Memilih Produk Kosmetik dan Skincare dengan Cermat

Aku pernah ada di masa seneng banget coba-coba kosmetik, mulai dari lipstick, eyeliner, mascara, eye shadow, blush on, dan semuanya dipake pas hadir undangan pernikahan aja. Alhasil menumpuk deh sampe masa kadaluarsanya habis. Katanya sih masih bisa disumbangkan ke orang-orang yang suka mendandani jenazah tapi pada akhirnya aku buang semua kosmetik yang sudah habis masa kadaluarsanya. Setelah punya anak dan masuk usia kepala tiga, baru deh mulai mikirin lagi untuk merawat penampilan khususnya kulit wajah. Sebenernya dari masih single, kulit wajahku bukan tipe yang sensitif atau gampang jerawatan. Cuma sekarang menyayangkan aja kenapa aku lebih dulu kenal kosmetik dibandingkan skincare. 


Pas masih sekolah orang yang paling rewel alias peduli banget sama kulit wajahku ya ibu. Beliau selalu mengingatkan untuk pake pelembab sehabis mandi. Sampai kuliah ibu tuh selalu menyarankan aku untuk pake produk-produk pencerah kulit supaya nggak kusam & kucel gitu. Orang rumah bilang sih aku nih udah mandi atau belum itu nggak ada bedanya. Akhirnya aku pake produk Meco Pearl Cream yang masih simpang siur kandungan bahan-bahan berbahayanya, selama beberapa tahun sampe akhirnya melahirkan. Setelah punya anak nih mulai deh mencari-cari dan sedikit-sedikit mengenal produk-produk yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Sekarang aku makin sadar kalo beli produk kosmetik itu harus CEKKLIK sesuai anjuran BPOM RI


CEK KEMASANNYA 

Kita sebagai pembeli harus memastikan kalau kemasan produk yang kita beli dalam kondisi yang baik dan ini berlaku tidak hanya untuk produk kosmetik aja lho. Produk makanan dan minuman juga, apakah kemasannya bocor, menggembung sehingga tidak layak pakai atau konsumsi. Biasanya produk-produk yang masih aman digunakan itu tersegel dengan baik dan tertutup rapat kemasannya. 

CEK LABEL

Saya termasuk orang yang jarang membaca label produk secara detail. Padahal biasanya di label produk yang baik itu menginformasikan bagaimana cara menggunakannya, kapan dibuatnya, termasuk juga bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Apa ada yang sama seperti saya? Hehehe

Mama's Choice

Baca selanjutnya: Skincare Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui


CEK IZIN EDAR

Produk resmi itu beredar di pasaran melalui izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI atau dinas kesehatan setempat. Sebelum memberikan izin edar, BPOM tentunya melakukan serangkaian kajian, termasuk efektivitas dan keamanan produk. Jadi nomor registrasi ini penting untuk mengetahui keamanan produk yang akan kita beli.

CEK KADALUARSA 

Tanggal kadaluarsa ini sering banget aku lupa untuk cek saat beli. Pas sampai di rumah baru deh ketauan kalo produk yang ku beli itu sudah kadaluarsa. Seringnya sabun pencuci pakaian yang ku beli kurang teliti karena terburu-buru dan asal diskon saja. Nah untuk kosmetik biasanya karena dipakai hanya untuk acara tertentu saja jadi sering kelupaan kalo kosmetik itu sudah kadaluarsa bahkan ada beberapa tanggal kadaluarsa yang sudah terhapus.

Merawat kulit bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berbagai mitos tentang cantik itu harus putih sebenarnya harus dihilangkan di masyarakat. Kulit sawo matang, khas perempuan Indonesia, faktanya memiliki banyak kelebihan lho. Salah satunya bisa lebih melindungi kita dari dampak buruk sinar matahari. Kecantikan seorang perempuan juga tentunya tidak hanya dilihat dari luar saja tapi dari dalam. Kebutuhan air yang cukup, tidak gampang stress, dan pola makan yang sehat termasuk dalam upaya kita merawat kesehatan kulit dari dalam. Mbak Analisa Widyaningrum juga menyampaikan bahwa kosmetik seharusnya tidak hanya soal industri  dan pemberitaan media saja, namun dimulai dari lingkungan keluarga yang menumbuhkan rasa percaya diri seorang anak. Kecantikan alami akan terpancar dari dalam diri karena rasa percaya dirinya muncul sehingga bisa berkarya tanpa perlu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak ada dalam diri mereka. 

BPOM

Bagi pembaca yang masih senang coba-coba kosmetik karena ingin terlihat lebih cantik dan menarik dalam sekejap, perlu berhati-hati. Jangan sampai jadi korban kosmetik abal-abal. Kalau sudah menjadi korban dari produk tersebut, langsung saja laporkan melalui aplikasi yang bisa diunduh diplaystore. Aplikasi Eskosbpom merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh pelaku usaha, tenaga kesehatan serta masyarakat umum untuk melaporkan kejadian efek samping kosmetik serius dan non serius. Pelaporan yang dapat dilakukan melalui aplikasi meliputi laporan efek samping kosmetik, laporan produk pewarna rambut, dan laporan distribusi AHA.

Eskosbpom

Gimana nih? masih merasa minder karena merasa kurang cantik? kurang putih? dan kurang kinclong? Mending buang deh keraguan itu sekarang karena Tuhan tentu menciptakan kita dengan banyak anugerah yang patut disyukuri. Kulit yang cantik dan sehat adalah dambaan semua wanita Indonesia. Perlu disadari bahwa negara kita yang tropis ini tentu memunculkan berbagai pancaran kecantikan dalam diri perempuan Indonesia. Sudahkah memancarkan kulit sehatmu?


45 comments:

  1. milih skincare tu harus banyak brwosing :) reviewnya gimana, produsennya siapa dan ingredientsnya apa ya selain ngecek BPOM nya juga

    ReplyDelete
  2. Duh, sebelum baca, aku salfok sama packagingnya deh mbak. Keren dan elegan gitu, hehe..

    Memilih skin care dan kosmetik memang harus teliti ya mbak, supaya nggak zonk :D
    Dan nggak cuma asal pakai, asupan harus tetap dijaga, supaya hasilnya maksimal :D

    ReplyDelete
  3. milih skincare itu susah susah gampang emang yaa, wajib banget nih dicari tau dulu ingredients dan kelengkapan ijin edarnya yaa, biar aman juga buat kulit dan kesehatan

    ReplyDelete
  4. Ya ampunnn perempuan banget ya punya banyak kosmetik tapi jarang dipakai... saya pun begitu. Eh, ya iya lah perempuan, masa laki laki hehe.

    Suka sayang banget dan gak tega tapi harus ketika kosmetika harus mendarat di tempat sampah, ngerasa ngebuang uang. Untuk cek BPOM, saya biasanya suka nggak ngeh karena kalau dijual di Mall atau Supermarket mikirnya pasti harus ada BPOM.

    Hanya untuk kandungan dan kadaluarsa aja yang saya pasti lihat, secara kalau kosmetik jarang menggunakannya.

    ReplyDelete
  5. Aku pun baru rajin lg skinkeran malah sejak anak udah 4 tahun mbak. Kmrn sempetnya hanya moisturizer aja. Ternyata tahapan skinker itu bnyk ya, apalagi kalo semakin tua, kebutuhannya semakin kompleks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah iya, perhatikan PAO jg pntg ya ternyata. N saya baru ttg ini beberapa tahun blkgn, jadi emang kudu pasti kan habis ya produknya biar ga mubazir.

      Delete
  6. Karena produk skincare tuh cocok2an, yang cocok di mereka belum tentu cocok di kita. Walaupun produk itu punya banyak review bagus. Hmmm memang harus hati2 sih dalam memilih skincare

    ReplyDelete
  7. Dalam membeli produk memang wajib banget hati-hati ya mba, apalagi ini untuk skincare diri ya kan. Alhamdulillah makin disadarkan untuk selalu meneliti, makasih banget tipsnya mba Gio

    ReplyDelete
  8. Bener banget nih mom, soal perspektif cantik dan pilihan skincare itu seharusnya ga ada penilaian mutlak, karena setiap perempuan cantiknya istimewa dan butuh perawatan yang beragam

    ReplyDelete
  9. BPOM terus berinovasi ya agar layanannya semakin menjangkau masyarakat, makin banyak masyarakat yang paham dan menghindarkan dari produsen yang nakal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw aku juga masih numpuk kosmetik nih, apalagi sekarang kan jarang pergi ya, makin jarang pula jadi dipakainya. Di rumah aja suka males pakai.

      Delete
  10. Packagingnya yg foto pertama cakep banget aku jadi salfok, bener kudu aman bpom dan sdh lengkap izinnya

    ReplyDelete
  11. bener banget sekarang ini banyak banget berunculan berbagai merek produk skin care. Kalau nggak hati-hati, kita bisa dapat yang abal-abal.

    ReplyDelete
  12. Aku termasuk yang telat paham skincare mbak. Sekarang baru mulai rajin, biar enteng jodoh haha. Untung aja tipe wajahku termasuk yg mudah berkompromi, semoga sampai tua tidak menyusahkan

    ReplyDelete
  13. sejujurnya aku termasuk yang cuek soal skincare, taoi perlu ya apalagi di usia yang mau ehem ehem ya, hihihi. eh tapi betul lho, cek izin edar, kadaluarsa dan ijin BPOM itu harus banget ya. kalo gak kesehatan kulit kita taruhannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, cuek banget nih aku soal skincare tapi ya semua kembali sih, usia. Apalagi mendamba wajah poreless kayak artis Koreyah, kudu mulai perhatiin skincare haha

      Delete
    2. iya betul, suka sedih tiap ngaca....ini kok makin banyak sih bintak hitam dan wajah kusam, hadeeuuuh. emang harus wajib kudu ya pake skincare

      Delete
  14. Kalau aku termasuk orang yang suka ganti-ganti skincare juga. Karena kulit normal jadi santai. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan nih kita mbak, alhamdulillah punya kulit normal cocok pake apa aja, tapi jangan keseringan juga sih ya, hihi..

      Delete
  15. Iya makin ke sini makin banyak yang abal-abal gitu ya. Soalnya skincare itu lagi booming banget sih. jadinya emang banyak yang memanfaatkan huhu

    ReplyDelete
  16. Pilih skincare itu emang ga bisa asal mesti banyak browsing dan pertimbangan yang teliti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak. Saya juga biasanya lihat review-nya dulu bagus apa enggak

      Delete
  17. Setuju banget deh aku, karena kalau pilih skincare memang harus hati-hati dan disesuaikan dengan kebutuhan kulit kita, jangan hanya sekedar ikut apa kata orang aja ya tapi harus detail dalam memilih produk yang tepat

    ReplyDelete
  18. Nah, eta! Penting banget untuk kepo dan tanya tanya soal ingredientsnya, kebanyakan orang Indonesia masih sungkan nih sama nanya2 dan males bacaaa

    ReplyDelete
  19. Kudu jeli dan teliti memang ya kalo milih produk. Apalagi buat wajah. Efeknya sangat kerasa banget. Apalagi tuh produk yang kandungannya ada merkuri. Udah deh, kalo pake, kulit bisa rusak. Efek jangka panjangnya malah bisa bikin kanker. Semoga sosialisasi begini bikin banyak kalangan ngeuh dengan pentingnya milih produk kosmetik ya.

    ReplyDelete
  20. Dulu awal awal pake skincare asal lgsung pake, sekarang ak selalu cek cek smua nya , takut klo malah bahaya buat kulit kita sndri.

    ReplyDelete
  21. Aku sekarang juga sudah mulai membiasakan kalau membeli kosmetik untuk CEKKLIK dulu biar gak salah yang bisa merugikan diri sendiri.

    ReplyDelete
  22. Sekarang memang banyak kosmetik baru bertaburan dan kita tetap perlu cermat banget memilihnya. Karena yg di rawat muka kita juga kan..

    ReplyDelete
  23. Thankyou infonya. Buat kita yg suka makeup dan skincarean emang harus lebih care dan teliti buat cek produk yg kita pake ke kulit kita

    ReplyDelete
  24. Iyeess selain makanan, produk kosmetik apalagi skincare kudu bener2 cek dan ricek sebelum beli. Jangan sampai membeli produk kedaluwarsa apalagi keblusuk beli produk yang gak berizin BPOM dan bahan2nya bahaya yaaa

    ReplyDelete
  25. Mulai dengan kebiasaan baik yaitu cek segala kelengkapan kosmetik yaa..
    Ini akan sangat membantu hidup menjadi lebih sehat karena menggunakan kosmetik bebas merkuri.

    ReplyDelete
  26. Sepakat mba untuk cek tanggal kadarluarsa. Ini penting banget dan biar ga salah pilih produk

    ReplyDelete
  27. Iya nih aku sering tergoda untuk beli kosmetik tanpa memperhatikan labelnya gitu. Hanya tergoda dengan promo langsung aja main beli.

    ReplyDelete
  28. Nice info kak, aku jadi tau nih apa saja yg harus di cek dlu sebelum membeli semuah produk

    ReplyDelete
  29. Kalau mama choice mah pasti aman ya ka karena khusus bumil dan busui

    ReplyDelete
  30. Iya nih sering lupa liat ED. Kadang bedak bayi punya anak aja uda kelewat ED yang berakhir jadi mainan sensory. Eh tapi emang banyak kosmetik abal-abal sih, kita ngga bisa lihat bahannya apa aja dan kadang ngga ada label halalnya. Ngeri juga..

    ReplyDelete
  31. Aku jarang banget nih punya skincare. makasih infonya cukup membantu jika sewakt-waktu mau beli skincare.

    ReplyDelete
  32. jadi pengen cek tanggal kadaluarsa alat make up yg saya punya. sebab saya jg gitu, makainya jarang2. banyak nganggur di lemari

    ReplyDelete
  33. Saat ini emang banyak beredar kosmetik yah, perlu ketelitian terhadap produk nya sebelum membeli

    ReplyDelete
  34. Kalau udah jodoh dan cocok jangan sampe dilepas deh pokoknya kwkwkw. harus dipegang erat dan ditelatenin yaah kak

    ReplyDelete
  35. Mbak gio, itu crytalure dari Wardah ya? Kemasannya luxury bgt. Kalau sekarang aku malah mau hijrah ke kosmetik yg natural dan vegan free...bismillah ya kalau sudah cocok aku mau berbagi jg ah di blog

    ReplyDelete
  36. kalau untuk wajah tuh ya mending jangan yang aneh-aneh karena biaya untuk memperbaikinya itu bisa lebih mahal daripada kosmetiknya. penting untuk melakukan langkah-langkah di atas supaya terhindar dari kosmetik palsu atau abal-abal

    ReplyDelete
  37. Kadang bingung ms byk orang yg kau aja beli kosmetik abal2. Padahal buat wajah sendiri tapi mau pake produk yg isinya ga jelas apaan 😱

    ReplyDelete
  38. Samaaa, yang paling care sama kulitku ya ibuku, hihi. Soalnya aku tipe orang yang mandi sekali sehari aja udah alhamdulillah :') Jadi musim-musiman gitu, kalau lagi rajin rawat kulit ya rajin, kalau lagi mager ya bablas gak diapa-apain xD
    Setuju banget dengan cara memilih kosmetik dan skin carenya. Kalau aku biasanya yang utama ada label cruelty free atau vegannya gak :)

    ReplyDelete
  39. setuju banget kak, perlu disadari bahwa negara kita yang tropis ini tentu memunculkan berbagai pancaran kecantikan dalam diri perempuan Indonesia. Semangat untuk kita semua ya :D

    ReplyDelete

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram