HP yang Cocok untuk Game Berat: ASUS ROG Phone 8 Series

Main game di HP menjadi salah satu aktivitas yang bikin saya nyaman beberapa bulan ini. Terlebih lagi saat awal masuk murid-murid di sekolah,  game di HP yang menemani saya sambil menunggu anak keluar kelas. Game yang saya mainkan cukup mudah, bukan game tembak-menembak atau harus dimainkan dalam satu tim. Namun tampilan visualnya termasuk berat karena sering mengharuskan saya untuk update secara berkala dari playstore. Bila tidak diupdate, saya tidak bisa melanjutkan level game tersebut. Agak bikin candu memang, apalagi saat baru pertama kali install.

hp yang cocok untuk game berat
Sumber Gambar: AI

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya saya main game, saat masih sekolah saya sudah senang menghibur diri dengan main game di HP. Berlanjut di masa kuliah yang saat itu sedang hits main game di facebook menggunakan laptop dan sekarang pindah ke HP lagi. Lebih nyaman memang buat saya pribadi main game dari HP, tapi saya sering terkendala salah satunya karena kapasitas memori di HP saya yang tidak cukup sehingga gagal update game. Pernah saya punya pengalaman yang agak menjengkelkan saat HP lambat sekali memunculkan tampilan game dan saat sedang dimainkan tiba-tiba berhenti mendadak sehingga keluar otomatis dari permainan. 

Mobile gaming

Akhirnya saya pun mulai mencari HP yang cocok untuk game berat. ASUS ROG Phone 8 mencuri perhatian saya nih!. Series terbaru ASUS ROG Phone ini diklaim semakin mendukung aktivitas gamers bukan hanya sekadar untuk main game tapi lebih dari itu. HP ini ternyata dilengkapi dengan berbagai fitur yang memenuhi kebutuhan bukan hanya untuk para gamer, bisa untuk juga streamer dan content creator serta beragam profesi lainnya. Penasaran nggak sih sama spesifikasinya? 

ASUS ROG Phone 8
Sumber Gambar:
Sneak Peak ASUS ROG Phone
15 Maret 2024 


Kinerja HP Lebih Efisien, Lebih Cepat, dan Hemat Daya

ASUS ROG Phone 8 didukung prosesor Snapdragon® 8 Gen 3, 8533 Mbps LPDDR5X RAM, UFS 4.0 sehingga menghasilkan performa yang melampaui merek lain yang setara. ASUS ROG Phone 8 ini juga smartphone gaming pertama di dunia yang memiliki IP68. IP68 membuatnya tahan dari debu dan bisa bertahan dalam air di waktu yang lebih lama, sehingga bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Menarik nih, jadi bisa bikin konten bareng anakku yang senang berenang. Selain itu juga kadang HP menemaniku saat cuci piring dan menyiapkan bahan-bahan masakan, kecipratan air jadi nggak masalah ya kalau punya ASUS ROG Phone 8. Apalagi saat kehujanan dan HP ikutan basah. 

snapdragon

HP yang Dirancang untuk Semua Kebutuhan

ASUS ROG Phone 8 ini dirancang ulang menjadi perangkat premium yang futuristik sehingga lebih ramping dan ringan serta bezel yang lebih tipis. Cocok untuk semua kalangan tidak hanya untuk main game tapi juga bisa mendukung kebutuhan lainnya. Menjawab kebutuhan saya juga nih sebagai penikmat konten sekaligus kadang-kadang bikin kontennya. Begitupun anak saya yang lagi senang menikmati konten-konten dari para streamer game, terutama game minecraft dan roblox. Dia jadi termotivasi untuk bikin konten juga, apalagi melihat saya kadang merekam video untuk kemudian diedit dan diupload ke media sosial. Rasanya menyenangkan punya kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama dengan anak dan didukung suami.

Baca: Laptop ASUS

asus rog


Pro-Level Camera

ASUS ROG Phone 8 mempunyai sistem tiga kamera canggih dengan 50 MP utama yang menghasilkan gambar jernih, cocok nih untuk foto narsis dan foto makanan. Didukung pula 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, sehingga hasil video lebih halus dan stabil terhadap guncangan. Kamera ASUS ROG Phone 8 ini memungkinkan kita untuk mengambil foto di malam hari saat cahaya rendah. Dilengkapi juga dengan 32 MP telephoto dengan 3X optical zoom serta OIS sehingga bisa menangkap objek yang jauh dengan hasil tajam maksimal.

Food photography
Hasil Foto Makanan dengan Cahaya yang Redup di Sekitarnya
(Sumber Gambar: Techijau.com)

Teknologi OZO Audio pun memberikan pilihan untuk menghilangkan suara angin saat kita merekam video atau menangkap 3D Surround spatial audio dengan ketepatan tinggi.  .

Kamera ASUS

OIS dan algoritma perangkat lunak EIS pada kamera ASUS ROG Phone 8 juga telah ditingkatkan menggunakan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan. Penyesuaian gerakan dinamis ini memastikan video yang dihasilkan tetap stabil. Teknologi hyperclarity dari ASUS ROG Phone 8 juga memberi kita hasil gambar yang lebih jelas bahkan saat diperbesar 10-30x. 


kamera stabil

Kamera 13 MP ultrawide yang memiliki lensa bebas cocok untuk mengambil foto pemandangan atau di ruangan yang sempit, hasil fotonya pun tetap alami. Nah buat yang suka selfie seperti saya dan keluarga, kamera depannya juga didukung dengan 32 MP RGBW Ultrawide yang bisa menangkap lebih banyak cahaya sehingga hasil fotonya menjadi lebih bersih dan sedikit noise bahkan saat kondisi cahaya redup.

Camera ASUS ROG Phone 8
Sumber Gambar:
Mbak Rien (Travelerien)
Sneak Peak ASUS ROG Phone
15 Maret 2024

Semantic Search yang ada di aplikasi galeri ASUS ROG Phone 8 bisa menggunakan bahasa alami untuk pencarian foto lho. Misalnya saat kita ingin smartphone menunjukkan foto yang pernah kita ambil di lokasi tertentu, maka sistem akan menemukan foto yang paling sesuai dengan perintah kita. Rasanya jadi ingin cepat bawa pulang ASUS ROG Phone 8 ini ya. Bisa main game, bikin konten, sekaligus selfie, wah paket komplit!.

Foto malam hari
Hasil Foto Malam Hari
Sumber Gambar: Techijau.com

Ultra-Bright Display

ASUS ROG Phone 8 dilengkapi dengan layar AMOLED fleksibel 6.78”. Kita juga bisa memilih kecepatan refresh hingga 165 Hz supaya main game lebih lancar dan kecepatan sentuhan mencapai 720 Hz sehingga responnya instan. Tingkat kecerahan layarnya pun ditingkatkan hingga 2500 nits. Hal ini memungkinkan kita main game atau nonton film bahkan di bawah sinar matahari langsung tanpa masalah. Akurasi warnanya, yaitu Delta-E <1 menghasilkan visual yang luar biasa. Bezel ultra tipis dengan panel yang dilindungi oleh Gorilla® Glass Victus™2 untuk meningkatkan daya tahan ASUS ROG Phone 8. Visualisasi yang luar biasa juga ada dalam kolaborasi dengan Pixelworks® untuk akurasi warna terbaik yang dihasilkan ASUS ROG Phone 8. Ponsel ini paham betul ya hiburan ibu-ibu seperti saya selain main game ya tentu nonton film juga. Pekerjaan rumah selesai, me-time jadi makin asik deh pake ROG Phone satu ini. 

ASUS ROG Phone 8

Fitur yang Semakin Disempurnakan AI

Teknologi AI Pattern Recognition mendukung lebih banyak fitur canggih pada ASUS ROG Phone 8. Terdapat X-Sense 2.0 yang secara otomatis mengumpulkan item pada game, melanjutkan percakapan dengan gamer lain, dan meningkatkan kemungkinan untuk mengendalikan game. Fitur X-Capture merekam semua momen dalam game secara otomatis seperti saat melumpuhkan musuh atau menang dalam permainan. Selain itu, ada AI Grabber menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition yang bisa mengidentifikasi kata kunci dalam sebuah percakapan di game yang sedang kita mainkan. Kita dengan mudah bisa menyalin konten percakapan tersebut untuk  pencarian online saat memerlukan beberapa tips. Misalnya saat menemukan kesulitan dalam sebuah level seperti yang pernah saya alami, nah dengan ASUS ROG Phone 8 ini kita bisa dengan mudah mencari solusinya.


Untuk Audio dilengkapi dengan AI Noise Cancellation sehingga kebisingan suara yang tidak diinginkan bisa langsung dihilangkan agar suara kita tetap terdengar jernih. Ditambah lagi fitur background mode yang bisa membuat gamer melanjutkan misi tanpa khawatir sistem terjeda dan mati. Wah ini sih momen menjengkelkan yang pernah saya alami juga. Lagi asik main game eh aplikasinya tiba-tiba berhenti gitu aja atau bahkan freeze dalam waktu tertentu sehingga harus ulangi levelnya dari awal. Kalo pake ROG Phone sih aman banget ya main gamenya!.

audio

AniMe Vision

AniMe Vision adalah fitur pencahayaan pada layar sekunder eksklusif mini-LED yang terletak di bagian belakang ASUS ROG Phone 8 yang bisa diprogram dengan 341 LED. Fitur ini menampilkan animasi atau dengan pencahayaan yang sama sekali tidak terlihat saat tidak digunakan, sehingga kita bisa menjadikannya senyap atau senyaman mungkin yang kita inginkan.

Banyak ya fitur dari ASUS ROG Phone 8 yang bikin nyaman untuk main game. Dilengkapi dengan tenaga AI, desain premium lebih tipis hingga 15% dari generasi sebelumnya, dan mengutamakan kepraktisan untuk kita gunakan sehari-hari. Seri ROG Phone terbaru ini lebih dari sekadar ponsel biasa, karena berkomitmen memberikan pengalaman saat menggunakannya yang tidak biasa, terutama bagi penikmat mobile gaming.


camera


Tak hanya desain yang estetik tapi juga berfungsi maksimal dengan didukung oleh desain Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang merupakan bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8. Desain ini akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang sehingga memungkinkan sesi gaming maraton tanpa panas berlebih. Biasanya HP kan gampang panas tuh ya kalau dipake untuk main game dalam waktu yang lama dengan sedikit jeda, nah pake ASUS ROG Phone 8 bisa makin nyaman mainnya.  Ada pendingin clip-on AeroActive Cooler X yang terbaru juga dengan ukuran 29% lebih kecil namun memberikan efisiensi termal 1,2X lebih tinggi, sehingga bisa mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C.

Thermal in mobile


Bener-bener HP idaman sih ini ya. Fiturnya lengkap, teknologi pendukungnya nggak bikin HP cepet panas dan lemot. Tipis, ringan, kena air nggak masalah. Wah ada yang mau langsung ganti jadi ASUS ROG Phone 8 nggak nih?! 

Harga ROG Phone
Sumber Gambar: Mbak Rien (Travelerien)
Launching ROG 8 pada 20 Maret 2024


Berikut ini adalah harga dan ketersediaan ROG Phone 8 yang launching di tanggal 20 Maret 2024 di FX Senayan, Jakarta:

  1. ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000
  2. ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000
  3. ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000
  4. ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000

Ada promo terbatas juga lho untuk ROG Phone 8 series ini! 

First Sale Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. 

Promo berlaku mulai tanggal 20 Maret hingga 30 April 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online. Online  ada di Eraspace, Tokopedia,  Blibli dan Asus Online Store. Untuk offline tersedia di Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

Consumer Launch Sales Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024. Jangan sampai kehabisan stok unitnya ya!


Sneak peak ASUS ROG Phone 8
Sumber Gambar:
Sneak Peek ROG Phone 8.
 15 Maret 2024
Foto Bersama Mobile Phone Product Marketing ASUS Indonesia, Senior Business Development Qualcomm Indonesia, Branch Sales & Marketing Manager ASUS Indonesia.


"Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien


 



27 Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

  1. Owh sekarang hp ASUS sudah ada pendinginnya ya. Jadi nggak mudah overheat ya ka. Bisa makin puas main game nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya semua HP memang ada pendinginnya kak. Nah ASUS ROG Phone 8 ini punya teknologi canggih yg bikin makin asik main game, bikin konten, termasuk ambil foto.

      Hapus
  2. Produk-produk ASUS memang selalu update dan sesuai spek yang dibutuhkan pengguna. Teknologinya juga semakin canggih. ASUS ROG Phone 8 memang wajib dimiliki para gamers.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, tadinya aku juga cuma tau laptop dan hp biasa. Sekarang jadi makin menjawab kebutuhan yg lainnya

      Hapus
  3. Manteb banget ya Asus ini. Bener2 selalu bikin produk yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Nggak hanya buat komputasi aja. Tapi buat nge-game pun juga bisa.

    BalasHapus
  4. Kebalikannya kak aku malah nggak suka game 🙈 Tapi kalau Hp-nya Asus ROG Phone 8 sih mau banget, hehe. Lebih ramping dan ringan, nyaman digunakan dan dibawanya. Terbaik memang Asus ini 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati-hati mbak sekali main game bisa ketagihan hahahahahaha

      Hapus
  5. Wah keren nih Asus ROG Phone 8. Paket komplit deh, cukup satu hp tapi bisa dibuat apa saja. Mulai dari game hingga bikin content. Desainnya juga ramping dan ringan jadi mudah dibawa kemana saja.

    BalasHapus
  6. Jika berbicara tentang HP Gaming, pasti Asus ROG jadi pilihan pertama para gamers. Penggunaan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan itu, benar-benar ngaruh banget. Game berat sekalipun bisa dimaikan tanpa adanya nge lag.

    BalasHapus
  7. Kece banget emang HP satu ini yaaa, suamiku hobby main game, dan adiku juga sama, hobby main game juga, cita citanya pasti beli hp ini hihihi, katanya enak buat main game, walaupun game berat nggak akang ngelag hihi

    BalasHapus
  8. Impian banget ini punya ponsel keren dan bisa buat foto kece juga. Karena biasanya ponsel gaming rata2 kameranya masih standar banget

    BalasHapus
  9. Jadi ikutan mupeng nih sama Asus ROG Phone 8, performanya lengkap banget. Bukan hanya untuk kebutuhan bermain game namun juga mendukung berbagai pekerjaan yang multitasking. Buat mengambil gambar pun keren hasilnya. Asus memang selalu mencuri perhatian.

    BalasHapus
  10. Walaupun bukan gamer tapi saya suka handphone ASUS ROG Phone 8 ini karena banyak fitur unggulannya sih. Suka banget dengan hasil foto dari kameranya yang oke banget.

    BalasHapus
  11. Aduh ini ponsel idamanku yang baru. Wlopun bukan gamers, tapinya pasti cocok untuk para konten kreator kayak kita ya. Canggih semuanya. Spek, tampang, dan teknologinya mantap-mantap. Semoga bisa kebeli deh ROG Phone 8 ini. :D

    BalasHapus
  12. Aku naksir banget sama Asus ROG Phone 8 ini, fitur-fitur nya mumpuni banget buat Content Creator seperti aku, semoga nanti bisa punya 1 😁

    BalasHapus
  13. ngegame pake ASUS ROG phone ini mah ga bakal kalah gara2 ngelag ya mba, apalagi hasil fotonya bagus jadi nggak cuma buat ngegame aja

    BalasHapus
  14. Selalu terpana sama produk ASUS karena sering banget ya keluarin produk ok ditambah ASUS ROG Phone 8 ini, dari luarnya juga udah keliatan gahar banget pas buat gamers.

    BalasHapus
  15. kepincut deh sama ROG Phone 8 ini
    speknya yang tangguh, apalagi si kameranya ini punya 3 modul yang ciamik buat pepotoan maupun video-an

    BalasHapus
  16. Waduh, anakku yang cowok kayakany gak boleh lihat ini hahaha, bisa mupeng dia. Karena dia suka lomba-loma game gitu, dan ini specnya cakep banget yaaa

    BalasHapus
  17. Aaaakkk baca spek kamera yg udh bergimbal di ASUS ROG Phone 8 jadi mupeng beliii, pengen pantengin tgl 20 nanti ah, harganya...

    BalasHapus
  18. Iya nih, anakku aku kasih lungsuran HP ku juga sambat karena ga bisa satset kalo main games online. Rasanya ingin sekali punya ASUS ROG Phone 8 Series. Bukan hanya untuk main games tentunya yaa.. Tapi bisa mendukung potensi sebagai content creator juga.

    BalasHapus
  19. Naksir HP-nya juga, terus terang gak buat ngegame tapi streaming drakor #eh. Selain itu tentu saja kameranya yang keren membuat kepengen untuk hunting foto maupun video donk dan pastinya kalau dipakai buat ngedit video atau gambar gak akan ngelag yaa.

    BalasHapus
  20. Saya juga hobi banget main game saat masih sekolah hingga kuliah. Cuma yai itu kendalanya di hp yang terbatas RAM dan memori. Saya jadi kepikiran mau merekomendasikan ASUS ROG Phone 8 ke sepupu saya. Kebetulan dia memang gamers. Jadi pasti cocok deh pake Asus terbaru ini

    BalasHapus
  21. wah keren sih ini gaming phone nya.. ROG memang spesialisasi hp gaming ya.. tapi yg launching kemarin lebih stylish dan ramping, jadi untuk lifestyle juga oke..

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama