Tips Memasang CCTV Sendiri

Saat ini memasang CCTV menjadi salah satu prioritas bagi sebagian besar orang. Bagi kita yang ingin mendapatkan keamanan dan kenyamanan sekaligus dari lingkungan tempat tinggal saat ini, setidaknya kita perlu memperhatikan perangkat sistem keamanan yang baik serta ramah di kantong. Selain bantuan dari satpam, penjaga keamanan di lingkungan kita dapat diwujudkan dengan memasang perangkat CCTV. Terlebih lagi dengan menggunakan CCTV kita akan meringankan sedikit pengeluaran yang bisa dipergunakan untuk hal lainnya. 

Kamera cctv


Perkembangan zaman seperti sekarang ini akan terus berkembang hingga di masa depan, tentunya teknologi akan menjadi sebuah keharusan bagi kebanyakan orang. Kita dituntut untuk dapat terus berkembang dan belajar sesuai dinamika kemajuan zaman, salah satunya untuk terbuka dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan pemasangan teknologi keamanan yaitu kamera CCTV secara mandiri tentunya kita juga bisa mendapatkan sistem akses kontrol.

Jika kita menginginkan kamera CCTV yang murah dengan kualitas dan fungsi yang baik, kita perlu mencari tau detail informasi seputar teknologi perangkat keamanan, salah satunya kamera CCTV. Kemudian, bagaimana sistem akses kontrolnya, kita bisa mempelajari secara mandiri bagaimana mengambil hasil rekaman ataupun menghapus data-data yang tidak penting. Perlu teman-teman ketahui, sebelum memasang CCTV di lingkungan kita, ada beberapa tips yang perlu diketahui agar mendapatkan keamanan dan kenyamanan seperti yang kita inginkan. Berikut ini tips dalam memasang CCTV dengan benar.

Mengetahui Spesifikasi

Tips pertama dalam memilih CCTV, kita perlu melihat spesifikasi yang jelas dari barang tersebut. Spesifikasi merupakan informasi detail tentang fitur fungsi, memori hingga cara menggunakan suatu perangkat. Hal ini pun menjadi penentu kualitas gambar seperti apa yang kita inginkan. 

Kita perhatikan juga kebutuhan tambahan lainnya seperti fitur zoom in/out, penyimpanan data hingga mode minim cahaya. Sebagai tambahan, kita juga harus mempertimbangkan sistem akses kontrol dari perangkat CCTV tersebut agar kita dapat mengakses hasil rekaman CCTV dengan mudah. 

Informasi harga

Semakin canggih fitur dan jenis kamera CCTV maka semakin bervariasi juga harganya. Bisa berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Perbedaan harga ini berdasarkan pada jenis dan kualitasnya juga.

Sebagai pembeli, kita harus pintar membandingkan harga dan manfaat yang diberikan. Jangan sampai tertipu dengan harga yang murah, namun kualitas yang dihasilkan berbeda dengan apa yang kita butuhkan.

Tips Cara Memasang CCTV

Setelah menemukan kamera CCTV yang sesuai, langkah selanjutnya menyiapkan alat bantu dalam pemasangan CCTV. Berikut beberapa peralatan pendukung yang perlu kita siapkan:

  1. Kabel roll
  2. Palu
  3. Bor
  4. Tang potong dan jepit
  5. 1 terminal kuningan dengan soket secukupnya
  6. 1 steker
  7. Kabel tis 
  8. Obeng 
  9. Kabel eterna sesuai kebutuhan. Perlu  disesuaikan dengan jarak antara DVR sampai ke stop kontak.
  10. 2 siku besi

Ketika teman-teman sudah mendapatkan segala keperluan CCTV dan peralatan pendukungnya, kita bisa membaca buku manual untuk pemasanganya. Teman-teman juga bisa mencari tau lewat media sosial untuk pemasangan kamera CCTV yang lebih jelas. Setelah itu, cobalah untuk melakukan pemasangan CCTV di tempatmu. Berikut beberapa tips lainnya yang perlu diketahui.

Pertama, kita perlu menghitung jarak antara DVR hingga cukup hingga ke posisi kamera CCTV. Ini akan menentukan jarak untuk panjang kabel CCTV saat membelinya. Sebelumnya pemasangan kabel, Anda harus memastikan produk CCTV beserta DVR sesuai dengan kebutuhan. Pada saat pembelian, kita harus memastikan hardisk penyimpanan sudah dalam keadaan ter-setting dari toko dan bekerja dengan baik, sehingga kita tidak perlu kerepotan melakukan instalasi. Setelah menghitung jaraknya, lakukan pengetesan pada kabel yang telah dibeli sebelumnya untuk mengetahui ada kabel yang rusak atau terputus, sehingga tidak mengganggu proses pemasangan CCTV.

Selanjutnya, kita perlu menyiapkan kabel CCTV secukupnya sehingga dapat terhubung dengan konektor. Kemudian, hubungkan kamera CCTV dengan DVR dan juga monitor. Pastikan kualitas gambar yang ditampilkan di monitor sudah sesuai dengan resolusi yang ada. Merapikan kabel-kabel yang menempel pada dinding, sehingga kabel yang tersedia bisa cukup untuk menghubungkan antara DVR dengan kamera CCTV.

Terakhir, hubungkan DVR dengan monitor dan nyalakan. Kita sudah bisa menggunakan kamera pengawas di rumah .

Semoga tips-tips di atas bisa menjadi panduan bagi pembaca untuk memasang instalasi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan produk-produk kamera pengawas baik CCTV hingga IP Camera di Hikvision. Rekomendasi CCTV pada produk-produk Hikvision, tidak akan mengecewakan pembeli. Hikvision merupakan brand yang menyediakan produk-produk keamanan. Brand Hikvision ini mengeluarkan seri produk Bernama HikCentral Enterprise, sehingga kita bisa menggunakan CCTV dengan skala dan kegunaan yang lebih besar. Untuk informasi lebih detail mengenai Hikvision – HikCentral Enterprise bisa lihat di https://www.hikvision.com/id/. 


Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama