Menikmati Perjalanan yang Aman dan Nyaman sebagai Penumpang Transportasi Umum

Sebelum KRL berangkat

Berkendara dengan kendaraan roda dua rutin saya lakukan sejak menimba ilmu di pascasarjana. Hal ini karena jarak rumah orang tua dengan kampus cukup aman untuk menunggangi kuda besi setiap hari dan lebih hemat di kantong mahasiswa yang hanya bekerja paruh waktu. Setelah mempunyai anak, bisa dihitung jari saya kembali berkendara dengan sepeda motor kesayangan, itupun dalam jarak dekat. Faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan saat bepergian dengan si kecil membuat saya lebih suka menggunakan transportasi umum khususnya kereta. Setelah menikah, kami menempati hunian yang dekat dengan stasiun kereta. Dengan jarak kurang dari 3 KM, saya dan si kecil bisa menikmati perjalanan yang nyaman dan aman dengan KRL. Tak perlu khawatir berdiri selama di perjalanan karena ibu hamil, orang lanjut usia, penyandang cacat, dan orang yang membawa anak mendapat tempat duduk prioritas.

Menunggu KRL di Peron
Kenyamanan meningkat dengan tempat duduk prioritas, gerbong khusus wanita, dan pin ibu hamil.


Sekarang ibu hamil bisa mendapatkan pin khusus  lho supaya bisa segera dicarikan tempat duduk di seluruh gerbong, tidak hanya pada tempat duduk prioritas. Tahun lalu saat saya hamil dan sering naik KRL dengan rute sampai ke Rangkasbitung, belum ada pin khusus ini. Kadang perjalanan saya tidak nyaman karena penumpang lain mengira saya tidak hamil namun duduk di tempat duduk prioritas. Sekarang sih  tentu semakin nyaman ya karena tidak perlu memberitahukan berulang kali jika sedang hamil. Saat mencoba KRD Bandung pun tak kalah nyaman, gerbong dan tempat duduknya bersih, kereta pun datang tepat waktu.

Baca: Naik KRD Bandung



Rasa Aman Naik Kereta Api



Baca: Liburan ke Jawa Tengah

Naik kereta api jarak jauh pun saya lakukan saat pergi ke Jawa Timur. Dalam kondisi perut yang besar, saya merasa kereta api adalah pilihan yang aman walau waktu tempuhnya lebih lama bila dibandingkan dengan transportasi udara. Jalur darat dengan kereta api, khususnya saat hamil, bebas macet, bebas ke toilet, bebas bergerak saat kaki mulai pegal kesemutan dan lelah. Hati pun rasanya bebas khawatir walau kereta api yang saya pesan adalah kereta ekonomi. Begitupun setelah melahirkan, saya pernah berangkat hanya berdua saja dengan si kecil ke Bandung. Untuk pertama kalinya kami ajak si kecil juga ke Jawa Tengah. Alhamdulillah selama di perjalanan si kecil ceria, hanya kami saja yang capeknya ekstra karena si kecil sedang aktif berjalan kesana-kemari tanpa bantuan. Sekadar tips dari saya saat bepergian dengan anak, pesan tiket untuk si kecil juga agar dia bisa leluasa tidur atau duduk dengan nyaman sehingga rewel dan rasa bosannya berkurang.

Baca: Naik Kereta ke Jawa Timur 



Keselamatan yang diharapkan penumpang

Sebagai penumpang transportasi umum tentunya saya senantiasa berdoa, perjalanan yang ditempuh bisa mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Alhamdulillah selama naik kereta baik itu saat arus mudik yang padat, liburan sekolah, maupun kereta Jabodetabek, saya selalu tiba dengan selamat sesuai tujuan yang direncanakan. Walaupun terkadang saya juga mengkhawatirkan hal lain seperti kaca kereta yang dilempar batu oleh orang yang tidak bertanggung jawab, kereta terbakar, sampai kereta anjlok. Jaminan keselamatan lain yang kadang terlintas dipikiran adalah kecelakaan kereta yang tak terhindarkan di perlintasan kereta. Keselamatan bukan hanya diprioritaskan untuk penumpang di dalam kereta saja,  namun harus dipikirkan juga keselamatan bagi pengguna perlintasan rel kereta. Lebih baik lagi  jika petunjuk-petunjuk keselamatan bagi penumpang bisa disosialisasikan dengan baik dan untuk masyarakat bisa melalui kampanye berkendara yang aman.

Santuy di KRL

Sehingga penumpang yang memilih transportasi umum untuk berkegiatan sehari-hari pun bisa menikmati perjalanan dan tak mudah beralih ke transportasi lain. Apalagi pengguna KRL yang pulang-pergi untuk beraktivitas setiap hari. Dengan harga yang terjangkau, peningkatan layanan transportasi yang semakin baik tentunya membuat penggunanya semakin jatuh cinta. Setuju ya? Kalau ada saran lain boleh banget berkomentar lho!

Nah bagi pembaca yang ingin tau lebih banyak seputar informasi berkendara yang aman, bisa langsung cek situs dan akun media sosial resmi Kementerian Perhubungan di bawah ini ya!

Situs Kemenhub: http://dephub.go.id
Twitter: https://twitter.com/kemenhub151
Facebook: https://www.facebook.com/kemenhub151
Instagram: https://instagram.com/kemenhub151

18 comments:

  1. Kereta sekarang memang sudah lebih baik ya mbak, sudah nyaman ada AC dan nggak ada penjual asongan lagi di dalam kereta.

    ReplyDelete
  2. Waah ada pin khususnya, makin giat aja ya transportasi kita memperbaiki sistemnya. Sungguh kalo kayak gini makin semangat kita pakai transportasi umum soalnya lebih murah jatuhnya

    ReplyDelete
  3. saya juga sukaaa naik kereta, seringnya sih ke kampung halaman saat mudik, ke jakarta juga kalo ada keperluan lebih enak naik kereta CL karena cepat dan nyaman

    ReplyDelete
  4. terakhir aku naik kereta sekitar 20 tahun yang lalu hehehe jadi kepengen jalan2 naik kereta

    ReplyDelete
  5. lamaaa gak naik kereta api. cita2 saya tuh sekeluarga ke Jogja naik kereta. pasti seru deh

    ReplyDelete
  6. senang deh sekarang ada pin ibu hamil, saya merasakan banget dulu saat hamil2 muda dan naik krl, sering tidak diberikan duduk kalau tidak minta, minta pun enggan karena perutnya belum terlihat gendut, padahal di awal2 hamil lah masa-masa mualnya

    ReplyDelete
  7. Bagi saya kereta api masih jadi noda transportasi darat idola. Lebih nyaman dan ekonomis dibandingkan yang lainnya. Apalagi layanan KAI semakin membaik dari waktu ke waktu..

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen naik kereta, sudah lama sekali tidak menggunakan transportasi satu ini. Suami lebih suka naik bis.

    ReplyDelete
  9. Beberapa tahun ini kalau mudik pasti naik kereta. Disamping harga tiketnya yg terjangkau, juga aku sendiri lebih kerasa feel mudiknya selama perjalanan.

    ReplyDelete
  10. Menurutku transportasi umum untuk bepergian jauh, yg paling terjangkau dan nyaman ya kereta..

    Cara pesennya gampang dan perjalanan juga aman

    ReplyDelete
  11. Daku kalau lagi di KRL suka denger pemberitahuan bahwa memang ada jalur khusus juga untuk ibu hamil di beberapa stasiun, jadinya buat bumil gak perlu lagi was-was berdesakkan saat jam sibuk ya

    ReplyDelete
  12. Dah lama gk naik kereta sekluarga nih mba terakhir pas anakku yg kecil sd ..pasti seru y mba naik kereta bawa dede

    ReplyDelete
  13. Sekarang mah naik kendaraan umum itu nyaman dan nyenengin. Banyak angkutan yang semakin membenahi diri. Kayak naik kereta, makin nyamaaaan. Duh, jadi kepengen jalan-jalan jadinya. :)))

    ReplyDelete
  14. Beberapa kali mudik menggunakan transportasi umum kereta api. Lebih nyaman, apalagi kalau perjalanannya bersama balita ya Kak.

    ReplyDelete
  15. Naik kereta memang nyaman ya. Aku juga suka segala kereta. KRL, antar provinsi, kalayang. Pengalamannya beda2.

    ReplyDelete
  16. Enaknya naik kereta sekarang tuh udah nyaman banget ya semua pake ac dan ada kursi prioritasnya

    ReplyDelete
  17. Bener banget sekarang naik kereta lebih aman dan nyaman, dulu sering ngerasain ga dapet tempat duduk dari solo sampai jakarta huhu

    ReplyDelete
  18. Sekarang naik kereta api sangat nyaman,bahkan anak-anak pun senanv

    ReplyDelete

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram