Selasa, 01 Juli 2014

Bikin SIM di Cibinong

Proses pembuatan SIM di POLRES Bogor (Jl. Tegar Beriman, Cibinong) ternyata nggak sesulit yg dibayangkan, tingkat kesulitannya ada pada pengendara kendaraan bermotor itu sendiri. Mampukah si pengendara motor ini melalui prosedurnya?

23 Mei 2014 langsung dateng ke POLRES Bogor bersama Ayah dan Adik yg juga mau bikin SIM C. Jangan lupa membawa map untuk simpan berkas fotokopi KTP yah! 


Lanjut ke loket pendaftaran SIM Baru, diarahkan untuk periksa kesehatan di wilayah POLRES juga, dengan biaya dua puluh ribu rupiah. Setelah selesai, menunggu di bagian uji praktek, lebih kurang jam sembilan pagi Pak Nandang memberikan arahan mengenai tata cara dan peraturan dalam ujian praktek. Harap memperhatikan peserta lain yg sedang uji praktek di lapangan ya! 
Peserta bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan milik POLRES, perempuan mendapatkan kesempatan tiga kali dan laki-laki satu kali saja untuk penggunaan motor matic. Tes pertama adalah jalur putar balik (membentuk huruf U), kedua jalur zig zag, dan terakhir membentuk angka delapan. 





Kehadiran ku yang pertama gagal, mengulang lagi minggu depan dan setelah kehadiran ku yg ketiga, baru dinyatakan lulus! Alhamdulillah bisa lanjut ke uji teori saat itu juga.
Tempat ujian teori ramai, banyak yg mengulang ujian teori, hari sudah siang, dan kesempatan pertama ku gagal juga. Aku hanya memperoleh nilai 30 dari 30 soal yang diberikan. Dalam uji teori jangan berharap menemukan kertas dan alat tulis lainnya, karena disana kita hanya duduk dan menekan tombol jawaban A, B, atau C. Jangan menekan tombol pada menit-menit terakhir akan dimulai pergantian soal seperti Saya, karena jawaban Anda tidak akan diikutsertakan hahahaha #ups
Perhatikan juga setiap soal berakhir dan di menit-menit pergantiannya kunci jawaban akan muncul di bagian paling bawah soal.

Kehadiran Saya di ujian teori yang kedua pun membuahkan hasil, hikmah menjelang Ramadhan sepertinya XD
Setelah selesai ujian teori, Kamu diminta mengisi formulir lalu melakukan pembayaran sebesar seratus ribu rupiah saja. Setelah itu berkas Kamu berikan di loket 4 untuk kemudian foto SIM di loket 5. Sabar menunggu dan akhirnya SIM C pun jadi! 

Oh iya, masih ada biaya asuransi sebesar tiga puluh ribu rupiah. Setelah itu Kamu bisa berkendara dengan tenang :)
mudah kan? semua kemudahan ini bisa Kamu dapatkan jika sabar dan kuat bolak-balik kesana seperti Saya hehehe

Jangan lupa, jam buka loket pendaftaran itu hanya sampai jam sepuluh pagi. Hari Sabtu pun dilayani asal tidak lewat dari jam sepuluh pagi ya readers :)



Posting Komentar