Pengetahuan Pertolongan Pertama untuk Keluarga Bersama Hansaplast

Pekan yang lalu, 11 September 2021, Hansaplast menyelenggarakan peringatan dalam rangka Hari Pertolongan Pertama sedunia melalui webinar Pengetahuan Pertolongan Pertama untuk Keluarga Selama Masa Pandemi. Keluarga menjadi prioritas pertama untuk dijaga terlebih lagi selama masa pandemi yang lebih banyak berkegiatan di rumah aja. Keadaan bahaya selalu bisa menimpa kita dimana saja dan kapan saja, tak terkecuali di rumah. Hansaplast ingin keluarga Indonesia semakin menyadari pentingnya pengetahuan dasar pertolongan pertama untuk keluarga. 

keluarga hansaplast


Kecelakaan sekecil apapun bisa terjadi pada anggota keluarga di rumah, karena berbagai kegiatan yang dilakukan menjadi lebih sering seperti memasak, berolahraga, bermain di dalam rumah, berkebun, membersihkan rumah, sekolah serta bekerja dari rumah, dan lain-lain. Luka yang terjadi akibat kecelakaan di dalam rumah tentu tidak bisa disepelekan. Sehingga penting bagi keluarga Indonesia menyediakan kebutuhan pertolongan pertama untuk keluarga. 

Baca: Siaga Pertolongan Pertama

Nirina Zubir pun membagikan ceritanya tentang kecelakaan yang terjadi selama di rumah aja. Kebiasaan baru untuk lebih rajin memasak dan menggunakan alat-alat masak sampai kegiatan bersepeda yang sedang dilakukan. Pertolongan pertama yang tersedia di rumah bisa membantu untuk mengobati luka yang muncul di saat-saat yang tak terduga. Selalu siap siaga saat bepergian kemanapun karena keadaan darurat tidak melihat waktu dan tempat.

Kecelakaan kecil maupun besar yang menimpa kita, harus ditangani dengan baik segera agar penyembuhannya pun bisa lebih cepat. Pertolongan pertama salah satunya membantu mencegah luka terinfeksi yang bisa menghambat penyembuhan. Semua luka yang muncul harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum mendapatkan pertolongan selanjutnya oleh dokter. Setelah dibersihkan, bisa menggunakan plester agar bakteri tidak masuk ke dalam luka dan supaya penyembuhan lukanya lebih cepat.

dr. Adisaputra Ramadhinara, MSc, CWSP, FACCWS menambahkan bahwa luka yang menimbulkan koreng bisa dioleskan hansplast salep luka untuk membantu penyembuhan karena berfungsi untuk melembabkan kulit yang luka. Untuk luka bakar, alirkan di bawah air mengalir agar panas yang ada di kulit menguap untuk menghindari kerusakan kulit lebih lama. Selanjutnya kita bisa menyemprotkan hansaplast spray lalu mengoleskan salep luka hansaplast agar luka tidak meninggalkan bekas. Untuk luka daerah wajah, persendian, luka bakar yang cukup luas dan melepuh harus segera pergi ke dokter.

Persiapkan kotak pertolongan pertama kita di rumah, di perjalanan, maupun kantor. Isi kotak pertolongan pertama ada kasa steril, sarung tangan, cairan antiseptik, kasa gulung, plester, gunting. Apapun aktivitasnya selalu sedia kotak pertolongan pertama. Siaga selalu Hansplast Aid Kit untuk merawat luka dengan baik sehingga tidak panik jika kecelakaan terjadi di waktu yang tak diharapkan. 

Hansaplast bukan hanya plester aja ya ternyata. Sekarang hansaplast punya berbagai macam ukuran plester bacteria shield, kasa steril untuk membersihkan luka, spray antiseptik yang nggak bikin perih, salep luka, juga koyo.  Hansaplast First Aid Day yang sudah memasuki tahun keenam terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya persiapan dan penerapan pertolongan pertama untuk menangani luka yang terjadi di kehidupan sehari-hari serta memberikan pengetahuan bagaimana cara penanganan luka berdasarkan jenis-jenisnya saat terjadi situasi darurat di rumah. Dengan pengetahuan yang dimiliki tentang cara merawat luka yang tepat saat keadaan darurat dan tentunya sedia kotak pertolongan pertama yang memadai, diharapkan penanganan luka yang baik dan tepat bisa dilakukan sedini mungkin di rumah.

Untuk temen-temen yang masih penasaran acara lengkapnya seperti apa, langsung aja meluncur ke official youtube hansaplast ya! Jangan lupa disimak baik-baik penjelasan dari dokter dan pengalaman langsung dari Mom Influencer yang menambah kesadaran kita pentingnya mempersiapkan kotak pertolongan pertama. Jadi nggak perlu khawatir dan panik lagi saat keadaan darurat menimpa kita.

pertolongan pertama


Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama