut serta mendukung kelancaran ibadah haji dan ibadah kurban salah satunya dengan menyalurkan hewan kurban ke seluruh pelosok tanah air. Jaminan kelancaran ibadah haji melalui posko haji dan paket-paket internet untuk rumah ibadah pun disediakan untuk mendukung proses ibadah agar semakin nyaman.

IndiHome Berbagi Kurban


56 Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

  1. Wah ide permainannya bener-bener ga pernah terpikirkan, sesederhana seperti itu membuat anak pun happy dan juga mengasah motorik dan otaknya.

    BalasHapus
  2. Dimudahkan banget ya kak, berqurban di program indihome berbagi kurban. Hanya dari aplikasi dan disupport dengan jaringan yang stabil ☺

    BalasHapus
  3. Buat aku yang sering mager untuk cari hewan kurban sendiri bisa banget nih menikmati layanan Indihome untuk ikut berkurban lewat pengumpulan poin mayan kan kalo bisa terkumpul banyak

    BalasHapus
  4. Permainan sederhana ini aja udah menarik ya mbak buat anak2, soalnya kadang mereka tu cara berpikirnya msh sederhana, asal sama ibuknya dah seneng hehe
    Aku di rumah juga pakai indihome, suka bowsing2 bahan main buat anak juga pakai inet inu

    BalasHapus
  5. Ada banyak banget kegiatan sederhana yang bisa dilakukan dengan anak-anak ya mbak. Gak perlu keluar biaya mahal, yang penting anak-anak senang.

    BalasHapus
  6. Bagus baget ya, Mam. Bisa jadi edukasi anak-anak tentang Idul Adha

    BalasHapus
  7. Gemes bgt, bagus ini mom, bikin anak jd lebih kreatif ya :) harus diperbanyak memang permainan semacam ini biar ga meluli gadget ya huhu

    BalasHapus
  8. Ya ampun kreatifnya... seneng deh bisa bebikinan gini ank2 jd happy

    BalasHapus
  9. IndiHome pilihan banget ya, apalagi spt Saya yg aktivitas kerja via internet dan tentunya butuh internet yg mumpuni

    BalasHapus
  10. Pop up nya unik.
    Dengan games seperti itu memudahkan anak-anak untuk lebih memahami tentang Lebaran Idul Adha ya mbak Ven.

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak juga permainan yg bisa dilakukan dg anak utk mengenalkan tentang kurban.. yg pernah kami lakukan dg si kecil baru melihat dan memberi mkn hewan kurban..senaang dia melihat kambing, domba dan sapi..

    BalasHapus
  12. pop up book gini emang menarik buat anak-anak ya mba, selain entertainment bisa juga jadi media edukasi nih

    BalasHapus
  13. Menarik ya. aku baru tahu ada buku itu. Pop up booknya menarik banget. Sementara untuk maze saya hari ini coba, tapi dasar si kecil pintar jadi gampang saja mengisinya

    BalasHapus
  14. Wah seru juga nih permainannya mbak.. Jadi lebih edukatif dan sesuai dengan momen idul adha. Saya perlu banyak referensi soal mainan edukasi seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak Iim jadi momen cakep juga ya buat anak-anak untuk mengenal tentang Idul Adha

      Hapus
  15. Ide permainannya sederhana tapi menyenangkan dan pastinya bermanfaat, apalagi tema nya pas ya dengan bulan haji lebaran idul Adha. Inspiratif mbak.

    BalasHapus
  16. Serunyaa..
    Anak-anak pasti seneng banget karena pendekatannya kreatif. Dari mulai melalui buku, menempel stiker hingga membuat pop up, ini yang paling aku suka..
    Jadi bentukan 3D-nya bisa menguatkan imajinasi anak akan makna Idul Adha,

    BalasHapus
  17. buat yang punya anak kecil, pasti kepikiran banget ya gimana biar anak-anaknya main gak hanya gadget aja tapi bisa cari permainan lain. apalagi sekarang dengan kemampuan internet kita bisa cari ide-ide permainan lainnya.

    BalasHapus
  18. Boleh dicoba ide-ide permainannya. Sejauh ini Keponakanku aktivitas sama hewan sih. Kadang mau ngasih makan dia. Nanti coba yang versi lain

    BalasHapus
  19. Bikin pop up itu asik dan lucu juga ya. Mengasah kreativitas tinggal cari tutorial bikinnya di internet.

    BalasHapus
  20. Wah dari permainan dan satu tema, bisa membahas dan memberikan anak banyak pengalaman serta pelajaran ya, Kak. Pasti anak-anak suka nih

    BalasHapus
  21. Momen Idul Adha emang pas banget buat edukasi anak soal sejarah kurban dan keutamannya. Pakai buku jadi lebih mantap

    BalasHapus
  22. Semua permainannya InsyaAllah saya ajarkan ke nak-anak lebaran tahun depan. Udah kelewat momen hihi. Si bungsu tahunya kasih makan aja tapi belum paham makna berkurban juga sih

    BalasHapus
  23. Mengenalkan sesuatu ke anak memanh lebih masuk lewat permainan karena dunia anak adalah dunia main2 ♥️♥️

    BalasHapus
  24. Bisa di coba nih kak, mumpung masih dalam suasana liburan dan momen Idhul Adha

    BalasHapus
  25. Terima kasih ya mba, aku jadi punya ide buat bikin permainan sederhana tuk anakku, karena ketiganya belum pernah aku coba, pasti dia seneng banget, pakai Indihome kita jadi bisa cari ide ide lainnya buat anak ya mba...

    BalasHapus
  26. Hwaa mbaa boleh yaa ditiru hihi aku lagi kekurangan ide untuk main sama anakk jadi dia bete bosen di rumah ngajakin keluar mulu wkkwkwkw

    BalasHapus
  27. idenya sederhana tapi menyenangkan untuk dicoba bermain bersama anak-anak, tepat moment lagi nih masih dalam rangka iduladha juga, thanks for sharing mba

    BalasHapus
  28. Ide sederhana yang keren ini kak bisa dicoba kalau anak nanti sudah bisa main sendiri. Terima kasih sudah berbagi ya kak

    BalasHapus
  29. Pop up nya bagus banget, jadi pengen bikin sama anak - anak. Kalo menyambut idul adha kemarin sih kebetulan gak bikin permainan, hehe. Anak anak minta nya ngelihat kambing - sapi aja, hehehe. Next year mau coba juga ah bikin pop up idul adha

    BalasHapus
  30. Inspiratif idenya, Mom..aneka permainan sederhana untuk anak bisa dilakukan. Senangnya kita didukung IndiHome internet provider Indonesia yang terus mendukung berbagai aktivitas termasuk aktivitas bermain bersama anak.

    BalasHapus
  31. sebenernya anak2 tu sangat sederhana ya mba, yang mereka butuhkan tuh cuma waktu untuk bermain dan waktu bersama dengan orang tua

    BalasHapus
  32. Kalau layanan internet lancar seperti IndiHome maka aktivitas di hari Raya Qurban bersama anak jadi lebih bervariasi dan menyenangkan ya. Hasil pop Up-nya kreatif banget.

    BalasHapus
  33. Ya Allah kesukaan anak-anak saya semua permainannya. Nempel stiker pasti jagonya, buat pop up wah kreatif banget bun, jadi pengen tau caranya gimana, soalnya saya pernah nemenin buat pop up anak memang butuh kesabaran dan ketelitian yaa. Cari jalan itu kesukaan si bungsu saya. Izin save ya Mbak hehe

    BalasHapus
  34. Berkat IndiHome kini menemukan permainan sederhana untuk buah hati sangat mudah ya mbak. Dengan sering mengajak bermain anak dan memperkenalkan hal baru kepada mereka, semoga pengetahuan mereka akan terasah, bahkan keterampilan untuk melakukan hal-hal baru juga bertambah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang sekali..
      Indihome memberikan inspirasi bagi keluarga untuk beraktivitas dan belajar bersama dengan aktif.

      Hapus
  35. Anakku paling suka tu mbak bikin2 poo up, entah kartu atau mainan biasa buat dimainin sehari2. Anak2 kadang emang gak butuh mainan mahal yang dibutuhkan apa aja mereka bisa sulap jd mainan. Bisa melatih kreativitas juga ya, ortu tinggal mengarahkan dengan baik :D

    BalasHapus
  36. mantaaap nih mba.. memang anak - anak bisa bermain sambil belajar banyak hal yang bagus ya seperti ini

    BalasHapus
  37. seru bangeett bikin pop up tema qurban sama anak-anak. jd lebih kreatif yaa pastinya. permainan sederhana ini bisa dilakukan dengan berbagai tema yaa.. internet skrg tuh membantu bgt buat ambil materi2 pembelajaran

    BalasHapus
  38. Semacam cara edukasi anak mengenai berkurban ya? Menarik banget tulisan, kreatif banget hasil popupnya

    BalasHapus
  39. Saya juga biasanya tiap hari membacakan buku untuk anak Mba, termasuk buku cerita anak Muslim. Alhamdulillah ya sekarang makin banyak buku anak Muslim yang bagus dengan harga terjangkau untuk edukasi anak-anak.

    BalasHapus
  40. Dennise Sihombing15 Juli 2022 09.58

    permainan yang menyenangkan ya mom untuk anak-anak. Terutama melihat dan memberi makan hewan kurban. Dari masih anak-anak sudah diperkenalkan sifat empati

    BalasHapus
  41. Lucu banget ih, aku aja yang dewasa lihatnya gemes. Bisa buat edukasi anak-anak mengenal lebaran haji atau idul adha ya

    BalasHapus
  42. Walaupun udah bukan anak kecil, selalu suka dengan buku aktifitas begini. Kayak Labirin, teka-teki, dan nyusun huruf. Apalagi sekarang materinya bisa nyari dari internet ya

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah IndiHome memberikan dukungan yang luar biasa bagi persebaran kurban ke seluruh tanah air. Jaringan internet pun lancar bagi berbagai posko haji dan rumah ibadah. Salut dengan IndiHome yang sangat memahami kebutuhan masyarakat.

    BalasHapus
  44. Pati anak2 semang dan antusias y... sekaligus belajar ilmu agama, pasti akan selalu diingat oleh anak

    BalasHapus
  45. waahh bikin pop up sendiri dengan tema khusus bikin anak n mamy nya punya waktu bareng n bisa memperkuat bonding tetunya ya Mba, seru banget bisa bermain dgn si kecil

    BalasHapus
  46. Indi home memang provider internet yang terbaik sejauh ini yang akh rasakan

    BalasHapus
  47. Yess betul sekali, luangkan waktu bermain bersama anak2 Insya Allah akan menjadi memori yg baik buat anak kelak dewasa.

    Permainan yg murah sederhana bisa dilakukan tdk perlu harus mahal.

    (Gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget. Karena yang akan diingat oleh anak sebetulnya kedekatan dan keseruan saat bermain, Jadi bukan tentang mahal atau murahnya

      Hapus
  48. waaa in i seru banget permainannya yaaa,anak anak auto anteng sih kayanya hihih, jadi pengen main ini sama keponakan jugaaak

    BalasHapus
  49. dengan cara sederhana dan menyenangkan seperti ini anak pasti bakalan ingat terus tentang ibadah Qurban ini mah, saya jadi pengen ajarin juga cara seru ini.
    kalau baca buku, Alhamdulillah 2 tahun belakangan ini saya juga senang membacakan buku anak-anak, sebisa mungkin sebelum tidur, malah si Dedek yang paling rajin bawa buku dan minta dibacakan :)

    BalasHapus
  50. Ternyata dengan permainan sederhana pun anak-anak bisa happy ya Mba. Menarik banget popup book nya, pasti makin senang dirumah

    BalasHapus
  51. Betul banget. Ga perlu mainan yang mahal-mahal ya. Bisa pake mainan sederhana aja yang diambil dari internet asal telaten ngajak main anak.

    BalasHapus
  52. Anak jaman sekarang memang susah sekali di ajak untuk melakukan permainan tanpa internet..
    Jadi tugas orang tualah yang harus mengawasi mereka

    BalasHapus
  53. Wah boleh jug nih aq cobain buat ank2 ku makasih banyak infonya mbak

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama