Mau Bikin Lantai Mezzanine? Perhatikan Hal Ini!

Mezzanine atau mezanin merupakan lantai tambahan yang dibangun di atas ruangan dan berbentuk seperti balkon. Luasnya beragam, yaitu sekitar sepertiga hingga setengah luas ruangan utama. Untuk menjangkaunya, tentu dibutuhkan tangga. Lantai mezanin bisa dibangun untuk menambahkan ruangan di rumah. Namun sebelum kita melakukannya, perlu diperhatikan berbagai tips berikut ini agar lantai mezanin bisa dibangun sesuai harapan dan berfungsi dengan baik.

Baca: Dekorasi Rumah

lantai Mezzanine


Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membangun Lantai Mezzanine

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membangun lantai tambahan di atas ruangan utama, berikut ini di antaranya:

Menentukan Ukuran

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk membuat lantai tambahan ini adalah ukuran dari ruangan utama itu sendiri. Pastikan bahwa ruangan utama memang cukup luas untuk diberi lantai tambahan. Selain itu, perhatikan juga bentuk ruangan apakah cukup memadai untuk diberi lantai tambahan. Setelah itu, baru kita bisa menentukan ukuran dari lantai tambahan tersebut.

Menentukan Lokasi

Setelah mengetahui ukurannya, kita bisa menyesuaikan dimana lokasi lantai tambahan akan dibangun. Hal ini bisa disesuaikan dengan bentuk serta ukuran ruangan itu sendiri. Pastikan lokasi tersebut tidak mengganggu kenyamanan keluarga yang sedang berada di bawahnya maupun di lantai tambahan itu sendiri. Dalam penentuan lokasi lantai tambahan ini, perhatikan juga posisi tangga untuk menuju lantai tersebut. Hal ini penting karena berkaitan dengan ruangan bagian mana yang perlu dikosongkan untuk diberi tangga. Selain itu, ini juga mempengaruhi pemilihan tangga.

Pikirkan Fungsionalitas

Lantai mezanin yang baik tentu memiliki bisa berfungsi maksimal. Untuk mewujudkannya, kita perlu memperhatikan apa fungsi dari membangun lantai mezanin tersebut. Misalnya sebagai tempat bersantai, ruang baca dan rak buku-buku, atau ruang main bagi anak. Dengan memikirkan fungsi dari lantai mezanin ini, kita bisa memastikan bahwa pembangunannya tidak sia-sia. Selain itu, kita bisa memaksimalkan fungsi lantai mezanin dan membuat kita yakin bahwa ruangan tersebut akan bermanfaat bagi anggota keluarga yang menempati rumah tersebut.

Baca: Rumah Minimalis

Perhatikan Ventilasi dan Pencahayaan

Ventilasi adalah hal yang penting bagi lantai tambahan. Lantai mezanin akan memperoleh udara yang cukup sehingga tak terasa pengap atau sesak. Selain itu, adanya ventilasi juga membuat lantai tambahan terasa sejuk meskipun tanpa pendingin ruangan. Pencahayaan alami untuk lantai mezanin juga perlu diperhatikan agar terasa terang meskipun tanpa lampu, terutama di pagi dan siang hari. Pencahayaan alami juga mencegah agar lantai tambahan tidak lembab. Untuk memaksimalkan ventilasi udara dan pencahayaan yang cukup, kita bisa memasang jendela kecil di samping lantai tambahan. Bisa dipertimbangkan juga untuk mengganti sebagian area atap dengan jendela kaca bening yang bisa dibuka.

lantai mezanin

Pastikan Tinggi Ruangan

Hal lain yang perlu kita perhatikan untuk membangun lantai tambahan adalah tinggi ruangan utama itu sendiri. Jangan sampai ketinggiannya terlalu rendah sehingga anggota keluarga akan kesulitan untuk mengakses ruangan utama atau lantai tambahan. Oleh karena itu, pastikan bahwa tinggi ruangan utama mencapai 4,2 meter atau lebih. Dengan demikian, kita bisa membangun lantai tambahan setinggi 2 meter dengan material setebal sekitar 20 sentimeter.

Perhatikan Ruangan di Bawahnya

Setelah memastikan tingginya, kita perlu memperhatikan ruangan itu sendiri. Perhatikan penggunaannya dan perabotan yang ada di sana. Pastikan adanya lantai mezanin tidak akan mengganggu ruangan tersebut sehingga tetap dapat digunakan secara maksimal seperti sebelumnya.

Pemilihan Tangga yang Sesuai

Pemilihan tangga adalah salah satu hal yang penting dalam pembangunan lantai tambahan. Hal ini akan mempengaruhi cara kita menuju lantai mezanin tersebut serta ruangan yang akan digunakan untuk meletakkan tangga. Oleh sebab itu, pilihlah tangga yang sesuai dengan karakter keluarga dan ruangan. Tidak lupa juga, pilih tangga yang kokoh sehingga tak mudah rusak meskipun digunakan selama bertahun-tahun.

Pemilihan Material yang Sesuai

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pemilihan material. Perlu kita ketahui, material akan berpengaruh terhadap ketahanan lantai tambahan serta estetikanya. Sehingga pemilihan material ini tak bisa dilakukan sembarangan. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah perekat untuk lantai berkeramik.

Lem keramik adalah bahan yang dirancang khusus agar bisa merekatkan keramik dengan kuat. Salah satu produk lem keramik adalah SikaCeram®-180 GA TileFix. Produk ini bisa digunakan untuk ruangan interior maupun eksterior. Tak hanya lantai saja, produk ini juga cocok untuk digunakan di dinding. Selain itu, produk ini juga dapat digunakan berbagai permukaan seperti beton. Itulah mengapa SikaCeram®-180 GA TileFix cocok untuk digunakan dalam pembangunan lantai mezanin.

Pemilihan Perabotan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah pemilihan perabotan. Pemilihan perabotan ini disesuaikan dengan fungsi dari lantai tambahan itu sendiri. Selain itu, pertimbangkan agar perabotan tersebut tak terlalu besar sehingga mudah diletakkan di lantai tambahan dan tidak membuatnya sesak.

Lantai tambahan ini bisa berdiri kokoh dan sesuai harapan jika memperhatikan berbagai hal yang sudah disebutkan. Terutama saat pemilihan material, kita perlu mempertimbangkan lem keramik berkualitas seperti SikaCeram®-180 GA TileFix. SikaCeram®-180 GA TileFix ini mempunyai daya lekat yang sangat baik dan cocok untuk granit. Tak hanya itu saja, perekat keramik ini juga mudah digunakan karena hanya perlu menambahkan air saja. Perekat ini juga bisa digunakan di dinding serta area basah yang tak terendam. Tak perlu khawatir akan kualitasnya, karena Sika sudah mempunyai pengalaman selama 113 tahun dan menangani berbagai proyek global, seperti MRT di Indonesia. Selain itu, Sika juga merupakan pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia. Cari material berkualitas? jangan lupa untuk menggunakan SikaCeram®-180 GA TileFix untuk membangun lantai mezzanine. Mau informasi lebih lanjut terkait produk lem keramik Sika, bisa klik disini ya!




















Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama