Jurusan yang Dibutuhkan di Masa Depan ada di UIN

Perguruan tinggi Islam yang bertransformasi dari IAIN menjadi UIN merupakan periode bersejarah ketika Menteri Pendidikan Malik Fadjar masih menjabat. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) didirikan pada tanggal 9 Mei 1960 dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 11 Tahun 1960. Pendirian IAIN adalah gabungan dari Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) Yogyakarta dan Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) Jakarta. Menurut Malik Fadjar seperti yang dikutip dalam Jurnal Pendidikan IAIN Bukittinggi oleh Iswantir M., bahwa usaha dan gagasan perubahan IAIN/STAIN menjadi UIN merupakan usaha mempertegas, mempertajam dan memperbarui pendidikan Islam dalam hal bagaimana melayani kebutuhan mendasar manusia. Dengan integrasi keilmuan dan pembaruan menjadi UIN, besar harapan perguruan tinggi Islam bisa sebanding dengan perguruan tinggi lain. Berbagai pilihan program studi pun tersebar di seluruh Indonesia. Berikut ini jurusan-jurusan yang bisa dipilih dan diprediksi akan dibutuhkan keahliannya di masa mendatang. 

UIN


Baca: Lanjut Kuliah?


Teknik Industri dan Teknik Informatika, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Perkembangan teknologi yang kian hari semakin menghadirkan berbagai inovasi baru, membutuhkan keahlian dari seorang teknik informatika. Lulusan teknik informatika bisa mendapatkan prospek kerja sebagai software engineer, konsultan IT, programmer, analis sistem komputer, dan lain-lain. Terlebih lagi era digitalisasi di masa COVID-19 yang memaksakan semua pihak untuk melek teknologi dan menyadari bahwa teknologi penting untuk dipelajari. Biaya pendidikan pada program sarjana (S1) di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ditentukan berdasarkan kelompok kemampuan ekonomi calon mahasiswa dan wajib dibayarkan pada tiap awal semester. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 515 Tahun 2020 memutuskan memberikan keringanan biaya kuliah karena dampak COVID-19.


Baca: Kuliah karyawan 


Demikian halnya dengan industri yang terus berkembang dari masa ke masa. Walaupun ada industri yang gagal bertahan di masa pandemi, namun tak sedikit juga industri yang survive dan terus melangkah. Salah satunya adalah industri kesehatan serta teknologi komunikasi dan informasi. Beberapa industri pun ada yang mengalihkan produksinya pada alat-alat kebersihan dan kesehatan seperti hand sanitizer, desinfektan, dan masker. Penjualan handphone pun masih laris di pasaran karena meningkatnya kebutuhan untuk belajar online. Saya juga memperhatikan industri kecantikan yang tak lekang zaman, dari dulu hingga kini selalu ada inovasi yang tak pernah kehilangan konsumen.

Baca: Manfaat Kuliah

Ilmu Hukum  Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung


Berbagai bidang pekerjaan lulusan ilmu hukum masih dibutuhkan di masa depan. Bekerja untuk kementerian, menjadi staf legal di perusahaan, membuka jasa konsultan hukum, pengacara, jaksa, hakim, dan dosen, semua membutuhkan lulusan ilmu hukum. Di UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung yang terakreditasi A, terdapat tiga program kekhususan (konsentrasi) yang ditawarkan yaitu Hukum Ketatanegaraan, Hukum Keperdataan, Hukum Kepidanaan. Semua diselenggarakan berbasis syariah yang professional, akuntabel, dan berdaya saing. Cek info lengkapnya di Official website USG Bandung ya!

SGD bandung

Agribisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta


Indonesia adalah negara agraris yang artinya sektor pertanian memegang peranan penting dalam perekonomian nasional. Diketahui berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik bahwa Penduduk 15 Tahun Ke Atas yang Bekerja menurut Lapangan Pekerjaan Utama 2011 - 2020 adalah pertanian, kehutanan, dan perikanan. Pusat Inovasi Agribisnis (PIA) dan Paten inovasi Balitbang pertanian terbanyak adalah keunggulan yang dihadirkan oleh UIN Jakarta. Kebutuhan utama manusia yaitu makan, tidak berhenti saat pandemi hadir. Bahkan makanan bergizi dan menyehatkan semakin digaungkan agar imunitas tetap terjaga. Penyiapan generasi muda untuk menjadi pengusaha di bidang agribisnis memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi pandangan sebagian besar orang yang menganggap bahwa agribisnis hanya akan turun ke sawah dan menanam padi saja. Padahal agribisnis lebih dari itu, pemahaman yang baik dalam pendidikan agribisnis dapat menjaga keberlangsungannya di masa depan. Info selengkapnya bisa klik Official website UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau


Produser, jurnalis, penulis, editor, reporter, penyiar radio, presenter, humas, event organizer, juru bicara, periklanan, marketing, script writer, vlogger, dan masih banyak lagi yang lainnya adalah profesi-profesi yang bisa dilakukan oleh seorang lulusan ilmu komunikasi. Sejak 1998/1999, UIN Riau telah membuka Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, fakultas ini telah berusia hampir seperempat. Ada beberapa jalur masuk bagi mahasiswa baru yang berminat kuliah di kampus ini

Uin

1. Jalur mandiri

2. SNMPTB

3. SBMPTN

4. UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) 

5. Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 

Info lebih lanjut bisa cek di pmb.uin-suska.ac.id


Bahasa dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang


Bahasa adalah salah satu kecerdasan yang penting dipantau perkembangannya sejak masa anak-anak. Bahkan sejak anak masih dalam kandungan, calon orang tua bisa membacakan buku-buku dan mengajak anak bicara. Hingga kini, menguasai bahasa lain masih menjadi keahlian yang penting pada berbagai bidang pekerjaan. Terlebih lagi bahasa arab yang juga terdapat di dalam Al Qur'an. Jika mengamati pengalaman orang-orang di sekitar saya, mempelajari bahasa Arab bisa membuka peluang besar untuk memperoleh beasiswa ke negara-negara  di Timur Tengah. Bahasa Arab juga bisa memudahkan kita berkomunikasi saat ibadah haji maupun umroh. Bekerja di lembaga asing, menjadi tour guide, penerjemah, dan masih banyak lagi bidang-bidang yang memerlukan lulusan sastra. Paling tidak menjadi berkah tersendiri bagi lulusan bahasa Arab, karena selama al-Quran dibaca oleh umat Islam dan Islam dipeluk maka bahasa Arab pun akan terus hidup sepanjang masa. Jika teman-teman mencari Bahasa dan Sastra Arab terakreditasi A di Palembang, UIN Raden Fatah Palembang adalah jawabannya. Info selanjutnya bisa meluncur ke Official website UIN Palembang ya!


Dari pilihan-pilihan program studi yang sudah disebutkan, masih banyak jurusan lain yang tak kalah kualitasnya dengan perguruan tinggi lain. UIN hadir untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang cerdas sekaligus berakhlak mulia, sehingga bisa memberikan manfaat bagi bangsa dan agama. Tersebar di seluruh Indonesia, tak perlu ragu lagi mengenyam pendidikan di UIN karena hanya mahasiswa yang serius dan tekun yang bisa meraih kesuksesan di dunia maupun di akhirat. Segala tantangan dan persaingan yang akan di masa mendatang akan sanggup dihadapi dengan bekal yang cukup dimulai dari hari ini, dari diri kita sendiri. Tuntutan era globalisasi tak akan bisa menghambat jiwa-jiwa yang optimis menyongsong masa depan yang gemilang. Gali terus potensi kita hingga menemukan hal yang menggairahkan dalam hidup agar tetap bangkit dan berjuang menjalani hari-hari. Tetap semangat dan terus berkarya dan berdaya di masyarakat ya! Masa depan ada di tangan teman-teman semua yang berani berbuat untuk hari ini, berani bermimpi dan tak ragu untuk mewujudkan mimpi itu dengan mengerahkan seluruh kemampuan dalam diri.


Referensi:

1. Transformasi Perguruan Tinggi Islam di Indonesia (https://www.republika.co.id/berita/koran/news-update/15/09/07/nuax456-transformasi-perguruan-tinggi-islam-di-indonesia)

2. Perkembangan Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia Menghadapi Tantangan Global (Kasus IAIN dan Perguruan Tinggi Islam) oleh Iswantir M. (Jurnal Pendidikan IAIN Bukittinggi, LP2M, Vol. 12 No. 2, Juli-Desember 2015).

http://repo.iainbukittinggi.ac.id/116/1/Perkembangan_Pendidikan_Tinggi_Islam_di_Indonesia.pdf

3. Badan Pusat Statistik (https://www.bps.go.id/statictable/2009/04/16/970/penduduk-15-tahun-ke-atas-yang-bekerja-menurut-lapangan-pekerjaan-utama-1986---2020.html)

4. Departemen Agribisnis FEM-IPB, Evolusi Pendidikan Tinggi Agribisnis Indonesia (  http://agribisnis.ipb.ac.id/wp-content/uploads/2017/10/Tantangan-agribisnis-masa-depan-Bayu-Krisnamurthi-dan-Feryanto-.pdf)

5. Bahasa Arab dalam Pusaran Arus Globalisasi: antara pesimisme dan optimisme oleh Ubaid Ridlo


No comments:

Post a comment

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram