Cara Membersihkan Panci Gosong Hitam Berkerak

Panci yang biasa saya gunakan untuk masak mi instan ini berukuran kecil dan bukan bahan teflon. Panci biasa hadiah ulang tahun pernikahan dari sepupunya suami. Panci untuk merebus ini saya gunakan untuk memasak ayam kecap yang biasa saya masak hingga airnya habis dan kering sehingga menyerupai ayam bakar. Berhubung hanya empat potong kecil paha ayam maka saya gunakan panci satu ini, hasil akhir masakannya enak namun nasib buruk menimpa panci saya yang gosong, hitam, berkerak, sehingga sulit dibersihkan.

panci gosong hitam

Butuh sekitar dua minggu untuk menemukan cara yang tepat untuk membersihkan panci butut ini. Berdasarkan hasil pencarian Google, kita bisa menggunakan soda kue dan cuka dapur untuk membersihkan bekas gosongnya. Setelah saya rendam berhari-hari dan coba merebus air di panci gosong ini dengan harapan bakal ada pencerahan si keraknya mengelupas. Ternyata tidak berhasil sampai akhirnya mencoba dengan baking soda dan cuka dapur dengan tambahan sedikit air lalu direndam, dicoba direbus, namun hasilnya nihil. Hanya bisa digosok sedikit tapi tidak cukup membantu karena tidak sampai bersih dan mengelupas si kerak hitamnya. 


Sampai akhirnya dapet tips nih dari tetangga, dengan bahan-bahan yang gampang ditemukan di rumah. Pertama tuangkan cairan sabun cuci piring/sabun colek (saya pake keduanya), tuangkan juga minyak jelantah secukupnya, lalu tambahkan air hingga merendam kerak-kerak hitam bekas gosong. Nyalakan api dan rebus panci gosong tersebut hingga mendidih airnya, hati-hati jangan ditinggal dan harus tetap diawasi karena busanya bisa luber. Setelah bergolak airnya, matikan api dan diamkan hingga dingin. Kalo saya sih saya tinggal, pas udah dingin saya didihkan lagi airnya, lalu dibiarkan semalaman. Hasilnya bener-bener bikin hepi karena kerak-kerak digosok dengan sabut cuci piring gampang rontok. Namun karena masih ada kerak-kerak yang sulit dibersihkan, langkah-langkah sebelumnya saya ulangi lagi supaya semua keraknya luruh dan saya yakin panci saya kembali bisa dipakai dengan aman untuk masak apapun.



Cara satu ini bisa banget dicoba di rumah karena bahan-bahan untuk merendam panci pun gampang banget ditemukan dan biasanya tersedia di rumah. Masih ada bercak-bercak hitam sih memang, tapi so far so good untuk dipake masak lagi kok! Kalo dari awal saya tau, mungkin nggak perlu sampai dua minggu dan hampir putus asa terus mau beli baru. Nah bagi pembaca yang juga punya tips bermanfaat lainnya boleh banget dibagikan lho supaya ibu-ibu baru macam saya ini nggak kehilangan akal untuk menyiasati semua pekerjaan domestik yang tak jua habis hehehe


Oke deh. Semoga bermanfaat. Mohon maaf foto beforenya nggak ada, karena udah hopeless sih nggak tau kalo bakal selamet ini panci butut tapi sayang LOL


Anyway sekarang mau curhat harus mikir SEO ceunah biar gak jeblok DA PA bla bla bla


Should i run a new curhat blog? 


No comments:

Post a comment

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram