Tips Agar Ruangan Terlihat Lebih Luas, Cocok Buat Rumah Minimalis!

Memiliki rumah minimalis sebenarnya gak ada salahnya apalagi bagi anak muda yang ingin tinggal sendiri atau baru mulai berkeluarga. Tentunya punya rumah berukuran kecil bukan menjadi suatu masalah. Lagian, rumah berkapasitas terbatas bisa diakali dengan berbagai cara yang ada untuk membuat rumah minimalis terlihat lebih besar dan lapang. 


Sumber: pinterest.com


Asalkan kamu sebagai pemilik rumah bisa lebih cermat dalam menata interior rumah mungil dengan tepat. Kamu cuma perlu menambahkan sejumlah dekorasi di beberapa bagian rumah dan mengubah sedikit furniture yang ada. Trik dibawah ini bisa membantu kamu menciptakan rumah mungil jadi terlihat lebih luas. Kepoin, yuk!


Aplikasikan Warna Cat Cerah pada Dinding

Sumber: pinterest.com


Mengaplikasikan cat dinding berwarna gelap memang membuat ruangan tampak lebih nyaman, namun hal ini bikin rumah kecil jadi semakin kecil. Cat warna gelap bukannya memantulkan cahaya melainkan menyerap cahaya yang masuk sehingga ruangan tampak suram. Oleh karena itu, pilih warna cat cerah untuk dinding di rumah mungilmu. Seperti kuning, biru muda, hijau muda, putih, cream, toscha dan warna cerah lainnya. 


Pilih Pintu Kaca

Sumber: pinterest.com


Salah satu trik rahasia membuat rumah kecil jadi terlihat lebih lapang adalah dengan memakai pintu kaca. Untuk menghemat tempat, lebih baik pilih pintu sliding aluminium. Pintu jenis geser ini tidak akan memakan banyak tempat dan juga membantu penerangan ruangan ketika siang hari. Jadi, selain hemat tempat ini juga dapat menghemat penggunaan lampu di rumah. Kini sudah hadir banyak pintu dengan jenis seperti ini yang bisa ditemui dipasaran. Bahkan ada yang sudah dimodifikasi modelnya sesuatu dengan perkembangan zaman.


Jangan Menaruh Furniture Menempel di Dinding

Sumber: pinterest.com


Menaruh furniture dengan cara menempel di tembok sebenarnya membuat ruangan jadi tampak sempit, lho. Sebaiknya berikan jarak antar furniture dengan dinding. Atau kamu juga bisa meletakkannya di tengah ruangan supaya terlihat lebih lapang. 


Gunakan Cermin Besar

Sumber: pinterest.com


Untuk memberikan kesan luas pada ruangan mungil kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan cermin. Supaya kesannya makin besar dan lapang dari aslinya, pilih cermin dengan ukuran besar. Kamu bisa menyimpannya dengan cara digantung atau ditempel di dinding hingga disimpan di lantai. Itu semua tergantung dengan model cermin yang kamu pilih.


Manfaatkan Furniture Multifungsi

Sumber: pinterest.com


Menggunakan furniture yang dilengkapi dengan banyak fungsi merupakan cara mudah untuk membuat ruangan mungil tampak lebih luas dan gak makan banyak tempat. Cobalah tempat tidur yang memiliki rak penyimpanan, meja dinding lipat, hingga sofa bed yang bisa menjadi sofa sekaligus tempat tidur.


Furniture dan Dekorasi Besar

Image credit - @chrislovesjulia


Kamu pasti berpikir jika ruangan mungil lebih cocok dihias dengan furniture dan perabotan yang kecil pula, bukan? Sebetulnya hal ini malah membuat ruangan tampak lebih kecil lho. Kalau kamu menempatkan furniture atau dekorasi berukuran besar, itu bisa menjadi titik fokus dan membuat ruangan tampak terbuka. Kamu bisa memilih sofa besar, lukisan besar atau televisi dengan inci besar untuk mengisi rumah mungil. 


Pilih Tirai Berwarna Cerah

Sumber: pinterest.com


Trik yang akan membuat ruangan tampak lebih terang dan lapang adalah mencerahkannya. Bukan cuma penggunaan cat warna cerah, pemilihan warna gorden juga bakal mempengaruhi suasana di ruangan mungil. Sebaiknya pilih tirai dengan warna terang. Penggunaan tirai bisa kamu aplikasikan di pintu aluminium kaca dan jendela rumah. Menggunakan blinds untuk jendela rumah juga bisa dicoba untuk pengganti tirai. Banyak cahaya yang masuk ke dalam rumah dapat memberikan kesan ruangan tampak lebih dalam dan luas. 


Semoga informasi-informasi ini bermanfaat ya untuk para pembaca semua! Kalo mau tau sumber inspirasi rumah lainnya baca ini ya!






No comments:

Post a comment

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram