Merencanakan Liburan Bersama Keluarga

by - Januari 13, 2019

Januari diawali dengan keadaan anak yang tak baik-baik saja. Dia mulai batuk pilek dan maju-mundur menelan makanan. Setiap hari ada saja tantangan yang saya hadapi. Wajar, semuanya serba pertama. Setelah menikah lalu punya anak, segala hal dipikirkan dengan penuh pertimbangan dan jangan sampai ada keraguan dalam mengambil keputusan.

Bepergian pun menjadi hal yang harus dipikir ulang, mau ke tempat yang jauh atau dekat harus dipastikan kondisi cuaca bersahabat, suasana saat perjalanan mendukung untuk mengajak bayi, dan barang yang dibawa lengkap tak ada yang tertinggal terutama milik si kecil. Suasana perjalanan pun dibuat nyaman agar si kecil tenang. Pernah di akhir tahun kemarin, saat Bapak kami tercinta pulang ke Rahmatullah, beberapa barang si kecil tertinggal dan salah satunya adalah barang yang penting. Perjalanan pergi rasanya waktu berjalan lambat sekali, salah satunya karena kami sedang kehilangan. Perjalanan pulang juga semakin padat karena bersamaan dengan jam pulang kerja. Aku jadi berpikir ulang untuk naik mobil pribadi saat bepergian jauh, karena cukup menguras tenaga orang yang duduk di bangku supir.


Isi Bahan Bakar di Tempat Peristirahatan Jalur Bebas Hambatan

Masuk awal tahun bertebaran informasi seputar cuti bersama 2019, ada yang lengkap dengan informasi wisata kulinernya juga lho! Tahun ini kami memang merencanakan mudik dan liburan sambil menghadiri undangan pernikahan. Agar terealisasi, kami mulai cari-cari promo tiket transportasi umum. Saya memiliki jiwa ransel yang tak masalah naik kereta ekonomi yang harus dipesan jauh-jauh hari walaupun dalam kondisi hamil. Di trimester pertama kami naik kereta saat pulang kampung dari kota kelahiran suami. Rasanya luar biasa, jangan ditanya! Karena bertepatan dengan libur hari raya umat kristiani dan libur hari raya anak sekolah hahaha. Sedap!


Naik Kereta Lokal

Di trimester dua kehamilan kami berangkat lagi ke Banyuwangi, kota ini direncakan untuk bulan madu. Alhamdulillah, berangkat ke Banyuwangi terlaksana bersama calon bayi di rahim. Kami tidak menyangka akan dianugerahi anak tak lama setelah resepsi pernikahan. Perjalanan kesana panjang sekali karena kami berganti-ganti kereta dan singgah sejenak di Sidoarjo. Luar biasa! Pulang dari Banyuwangi, Pak Suami minta agar kita naik pesawat saja. Oh dengan senang hati! Jiwa ransel saya mendadak berbunga-bunga.


Pagi di Pantai Boom (Jepretan Mas Alan)

Pada waktu itu urusan kamar tempat menginap dapat diperoleh dengan mudah, walaupun sekedar rebahan dan lebih banyak meninggalkan kamar. Hasil pencarian di situs perjalanan pun memudahkan kami memperoleh informasi tempat menginap yang direkomendasikan oleh para travel blogger. Ada pengalaman menarik karena kami tidak cek ketersediaan kamar lain sehingga kamar yang kami huni tidak memiliki toilet dalam kamar hahaha. Sungguh sebuah kecerobohan yang konyol jika diingat-ingat hari ini.

Rencana pergi jauh tahun ini, dalam otak kami harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Jangan sampai pengalaman konyol terulang kembali walaupun kami masih menikmati sih bulan madu sekaligus babymoon di waktu itu. Pergi jauh kali ini akan sangat berbeda karena tambahan satu anggota keluarga yang semakin menghangatkan suasana. Persiapan tiket, tempat menginap, dan pilihan wisata yang dituju pun harus lebih terencana dengan matang. Entah itu wisata kuliner, wisata sejarah, wisata spiritual, dan wisata lainnya diusahakan tak sekedar foto-foto saja untuk menyimpan kenangan tapi juga memberikan inspirasi baru bagi kami saat liburan usai. Nah, minta sarannya dong readers, wisata yang ramah anak di Jawa Timur dan Jawa Tengah apa saja ya?




You May Also Like

31 komentar

  1. info dong mba, tempat-tempat wisata mana ajah neh yang ajib dikunjungi untuk pasangan.. hehehhe
    lagi mau jadwalin untuk program honeymoon lagi

    makasih yah mba info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, kalau sudah ada ada pasangan sih kemanapun pergi rasanya seperti bulan madu ya hahaha. Saran sih jelajah Indonesia aja sebelum ke LN :)

      Hapus
  2. tahun 2019 ini binung mau liburan ke mana. secara semuaaa tempat wisata penuh mulu. moga ada ide buat ajak boyz liburan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hindari tempat mainstream aja kalau gitu mbak inna :D

      Hapus
  3. Wah save ah kalender liburannya. Keren banget si mba, lagi hamil teutepp halan halan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bulan madu yang terlambat, alhamdulillah langsung hamil mbak Shinta hihihi

      Hapus
  4. Iya ya dua Minggu lalu juga saya dapat dari group wa tentang libur dan cuti bersama tahun 2019. Padahal masih jauh ke tahun barunya juga

    hehehe...

    Memang untuk liburan ini kita harus mempersiapkannya sematang mungkin. Apalagi kalau ada anak kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terasa banget bedanya perjalanan bareng si kecil tuh, mau dibilang rempong nanti dikasih rempong banget lagi hahaha. Tapi ya emang rempong printilannya tuh XD

      Hapus
  5. Aku belum pernah ke Banyuwangi, mau ah kapan-kapan ke sana sama keluarga soalnya pergi berduanya udah jadi gantian hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus kok mbak, pantainya dekat lagi sama pusat kota :D

      Hapus
  6. saya belum rencanakan liburan di cuti bersama, suami kerjanya gak tentu sih waktu liburnya hiks :( semoga rencana liburannya bisa terlaksana nanti ya mba :)

    BalasHapus
  7. Waah bener nih, mesti cek kalender libur tahun 2019, biar bisa gampang menentukan liburan, kayaknya banyak hari libur kejepitnya ya, tahun ini

    BalasHapus
  8. Naah...aku nyarinya hari libur yg deket2 Jumat/Minggu..wkwk..long weekend..

    BalasHapus
  9. Aku tinggak di Jawa Tengah tapi kurang paham tempat wisata ramah anak di sini, Mbak. Jarang liburan jauh-jauh, salah satunya ya karena anak maish kecil. Paling mentok mainnya ke kolam renang.

    BalasHapus
  10. Mpo cuti bersama kerjanya cuma blogwalking aja. Daripada bengong.

    BalasHapus
  11. Kalau jawa timur mungkin museum angkut mbak tapi kalau jawa tengah waaah buanyak apalagi kalau seputaran yogya dan semarang.. hihi

    BalasHapus
  12. Perlu persiapan yang matang kalau mau pergi berlibur ya, Mbak. Jangan sampai kecewa dengan perjalanan kita. Apalagi di saat liburan panjang, perlu persiapan matang karena banyak juga orang yang berlibur.

    BalasHapus
  13. Hari liburnya lumayan banyak ya :D
    Bisa dimanfaatkan buat liburan :D
    Wah bumil naik kereta api ekonomi. Alhamdulillah kuat ya mbak. Aku naik kereta ke Sby dalam kondisi gak hamil aja dah pegel2 hihihi :D

    BalasHapus
  14. Aku udah liburan akhir tahun dan pengeeeen lanjut liburannya lagi! Never get enough of it.. mau ajak anak-anaaak deh

    BalasHapus
  15. Soal kamar mandi itu salah satu yang paling sering aku pikirin sebelum berangkat. Nggak selalu milih kamar yang ada kamar mandi, tapi setidaknya jadi bisa bersiap.

    BalasHapus
  16. Senangnya berkunjung kesini aku jadi tau nih hari-hari libur. Dan rasanya kudu di catat ya buat skejul liburan bareng keluarga.

    BalasHapus
  17. Bener Mba. Kalo mo pergi atau traveling yang agak jauhan, kudu prepare lebih, apalagi bawa anak kecil ya. Semakin kumplit barang-barang yang mesti di bawa, gak bisa ngeransel doang hehe :D

    BalasHapus
  18. Kalau yang ramah anak di Jawa Timur, rata-rata di daerah Batu, Mbak yang terkenal. Dan emang sih, rata-rata berembel-embwl instagramable yang lebih buanyak lagi.

    BalasHapus
  19. Saya tahun ini ga banyak jalan2 nih..heu...pengennya sih bs pergi komplit bareng keluarga tapi bagaimana ya sdh punya kesibukan masing2...aoalagi si sulung di luad negeri, si tengah di pesantren..sdh susah..

    BalasHapus
  20. Mupeng banget deh pingin eksplor banyuwangi. Btw, jadwal cuti bersama itu berlaku bagi pekerja kontrak jugakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pekerja kontrak mungkin tergantung kebijakan perusahaan yah mbak. Kalau "dikerjain" sih mungkin disuruh masuk sementara yang lain libur hehehe

      Hapus
  21. Sempet bikin itinerary gitu nggak mbak mengenai persiapan barang bawaan dan destinasi wisata secara detil? kayaknya perlu bikin kalo bawa si kecil biar nggak kaget dengan hal-hal di luar rencana. hehe.

    Saya nggak ada saran tempat wisata di jatim karena jarang banget ke sana dan baru dua kali kalo ga salah ke jatim, itu pun sebentar banget karena kondangan ke tempat temen dan besoknya harus balik ngantor :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah bikin list barang bawaan gitu sih. Kayaknya perlu ya biar nggak lupa :D
      Kalau rencana tujuan wisata, suka bikin :)

      Hapus
  22. Huah, sudah punya kalender liburan 2019.
    Banyuwangi ini rencana pengen kesana September nanti. Semoga cuaca sudah membaik.

    BalasHapus
  23. I feel you, mba. Hehe. Kalau bisa pergi berua tanpa rasa berdosa tinggalin anaknitu ga mungkin. Liburannya panjang juga ya.

    BalasHapus
  24. Mumpung anaknya baru 1, banyakin jalan-jalannya ya Ven hehe... Enjoooy

    BalasHapus

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)