3 Semen yang Sering Digunakan untuk Membangun Rumah

Semen tentu sering digunakan saat mendirikan sebuah bangunan, misalnya membangun rumah, gedung sekolah, kantor pemerintahan, rumah sakit, dan sebagainya. Agar bangunan semakin kokoh, bahan baku bangunan seperti semen harus dipikirkan dengan baik terutama dari segi kualitasnya sehingga rancangan infrastruktur yang direncanakan bisa berdiri tahan lama. Terlebih lagi untuk mempercepat proses pembangunan, bahan baku dengan kualitas terbaik juga harga yang masuk akal menjadi pertimbangan lainnya.


Semen


Sejak jaman penjajahan Belanda di masa lampau, bahan baku bangunan khususnya semen memang menjadi salah satu kebutuhan utama karena pesatnya pembangunan infrastruktur di masa itu. Sebagai warga negara Indonesia yang sejak kecil dinafkahi dari jerih payah seorang buruh pabrik semen, saya paham betul bahwa perusahaan bahan baku bangunan seperti ini tak main-main dalam berbagai aspek. Pabrik semen bukan hal asing bagi saya yang tumbuh dan berkembang di kawasan industri dua pabrik semen Kabupaten Bogor.


PT. Semen Cibinong (Holcim/Dynamix)


Sejak tahun 2019, pabrik semen tempat ayah saya mengais rezeki ini mengubah nama menjadi PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk dengan nama produk semennya di pasaran Dynamix. Pabrik semen yang cukup terkenal pada masanya, karena memiliki track record yang baik. Menyejahterakan karyawan dan masyarakat di sekitarnya. Produk-produknya pun sempat menjadi unggulan dan tentu ikut menopang bangunan rumah kami yang masih berada di wilayah Kabupaten Bogor.


Baca: Rekomendasi Cat Rumah


Semen Tiga Roda (Indocement)


Pabrik semen kedua yang saya kenal sejak usia sekolah menengah pertama. Di lain hari ternyata saya berjodoh dengan seorang karyawan pabrik semen tiga roda juga pada masanya. Menjadi salah satu sumber penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Berkunjung ke pabrik semen tiga roda membangkitkan kenangan masa lalu saya yang manis karena bersekolah di yayasan milik perusahaan tersebut.


Baca: Berkunjung ke Pabrik Semen

Dua pabrik semen yang saya kenal baik karena 'menghidupi' keluarga kami. Meninggalkan kenangan yang baik pula karena saling bersinergi membangun negeri. Kini menjadi obyek vital nasional yang keberadaannya dalam persaingan ketat karena sama-sama hadir membangun berbagai infrastruktur yang terbukti kualitasnya.


Tak hanya infrastruktur bangunan pabriknya saja yang kokoh di luar, namun juga terus berusaha mensejahterakan para karyawannya. Langkah awal mendirikan sebuah bangunan memang perlu memikirkan kualitas bahan baku bangunan yang akan dibutuhkan. Sekarang saya berkenalan dengan salah satu pemimpin bisnis bahan baku bangunan berkualitas di kawasan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), yang memproduksi berbagai bahan baku bangunan termasuk di dalamnya terdapat produk semen, bata ringan, mortar, pipa beton, pipa PVC, dan masih banyak lagi, yaitu Semen SCG.


Semen SCG


Semen SCG yang diklaim sebagai semen ramah lingkungan perlahan-lahan memperluas produk-produk bahan baku bangunan yang beragam seperti PVC, ubin keramik, dan bergabung dengan mitra-mitra dalam bisnis bahan baku bangunan. Inovasi formula terbaru dari Semen SCG disesuaikan untuk pekerjaan yang membutuhkan keterampilan. Tekstur semen SCG pun lebih halus, rendah penyusutan serta memiliki daya rekat tinggi sehingga memudahkan dan mempersingkat waktu pengerjaan plesteran juga acian. Semen SCG bisa digunakan untuk aplikasi beton, pemasangan bata, dan pekerjaan konstruksi lainnya. Semen SCG juga berupaya memegang komitmen tinggi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan banyak orang dengan memberikan produk serta layanan berkualitas premium mulai dari proses produksinya, pengembangan teknologi, dan menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam pembangunan dimanapun termasuk di Indonesia.


Semen
Sumber Gambar: Dewa Made Bayuputra

Membangun infrastruktur di Indonesia yang memiliki kondisi geografis berpulau-pulau tentu tak cukup hanya semalam. Gencarnya percepatan pembangunan tentu perlu didukung oleh bahan baku bangunan yang berkualitas namun tetap bisa menyesuaikan dengan anggaran yang direncanakan oleh pemerintah. Dalam rangka mewujudkan Indonesia yang lebih baik di masa depan, berbagai integrasi dan kolaborasi dilakukan termasuk dalam urusan bahan baku bangunan.


Baca: Hotel di Bandung


Konstruksi bangunan
Sumber Gambar: Freepik

Era kolaborasi pun semakin membuat Indonesia ambil bagian untuk maju bersama negara-negara lain, terutama di kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN. Termasuk dalam hal ekonomi melalui ASEAN Economic Community yang mengintegrasikan berbagai aspek termasuk infrastruktur negara agar kesejahteraan masyarakat khususnya di kawasan ASEAN termasuk Indonesia semakin merata dalam berbagai bidang. Sebagai bagian dari rakyat negeri ini, saya menaruh harapan juga agar Indonesia semakin bisa mewujudkan cita-citanya menuju Indonesia emas 2045. Perlahan tapi pasti insfrastruktur semakin merata dan bisa menjangkau seluruh Indonesia. Salah satu kunci untuk mewujudkannya adalah dedikasi anak negeri untuk bangsa tercinta. Terwujudnya Indonesia maju ada di tangan-tangan 'beton' kita juga yang terdiri dari beragam suku, ras, dan agama, bahu-membahu mewujudkan Indonesia yang lebih baik mulai dari infrastrukturnya. Semen SCG menjadi satu dari sekian banyak pilihan bahan baku bangunan yang bisa mendukung kelanjutan infrastruktur dalam berbagai bidang. Kualitas yang diklaim dengan harga yang affordable untuk pemerataan infrastruktur dari Sabang sampai Merauke bisa menjadi pertimbangan untuk mewujudkan infrastruktur Indonesia yang lebih merata.


Baca: Pasang CCTV


Bahan bangunan




Referensi:


1. Tentang SCG https://scgcbm.id/tentang-scg/ 2. Economic Community https://asean.org/our-communities/economic-community/ 3. Sejarah Semen Indonesia https://www.sig.id/sejarah 4. Menyusuri Jejak Pabrik Semen Tertua di Indonesia https://mediaindonesia.com/ekonomi/449324/menyusuri-jejak-pabrik-semen-tertua-di-indonesia



Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama