Bikin KK (Kartu Keluarga) di Cibinong [GRATIS]

by - Februari 01, 2018

Ehm,

sebagai pengantin baru yang butuh kejelasan selain buku nikah, beberapa minggu setelah menikah saya sibuk urus si KK.


PERTAMA

Sebelumnya kita perlu surat keterangan pindah domisili dari tempat KTP kita dibuat. Surat keterangan ini dibuat di Kecamatan masing-masing dengan surat pengantar dari RT, RW, lurah, setempat. Ini diurus oleh ayah dan kakak suami saya. Perlu diketahui, surat keterangan pindah domisili dari tempat asal KTP ini ada masa berlakunya lho tapi hal ini tidak menjadi perhatian khusus oleh pegawai setempat hahaha..


KEDUA

1 November 2017, saya datang ke Disdukcapil untuk menyerahkan surat keterangan pindah domisili, besoknya ayah saya menerima surat keterangan pindah datang. Jadi ke Disdukcapil ini bisa diwakilkan.



KETIGA

7 November 2017 kira-kira jam setengah sembilan, saya pun datang ke kelurahan dengan membawa surat keterangan pindah datang dari Disdukcapil, buku nikah, KK lama punya saya aja, dan KTP. Petugas meminta saya untuk mengisi formulir yang lebar gitu dan melengkapi dokumen foto, KK lama suami, surat keterangan bekerja di perusahaan, dan lain-lain. Jadi hari itu belum kelar urusannya saudara-saudara.


Persyaratan KK
28 November 2017, baru ada waktu lagi eaaa alesan. Dokumen lengkap pun dibawa dan diminta untuk difotokopi. Setelah menerima surat pengantar dari kelurahan yang lupa saya foto, petugas memberitahu untuk menyerahkan berkas ke kecamatan besok saja karena jam sepuluh penerimaan berkas di Kecamatan sudah tutup. Oke sip urusan ini masih belum selesai.


TERAKHIR

14 Desember 2017, curi-curi waktu lagi untuk ke kecamatan. Kalo berkas kita lengkap, setelah berkas kita simpan di baki, tak berapa lama nama suami kita dipanggil dan kita akan menerima tanda terima pengambilan KK yang sudah jadi.




Seperti itu kira-kira perjalanan panjang proses bikin Kartu Keluarga di Kabupaten Bogor, Kecamatan Cibinong, tanpa bantuan calo. Semoga bermanfaat !

Pembuatan KK di Kota Bogor bisa di cek di sini yah! Kartu Keluarga di Kota Bogor   

You May Also Like

22 komentar

  1. Teeeh kita bisa saling link nihh. Aku juga ada artikel soal bikin KK di Bogor hihi.

    BalasHapus
  2. Ribet ini, birokrasi di Indonesia gak bisa sehari jadi, huhu

    BalasHapus
  3. KK ku udah 6 tahun ternyata belum terdaftar di ducapil

    BalasHapus
  4. Iya skrg enaaak gampang dan cpat kalau kota bogor. Dekat lagi dari rumah #eh

    BalasHapus
  5. Bikin KK asal ada duitnya cepet haha

    BalasHapus
  6. ngurusin dokumen2 kayak gini itu mesti dipaksain ya biar tenang ...
    biasanya suka males, pas butuh baru deh ribet hehehe ...

    BalasHapus
  7. Cukup simple menurut saya tahapannya mbak gioveny hihihi

    BalasHapus
  8. Keren, emang Gratis bikin kartu keluarga

    BalasHapus
  9. Buat surat pindah datang di disdukcdiad bogor apa saja syaratnya ?
    Terima kasih

    BalasHapus
  10. Di disdukcapil antri lama gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak kok. Aku langsung hampiri loket petugas aja, nanti diberitau kapan berkas jadi

      Hapus
  11. Mba ngambil kk harus sesuai jam nya? Kan disitu ditulis jam 1siang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak. Aku minta tolong orang lain untuk ambil sesuai jam

      Hapus

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)