Kekurangan Kalsium dan Bahayanya Bagi Tubuh

Tubuh kita memerlukan berbagai asupan nutrisi penting agar terjaga kesehatannya. Jika salah satu kebutuhan nutrisi bagi tubuh tidak terpenuhi, bisa membahayakan aktivitas sehari-hari. Terutama selama masa pertumbuhan, mulai dari sejak dalam kandungan salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai ibu hamil kekurangan kalsium. Kalsium memang berperan penting dalam pembentukan tulang pada janin selama masih dalam kandungan. Tak hanya untuk ibu hamil saja, tapi hingga usia senja kalsium menjadi salah satu mineral utama yang dibutuhkan oleh tubuh.

Fungsi Kalsium

Kalsium

Fungsi kalsium ternyata tidak hanya baik untuk tulang lho tapi juga untuk kesehatan gigi, menjaga kesehatan jantung, melancarkan aliran darah, menjaga kesehatan otot, serta menjaga kesehatan sistem syaraf. Dikutip dari Jurnal Unej, disebutkan bahwa asupan kalsium yang baik membuat tulang dan gigi menjadi kuat dan tumbuh normal. Ibu hamil dan menyusui yang mengkonsumsi cukup kalsium membuat anak-anaknya mempunyai gigi dan tulang yang sehat. Otot, otak, dan sistem syaraf juga dapat berfungsi optimal jika kebutuhan kalsium terpenuhi. Dalam artikel detik health juga dikatakan bahwa kalsium memiliki fungsi yang penting bagi organ jantung yaitu membantu mengatur kecepatan kontraksi sel alat pacu jantung, memberi sinyal bagi otot untuk berkontraksi serta memberitahu jantung seberapa kuat harus kontraksi. Kekurangan kalsium bisa memicu serangan jantung mendadak.

Bahaya Kekurangan Kalsium

osteoporosis

Kekurangan kalsium menyebabkan pengeroposan pada tulang atau disebut osteoporosis. Sebagian besar orang yang terkena osteoporosis adalah orang lanjut usia, tapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada usia muda. Orang-orang yang mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan tertentu juga rentan mengalami osteoporosis. Semakin bertambah usia, risiko terkena osteoporosis semakin tinggi. 

Dikutip dari halodoc, disebutkan bahwa tidak tercukupinya kalsium dalam tubuh juga bisa menyebabkan seseorang mengalami gejala, seperti nyeri otot, kram otot, tangan kesemutan, dan pada keadaan yang parah bisa menyebabkan kejang. Alodokter juga menyebutkan pada beberapa kasus, anak penderita rakitis juga kekurangan kadar kalsium dalam darah (hipokalsemia) yang membuat gejala rakitis semakin buruk dan menyebabkan kram otot juga kesemutan di tungkai. Kesehatan tulang memang benar-benar penting untuk diperhatikan untuk mencegah perkembangan kanker tulang. Kalsium merupakan salah satu zat yang paling dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

kanker tulang

Sumber Nutrisi untuk Mencegah Kekurangan Kalsium

kebutuhan kalsium

Kebutuhan kalsium setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia dan pada orang dewasa jenis kelamin juga mempengaruhinya. Banyak sumber nutrisi yang bisa diperoleh dengan mudah untuk mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Ada juga sumber kalsium alternatif bagi penderita intoleransi laktosa, karena kalsium tidak hanya diperoleh dari susu saja.

  1. Tempe
  2. Sayuran hijau
  3. Ikan
  4. Susu almond dan kedelai
  5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

sumber kalsium


Bagi pembaca yang memiliki kekhawatiran kebutuhan kalsium dalam tubuh belum terpenuhi, tenang aja! karena sekarang ada suplemen kalsium terbaik yang bisa mencukupi kebutuhan kalsium harianmu. Suplemen ini membantu menjaga kesehatan tulang kita, kandungan di dalamnya nggak hanya kalsium aja lho tapi ada vitamin C, D, dan B6. Suplemen kalsium, Caltrax, ini beda dari biasanya karena hadir dengan kandungan kalsium susu dan menjadi yang pertama serta satu-satunya di Indonesia. 

Kalsium susu berasal dari susu sapi murni tanpa lemak, karbohidrat, dan protein, sehingga nggak bikin gemuk. Dalam kalsium susu juga terdapat juga elemen mineral kalsium dan fosfor yang jumlah rasionya sama dengan rasio kalsium dan fosfor pada tulang asli manusia, sehingga mudah diserap dan memegang peranan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Harganya cukup terjangkau deh dan bisa dibeli lewat shopee, tokopedia, maupun situs resminya. Jangan sampai terabaikan ya kesehatan tulang kita, cukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh mulai sekarang!

suplemen kalsium


 


Referensi:
  1. Kurang Kalsium Bisa Picu Serangan Jantung Mendadak (https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-2039084/kurang-kalsium-bisa-picu-serangan-jantung-mendadak.)
  2. Ini 6 Hal Terbaru yang Perlu Diketahui tentang Kanker Tulang https://www.halodoc.com/artikel/ini-6-hal-terbaru-yang-perlu-diketahui-tentang-kanker-tulang
  3. Rakitis (https://www.alodokter.com/rakitis)
  4. Nyeri Otot Tak Kunjung Sembuh Dapat Menjadi Gejala 6 Penyakit Ini https://www.halodoc.com/artikel/nyeri-otot-tak-kunjung-sembuh-dapat-menjadi-gejala-6-penyakit-ini
  5. Pengaruh Kalsium terhadap Tumbuh Kembang Geligi Anak https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STOMA/article/view/2074

Posting Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Lebih baru Lebih lama