April 03, 2020

Bagaimana Cara Bekerja dari Rumah?

by , in
Di masa COVID-19 yang masih pandemi di Indonesia, sebagian pekerja penuh waktu memiliki kesempatan untuk bekerja dari rumah, menikmati gaji yang sama dan tunjangan yang sama dengan bekerja dari tempat kerja. Namun, bagaimana dengan pekerja-pekerja lain yang tidak memiliki kesempatan tersebut? Karena profesinya mengharuskan keadaan yang bekerja di luar rumah?

Di bawah ini beberapa pekerjaan yang saya amati bisa dikerjakan di rumah walaupun mungkin pendapatannya jauh berbeda dengan bekerja di luar rumah.

1. Fotografer
Fotografer jadi jual foto online


Mulai dari fotografer event besar sampai wedding pun akhirnya tak bisa dilakukan karena sudah ada maklumat untuk tidak berkumpul dan mengundang massa dalam jumlah banyak. Seorang fotografer masih bisa sih melakukan food fotografi di rumah atau dengan berbagai model teknik fotografi lainnya, lalu menjualnya ke situs-situs atau klien yang membutuhkan hasil foto yang baik.

2.Pedagang di pasar jadi jualan online


Awal menikah saya baru tau bahwa kita bisa kirim pesan ke tukang sayur keliling agar dibawakan sayur mayur dan lauk pauk tertentu ke rumah. Tentu tidak ada ongkirnya karena sekalian berkeliling menjajakan barang dagangan. Nah sekarang hal ini sudah menjadi biasa karena pasar pun menerapkan sistem delivery. Mudah-mudahan di kota pembaca  blog ini ada juga ya!

3. Event organizers wedding jadi jual jasa akad minimalis.


Untuk profesi satu ini diambil dari pengalaman teman dekatku sendiri. Resepsi pernikahan yang sudah mendirikan tenda hajatan dibubarkan oleh petugas. Akhirnya dia buka jasa akad minimalis gitu deh.. mudah-mudahan masih terus berjalan roda usahanya.. aamiin

4. Selebritis jadi live streaming via sosmed


Beberapa acara televisi yang saya tau, melakukan siaran dengan video conference. Untuk penyanyi biasanya bikin konser mini di live instagramnya. Ada juga yang bikin tutorial makeup seperti Raisa dan Yuni Shara.

5. Guru di sekolah jadi belajar jarak jauh


Lembaga pertama yang langsung kena imbas dari  COVID-19 ini ya sekolah. Anak-anak diliburkan bahkan ada yang sampai setelah lebaran. Alhasil, guru-guru pun mengirimkan tugas online via Google classroom, WhatsApp, dan email. Ngga kebayang gimana kalo punya anak sekolah. Ya masak ya nyuci ya ngajar, semuanya di rumah aja. Phew

Berbagai peralihan di masa COVID-19 ini bikin semua orang lebih peduli untuk berperilaku hidup sehat salah satunya dengan menjaga kebersihan mulai dari cuci tangan pakai sabun. Suamiku yang dapet jatah kerja di rumah walau selang-seling pun jadi bisa sering main sama si kecil. Banyak hikmah yang bisa diambil dari wabah satu ini, mudah-mudahan kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Semoga wabah ini segera berlalu.. aamiin ya robbal alamiin



March 29, 2020

di Rumah Aja Saat COVID-19 di Indonesia

by , in
Penat, bosan, dan butuh hiburan.
Walau nggak lockdown di rumah sepenuhnya tapi nggak makan di luar, nggak main ke pusat perbelanjaan, dan nggak berkunjung ke sanak keluarga sanggup bikin sedih sih.

Seorang extrovert itu katanya sumber semangat atau energinya dari faktor eksternal. Yah, saya akui itu. Walau jelang melahirkan memilih bekerja dari rumah tapi di rumah aja kelamaan it's like killing me so harD. I just can't breathe and pusing.

Berhubung masa-masa ini masih akan dilalui selama COVID-19, saya akan korek hal-hal yang bisa dilakukan seorang cheerful body like meH. I wish it'll help yha wkwkwk

1. Bangun pagi langsung nyuci.
2. Habis subuh jangan tidur lagi karena it drives you badmood all day!
3. Baca kitab suci biar dapet petunjuk terus dari YME.
4. Dengerin radio yang ngasih informasi tanpa tendesi dan sedikit-sedikit menghibur.



Kalo nonton TV, asli pusing sih buat saya.

5. Bikin sarapan atau beli!
6. Main sama anak, baca buku bareng, do silly things.


Saya nggak terbayang sih gimana rasanya kalo udah punya anak yang libur sekolah kelamaan. Mungkin bikin gila ya apalagi kalo suaminya nggak kerja dari rumah.

7. Jangan lupa mandi biar moodnya bagus, badan seger, harapannya sih gitu. 🤪
8. Pesen go food biar hepi!
9. Belanja online kalo ada budgetnya!
10. Streaming film, YouTube, spotify



Social media is the last thing that you need but prepare yourself to get all about COVID-19. You can try something new like online courses, podcast, blogging, painting, sing a loud, play the piano, guitar, saxophone (?)



Hal yang lagi saya coba adalah menanam bumbu-bumbu dapur. Coba deh bhayangkhan kalo kita bisa memanfaatkan segala sesuatu yang kita tanam dan pelihara sendiri? Ketahanan pangan kita terjamin dan nggak panic buying guys. Pelihara ayam, sapi, ikan, nanam sayur, dan bumbu dapur, wah bayanginnya sih enak ya? Eksekusinya yang mogok cuma wacana aja. LOL

The conclusion is love your body guys, so the immunity can make viruses go away!





March 11, 2020

Menghirup Aroma Vitalis Body Wash yang Memikat Seolah Mandi Parfum

by , in
Siapa yang mandinya memakan waktu bermenit-menit bahkan sampai satu jam atau lebih?

Bukan saya tentunya yah hehehe, kegiatan membersihkan badan satu ini untuk saya cukup menghabiskan waktu kurang dari 15 menit saja. Tak seperti kebanyakan perempuan lain atau bahkan laki-laki yang senang sekali berlama-lama saat di kamar mandi. Ibu saya bilang mandi saya itu secepat kilat alias mandi bebek dan tidak ada bedanya sebelum atau sesudah mandi. Tapi sebelnya saat bepergian hampir selalu saya mandi pertama, dari rapi dan wangi sudah mandi sampai terkantuk-kantuk menunggu yang lain selesai dan siap berangkat.

Durasi mandi yang tergolong sebentar itu semakin bertambah cepat setelah melahirkan. Tadinya secepat kilat, mungkin saat ini ibarat sekejap saja seperti tukang dagang yang lewat depan rumah lalu putar balik karena tak ada yang beli. Nikmatnya bersih-bersih dari ujung kepala sampai kaki sudah lupa tuh, karena terburu-buru khawatir si kecil menangis karena mommynya terlalu lama di kamar mandi. Begitulah seninya menjadi ibu toh.


Saya yang tadinya cuek dengan urusan sabun mandi pun akhirnya memilih sabun yang bisa membuat rehat sejenak dari rutinitas mengurus anak dan rumah. Walau hanya sekejap, untuk saat ini mandi termasuk 'me time' bagi saya karena bisa memberi perhatian khusus pada diri sendiri. Mulai dari penggunaan facial wash beraroma jeruk hingga mengganti sabun batang menjadi sabun cair dengan wangi bunga-bunga dan bahan-bahan lain yang ada dalam vitalis body wash. Sabun cair satu ini bisa membuat saya rileks karena wanginya yang bikin nyaman. 


Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash ini memilki tiga varian dengan masing-masing manfaat dan kandungan aktifnya. Pertama, White Glow (Skin brightening) dengan kandungan Licorice dan Susu  yang membantu mencerahkan kulit. Aroma fruity pun ada di dalamnya hasil dari perpaduan manisnya Cherry & Raspberry, ditambah wangi Marshmallow dan Gardenia juga dikombinasikan dengan Woody & Suede yang glamour dan long lasting. Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow diperkaya dengan ekstrak Licorice dan Susu yang membantu merawat kulit hingga tampak bersih, cerah bersinar.


Kedua, Fresh Dazzle (Skin refreshing) dengan kandungan Jeruk Yuzu dan Teh Hijau memberikan kesegaran saat mandi dan membuat mood lebih baik. Ketiga, Soft Beauty (Skin nourishing) dengan kandungan Alpukat dan Vitamin E membantu menutrisi kulit dan menjadikannya lembab. Keharuman wangi segar yang clean dari Fruity Aldehydic ditambah dengan Rose & Violet yang feminine, diakhiri dengan manisnya Tonka Bean & Sandalwood yang premium. Sabun cair dengan kandungan parfum khas Vitalis ini segar dan tahan lama sehingga tercipta sensasi mandi parfum yang menyenangkan.


Dari ketiga varian Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash, saya paling suka wangi fresh dazzle untuk mandi di pagi hari dengan kemasannya berwarna hijau. Wangi bergamot diikuti Floral Bouquet lalu ditutup dengan Musk Amber yang long lasting. Ekstrak Yuzu Orange dan anti oksidan dari Green tea membuat kulit terasa lebih bersih, wangi, segar, dan terawat. Rasanya jadi tambah semangat memulai aktivitas seharian setelah mandi. Nah untuk sore hari, lebih suka wangi white glow dan soft beauty karena pas banget menjelang istirahat di malam hari. Inovasi Vitalis yang ahli dalam membuat parfum lalu mengimplementasikannya dalam sabun cair terbilang sukses karena aroma sabun cairnya tuh wangi banget jadi seperti mandi parfum! Keahlian Vitalis dalam memahami trend parfum dan 'meraciknya' menjadi sabun cair tentunya tak lepas dari riset, studi, dan eksperimen sehingga dihasilkan produk yang sesuai dan disukai konsumen setianya di Indonesia. Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash juga diperkaya dengan skin moisturizer yang membuat kulit begitu halus dan lembut. Jadi setelah mandi nggak bikin kulit kering karena vitalis menambahkan kandungan high quality moisturizer.

Gimana? Sudah terasa belum wanginya Vitalis  Perfumed Moisturizing Body Wash menyentuh hidung? Kalau belum coba deh mandi dengan sabun cair Vitalis dan tentukan sendiri varian favoritmu!

February 27, 2020

Pemasangan Kanopi yang Benar-benar Saya Rekomendasikan

by , in
Saat rumah sudah selesai dibangun oleh developer. Kami memutuskan untuk memasang kanopi di sisa lahan belakang rumah untuk tempat mencuci dan menjemur. Setelah pekerjaan selesai dan rumah kami huni, ternyata masalah baru muncul. Kanopi belakang yang posisinya dimiringkan ke tembok rumah kami membuat air hujan mengalir masuk ke dalam melalui rambatan di tembok. Hampir setiap hari saat hujan seharian, selalu ada genangan di pojok rumah dan menggenang juga sebagian. Stress dan badmood menjadi-jadi karena lap kaki pun habis karena hujan tak membuatnya kering saat dijemur.

Bahkan tukang yang biasa kami minta tolong untuk memperbaiki atap dan rembesan di tembok pun tak punya solusi selain membongkar kanopi dan menggantinya dengan cor beton. Seketika itu juga saya pribadi merasa gagal dalam mengambil keputusan. Terkesan buru-buru padahal tidak sama sekali, semuanya berusaha kami pertimbangkan dan diputuskan dengan matang.

Syukurlah kami bertemu dengan penjual jasa pemasangan kanopi yang tepat, saya benar-benar rekomendasikan beliau karena komunikasi yang terjalin sangat baik dan pemasangan kanopi pun berjalan sesuai ekspektasi. Hal yang paling penting adalah sesuai dengan anggaran kami yang yah mungkin orang yang sudah menempati rumah sendiri paham kalau ada saja printilan rumah yang di luar anggaran dan berjalan tak mulus-mulus saja. Alhamdulillah jasa pemasangan kanopi satu ini pengertian sekali. Kanopi belakang yang membuat masalah pun akhirnya bisa dipindahkan ke depan rumah dengan menambah biaya yang masuk akal.

Alhamdulillahilladzi bi nimatihi tatimmush sholihat...

Pembaca bisa langsung cek ke bengkel kanopi beliau pada alamat di bawah ini ya, ada situs resmi dan lengkap juga kontak yang bisa dihubungi. Semoga kerjasama dengan beliau menyenangkan dan berjalan baik!

PT. ARYA CHASEDA BINANGKIT
Jl. Karadenan No.22, Karadenan, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16913
0812-8880-899
https://maps.app.goo.gl/2A3VbtFMA6wEwGL9A
February 21, 2020

Mencapai Berat Badan Ideal, Bukan Khayalan!

by , in
Musim penghujan yang datang sejak Desember tahun lalu sempat membuat kondisi badan kami sekeluarga drop. Dari mulai Pak Suami yang kecapean sampai radang tenggorokan, selesai berobat eh si kecil ketularan dan hampir bersamaan dengan saya. Kami berdua batuk, pilek, suhu badan tak jua reda. Pengobatan berhenti saat si kecil sakit, kalau saya cukup obat batuk yang biasa dibeli dan ditambah madu aja. Percuma berobat, karena masih dalam kondisi menyusui jadi saya nggak ingin sembarangan minum obat apalagi antibiotik.




Alhamdulillah hari demi hari kondisi kesehatan kami membaik, nafsu makan yang tadinya hilang entah kemana pun perlahan kembali. Tak dipungkiri, kesehatan memang aset yang sangat berharga ya. Sehat itu mahal sehingga wajib kita jaga kondisi fisik dan mental kita agar terhindar dari berbagai penyakit. Terlebih lagi di musim penghujan yang lembap dan tak ada hangat matahari. Saya yang selalu cuek dengan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh pun mulai peduli untuk minum suplemen lagi, karena kalau sudah drop semua pekerjaan rumah pun terbengkalai tak ada yang menuntaskan.

Berat badan suami pun turun karena sakit, apalagi berat badan si kecil. Saya tak berani menimbang berat badan si kecil setelah sakit, karena pola makannya belum membaik dan masih lebih senang menyusu langsung. Urusan berat badan memang tidak bisa dianggap sepele, berat badan yang kurang pada si kecil bisa berakibat stunting, hal ini berpengaruh besar pada perkembangan dan pertumbuhannya. Nah ternyata berat badan yang kurang pada orang dewasa pun membahayakan lho! Kekurangan berat badan ini terjadi kalau angka Body Mass Index (BMI) ada di bawah 18,5. Ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan massa tubuhnya yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan.


Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Scandinavian Journal of Public Health yang dikutip oleh sfidn[dot]com, pria yang mengalami kekurangan berat badan punya risiko kematian sebanyak 140%, sedangkan pada wanita sebanyak 100%. Kekurangan berat badan juga mengganggu fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, menyebabkan osteoporosis, dan patah tulang, serta berpengaruh juga pada masalah kesuburan, selain itu juga berisiko mengalami sarkopenia (sindrom penurunan massa dan fungsi otot) serta demensia (berkurangnya daya ingat). Dari sekian banyak dampak negatif kekurangan berat badan, alasan lain yang membuat kawan saya konsisten untuk menaikkan berat badannya adalah agar lebih percaya diri. Sampai akhirnya kawan saya menikah pun, berat badan idealnya tetap terjaga.


Berhubung kawan saya suka memasak makanannya sendiri, jadi dia bisa mengatur pola asupan makanan yang sesuai dengan kondisi tubuhnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Mulai dari karbohidrat, protein, kalori, dan berbagai makanan padat energi dengan bumbu yang sehat. Kawan saya juga mulai fitness untuk menaikkan massa otot. Hasil akhir yang didapatkan pun tubuhnya lebih berisi walau dibalut dengan pakaian syar'i tapi terakhir kami bertemu saya bisa melihat usahanya menambah berat badan ideal dengan konsisten itu berhasil. Salah satunya terlihat dari rona wajahnya yang semakin cerah dan pipi yang lebih berisi. Saya pun ikut senang karena berbagai upaya yang telah dia lakukan selama kami berteman akhirnya menemukan titik terang. 

Bagi pembaca yang sedang berjuang mencapai berat badan ideal, jangan pantang menyerah! sebelum memulai lagi untuk menambah berat badan, banyak baca juga perlu banget!. Supaya lebih semangat,  cek deh website sfidn[dot]com karena banyak bocoran yang semakin menambah motivasi demi berat badan ideal dan kalian ternyata nggak berjuang sendirian kok! Nah untuk pembaca yang lagi bingung cari-cari suplemen penambah berat badan bisa langsung meluncur juga ke websitenya, karena segala informasi yang dibutuhkan demi tubuh ideal yang diinginkan tersedia disana. Untuk pelayanan terbaik bagi para pelanggannya, sfidn[dot]com juga siap dihubungi 24 jam non stop lho!


Kesehatan ambruk semua rencanapun bisa ambyar, berbanding terbalik saat kondisi fisik yang prima. Rahasia dibalik meningkatkan berat badan sebenarnya gampang asalkan konsisten dan pola makan pun harus banyak kalori. Jangan lupa fitnes juga sangat penting sehingga kalori yang dikonsumsi bisa disalurkan secara maksimal untuk meningkatkan massa otot, bukan hanya lemak. Kuatkan tekad dan luruskan niat, Bismillah pasti bisa!


February 17, 2020

Pindah Rumah di Bulan Januari? Pake Aplikasi Deliveree Aja!

by , in
Di musim penghujan yang menghantui tiap harinya, ada rencana pindah rumah yang akan kami lakukan dalam waktu dekat. Kami tak menentukan hari-hari baik atau khusus bertanya pada orang-orang sepuh yang biasanya menjadi tradisi saat pindahan. Yah memang sudah waktunya aja sih, karena kami merencanakan pindah sejak akhir tahun lalu namun karena satu dan lain hal terpaksa ditunda. Pengemasan barang-barang sudah dimulai jauh sebelum tanggal yang kami rencanakan, jadi memang tidak buru-buru karena dikemas sedikit-sedikit eh ternyata banyak juga ya hahaha. Sampai hari ini, barang-barang di kardus dan container plastik masih tersusun rapi. Ada yang mau jadi tenaga sukarela untuk bantu rapihkan? LOL

Pindah rumah zaman sekarang itu gampang banget lho! Gampang dalam artian kita nggak perlu susah payah untuk cari pinjaman mobil untuk angkut-angkut barang karena banyak pilihan aplikasi yang menyediakan jasa pindah rumah sekaligus orang yang membantu untuk bongkar-muat. Percayakan deh sama ahlinya! 

1. Tim Jasa Pindah

Pertama saya coba hubungi jasa pindah rumah yang pernah saya lihat di pinggir jalan. Saya hubungi via WhatsApp, responnya sangat baik dan ada survey langsug ke rumah karena barang-barang yang akan diangkut tidak semua jadi untuk memperjelas barang apa saja yang akan diangkut. Kekurangannya adalah belum ada estimasi harga dari data-data via WhatsApp yang sudah kita kirimkan.


2. Go Box dari Gojek 

Sebenernya harga yang diperkirakan beda tipis dengan yang lain namun untuk Go Box itu tidak tersedia layanan schedule jadi hanya bisa pesan di hari yang sama. Hal ini mengkhawatirkan karena belum tentu ada mobil yang mau pickup saat itu juga di daerah kami terlebih lagi saat hujan.


3. The Lorry

Website penyedia jasa angkut barang ini memang termasuk murah namun layanan tambahan perorang dikenakan biaya 100 ribu, sementara cek di layanan jasa yang lain masih 75ribu. #EmakEmakPerhitungan hahaha.. selain itu nggak bisa terpantau di aplikasi posisi mobil yang akan bantu angkut itu sudah sampai dimana.


Nah jasa yang terakhir ini adalah rekomendasi kawan yang pindah dari Cikarang ke Kabupaten Bogor. Ada aplikasinya, ada estimasi biayanya, bisa chat langsung dengan customer service yang fast respon maupun chat dengan drivernya! Terbantu banget deh pake Deliveree, bener-bener nggak menyesal, walau sempet di cancel di awal karena driver pikir kami di daerah ibukota tapi proses pencarian driver lain itu otomatis dan bisa dipesan jauh-jauh jari. Beneran memudahkan!

Bisa dischedule
Driver yang bantu kami ternyata dateng dari Condet, alhamdulillah banget dibantu ya karena pas banget bongkar muat itu hujan deras. Tapi barang aman karena kami sewanya truk engkel box, itu pun masih ada barang-barang yang tertinggal karena terlalu banyak kardus buku. Oh iya, jangan lupa kalau pindahan, kardus-kardus dituliskan nama isinya ya! Pembayaran deliveree ini langsung ke driver, jadi kalo kita mau kasih lebih sebagai ucapan terimakasih boleh banget!

Bisa dibatalkan langsung dari aplikasi 



February 13, 2020

Menjadi Ibu Rumah Tangga: Berjuta Rasanya, Sejuta untuk Selamanya

by , in

Long title to close my incredible life at 20. Fyuh. It's like, what? I'm turning 30 now. So what's gonna be happen next? In this temporary life.

Menjadi ibu rumah tangga secara harfiah adalah menempati rumah yang di dalamnya terdapat tangga untuk naik ke tempat penampungan air dan mengecek kalau sewaktu-waktu ada hal yang harus diperhatikan di atap rumah ini.
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ
‘Segala puji hanya milik Allah yang dengan segala nikmatnya segala kebaikan menjadi sempurna.’

Semoga rumah ini menjadi berkah dan bermanfaat untuk penghuninya hingga akhir hayat nanti. Aamiin
Cerita sedikit tentang awal kami bertemu dengan rumah ini, rasanya seperti tak menginginkan apapun lagi di dunia ini. Ya, sedamai itu... tiap hari kami disambut gemerisik angin pada dedaunan di langit yang cerah maupun mendung. Semburat rembulan yang muncul malu-malu diantara langit malam yang bisa kami pandang langsung dari jendela kamar. Juga aroma bakar sampah yang saya suka, tentu saja sampah alami bukan sampah duniawi. Persis seperti tempat kelahiran saya dan mirip dengan tempat tinggal suami beranjak dewasa.

Baca: Kampung Halaman

Kami berdoa semoga tempat ini menjadi tempat yang nyaman untuk singgah, istirahat, hingga ke peristirahatan terakhir. Rumah ini cukup membahagiakan kami, alhamdulillah kami dapat beradaptasi dengan cepat. Ku kira ini adalah hadiah teristimewa bagi kami berdua, dipinang tak jauh dari hari kelahiran suami dan sudah dihuni saat hari kelahiranku. Sungguh rencana Allah memang begitu indah untuk orang-orang yang sabar dan tawakal.



Beruntung rasanya karena telah membuat keputusan yang tepat. Kalau dipikir-pikir, bangun pagi setiap hari tanpa memusingkan urusan orang lain itu nikmatnya luar biasa. Walau pekerjaan rumah tak jua habis dan selalu ada, tapi alhamdulillah bisa lebih bijak dalam menuntaskan semuanya. Termasuk urusan keuangan.

Dulu saat bekerja, rasanya sulit sekali menabung. Payday adalah hari dimana uang habis dipos belanja online bahkan membayar utang. Astagfirulloh. Berbanding terbalik dengan kondisi bekerja dari rumah, recehan yang terkumpul bisa lebih bermanfaat dan tersimpan lebih lama untuk hal-hal yang prioritas. Saat bekerja, selalu saja habis untuk hal-hal yang yah bukan dibutuhkan tapi diinginkan. Ini adalah cara Allah SWT mentakdirkan hidup kami agar selalu bersyukur dan cukup dengan rezeki yang dibagikan.



Buat lucu-lucuan aja :p

Mohon maaf ya kamu jauh sekarang. Buka dong deket sini hahaha




lupa pernah isi data disini hahaha 




Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram