Ide untuk Mencoba Keterampilan Baru di Rumah

Semenjak virus corona hadir di Indonesia banyak aktivitas yang tidak diperbolehkan untuk terus berjalan termasuk para pekerja event, pedagang, bahkan pegawai pabrik. Saya termasuk orang yang memilih bekerja dari rumah jadi virus corona yang menggerogoti hampir semua bidang tidak berdampak besar pada aktivitas sehari-hari. Kalau dipikir-pikir kita nggak bisa terus bergantung pada orang lain ya, bekerja pada perusahaan orang, dan mengandalkan keramaian untuk bisa mendapatkan uang. Semua hal berubah drastis dan menjadi sebuah kehidupan normal yang baru.


Beberapa keterampilan yang mungkin oleh sebagian besar orang dianggap tak relevan lagi di era digital ternyata berguna di masa pandemi ini. Pertanian, perkebunan, dan perikanan yang menjadi sumber kebutuhan pokok utama bagi kehidupan saya pikir harus dipelajari dengan baik walau kita tak lagi hidup di desa atau belum pernah tinggal di desa sama sekali. Ketahanan pangan yang kuat bisa dimulai dari diri sendiri dengan memulai keterampilan bercocok tanam, memelihara ikan, ayam petelur, hingga sapi jika mampu.



Bagi pembaca yang memiliki keterbatasan lahan di rumah, bisa lho melakukan Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber). Ikan lele dan kangkung bisa dibudidayakan dalam satu ember besar. Jangan lupa diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari penuh. Kangkung bisa dipanen kemudian ditumbuhkan kembali lho, jadi saat memotong batangnya jangan sampai ke akar sehingga batang baru bisa tumbuh. Looks easy ya? Tapi saya sendiri belum coba nih!


Cara berkebun yang lain adalah dengan metode hidroponik dan Tabulampot (Tanaman Buah dalam Pot). Hidroponik yang saya tau memerlukan pipa-pipa paralon yang saling tersambung satu sama lain dan airnya bisa mengalir lancar. Dengan lahan terbatas, tanaman hidroponik bisa tumbuh subur seperti sayuran pokcoy, kangkung, dan bayam. Nah untuk tanaman buah dalam pot, pastikan perawatannya baik sehingga tanaman yang dihasilkan bisa tumbuh subur dan berbuah.


Bagi pembaca yang tertarik untuk beternak, tentunya keterampilan ini harus dipelajari khusus ya. Kita harus bisa memilih induk ayam yang sehat agar kemudian bisa bertelur dengan baik. Begitu juga dengan sapi yang memiliki banyak manfaat yaitu daging dan susu, perawatannya harus maksimal dan lahan yang dibutuhkan untuk kandang juga harus dibersihkan teratur. Semua keterampilan ini saya rasa penting untuk dipelajari, karena dikemudian hari tak mungkin kita bergantung terus pada orang lain untuk memberikan pekerjaan. Ada masanya usia senja yang dan fisik kita mulai melemah namun tetap harus sehat dengan makanan yang bergizi. Apa pembaca terpikir untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan ini juga?




No comments:

Post a comment

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram