Minum Susu Hamil

Postingan ini tidak mempromosikan merk susu hamil tertentu

Based on true story

Behind the "drama"

"Ibu... diminum susunya dong Ibu... Ibu nih lebih sayang kerjaan ya daripada janinnya. Tulang janinya halus banget loh ibuuu belum terlihat jelas, seharusnya di bulan kesekian mulai jelas."

Kira-kira begitu saran dokter yang ceriwis itu menasehati akuh yang masuk trimester kedua. Aku pun berdalih "Saya bingung dokter, minumnya kalo bareng vitamin kan manfaat vitaminnya bakal hilang."

"Ibuuuuuuu satu hari kan 24 jam ibuuuuuuuuu masa gitu aja bingung. Kalo Ibu minum susu sekali saja, gizinya hanya untuk ibu seorang, bayinya ngga dapet." 

Terus bu dokter mulai bahas berat badan. Terbukti mungkin manfaat susu hanya mengalir ke aku aja. HVFT

Ya gimana dong aku begah bener kalo malem-malem minum susu hiks hiks
Kalo ga makan nasi, minum susu doang, malem-malem laper. *mulai frustasi*


Persoalan

Untuk calon ibu yang sedang hamil muda dan mengalami rasa mual duluan, eneg membayangankan aroma susu tersebut, cuma doyan susu uht dan sebangsanya. Aku kasih saran untuk mencoba susu mulai dari harga dan merk yang termahal, karena harga ngga bisa bohong eaaa hahaha


Pengalaman pertama

Aku beli susu hamil buy one get one. Dokter tidak menyarankan merk tertentu, temenku yang dokter dan sedang hamil pun tidak menyarankan merk tertentu. Oke. Ku coba beli lovamil, yang ternyata produsennya masih satu atap dengan Kalbe. Awal minggu pertama kehamilan, minum susu ini seperti minum milo. Rasa manisnya ya gitu, masih enak aja. Setelah kehamilan 7 minggu, minum susu ini rasanya bertolak-belakang dengan awal kehamilan. Eneg banget, dari aromanya, rasanya. Bener-bener beda b a n g e t.

Aku berhenti minum susu, kurang lebih dua minggu. Berhubung aku doyan susu frisian flag low fat, akhirnya ku putuskan beli frisian flag mama. Alhamdulillah rasanya pas banget di lidah. Tapi susu ini masih jarang beredar di minimarket dekat rumah jadi harus cari alternatif lain saat habis.

Ketiga aku coba merk lactamil, rasanya lumayan tapi masih belum cocok karena terbayang rasa susu lovamil yang pertama kali ku coba. Manisnya masih bikin eneg sedikit.

Keempat, aku coba merk prenagen. Harganya hampir lima puluh ribu, padahal masih dari Kalbe. Tapi harga memang ngga bohong ya, minum susu ini rasanya enak-enak aja. Walaupun kalo udah dingin eneg gitu untuk menghabiskannya. 

So far, aku masih pilih frisian flag mama karena rasanya bener-bener pas di lidah dan ngga terbayang rasa manis susu yang pertama kali dicoba.

Fyuh


Tips

Belajar dari kesalahan memulai minum susu. Aku sarankan pertama kali beli susu yang pasti pasti aja. Jangan tergiur promo, karena awal minum susu membentuk mindset tersendiri dalam otak kita saat coba-coba susu yang lain. Kalo diawali dengan yang enak kan seterusnya mindset yang terbentuk, minum susu hamil itu enak kok! Itu berdasarkan pengalaman ku yang dari awal sekedar coba-coba beli susu tanpa memikirkan efek setelahnya hehehe

So far, aku selalu minum susu rasa coklat dan vanila, terus penasaran sama rasa mocha dan strawberry yang pernah ku lihat di toko online tapi belum ku beli hahahaha

Sekian dulu sharingnya, semoga bermanfaat untuk pembaca yang sedang cari-cari referensi susu hamil :)

Kalo ada tips-tips minum susu hamil lainnya boleh banget dibagi yah!

14 komentar:

  1. Balasan
    1. belum coba yg rasa mocha & strawberry kang hahaha

      Hapus
  2. SGM aja *padahal karyawan Kalbe, wkkk
    Ya itu selera sih kalau soal rasa, dan harga emang ga bohong, wkkk..
    Dulu Ibun ga sering-sering amat atau bisa dibilang ga minum susu selama hamil *yang rutin*, itu karena Ibun makannya bagus sih, dalam arti makanan 4 sehatnya tuh iya banget. terutama dia doyan sayur, sayur bening apalagi. bisa makan semangkok sendiri digadoin tak bersisa dan alhamdulilahnya jadi bagus ke debay dalem perut.

    Klo gak suka minum susu, berarti dikau kudu makan dengan gizi yang bagus buat bumil. Cukup dari makanan kok klo bener dan dikau terbebas dari susu. wohohoho
    *seinget eug klo soal kalsium ada tambahan dari dokternya di trisemester kedua

    mangats bumils!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya bapak uun, suka males emang nih masak yg bergizi wkkk

      Hapus
  3. Penting jaga bodi lho, bumil, buat calon debaynya. Aku dulu suka maksa adik aku untuk minum susu saat dia hamil.
    Memang kadang kondisi orang hamil malas makan ya, kudu dipaksa atuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak tite, kalo ga dipaksa kasihan janinnya yah

      Hapus
  4. saya malah pernah ikut seminar yang malah melarang ibu hamil minum susu... hiks...

    BalasHapus
  5. nah ini aku belum punya pengalaman mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha buat pengetahuan nanti kalo udah punya seseorang yah koh :D

      Hapus
  6. Kalo ei waktu hamil malah ada dokter yg bilang ga mesti susu khusus ibu hamil, yg penting minum susu. Jad ya minum ultra UHT plain aja ...

    BalasHapus
  7. Duh, bingung juga balesnya. Belum pernah hamil soalnya 😂😂😂

    BalasHapus
  8. Aku dulu minumnya susu biasa, susu hamil berasa eneg entah kenapa hihi..

    BalasHapus
  9. Aku juga suka eneg kl yg vanilla mb. Sukanya coklat, dan sejauh ini merk apapun oke. Tergantung mindset, kl pengalamanku hamil kmren ini, hehe. Tapi dasarnya ga terlalu doyan sih. Jadi mesti abis pas anget2.

    BalasHapus

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)