Langsung ke konten utama

Kasepuhan Cipta Gelar

jalur setelah pelabuhan ratu

Semesta mendukung perjalanan kami kesana. Perbekalan yang cukup mengiringi langkah kami. Kasepuhan Cipta Gelar yg terletak di kawasan taman nasional gunung halimun memberikan nuansa tersendiri dihati para pengunjungnya termasuk saya. Boleh dibilang jatuh cinta, demikian pesona cipta gelar membuat saya tertarik untuk kembali. Perjalanan yang kami tempuh seharian penuh sejak pagi hari dari asrama kampus dengan mengendarai empat sepeda motor. Kami berangkat dengan penuh semangat sampai akhirnya menempuh akses yg tak terduga setelah melewati kasepuhan sinar resmi. Kasepuhan cipta gelar menyambut kami hangat pukul 23.00 WIB.

di depan imah gede

Jumat, 15 Mei 2015 adalah hari pertama kami menghirup udara pagi di Cipta Gelar. Terima kasih untuk Pak Ukar dan Pak Upar yang menyambut kami dengan sangat baik semalam. Pakaian-pakaian, alas kaki, dan jas hujan kotor dicuci. Beberapa anjing terlihat berkejaran pagi itu, mereka memang tidak menggigit kami, tapi mereka menggigit dan menyembunyikan alas kaki di kolong rumah panggung. Oh iya, kami beristirahat di imah gede yang berbentuk L. rumah ini nyambung dengan rumah keluarga abah dan dapur yang selalu ngebul. Kami berkeliling melihat-lihat kegiatan masyarakat kasepuhan Cipta Gelar hari itu ditemani seorang kakek yang aku lupa namanya hahaha

pocong-pocongan

Laki-laki disana selalu mengenakan ikat kepala dan perempuannya mengenakan kain bawahan. Kami diajak mengamati kegiatan masyarakat memanen padi dan membuat pocong-pocongan dari padi yang telah menguning. Aku memilih memberi makan kambing saja. Aki pun mengajak kami ke rumah pohon untuk melihat pemandangan dari atas. Setelah itu kami melihat banyak lumbung padi yang bersebelahan dengan bilik-bilik pemandian umum, pemandangannya bagus deh! lumbung-lumbung yang bernama 'leuit' berjajar rapi dan sedap dipandang. Kami pun berkunjung ke rumah seorang warga kasepuhan cipta gelar yang membuat aksesoris gelang dan cincin dari bahan alami. Sore harinya kami mengunjungi tempat pembuatan kopi khas cipta gelar. Kopi dengan gula aren ini lebih enak dimakan gulanya saja bagi saya yang tidak terlalu cinta kopi :D
Kami menghabiskan malam di rumah Kang Yoyon yang hobi banget utak-atik alat musik, otomotif, dan barang-barang elektronik lainnya, kreatif deh!

fajar dan aki pembuat gelang

Malam ini berdatangan tamu-tamu abah yang lainnya, ada serombongan anak-anak sekolah dan tamu dari komunitas lain. Sepanjang malam kami terlelap diiringi musik dangdut. Bising memang tapi tetap saja aku nyenyaks :3
Esoknya, kami mempersiapkan diri lebih awal karena akan berhenti di pantai sekitar jalan pelabuhan ratu dan siang hari kami pun sampai di pantai Citepus. Perjalanan pulang dipilih melalui jalur utama karena khawatir si boncel tak kuat menempuh jalur alternatif.

abah dan kawan-kawan

Pelajaran hidup yang ku ambil selama disana adalah sama sekali nggak boleh membuang nasi. Masyarakat yang tinggal di wilayah kasepuhan cipta gelar sangat menghormati itu dan jika ada musibah yang datang, penyebabnya bisa berasal dari buang-buang nasi. Dari kecil memang sudah diajarkan untuk tidak membuang nasi, namun sekarang aku lebih menghargainya :)

pantai citepus

Posting Komentar

Popular

Bikin SIM di Cibinong

Proses pembuatan SIM di POLRES Bogor (Jl. Tegar Beriman, Cibinong) ternyata nggak sesulit yg dibayangkan, tingkat kesulitannya ada pada pengendara kendaraan bermotor itu sendiri. Mampukah si pengendara motor ini melalui prosedurnya?
23 Mei 2014 langsung dateng ke POLRES Bogor bersama Ayah dan Adik yg juga mau bikin SIM C. Jangan lupa membawa map untuk simpan berkas fotokopi KTP yah!

Lanjut ke loket pendaftaran SIM Baru, diarahkan untuk periksa kesehatan di wilayah POLRES juga, dengan biaya dua puluh ribu rupiah. Setelah selesai, menunggu di bagian uji praktek, lebih kurang jam sembilan pagi Pak Nandang memberikan arahan mengenai tata cara dan peraturan dalam ujian praktek. Harap memperhatikan peserta lain yg sedang uji praktek di lapangan ya!  Peserta bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan milik POLRES, perempuan mendapatkan kesempatan tiga kali dan laki-laki satu kali saja untuk penggunaan motor matic. Tes pertama adalah jalur putar balik (membentuk huruf U), kedua jalur zig…

Bikin SKCK di Gunung Putri

SKCK berlaku selama enam bulan, setelah enam bulan, jika masih diperlukan, Kamu bisa perpanjang. Hanya dengan membayar administrasi sebesar dua puluh lima ribu rupiah, bawa fotokopi KTP, SKCK yg akan diperpanjang, dan foto 4 x 6 sebanyak tiga lembar. Tak perlu berlama-lama SKCK kamu sudah jadi dehhh
Untuk pembuatan SKCK baru, Kamu bisa baca keterangan di gambar ya! jangan lupa bawa pulpen, bawa map juga boleh supaya berkas kamu rapi, minta formulirnya, dan langsung sidik jari sama petugas. Oh iya jangan lupa setelah jadi difotokopi dan dilegalisir, siapa tau kamu butuh salinannya.
Selamat membuat SKCK ;)
UPDATE
sekarang lebih mudah bikin skck dengan daftar di web ini
atau

Indonesia Peace and Security Center (IPSC), Sentul, West Java

IPSC merupakan kawasan yang menyatukan 7 (tujuh) lembaga, yaitu:
IPSC is an area that unites seven (7) institutions:

1. BNPT (Terrorism National Institution) 2. Standby Force  3. BNPB (Disaster Management Institution) 4. Universitas Pertahanan Indonesia (Indonesia Defense University) 5. Pusat Bahasa (National Language Center) 6. PMPP (Peacekeeping Mission Center) 7. Komite Olahraga Militer Nasional (Sports Committee of The National Military)

IPSC terletak di Jalan Anyar, Kecamatan Citeureup, Desa Tangkil, Bogor, Jawa Barat 16810. Dari Gunung Putri cukup mudah menempuh jalan kesana, secara umum gambaran letaknya bisa melalui arah Citeureup dan arah Jalan Raya Bogor.
IPSC is located in Jalan Anyar, Kecamatan Citeureup, Desa Tangkil, Bogor, Jawa Barat.
From Gunung Putri quite easy to go there, generally via Pasar Citeureup (Tradisional Market) and via Jalan Raya Bogor (Highroad).

1. Dari Pasar Citeureup, lurus terus sampai di daerah Nutug, ada pom bensin (pertama) di sebelah kanan dan minimarket, b…