Dzikir Sayyidul Istighfar serta Latin, Arti dan Manfaatnya

Sayyidul Istighfar – Ketika kita mengucapkan istighfar, sebagai umat muslim tentunya tahu kita sedang meminta permohonan ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah kita lakukan. Terdapat beberapa bacaan istighfar dalam Islam yang dapat dipanjatkan pada saat berdzikir, salah satunya sayyidul istighfar dan mari kita ulas bersama. Sayyidul istighfar adalah kalimat istighfar yang bisa dibilang paling utama (menurut Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam).

Lantunan dzikir sayyidul istighfar bahkan bisa menjadikan muslimin dan muslimah sebagai calon penghuni surga, terutama pada saat dibaca diwaktu pagi dan sore hari. Bacaan Sayyidul Istighfar berserta latin dan artinya

 

dzikir sayyidul istighfar

Secara harfiah, Sayyidul Istighfar terbagi menjadi dua kata, yaitu "sayyid" yang artinya baik dan "istighfar" yang artinya permohonan ampun. Jadi bisa disimpulkan, sayyidul istighfar merupakan kalimat atau bacaan permohonan ampunan paling baik dan paling utama untuk dipanjatkan kepada Allah SWT.

Berikut merupakan bacaan sayyidul istighfar latin beserta artinya:

Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta khalaqtanii. Wa anaa 'abduka, wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'uudzu bika min syarri maa shana'tu. Abuu'u laka bini'matika 'alayya. Wa abuu'u bidzanbii. Faghfirlii. Fa innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sungguh tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau."

 

Manfaat Sayyidul Istighfar

 

Sayyidul istighfar memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi setiap umat muslim yang bersungguh-sungguh membacanya. Berikut beberapa manfaat dari sayyidul istighfar:

1. Jaminan masuk surga

Bagi Muslimin yang rutin mengamalkan sayyidul istighfar, maka Allah SWT akan menjanjikan nikmat surga-Nya.

Meskipun ada waktu terbaik saat kita mengucapkan sayyidul istighfar yaitu ketika Subuh,  membacanya diwaktu siang dan malam hari tetap diperkenankan.

"Barangsiapa mengucapkannya di antara waktu siang dengan meyakininya, lalu dia mati pada hari itu sebelum sore, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa mengucapkannya di antara waktu malam dengan meyakininya, lalu dia mati sebelum Subuh, maka dia termasuk penghuni surga.” (HR. Al-Bukhari, no. 5947) 

2. Diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT

Tidak beda dengan ucapan istighfar lainnya, melantunkan sayyidul istighfar juga dapat menghapus dosa-dosa kita umat muslim. Bahkan istighfar dianggap sebagai obat untuk menyembuhkan dosa-dosa yang diibaratkan dalam bentuk penyakit, seperti sabda Rasullulah SAW:

"Setiap penyakit ada obatnya, dan obatnya dosa-dosa adalah istighfar."

3. Dapat menjauhkan dari Azab

Istighfar juga dapat menjauhkan umat Muslim dari azab Allah SWT akibat dosa-dosa yang telah dilakukan ummat manusia.

"Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun". (QS. Al-Anfal: 33)

4. Dilancarkan rezekinya

Mengucapkan istighfar juga dapat melancarkan rezeki bagi mereka yang rajin mengamalkannya, karena istighfar dapat menghapus dosa-dosa yang juga dapat menjadi alasan rezeki yang terhambat.

"Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas)

5. Menenangkan hati 

Manfaat sayyidul istighfar yang juga luar biasa yaitu dapat menenangkan hati yang gusar dan penuh dosa.

"Apabila seorang mukmin melakukan suatu dosa, maka tercoretlah noda hitam di hatinya. Apabila ia bertaubat, meninggalkannya dan beristighfar, maka bersihlah hatinya." (HR.Nasa'i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi).

Mau baca versi lengkap bacaan sayyidul istighfar dan bacaan lainnya? Silahkan klik selengkapnya

Yuk! Kunjungi Website INDOZONE untuk konten dan berita-berita bermanfaat yang lainnya!


1 Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

  1. Waah semacam diingatkan, semoga bisa sering baca ini. Terimakasih pengingatnyaaa kak 😊

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama