4 Manfaat Self Leadership Bagi Generasi 4.0

 

self leadership

Self leadership merupakan salah satu skill yang dimiliki oleh seorang individu untuk meningkatkan produktivitas kerja. Tidak hanya pemimpin saja, tetapi pekerja yang belajar self leadership juga bisa mendapatkan manfaat yang sangat tinggi, loh.

Memiliki keterampilan self leadership akan membantu Anda untuk memiliki tujuan dan fokus yang jelas terhadap tujuan pekerjaan. Karena, beberapa orang hingga saat ini masih merasa bimbang dan terasa terbebani oleh pekerjaan sebab kurang begitu menguasai bidang tersebut.

Memiliki kemampuan memimpin diri ini sangat berperan penting untuk mencapai tujuan dalam dunia profesional maupun personal, loh. Sehingga tidak heran jika generasi sekarang ini banyak yang mengikuti berbagai workshop untuk meningkatkan kemampuan memimpin diri.

Mengenal Manfaat Self Leadership

Beberapa manfaat self leadership yang penting untuk kita ketahui antara lain :

Menjaga Diri Tetap Termotivasi

Manfaat kepemimpinan diri ternyata dapat membantu setiap orang untuk tetap termotivasi dan berpegang tegung dalam menjalankan tanggungjawab. Apabila seseorang menghadapi tantangan, biasanya akan diingat kembali bagaimana tujuan yang ingin diraihnya.

Baca: Sesepuh Bangsa Indonesia

Sehingga, pada akhirnya seseorang bisa mendapatkan sesuatu yang lebih besar daripada yang ingin di dapatkan sebelumnya.

Memberikan Inspirasi Kepada Orang Lain

Berikutnya, manfaat self leadership juga bisa memberikan inspirasi kepada orang lain. Meskipun dalam hal ini Anda tidak menjadi seorang pemimpin. Tetapi, memiliki skill kepemimpinan diri akan membuat pribadi jadi lebih proaktif dan produktif.

Hal ini membuat Anda memiliki kesempatan mendapatkan notice dari hasil kerja keras yang dilakukannya. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki sikap kepemimpinan memiliki peluang lebih besar untuk memperpanjang jenjang karir maupun jabatan.

Membuat Pribadi Jadi Lebih Produktif dan Efisien

Ketika Anda bekerja dalam sebuah perusahaan, maka akan selalu ada evaluasi dan penilaian tersendiri atas kinerja yang Anda lakukan. Perusahaan akan melihat bagaimana potensi karyawannya dengan mengecek sifat kepemimpinan yang kuat.

Sebab, seorang karyawan yang memiliki jiwa kepemimpinan dengan baik dan paham bagaimana cara memanfaatkan skill untuk perusahaan. Maka, perusahaan akan memberikan feedback yang baik pula atas kerja keras Anda.

Baca: Esai Kehidupan Ibu Utami

Tapi tidak hanya sekedar memberikan dampak baik kepada perusahaan saja. Self leadership juga bisa memberikan manfaat kepada karyawan lain dalam mengatur waktu  agar tetap tertata dengan rapi dan efisien.

Hal ini memicu terbentuknya pengaruh yang baik pada individu maupun perusahaan. Sehingga terbentuknya sebuah organisasi yang sangat tertata dan produktif.

Memiliki Hubungan yang Kuat dengan Rekan Kerja

Terakhir, manfaat dari self leadership dapat membangun hubungan yang kuat antara Anda dan rekan kerja. Bagaimana dedikasi yang Anda berikan dalam mengerjakan tugas dengan tanggung jawab dan sesuai peran dalam pekerjaan masing-masing.

Hal ini dapat membuat rekan kerja merasa respect dengan apa yang Anda lakukan. Selain itu, ketika Anda memiliki sikap kepemimpinan akan membuat rekan kerja mempertimbangkan untuk menggabungkan Anda dalam satu project.

Tentunya hal tersebut karena rekan kerja melihat bagaimana produktivitas Anda dalam melakukan pekerjaan.

Cara Meningkatkan Self Leadership

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari sifat kepemimpinan, Anda juga perlu mengetahui cara untuk meningkatkannya. Beberapa langkahnya sebagai berikut :

  1. Belajar untuk menerima tanggung jawab dengan baik
  2. Meminta feedback dan memiliki mentor untuk mengevaluasi bagaimana sikap kepemimpinan yang dimiliki sudah baik atau belum
  3. Memiliki self awareness terhadap tujuan yang diinginkan
  4. Fokus pada penyelesaian masalah 

Nah, Anda pastinya sudah paham bagaimana dasar dari kemampuan kepemimpinan yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Untuk itu terapkan langkah-langkah meningkatkan self leadership agar meraih manfaatnya.




Referensi:

https://medium.com/inspigo/keterampilan-self-leadership-pengertian-manfaat-dan-cara-meningkatkan-kepemimpinan-diri-c3bc30d0bd3d

https://glints.com/id/lowongan/self-leadership/#.ZF4cfnZBy3A

https://prasmul-eli.co/id/articles/Mengenal-Self-Leadership-dan-Cara-Meningkatkan-Skillnya


Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama