Memasak dengan Minyak Goreng Sehat Yuk!

Mengolah masakan di rumah adalah hal yang rutin saya lakukan akhir-akhir ini setelah menikah dan setelah si kecil sudah bisa dikondisikan untuk menemani masak. Walaupun menu masakan di rumah cenderung itu lagi itu lagi, Alhamdulillah suami tak pernah bosan dan nambah porsi makan siangnya. Kalau sedang santai, saya pun bisa menyiapkan bekal untuk suami karena menurut beliau walau hanya telur dadar tapi masakan istri itu selalu enak. Ya kan masaknya juga pake cinta kasih dan sayang, betul tidak? hahaha. Menu favorit suami yaitu gorengan pun lebih enak mengolah sendiri dibandingkan beli, lebih sehat juga karena biasanya sayuran yang saya campurkan lebih banyak dibandingkan tepungnya.

Baca: Memasak di Rumah

Nah kalau biasanya kita memasak menggunakan minyak yang berasal dari kelapa sawit, sekarang ada loh minyak goreng yang lebih sehat yaitu minyak kulit ari beras alias dedak padi yang berwarna coklat. Mungkin kita nggak pernah menyangka kalau kulit ari beras bisa memiliki manfaat lebih selain untuk pakan hewan ternak. Data dari kanal Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada menyebutkan bahwa dedak adalah lapisan sebelah luar butiran padi yang apabila direndam dengan air ada bagian-bagian kulit yang terapung. Nutrisi yang terkandung juga baik untuk tubuh sehingga aman untuk memasak.


"Oryza GraceRice Bran Oil merupakan minyak goreng alami hasil ekstrak dari kulit ari beras yang dapat digunakan untuk memasak, menggoreng, salad dressing, maupun berbagai penyajian lainnya. Manfaat dari healthy oil ini banyak banget, salah satunya yang saya garis bawahi adalah tidak menyebabkan batuk karena memiliki titik asap (smoke point) sangat tinggi yaitu 254°C. Berasapnya minyak goreng pada saat penggorengan berlangsung menandakan bahwa saat itu terbentuk suatu zat bernama Akrolein yang banyak merugikan kesehatan antara lain menimbulkan batuk ketika gorengan dikonsumsi



Titik asap atau tingkat ketahanan panas adalah batas ketahanan minyak goreng terhadap panasnya wajan penggorengan yang bisa mencapai 220°C. Bila titik asap suatu minyak goreng lebih rendah dari suhu wajan, maka minyak goreng itu akan berasap, menandakan bahwa kandungan lemak baik di dalam minyak tersebut rusak total menjadi lemak jahat (saturated fat) yang bila masuk ke dalam tubuh kita akan berubah menjadi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Sudah sehat halal pula memasak dengan minyak sehat "Oryza Grace".

Akhir pekan yang lalu giliran menu tahu yang diolah untuk santap siang di rumah. Biasanya saya selalu membaca ulang resep masakan yang pernah saya olah, maklum masih pemula. Resep sapo tahu rumahan yang saya bagikan ini adalah resep modifikasi dari mbak Diah Didi di blognya. Nah untuk teman-teman yang lagi cari resep lezat dan sehat olahan ubi jalar ungu bisa cek resepnya di blog mbak Leila yaaa!

Bahan-bahan yang diperlukan:
  1. Tahu sutra dipotong yang dilapisi dengan tepung maizena  atau bisa juga tepung bumbu serbaguna secukupnya, lalu goreng.
  2. Bawang bombay dan daun bawang
  3. Bawang merah, bawang putih, dan cabai
  4. Jamur kuping, wortel, jagung muda (putren), dan brokoli
  5. Bakso (bisa bakso ikan atau sapi)
  6. Minyak dedak "Oryza Grace" Rice Bran Oil
  7. Saus tiram, garam, gula, dan penyedap rasa

Cara Memasak:
  1. Tumis bawang bombay, merah, dan putih juga cabai yang sudah diiris hingga harum.
  2. Masukan bakso, wortel, dan putren lalu tambahkan air. Tunggu kurang lebih 10 menit.
  3. Taburkan garam, gula, dan penyedap rasa serta saus tiram secukupnya.
  4. Masukan jamur, brokoli, dan daun bawang lalu tahu sutra yang sudah digoreng.
  5. Siap disajikan!


Selamat mencoba resep keluarga kami di rumah ya! Mudah-mudahan yang sebelumnya nggak doyan sayur jadi lahap makan sayur. Oh iya, resep sapo tahu ini bisa ditambahkan udang, cumi, atau suiran ayam, semuanya tergantung selera saja. Gampang kan menemukan bahan-bahannya? di pasar swalayan apalagi! Semakin sehat juga karena diolah menggunakan rice bran oil yang kaya akan nutrisi. Ditunggu hasil masakannya ya!

artikel ini diikut sertakan minggu tema komunitas Indonesian Content Creator

46 Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

  1. Aku biasanya masak pake brand tetangga, tapi ini menarik deh... mau coba ah

    BalasHapus
  2. Wah ternyata membuat Sapo Tahu tak terlalu rumit ya.. pengen nyobain juga ah.. eh, cari2 minyak sehat dulu deh..

    BalasHapus
  3. tertarik sama minyak gorengnya, kemasannya bagus dan keliatannya bening dan sehat kalau dipake goreng2

    BalasHapus
  4. Ada minyak yang sehat ya mbk... namanya juga unik lagi bisa rekomendasi ortu nih

    BalasHapus
  5. Jaman sekarang memang harus pintar menjaga kesehatan ya.. selain rutin berolahraga, makanan yang sehat juga diperlukan.. dan sumber makanan sehat adalah apabila diolah dan disajikan dengan cara yang sehat juga ya mba.. salah satunya menggunakan minyak goreng oryza grace ini.. minyak goreng sehat untuk seluruh keluarga Indonesia

    BalasHapus
  6. Saya dong udah berkali-kali pengen nyobain rice bran oil ini tapi lupa mulu pas ke supermarket.
    Mungkin karena saya selalu tergoda ama diskonan minyak brand lain, akhirnya saya luput ke rak minyak-minyakan dan gak liat rice bran oil ini huhuhu

    Betewe, resepnya boleh juga nih dicoba :)

    BalasHapus
  7. Sapo tahunya seger deh pengen cobain juga. Pengen cobain pake minyak sehat juga. Masak jadi memberikan kesenangan buat keluarga juga sehat. Salam kenal ya mba

    BalasHapus
  8. Selama ini kami pake minyak goreng dari satu merk yg lumayan terkenal. Ngerasa cocok aja sih pake itu. Nahhh kalo ada minyak dari dedak ini, saya baru tahu. Pengin ahh nyobain. Btw apakah minyak ini dijual bebas di supermarket-supermarket?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku taunya di giant & carefour mbak. Kalau di supermarket lain belum tau hehehe

      Hapus
  9. Aku belom pernah pake minyak goreng ini. Kayaknya jadi lebih sehat ya. Nyari ah, biar gak terlalu merasa bersalah kalo makan gorengan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, bisa dibeli di mana ya minyak goreng ini? Tadi nyari di minimarket langganan gak ada.

      Hapus
    2. Aku taunya di giant & carefour mbak nia.. semoga ketemu!

      Hapus
  10. Lihat warna minyaknya yang bening, kelihatan kalau minyak ini sehat. Penting banget menggunakan minyak sehat, demo tubuh yangs ehat

    BalasHapus
  11. Baru tau loh klo tahu sutra tuh harus dilapisi maizena dulu sebelum digoreng agar saat disajikan tidak hancur. Kirain langsung dimasak. Hehheee pantes tahu sutraku selalu hancur berkeping2 klo pas dibikin sapo gini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak aku juga selalu hancur, eh dapet ilmu baru dari blognya mbak diah didi kalau pake maizena duluuu

      Hapus
  12. Aku baru tau lho ada brang minyak goreng inih.. mana minyak gorengnya nampak jernih banget dan sehat.
    makasih sharingnya mbak <3

    BalasHapus
  13. Aku sungguh tergoda kak veny dengan rice bran oil ini. Kayaknya fix aku mau ganti dari minyak aku biasa. Pengen hidup sehat.

    BalasHapus
  14. Anak saya suka batuk kalau makan lauk yang digoreng jadi suka khawatir deh, mudah2an minyak rice bran ini cocok ya buat masakan anak saya tanpa perlu batuk2 :)

    BalasHapus
  15. Selama ini menggorengnya lebih sering pake minya kelapa sawit dan baru tahu nih ada minyak yang terbuat dari kulit ari beras. Jadi penasaran pengen menggoreng dengan Rice Bran Oil ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem Mbak, saya jg baru tahu ada minyak dari kulit air beras. Makin inovasi ya sekarang, makin sehat juga pastinya kalau kita bisa ikut mengkonsumsinya :)

      Hapus
  16. Saya juga pakai minyak goreng Rice Bran Oryza Grace. Cocok sama minyaknya karena gak bikin ngebul juga ketika terlalu panas

    BalasHapus
  17. Nyontek resepnyaaa hihi. Pakai rice bran ini enak kali yaaa. Lebih sehat juga persiapan puasa hihi

    BalasHapus
  18. Wah suami jugak paling doyan dibikinin gorengan nih, makanya concern banget nyari minyak goreng yang sehat.

    Cobain ah cari minya Rice Bran biar tenang kalo bikin gorengan hehehe

    BalasHapus
  19. Kangen sama sapo tahu...
    Di rumah yang lama, kami punya langganan tempat makan yang jual menu sapo tahu enaak banget.

    Tapi sejak pindah, aku jadi ga pernah makan lagi.

    Dapet resep ini, aku jadi pingin bikin sendiri.
    Keknya simpel yaa...

    hehehe...haturnuhun inspirasinya.

    BalasHapus
  20. Aku pensaran sama minyak ini. Pengen nyoba. Dari kemarin nyari2 di supermarket tapi velum ketemu

    BalasHapus
  21. Eah aku belum pernah menvoba..jd pengen nyoba deh minyak.goreng sehat kayak gini...

    BalasHapus
  22. udah lama pingin nyoba rice bran tapi di supermarket langganan belum pernah keliatan, coba deh besok ke carrefour, penasaran banget mau goreng-goreng pakai oryza rice bran

    BalasHapus
  23. Very interesting indeed.. Next time I cook, I will try this one. It’s good to know it has so many benefits

    BalasHapus
  24. Huwaaa ini minyak goreng dari kulit ari beras. Kerennnn bikin bergizi malah ya mbaa. Aku belum pernah make. Coba kapan kapan aku cari

    BalasHapus
  25. Wah dari kulit ari beras ya? Lebih bagus berarti. Jadi pingin ganti minyak ini

    BalasHapus
  26. Wah aku beneran baru tau tentang minyak goreng dari kulit ari beras ini. Jadi penasaran juga pengen cobain.. Btw makasih contekan resepnya.

    BalasHapus
  27. Aku pernah lihat minyak goreng ini waktu sedang belanja bulanan, sebenarnya penasaran tapi bingung ini bakal kepakai dan bagaimana kualitasnya. Eh... habis baca ini malah pengen nyoba ganti minyak gorengnya pakai Oryza ini.

    BalasHapus
  28. Waaah baru dengar minyak jenis ini mba. Ngebantu banget utk yg mau hijrah hidup sehat, hehe.

    BalasHapus
  29. Cocok banget nih minyak goreng Oryza ini buat yang punya anak bayi. Namanya orang tua pengen yang terbaik buat anaknya. Bisa dimulai dengan mengganti minyak gorengnya nih, biar makanan sehat tambah sehat.

    BalasHapus
  30. Waaaaah, penasaran mau coba. Saya biasanya kalau masak pake minyak kelapa atau minyak zaitun soalnya. Kalau minyak kelapa smoking point-nya cenderung rendah. Saya agak was-was kalau masak sambil disambi. Hehehe

    BalasHapus
  31. Jadi penasaran sama minyak dari kulit beras ini. Biasanya pakai minyak goreng biasa sih yang dari kelapa sawit itu

    BalasHapus
  32. Aku cari-caei minyak ini di supermarket tp belum ada yah mba, padahal udah kepincuk banget dengan ini. Baca testinya semua positif. 😊

    BalasHapus
  33. Baca ini lagi mau pergi ke pasar. Jadi terinspirasi untuk masak sapo tahu. Udah lama banget ngga masak ini. Kangen. Aku nyontek resepnya yaaa mba hihi

    BalasHapus
  34. Ini namanya daur ulang yang hebat ya, siapa yg sangka dedek pagi bisa jadi minyak nabati? Penemuan yg brillian. Bisa dicoba juga sebagai minyak goreng utk menu diet kayanya.

    BalasHapus
  35. Aku pernahnya baru nyoba minyak jagung, kedelai, sama kelapa kalau selain minyak kelapa sawit yang umum ya (kalau zaitun kan enggak bisa buat deep fry ya). Ternyata ada pula minyak kulit ari beras ini. Jadi makin banyak pilihan deh untuk hidangan keluarga yang lebih sehat.

    BalasHapus
  36. Baru kali ini saya dengar minyak Oryza. Bagus banget ini, bisa jadi alternatif diet minyak kelapa sawit

    BalasHapus
  37. Wahh.. terkejut ada minyak goreng dari dedak.. yang akubtahu dedak itu hanya untuk makanan ternak.. 😍😍 mahal gak ya mbak harganya? Biasanya kan yang sehat2 suka mahal harganya hehehe

    BalasHapus
  38. Rice Bran Oil ini baru tahu beneran. Jadi ternyata ari-arinya beras bisa diekstrak jadi minyak ya. Keunggulannya ternyata banyak juga.

    BalasHapus
  39. wah aku jg pernah denger minyak ini mbak. tetapi harganya lumayan ya? jadi buat numis aja ga bisa buat goreng bakwan eh

    BalasHapus
  40. baru pertama kali ini aku denger ada minyak Oryza, kerennn banget nih kak bisa jadi bahan alternatif kalau ga ada minyak kelapa sawit

    BalasHapus
  41. Ternyata ada ya minyak dari kulit ari beras :')

    Selama ini ternyata pengetahuanku tentang dunia perminyakkan hanya sebatas minyak kelapa sawit doang. Jadi pengen coba yang ini deh huhu

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama