Green Jobs: "Pekerjaan Hijau" untuk Lingkungan Hidup yang Lebih Baik

Berbagai perubahan yang terjadi setelah pandemi membawa dampak cukup positif menurut saya pada berbagai pilihan pekerjaan di masa depan. Semakin banyak orang yang membutuhkan pekerjaan karena imbas pemutusan hubungan kerja, semakin banyak juga perusahaan yang memutar otak terkait jenis pekerjaan yang kondisinya bisa lebih stabil di tengah era perkembangan teknologi yang semakin canggih. Perubahan-perubahan yang terjadi pun memunculkan beragam jenis pekerjaan yang bisa dibilang baru berkembang di Indonesia. 

green jobs
Sumber Gambar: AI

Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap perubahan iklim pun memunculkan inisiatif-inisiatif untuk berkontribusi lebih dalam melestarikan lingkungan. Lapangan pekerjaan yang mendukung pelestarian atau pemulihan lingkungan serta membuka jalan untuk kemajuan ekonomi ini dikenal dengan istilah Green Jobs

Saat ini Green Jobs semakin populer di Indonesia, seperti urban farming, daur ulang limbah, dan fashion designer dengan pewarna alami. Hadirnya Green Jobs memberikan harapan baru bagi keberlangsungan lingkungan hidup dalam jangka panjang di masa depan. Green Jobs menjadi salah satu cara memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan bagi generasi-generasi yang akan melanjutkan “Pekerjaan Hijau” ini.


pekerjaan hijau

Salah satu “Pekerjaan Hijau” yang sudah ada di Indonesia diceritakan dalam Blog Kak Mutia Ramadhani, beliau menguraikan sosok pengrajin tenun Bali yang berinovasi dengan pewarna alami untuk kain tenun buatannya. Pewarna alami ini berasal dari dedaunan yang pohon-pohonnya ada di perkebunan milik pribadi. 

Baca: Pantau Gambut

Sementara itu di Jakarta, lahan yang terbatas membuat masyarakatnya memulai pertanian vertikal. Dalam situs Kompas diceritakan kisah pengurus Dewan Kemakmuran Masjid yang mengoptimalkan bubungan atap (rooftop) masjid tiga lantai untuk dikelola menjadi lahan pertanian vertikal. Saat menelusuri satu demi satu tangga hingga menuju bubungan atap, kita akan disambut berbagai jenis sayuran. 


pertanian vertikal

Perlu digaris-bawahi bahwa “Pekerjaan Hijau” tidak hanya dalam bidang perkebunan dan pertanian, namun ada di segala bidang seperti perencana ruang terbuka hijau dan pengelola ekowisata. Ruang terbuka hijau memang menjadi kebutuhan penting saat ini, khususnya bagi masyarakat perkotaan. Bahkan, pemerintah mencantumkan hal ini dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang yang salah satu isi pasalnya menyebutkan bahwa pemerintah, masyarakat, dan swasta didorong untuk menanam tumbuhan di atas bangunan gedung miliknya, untuk lebih meningkatkan fungsi dan proporsi ruang terbuka hijau di kota. Kebutuhan perencana ruang terbuka hijau ini tentu akan meningkat di masa depan seiring gencarnya pembangunan yang terus dilakukan. 

Baca: Living in Harmony with Risk

Ada juga “Pekerjaan Hijau” lainnya, yaitu sebagai pengelola ekowisata. Dalam Permendagri Nomor 33 Tahun 2009 tentang Pedoman Pengembangan Ekowisata di Daerah, pemerintah menggalakkan potensi daerah agar dikelola dengan baik dengan mendukung konservasi sumber daya alam serta peningkatan pendapatan masyarakat lokal.

Pekerjaan ramah lingkungan ini menarik karena saya termasuk penikmat wisata hijau. Jalan-jalan ke pantai, air terjun, kebun teh, kafe dengan nuansa alam, termasuk dalam tempat-tempat rekreasi yang saya dan keluarga sering kunjungi. Lebih rileks rasanya saat berada di tempat-tempat yang mendukung pelestarian alam. 

Menjaga kelestarian alam tentu bukan tanggung jawab pemerintah saja. Kita sebagai manusia yang hidup berdampingan dengan alam dan makhluk hidup lainnya harus sadar betul bahwa segala sesuatu yang diciptakan di alam ini semaksimal mungkin kita rawat dengan baik. 

Bagi teman-teman yang masih mencari peluang lebih besar untuk berkontribusi menjaga lingkungan, sekarang sudah hadir sebuah platform yang bisa kita akses dengan mudah. Platform bernama greenjobs.id ini diluncurkan oleh Koaksi Indonesia pada Green Jobs Summit, 19 Desember 2023 di AONE Hotel Jakarta. 

Baca: Meningkatkan Ketahanan Energi

Di greenjobs.id, kita bisa menemukan peluang kerja yang fokus pada pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan seperti lapangan kerja di sektor energi terbarukan, pertanian organik, dan spesialis bangunan ramah lingkungan. 

Platform ini juga memberikan layanan peningkatan dan pengembangan kompetensi bagi teman-teman yang baru ingin ambil bagian dalam Green Jobs. Selain itu, tersedia wadah untuk berdiskusi, memperoleh sertifikasi, dan bisa berkonsultasi dengan para ahli. 

Sudah siap berkontribusi dalam “Pekerjaan Hijau”? Peluang pekerjaan yang memberikan manfaat luas bagi lingkungan sekaligus kemajuan ekonomi Indonesia. 


35 Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

  1. Wah ide bagus, pewarna alami untuk kain. Selama ini aku kan gak tau darimana asal warna-warni bajuku. Eh, kalau batik termasuk alami gak sih? Soalnya bajuku kebanyakan batik :’)

    Ide taman vertikal juga bagus, dan aku mulai menerapkan. Ya yang simple-simple aja sih aku menanam bokchoy, daun bawang, cabai, etc gitu. Jadi hijaunya dapat, dimakan juga bisa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku batik menggunakan pewarna alami juga kakak. Semoga makin subur ya tanaman-tanamannya kak

      Hapus
  2. Di lingkungan sekitar kita bisa memulai greenjob misalnya dengan membuatceco enzym, membuat kompos, mendaur ulang limbah oeganik sebagai pupuk, menanam tanaman satur di polibag dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan.

    BalasHapus
  3. Bagus ya ada platform seperti greenjobs.id. Banyak orang punya motivasi dan tekad buat melakoni "pekerjaan hijau" tapi mereka minim panduan dan ga tau belajar dimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, jadi lebih gampang ya kan mbak cari infonya di greenjobs.id

      Hapus
  4. Keren banget ya, sudah ada platform yang mendukung pelestarian lingkungan kayak greenjobs.id ini.. Memang harus ada solusi untuk menjawab masalah kegiatan ekonomi yang banyak berdampak pada lingkungan ya kak..

    BalasHapus
  5. Harus siap beradaptasi dengan lingkungan kerja yang membawa dampak kebaikan bagi diri sendiri dan lingkungannya. Greenjobs membuka peluang bagi Kita untuk memperbaiki alam dan Mari ciptakan bumi yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  6. seneng banget sekarang pekerjaan hijau mulai menggeliat lebih masif. perlu lebih banyak orang yang mengerti kalo pekerjaan ini baik buat kelangsungan masa depan bumi kita. Semacam membangun ekonomi berbasis lingkungan yang bermanfaat di banyak sistem kehidupan.

    BalasHapus
  7. Dukung banget sama hal yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan, termasuk mendukung konservasi sumber daya alam serta peningkatan pendapatan masyarakat lokal.

    BalasHapus
  8. Baru tahu kalo green jobs itu gak cuma seputar pertanian atau perkebunan, mengelola lahan diatas gedung juga bisa ya.

    BalasHapus
  9. Green Jobs secara tidak langsung berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan ya mbak. Saya pun merasakan demikian ketika melihat kendaraan listrik gitu, minim polusi.

    BalasHapus
  10. semakin banyak ya pekerjaan yang memperhatikan dampak lingkungan dan usaha penyelamatan Bumi menjadi lebih baik.
    keren banget ya ini pertanian vertikal, jadi pengen deh mengunjungi Masjid Jami' At-Taqwa ini.

    BalasHapus
  11. Keren nih, pengelolaan lahan hijau di gedung. Kadang bangunan2 tinggi kurang mendapat perhatian, jadi rooftop yg ada cuma dijadikan tempat kosong melompong. Ternyata bisa juga di bikin hujau ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. jadi punya manfaat lebih ya kan selain menambah estetika

      Hapus
  12. mari kita dukung lingkungan agar lebih baik dengan mencari pekerjaan yang ramah lingkungan, sehingga perlahan perubahan iklim ke arah yang lebih baik lagi demi masa depan bumi semakin pulih

    BalasHapus
  13. Wah, info yang sangat menarik ini, Kak. Tentang green job, jadi ingin tahu lebih banyak lagi. Jadi kepuasan tersendiri ya jika berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan dari apa yang kita kerjaan.

    BalasHapus
  14. Suka dengan ide yang diusung platform ini, grreenjobs.id memudahkan masyarakat yang berminat untuk mencari pekerjaan yang mendukung kelestarian alam ya, karena perubahan iklim ini dampaknya luar biasa, butuh peran serta semua pihak untuk mendukung kelestarian alam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup setuju mbak, jadi orang-orang yang fokus dalam Green Jobs bisa langsung dapet info yang sesuai

      Hapus
  15. Sungguh beruntung jika kita bisa berkontribusi menunjukkan cinta bumi dan keberlangsungan hidup generasi selanjutnya lewat pekerjaan hijau ini, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, karena pelestarian lingkungan itu tanggung jawab kita juga

      Hapus
  16. Tertarik banget nih dh Konsep Dewan Kemakmuran Masjid yang mengoptimalkan bubungan atap masjid tiga lantai untuk dikelola menjadi lahan pertanian vertikal. Spill dong lokasinya dimana biar bisa nyontek langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya kak udah berkunjung. Lokasinya jelas banget kok difoto ada 🤭

      Hapus
  17. Green Jobs menawarkan kita opsi yang menarik sebagai solusi untuk mengatasi masalah lingkungan. Tentunya green jobs ini perlu diperkuat lagi agar dapat menghasilkan manfaat ekonomi yang besar untuk sesama. Kalau dari sisi ekowisata, sepertinya sudah bagus ya.

    BalasHapus
  18. Semoga semakin banyak yg menggeluti pekerjaan hijau agar bumi semakin tertata dan terjaga. Dan semoga semakin banyak orang yg lebih aware terhadap pentingnya menjaga bumi

    BalasHapus
  19. wahhh asik nih ada platoform yang lebih spesifik lagi mengenai green jobs. Dulu aku kira pekerjaan "hijau" terbatas di Indonesia, ternyata cukup bervariasi ya. Aku penasaran dan langsung cek ricek

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama