Cari Tahu Kondisi Pencernaan Anak di Tummypedia

Nggak pernah terbayangkan dalam benakku kalau setelah anakku lahir harus peka dengan warna kotorannya saat buang air besar. Tak hanya warnanya saja yang harus diperhatikan, namun teksturnya juga. Frekuensi buang air besar pun tak boleh luput kita ingat-ingat, kapan ya terakhir kali anakku buang air besar? Apakah teksturnya padat dan keras? Apakah berwarna hitam? Ada bercak darah atau tidak? Aktivitas yang awalnya menjijikkan ini menjadi hal yang harus dilakukan olehku. Nggak bisa mengandalkan orang lain karena setiap hari si kecil terus bersamaku. Apalagi saat si kecil belum lancar berbicara, kita bisa tau kondisi pencernaan si kecil sehat atau tidak ya salah satunya dari kotorannya ya kan. 


Tummypedia


Apapun yang masuk ke mulut si kecil harus selalu diperhatikan juga karena berpengaruh pada kondisi pencernaannya dan saat buang air besar. Saat memasuki fase oral, anakku sering banget memasukkan tangannya dalam kondisi kotor. Meleng sedikit, mainannya juga masuk ke mulutnya dan segala benda-benda bukan makanan pernah dia coba dimasukkan ke mulutnya. Besar sekali kemungkinan bakteri masuk melalui benda-benda itu karena memasuki masa menyapih, anakku buang air besar terlalu sering tapi tak sebanding dengan makanan yang masuk ke perut. Penyerapan nutrisinya pun kurang baik, jadi frekuensi buang air besarnya sehari bisa sampai 5x dan terulang lagi keesokan harinya. Aku stress juga pada saat itu karena berat badan anakku ikut mandek. Mau konsultasi ke dokter tapi sulit menjelaskan karena warna dan tekstur kotorannya tidak cair layaknya sakit diare. 



Sekarang sih lebih enak dan mudah ya karena kita bisa cek kotoran alias pupnya si kecil untuk deteksi awal kondisi pencernaannya lewat website bebeclub.co.id/tummypedia. Nggak terlalu khawatir dan bingung lagi untuk ibu dan bapak yang mengalami kondisi mirip denganku. Ini pertama kalinya aku coba fitur-fitur yang ada di Tummypedia. Pertama, aku bisa cek kotorannya si kecil melalui foto kotorannya, bisa juga tanpa menggunakan foto.

tummypedia

Setelah itu kita akan mendapatkan hasil identifikasi pup si kecil, bisa diunduh dalam format pdf lho! Kita diberi rekomendasi resep makanan juga yang bisa dibuat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan si kecil. Alhamdulillah pencenaan anakku termasuk kategori sehat, walau sekarang lagi seneng banget jajan. Tiap hari itu masih ada perasaan khawatir sebenarnya kalau si kecil buang air besarnya nggak teratur, tapi ternyata masih normal pencernaannya.

tummypedia


Selanjutnya kita bisa menghitung nutrisi makanan si kecil. Kita masukkan dulu tanggal lahirnya ya! baru deh setelah itu kita isi menu makan pagi, makan siang, makan malam, snack, dan susu yang anakku konsumsi selama satu hari. Sebenarnya satuan jumlah porsi makan si kecil nggak sebanyak yang ada di formulir isian ini. Sekali makan hitungannya itu sendok nasi atau sendok makan, nggak sampai satu piring penuh, satu mangkok sayuran penuh, dan susu pun nggak satu gelas penuh.

tummypedia


Setelah ku isi hasilnya cukup mengagetkan ya karena ternyata anakku kekurangan serat huhuhu. Padahal aku pikir selama ini dia kekurangan asupan protein. Sayur dan buah sebenarnya doyan, tapi memang jumlahnya nggak sebanyak yang dibutuhkan. Hasil laporan nutrisi ini bikin aku harus berusaha lebih keras supaya asupan serat si kecil terpenuhi sesuai kebutuhannya. Grow them great!

tummypedia


Dari pembahasan Tummytalk bareng dokter Gia Pratama di instagram live Bebeclub, mengungkapkan juga nih kalau memantau kondisi pencernaan anak itu sangatlah penting. Saat kita memberikan makanan yang sehat maka hal itu sekaligus mendidik bakteri baik dalam usus anak kita untuk menyukai makanan tersebut. Penyerapan nutrisi yang baik dimulai dari makanan yang sehat. Nah kalau perut si kecil sedang bermasalah, jangan ragu untuk cek di Tummypedia yang bisa bantu menjelaskan kondisi perut si kecil. Hasil diagnosis dari Tummypedia bisa dibawa ke dokter juga lho sebagai diagnosis awal. Yuk coba sekarang dan ikutan #Tummypedia testimonial challenge!⁣ Bisa bawa pulang voucher belanja total jutaan rupiah lho! Caranya upload foto Ibu di instagram saat menggunakan Tummypedia. Tulis pada caption “Tummypedia membantuku untuk cek pencernaan anak dan dukung hebatnya…..” (lanjutkan sesuai pengalaman yang dirasakan). Lalu mention @bebeclub dan tiga orang teman. Jangan lupa gunakan hashtag #Tummypedia #GrowThemGreat. Challenge ini berlangsung sampai 30 April 2021 ya! Bisa upload foto lebih dari satu kali juga supaya kesempatan untuk menang semakin besar!! Semoga berhasil yaaa

tummypedia




68 Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

  1. Wiih keren banget fiturnya :D baru tahu lho ada yang kayak gini

    BalasHapus
  2. Wahh..senangnya, sekarang sdh ada tempat yg tepat buat konsultasi masalah pencernaan anak. Alhamdulillah. Pengalaman saya dulu cukup repot harus bolak balik ke dokter karna tekstur dan warna kotoran anak bungsu saya sering utuh seperti saat sebelum dicerna. Terimakasih Mbak,penting sekali buat saya yg baru punya cucu. Semoga tidak terulang ke cucu saya.

    BalasHapus
  3. Tummypedia canggih ya, buat para moms nggak khawatir lagi dan bisa nambah pengetahuan baru buat moms masa kini :D

    BalasHapus
  4. Bebeclub ini keren ya, selalu penuh inovasi dan dukung banget tumbuh kembang anak. Tummypedia membantu banget buat orang tua untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri atas kesehatan pencernaan anak.

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat sekali... Thanks bunda... :)

    BalasHapus
  6. Asupan nutrisi memang bagi anak sangat penting ya moms agar tumbuh kembang anak bisa optimal

    BalasHapus
  7. Tummypedia ini keren, ya. Bukan cuma bisa analisis kondisi kesehatan pencernaan lewat warna pup. Bahkan sampai komposisi asupan nutrisi sekalipun. Jaman dulu mah uma liat dari warnanya aja tapi ga yakin juga. Eh kebayang ga kalau dipake buat ngecek pupnya orang dewasa? Tapi jijay ga sih motoij pup sendiri hihihi

    BalasHapus
  8. Keren ya.. Masyaallah ta barakallahu

    BalasHapus
  9. Semenjak punya anak aku juga jadi concern sama pup anak. Kadang Kalo ga pup juga jadi kepikiran kan. Nah apalagi tentang warna pup, itu lebih lagi. Dengan adanya tummypedia sangat berguna banget,jadi sambil belajar juga tentang pencernaan bayi, bisa cek nutrisi anak pula. Menarik sharingnya mom

    BalasHapus
  10. Baru tau ad fitur secanggih ini.... Thank you infonya mba...

    BalasHapus
  11. Iya juga ya, pas anak lahir pertama kali yg diperiksa kondisi pupnya. Cair, mencret atau keras. Tummypedia mempermudah ibu-ibu tahu bagaimana kondisi pup anaknya dengan detail.

    BalasHapus
  12. Waah keren yah, kita bisa tahu kondisi pencernaan anak kita.

    BalasHapus
  13. Tummypedia bener2 ngebantu banget ibu - ibu buat cari informasi tentang pencernaan anak, apalagi buat new mom rekomen banget pokoknya

    BalasHapus
  14. Wah sekarang cari tahu kondisi kesehatan anak jadi lebih mudah ya mbak berkat Tummypedia. Senang banget apalagi fiturnya juga user friendly.

    BalasHapus
  15. Mom thanks informasinya aku juga lagi mengalami hal serupa sm anakku usia 1.5 tahun... semoga aku juga melewati fase susah mkan anakku ini dg tummypedia

    BalasHapus
  16. Wah, aku baru tahu Mbak ada website ini. Bermanfaat banget pastinya ya buat para bunda terutama yang punya bayi atau batita yang belum bisa ngomong gitu. Bisa cek pencernaan sehat atau gak..
    Makasih sharingnya, Mbak :)

    BalasHapus
  17. Semua orang tua memang wajib banget ya bun memantau pencernaan anak. Dan sekarang orang tua banyak banget terbantu dengan teknologi macam Tummypedia ini.

    BalasHapus
  18. Sepakat banget kalau kita harus memantau dengan baik pencernaan anak. Aku dlu sellau gitu. Bahkan kini anakku udah gede juga aku masih nanya buang air lancar atau ga. Info dari mba aku sampaikan ke ipar ya :)

    BalasHapus
  19. Fiturnya bgus mba, sangt membantu. Terimakasih ya infonya

    BalasHapus
  20. Memantau kondisi pencernaan anak itu memang penting ya. Duh jadi inget dulu waktu si bungsu umur 4 bln diare sampai dibawa ke dokter 4 kali, 2 kali cek lab baru sembuh. Tummypedia bermanfaat banget nih.

    BalasHapus
  21. Masyaallah, beruntungnya emak zaman now, semua informasi gampang didapatkan, termasuk info kesehatan anak ya Mak.

    Bahkan kondisi bab nya juga bisa dideteksi sejak dini.

    BalasHapus
  22. Wah keren banget aplikasinya, aku baru tau ternyata sekarang secanggih ini!

    BalasHapus
  23. Aku baru ngeh kalau ada Tummypedia, jadi bisa tau informasi tentang kesehatan si kecil juga ya mbak.

    BalasHapus
  24. Keren banget tummypedia, bakal bantu para ortu nih yang bingung soal pencernaan anak. Semenjak jadi ibu per-pup-an pasti diperhatiin untuk cek keadaan anak.

    BalasHapus
  25. Wah wah, aku baru tahu deh dengan Tummypedia ini. Kudu sering ngecek kayaknya. Punya bocah yang masih kecil sering kali bermasalah di perutnya. Kepengen tahu penyebab dan juga solusinya. Cus ke tekapeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gak tahu kenapa ya anak2 ini pencernaannya masih sangat sensi, mungkinn krn blm sempurna sistem cenanya atau msh adaptasi atau gmn, makanya kudu ati2 bener jg kasi makan anak hehe

      Hapus
  26. Wahh baru tau ada fitur bgitu keren jugaa.... Makasih loh sharingnya mba 😉

    BalasHapus
  27. Iayaya...kalau orangtua baru, pasti udah panik duluan niih...kalau tau fesesnya beda dan intensitasnya meningkat.
    Kudu jeli dan alhamdulillah, banyak baca dan kenalan dengan Tummypedia dari Bebelac.

    Pasti membantu sekali segala info yang diperoleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebantu banget dengan adanya website dari Bebelac mengenai kesehatan cerna perut anak.
      Tummypedia jadi akses langganan para Bunda saat membutuhkan informasi yang tepat.

      Hapus
    2. Unik dan sangat membantu sekali website tummypedia ini.
      Hanya dengan memasukkan data sehingga kita bisa tau apa penyebabnya dan bisa menanganinya denganlangkah yang tepat.

      Hapus
  28. Pencernaan anak tu kyk otak kedua anak jd jangan sampai ada gangguan pencernaan ya mbak.
    Platform Tummypedia bagus banget utk memberikan pengetahuan pd para ibu seputar kesehatan pencernaan anak sekaligus makanan apa yg baik dikonsumsi ya

    BalasHapus
  29. Sangat membantu para mom untuk mengetahui tentang pencernaan si kecil ya, tummypedia bermanfaat sekali

    BalasHapus
  30. Memahami tentang pencernaan anak itu sangat penting ya, mbak. Jadi bisa tau apakah anak punya alergi atau ga. Kalau bayiku pernah poop sampai cukup sering takutnya diare. Tapi kata dsa nya masih batas wajar asal warnanya tdk putih.

    Untungnya skrg uda ada Tummypedia jadi ga bikin ibu2 muda panik saat ada permasalahan pencernaan pd anak ya, mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andai 12 th yg lalu uda ada Tummypedia ini ya. Jadi kakakku ga panik dan tau kalau anaknya punya alergi susu sapi. Karena dari bayi, keponakanku nangis terus kalau habis minum susu. Baru ketauan setelah 3 bulan, huhuhu

      Hapus
  31. bisa saya rekomendasikan ke saudara yang punya anak kecil niy mba, biar dia lebih tahu dan makin paham soal kesehatan dan pencernaan si kecil, biar dia baca-baca dan tahu makanan yang sehat apa saja buat pencernaan si kecil

    BalasHapus
  32. Tummypedia keren nib mkm , sekarang buat para moms nggak khawatir lagi dan bisa nambah pengetahuan baru buat para oramg tua

    BalasHapus
  33. Seru ya ada #Tummypedia testimonial challenge, Semoga makin banyak ibu Indonesia mengetahui tentang Tummypedia dan makin care dengan kesehatan pencernaan anak.

    BalasHapus
  34. Wah seru banget sekarang ada tummypedia, jadi ngga pakai googling kemana-mana nih soal pencernaan bayi.

    BalasHapus
  35. Aku pernah buka website bebeclub dan emg selengkap itu sih informasi soal kesehatan toddler. Termasuk soal pup si toddler yaa

    BalasHapus
  36. Salah satu perhatian saya ketika anak-anak masih bayi hingga balita. Perhatiin frekuensi, warna, dan tekstur pup anak-anak. Karena kalau gak biasa memang pertanda sakit. Kesehatan pencernaan memang gak boleh diremehkan

    BalasHapus
  37. Di tummypedia para buibu bisa banyak dapat informasi edukatif yang dikemas menarik yaa dan pastinya mudah dipahami. Apalagi utk ibu-ibu yang anaknya masih balita, kebayang kan suka panik tuh soal kesehatan anak, salah satunya pencernaan

    BalasHapus
  38. Wah, sekarang emang canggih banget. Bisa cek kondisi kesehatan dari feses menggunakan aplikasi.

    Sayang banget belum bisa ikut Tummypedia Challenge, nih. Belum punya anak soalnya. Huhu.

    BalasHapus
  39. Aku dulu paling rajin memperhatikan pup anak dari mulai lahir, sampe batita, memang beneran apa yang anak makan sangat berpengaruh banget buat kesehatan pencernaan. KAlo jaman dulu berdasarkan naluri Ibu dan pesan orang tua infonya.
    Jaman now enak banget ada Tummypedia yang menyeddiakan informasi seputar pencernaan dan nambah wawasan buat ortu jaman now juga.

    BalasHapus
  40. hahaha ... aku tuh inget banget waktu anakku usia 1 hari, aku dan suami panik karena si bayi nangis. Sampai panggil perawat, lho. Eh ternyata dia pup, warnanya hijau! haduh kenapa ya? ternyata memang demikian adanya, hahaha...

    BalasHapus
  41. enak banget nih ada tummypedia.. jadi gak bingung lagi ya karena bisa langsung cek di web tummy

    BalasHapus
  42. Aku pernah cobain Tummypedia ini untuk melacak pup tracker si kecil, alhamdulillah masih aman.

    BalasHapus
  43. Makin terbantu nih para mama untuk memantau kesehatan putra-putrinya. salah satunya kesehatan pencernaan ini. Ternyata dari bentuk pup bisa dianalisa ya kondisi pencernaan anak kita, mantap deh.

    BalasHapus
  44. Informasi yang tepat untuk tumbuh kembang anak nih kayaknya baiknya diserahkan ke Tummypedia :)

    BalasHapus
  45. Bayi di bawah 4 tahun apa saja bisa dimasukkan ke mulut ya Mbak harus hati-hati benar kita mengawasinya. Salah satu caranya dengan memperhatikan kotorannya.

    BalasHapus
  46. Aplikasinya keren banget sih kak bisa buat edukasi juga sih biar lebih kenal sama si kecil

    BalasHapus
  47. Semakin canggih sekarang ya Mba, orangtua bisa memantau dengan baik apalagi pencernaan ini yang paling penting

    BalasHapus
  48. Adanya Tummypedia sangat membantu cek pencernaan si kecil ya mba, kalau ada yang gak beres jadi tau masalah nya dimana.

    Btw lagi ada challenge ya, bisa nih ikut meramaikan 🙂

    BalasHapus
  49. Gemes banget nama app-nya. Tummypedia. Aplikasi yang akan membantu banget untuk ortu baru

    BalasHapus
  50. Seneng sekarang sudah Ada website yg Tau ttg apapun aplag masalah kondisi pencernaannya lewat website bebeclub.co.id/tummypedia jadi bisa bnyk belajar ini memberikan yg tepat buat anak2

    BalasHapus
  51. Waktu kerja di kantor daku pernah diajarin cek pup sama temen, tapi itu untuk orang dewasa sih. Nah buat anak² bisa nih di Tummypedia ya, karena penting juga untuk tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  52. Keren ya inovasi bebeclub ini. Cocok deh kalau punya anak kedua nanti. Makasih sharingnya mbak dan salam kenal ya

    BalasHapus
  53. Cocok neh untuk saya dan istri jika Allah memberikan rezeki kepada kami anak. Saya keep dan comment yah agar lebih mudah membukanya di kemudian hari.

    Terima kasih

    BalasHapus
  54. Aku dah pakai ini dan memang bener2 bermanfaat sbg diagnosa awal untuk memantau kesehatan pencernaan anak lewat feses. Belum lagi bisa ceh kebutuhan serat. Worth to try :)

    BalasHapus
  55. Bermanfaat banget mbak informasinya, jadi cepet tau kondisi anak nih

    BalasHapus
  56. Baru tahu ada info keren kayak tummypedia ini, apalagi ya kondisi pencernaan anakjadi tahu karena anak sehat dan nyaman kalau pencernaan sehat

    BalasHapus
  57. MAsyallah ini sih keren banget, aku bisa belajar banyak kak dari tummypedia
    soalnya belum jadi ibu, kalau ada panduannya ini enak sih.

    BalasHapus
  58. Waw bermanfaat sekali ya aplikasinya.. aku langsung install deh. Makasih infonya ya mbak!

    BalasHapus
  59. Wah kayaknya aq perlu isi nih. Si kecil makan lahap, sayur buah mau tapi kok pas cek ke dokter anak waktu imunisasi dicek beratnya kurang 2 lg dari berat ideal anak seuisianya. Hiks. Tapi kalau bab sih normal. Meski kadang pas makanan banyak bisa bab 2x sehari

    BalasHapus
  60. Bebeclup ini kreativitasnya keren. Kepikir ya buat bikin Tummypedia yang bisa dijadikan tempat bagi para emak untuk ngecek kondisi kesehatan pencernaan buah hatiny.

    BalasHapus
  61. Waktu anak saya bayi, pernah gak pup satu minggu, trus pernah juga pup nya warna hijau. Sempat cemas sih, tapi emang seperti itu ternyata. Enak nya sekarang, bisa cek pencernaan anak sehat ato gak via tummypedia. Boleh dicoba nih.

    BalasHapus
  62. aduh ga bayangin harus foto pup anak hehehe.. tp kreatif jg tummypedia bisa menyediakan fitur sprti itu..

    BalasHapus
  63. Memudahkan sekali ya dengan adanya tummypedia. Praktis buat ibu dan jadi mudah memantau kesehatan pencernaan anak

    BalasHapus
  64. Fitur baru di web Bebeclub ya mba, penting untuk diketahui para ibu-ibu nih masalah pencernaan anak harus diketahui dengan baik agar bisa memberikan yg terbaik buat anak

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama