Cara Bikin Email di HP

Surat elektronik alias electronic mail yang biasa disingkat menjadi email sudah tentu menjadi hal yang penting di zaman teknologi yang semakin canggih saat ini. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, segala sesuatu sebisa mungkin dilakukan secara online. Anak-anak sekolah melakukan pembelajaran melalui media zoom, Google classroom, email, WhatsApp group, dan sebagainya. Terlebih lagi pekerja kantoran yang menggunakan email tak hanya untuk kirim pesan antar pribadi tapi juga sharing file. Saya yang lagi seneng ikut webinar pun nggak mau ketinggalan. 

Email


Punya email banyak itu udah biasa untuk saya pribadi, mulai dari email alay pas awal-awal belajar bikin email, email profesional untuk menerima pekerjaan, email untuk daftar media sosial, sampai email untuk berjualan. Semuanya bisa diakses dengan mudah dalam satu genggaman. Email yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi surat elektronik (surel) adalah media mengirim pesan lewat jaringan internet. Lebih gampang, lebih cepat sampai, dibandingkan zaman sebelum ada jaringan internet yang mengharuskan kita mengirim surat lewat pos menggunakan perangko. 


Kirim email gratis, bikin emailnya pun gratis, biaya yang dikeluarkan hanya untuk kuota internet saja. Ada beberapa layanan email yang umum digunakan oleh sebagian besar orang. Salah satu alasannya mungkin karena bisa terhubung ke berbagai aplikasi dan situs lainnya. Bikin email gampang lewat hp, bisa bikin di gmail atau yahoo. Nyalakan koneksi internetmu, kita mulai bikin email di gmail ya!

Email


1. Pertama pasang aplikasi gmail dari play store di hp mu.

2. Perhatikan iconnya seperti di bawah ini ya. Aplikasinya bisa diatur menggunakan bahasa Indonesia juga, cara bikin email di bawah ini pake bahasa Inggris. Kurang lebih sama kok langkah-langkahnya.

Email


3. Selesai install klik create account.

4. Kita bisa membuat akun email untuk digunakan pribadi, bisa juga untuk mengelola bisnis.

5. Setelah itu ketik nama depan dan nama belakang. Kalau nama kamu lebih dari 4 kata, masukkan aja nama yang paling belakang.

6. Selanjutnya input jenis kelamin dan tanggal lahir, untuk usia anak-anak belum bisa punya email sendiri ya!

7. Langkah berikutnya kita bisa langsung pilih alamat email yang diinginkan, bisa sesuai keinginan juga dengan klik 'create your own gmail address'.

Email


9. Setelah memilih alamat email, kita langsung bikin passwordnya.

10. Kode verifikasi akan masuk ke hp kita & kita juga bisa menambahkan nomor hp kita.

11. Jangan lupa baca kebijakan privasinya ya lalu klik setuju. 

12. Alamat email pun sudah bisa digunakan & bisa langsung berkirim surat atau masuk ke berbagai aplikasi dan situs lain. Selamat menggunakan email dengan baik!


No comments:

Post a comment

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram