Bacaan Sholat 5 Waktu: Iftitah dan Artinya

 

Bacaan Sholat 5 Waktu

Ilustrasi membaca doa iftitah ( Pinteres ) 


INDOZONE - Saat menunaikan sholat 5 waktu, Nabi Muhammad SAW menyampaikan kepada umat Islam untuk mengamalkan bacaan sholat 5 waktu, iftitah adalah salah satu bacaan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Sumber artikel ini berasal dari website indozone.

Secara harfiah iftitah memiliki arti pembukaan, maka bacalah antara takbiratul ihram dan taawuz serta sebelum membaca surat Al Fatihah. Hukum membaca bacaan iftitah merupakan sunnah bagi yang melaksanakan tetapi jika tidak dibaca juga tidak mendapat dosa. Melafalkan bacaan iftitah akan mendapatkan beberapa keutamaan selain mendapat pahala yaitu dibukakan pintu-pintu surga dan mendapatkan ampunan darii Allah SWT.


Bacaan Iftitah Latin


Ilustrasi membaca doa iftitah ( Pinterest )

Untuk lebih menyempurnakan sholat dianjurkan untuk membaca bacaan iftitah walaupun tidak termasuk kedalam rukun sholat. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Hakim berikut: 

"Salat seseorang tidak sempurna hingga ia bertakbir memuji Allah dan menyanjungnya kemudian membaca bacaan Al Quran yang mudah baginya." (HR. Abu Daud dan Hakim).

Bacaan iftitah latin dalam Bahasa Indonesia yang lengkap dengan artinya sebagai berikut:

“Allaahu akbar kabiraa walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhaanallaahi bukratan wa'ashiilaa. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wa maa anaa minal musyrikiin. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil 'aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.” 

Artinya: "Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.

Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tiada satupun sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim."

Bacaan Iftitah Muhammadiyah

berdoa

Ilustrasi membaca bacaan Iftitah Muhammadiyah ( Pinterest )

Bacaan iftitah memiliki beberapa bentuk, salah satunya bacaan iftitah Muhammadiyah sebagai berikut: 

“Allahumma ba'id bainiy wa baina khotoyaaya kamaa baa'idta bainalmasyriqi walmaghribi. Allahumma naqqiiniy min khotoyaaya kamaa yunaqqii tsaubul abyadu minnad danasi. Allahummaghsilniyy min khotoyaaya bistalji wal maai wal barodi.” 

Artinya: "Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah bersihkan (sucikan) dariku kesalahanku sebagaimana Engkau bersihkan (sucikan) baju yang putih dari kotoran. Ya Allah cucilah (bersihkanlah) aku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air, dan embun."

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan bacaan Iftitah latin bahasa Indonesia yang benar lengkap dengan artinya. Semoga bermanfaat!


Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama