Online Blogger Gathering: Peduli Hutan Indonesia

Bersyukur sekali rasanya bisa terpilih di antara 30 orang blogger yang ikut memeriahkan online gathering bareng @bloggerperempuan dengan tema "Melestarikan Hutan Lewat Adopsi Hutan". Acaranya dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lho, masih inget nggak kapan terakhir kali temen-temen menyanyikan lagu ini? Suasana online gathering nya jadi khidmat banget deh. Kak @rianibram yang jadi pemandu acara ini pun bikin suasana makin semarak. Biasanya lihat di Televisi nasional aja ya kan, sekarang bisa online bareng.

hutan indonesia

Terselenggaranya event ini salah satunya dengan harapan bisa semakin menumbuhkan rasa cinta kita kepada Hutan Indonesia. Rasa cinta itu bisa dibuktikan secara nyata dengan adopsi hutan sehingga saling membantu berupa dana donasi. Dengan mengadopsi hutan, tentu saja kita ikut membantu orang-orang yang menjaga hutan dan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan. Sebelum sharing session dimulai pun kita diajak main games seru lho supaya lebih konsentrasi ya kan menyimak cerita-cerita dari para narasumber.

hutan Indonesia

Menjaga pohon-pohon di hutan agar fungsi ekologisnya terjaga ya salah satunya dengan adopsi hutan karena melalui pohon asuh ini, kita bisa membantu masyarakat adat dan lokal agar hutan terlindungi dari deforestasi.  Dengan pohon asuh, hutan tetap terjaga, masyarakat bisa menjaga kawasan hutan, dan kesejahteraannya pun meningkat. Hutan Indonesia memang sedang tidak baik-baik saja terlebih lagi di masa pandemi sekarang ini yang dimanfaatkan oleh para perambah liar saat petugas dan penjaga hutan lengah karena fokus mengatasi virus corona, hutan-hutan di Bogor yang seharusnya menjadi daerah resapan air berubah menjadi penginapan, dan masih banyak lagi kerusakan lainnya. Dengan cara berbagi inilah kita setidaknya sudah berbuat sesuatu untuk hutan Indonesia. 

Mas Irham Hudaya dari @leuserconservationforum juga bercerita tentang Hutan Leuseur di Aceh dan berbagai ancaman-ancaman yang dihadapi seperti illegal logging. Keanekaragaman hayatinya yang beranekaragam menjadikan Kawasan Ekosistem Leuser sebagai kawasan penyangga TN Gunung Leuser yang menjadi salah satu warisan dunia UNESCO. Disana juga ada Stasiun penelitian Soraya yang menjadi salah satu tempat penelitian keanekaragaman hayati flora dan fauna yang dilindungi. Stasiun Soraya juga memiliki potensi ekowisata yang beragam lho seperti kegiatan menelusuri hutan, arung jeram atau rafting di sungai Alas, selain itu kita juga bisa berkunjung ke titik-titik air terjun di sekitar Stasiun Soraya.

stasiun soraya

Kak @satyawinnie pun mengajak kami jalan-jalan virtual ke Desa Ketambe, salah satu wilayah di Aceh Tenggara yang menghadirkan paket komplit untuk berwisata alam mulai dari air panas, juga flora, dan faunanya yang beranekaragam. Ketambe merupakan alternatif untuk masuk ke Taman Nasional Leuser. Menuju Ketambe juga lebih mudah dari Medan atau Kutacane, sebuah kota dekat ke Ketambe. Desa Ketambe ini cakupan wilayahnya tidak terlalu luas sehingga bisa dijelajahi dalam waktu yang singkat.

desa ketambe

Pengalaman online gathering kali ini begitu berharga untuk saya karena lebih membuka mata saya untuk mencintai dan ikut melestarikan kekayaan alam Indonesia. Kami juga para blogger diharapkan terus mengkampanyekan tulisan-tulisan yang menggugah pembaca agar peduli dengan keberlangsungan hutan di Indonesia. Dengan demikian kepedulian kita terhadap alam pun semakin terasah. Hutan sebagai salah satu penyangga kedihupan sudah sepatutnya dijaga agar janggan sampai musnah. Yuk mari lestarikan kekayaan lingkungan dan ikut jaga hutan untuk anak cucu nanti.

View this post on Instagram

Lagi ikutan online gathering bareng @bloggerperempuan nih . Ngobrolin tentang pelestarian hutan lewat adopsi hutan. Sebenernya kalo kita ikut serta dalam program adopsi hutan ini, sama aja kaya kita punya anak yang berupa pepohonan di hutan lho. . Seru deh obrolan kali ini diawali dengan games konsentrasi gitu dipandu kakak @rianibram 😂 . Lanjut ngobrol bareng kak @irham94, kak @satyawinnie, & kak Tian.. diajak jalan-jalan juga lihat hutan-hutan yang ada di Indonesia. Ada desa ketambe, air yang jernih, orang utan yang lagi bergelantungan di pohon, & masih banyak lagi kawasan lainnya. . Yuk kita jaga dan lestarikan bersama kekayaan alam di Indonesia yang beranekaragam ini ❤ . PS. Ada danbo lho lagi pake masker di slide terakhir hihihi . Special thanks buat yg fotoin & ngasuh bocah hahaha @keluarrumahproject . #HIIxBPN #AdopsiHutan @bloggerperempuan @hutanituid

A post shared by Gioveny (@gioveny_) on



69 Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

  1. Aku juga seneng banget udah diundang acar gathering ini, Mbak, meskipun secara daring. Terbuka wawasanku soal hutan terutama dari paparan Winnie. Semoga makin banyak yg ikut melestarikan hutan salah satunya lewat Adopsi Hutan. Salam kenal :)

    BalasHapus
  2. Wah selamat ya ternyata terpilih jadi peserta yg berkesempatan ikut webinar.
    Banyak insight terkait pelestarian hutan ini ya.
    Semakin sayang deh sama hutan, pohon dan lingkungan

    BalasHapus
  3. walaupun jauh dari hutan bukan berarti gak bisa ikut menjaga hutan ya, ternyata bisa lewat adopsi hutan. Lewart donasi & tulisan saling terhubung untuk menjaga hutan Indonesia

    BalasHapus
  4. Hutan sekarang tak hanya paru-paru dunia, tapi juga sumber kehidupan. Jangan sampai anak cucu kita gak ketemu hutan ya. Kita harus ikut jaga kelestariannya

    BalasHapus
  5. Aku kalau ikut webinar ini pasti anakku ikutan nyimak, dia suka sama lingkungan, hutan, tanaman, binatang dll. Makanya masuk kuliah pilih jurusan biologi.

    BalasHapus
  6. Semoga sosialisai ini semakin rutin dan bertambah banyak yang menyuarakan. Seringkali yang tinggal di perkotaan kurang merasa akrab dengan hutan. Padahal kalau hutan sudah rusak, gak hanya yang tinggal di sekitar yang menderita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jadi pengen banget ke Desa Ketambe. Semoga ada rezekinya buat bisa ke sana sekeluarga. Aamiin

      Hapus
  7. Selamat ya, terpilih sebagai peserta dalam online gathering ini. Jadi meningkatkan kesadaran pribadi yang bisa ditularkan ke pembaca, ya.

    BalasHapus
  8. Semua orang PASTI bisa berkontribusi untuk menjaga hutan Indonesia ya
    Kereeenn nih webinarnya!

    BalasHapus
  9. senangnya terpilih sebagai salah satu peserta online gathering ini, jadi lebih meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa..jadi banyak ilmu dan insight baru setelah mengikuti webinar mengenai Adopsi Hutan.

      Hapus
  10. Hutan Indonesia katanya memang berkurang banyak ya sekarang, kalau gak ada pihak2 yang bikin acara kyk gini dan mengingatkan pentingnya hutan khawatir ke depannya bakalan habis dan anak cucu kita gak kebagian apa2 huhu. Semoga hutan Indoensia makin lestari yaa

    BalasHapus
  11. Selamat mba..sudah terpilih ikut acara keren ini. Duuh..indahnya alam Aceh ya.. semoga benar2 dapat terus lestari..

    BalasHapus
  12. Selalu saja ada ancaman akan kelestarian alam tetapi syukurnya, selalu ada usaha sekelompok orang untuk mencegah meluasnya perbuatan semena-mena kepada alam. Juga ada edukasi eperti online gathering ini. Ah, jadi optimis hutan Indonesia akan membaik ke depannya.

    BalasHapus
  13. semoga adopsi hutan bisa jadi langkah nyata untuk melestarikan hutan kita

    BalasHapus
  14. Salut sama orang-orang yang masih peduli dengan hutan dan mau menyebarkannya melalui media online. koreksi diri juga nih hehe

    BalasHapus
  15. bener banget sih mbak, setelah ikut online gathering ini berasa makin cinta dengan hutan Indonesia :)
    apalagi di ajak ke Leuser dan desa Ketambe, uwwww

    BalasHapus
  16. Banyak yang tak aanggap hutan itu ada. Tak tahu manfaat dan fungsinya. Dan pas hutan ilang atau berkurang tak terurus, padahal kita juga yang kena dampaknya. Senang kalau ada keepedulian seperti ini

    BalasHapus
  17. Aku paling senang lihat yang hijau-hijau ginian, Mbak. Walau hanya virtual tapi rasanya 'ngayemi'. Pasti senang ya bisa dapat kesempatan jadi peserta webinar ini kayaknya nggak sembarangan orang yang dapat kesempatan ini.

    BalasHapus
  18. Hutan Indonesia tuh memang cantik ya, jadi sudah selayaknya dijaga oleh semua rakyat Indonesia. KOnsep adopsi hutan ini bagus banget loh untuk dijalankan agar semua orang bisa membantu menjaga kelestarian hutan dengan cara yang paling mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsep adopsi hutan kreatif ya ... bisa sampai berpikir demikian. Semoga bsia deh secara perlahan hutan-hutan di Indonesia kembali kepada fitrahnya.

      Hapus
  19. Huaa ada kak Satya Winie ya aku suka banget sama feed instagram beliau. Btw semoga program adopsi hutan bisa lancar dan makin banyak yang sadar serta peduli hutan ya.

    BalasHapus
  20. Senangnya yaa..meski di rumah aja, tetap bisa belajar apa saja. Termasuk upgrade ilmu tentang hutan lewat Online Blogger Gathering Peduli Hutan ini~

    BalasHapus
  21. Ingat zaman SD yaa...saat materi IPS.
    Semoga hutan di Indonesia tetap lestari dan kita semua bisa bersinergi adopsi hutan dan melakukan kegiatan lingkungan kecil-kecilan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Online gathering membuka mata kita kembali bahwa pentingnya menjaga kelestarian alam di sekitar kita dan kita bisa ikut berpartisipasi dengan adopsi hutan.

      Hapus
  22. asli, mbaak, jadi ikutan pengen ke Leuser yaa.. semoga kita bisa menjejak ke sana suatu hari nanti aamiin dan tentunya semoga kita pun bisa terus menjaga hutan agar tetap luaassss

    BalasHapus
  23. Baru kali ini lho aku ikut webinar yang sangat menginspirasi untuk lebih mencintai hutan :)

    BalasHapus
  24. Semoga makin banyak yang peduli kelestarian hutan kita ya, blogger bisa aktif berpartisipasi kampanye hutan lewat blog..

    BalasHapus
  25. Baca ini rasanya jadi semangat buat jaga hutan :D
    Semoga nggak ada lagi yg ngerusak paru-paru dunia kita ini ya kak :D

    BalasHapus
  26. Pelestarian hutan bukan hanya sekedar segelintir orang akan tetapi juga kita semua.

    Tidak kebayang panas dan bisa terjadi bencana dimana-mana.
    Semangat terus menghadapi cukong penebangan liar.

    BalasHapus
  27. semoga makin banyak yang peduli sama kelestarian hutan ya mbak, karena jujur sedih banget liat berita hutan di eksploitasi untuk gedung2 baru

    BalasHapus
  28. Kelestarian hutan memang harus dijaga ya biar anak cucu nanti bisa menikmati

    BalasHapus
  29. Selamat ya mba sudah terpilih sebagai salah satu dr 30 blogger pilihan..semoga sukses ya..

    BalasHapus
  30. Sampai sekarang aku masih terpukau dengan keindahan Desa Ketambe yang digambarkan oleh kak Winnie kemarin >.< pengen kesana jadinyaaa.

    BalasHapus
  31. Baru tau bgt nih aku ada webinar yg membahas hutan lebih dalam bgni, biasanya ttg parenting trs 😀. Bnr2 jadi tempat edukasi jg ya buat kita biar makin peduli dgn hutan 🥰

    BalasHapus
  32. Mbak gio, selamat ya termasuk dari 30 bloger terpilih aku jadi mau ikut lohhh acaranya keren bgt ya. terima kasih sudah memberikan insight

    BalasHapus
  33. Hutan memiliki peran penting dalam kehidupan, salah satunya sebagai keseimbangan beragam kekayaan hayati. Begitu besar manfaatnya di segala segi kehidupan bagi makhluk hidup serta lingkungan

    BalasHapus
  34. Mantep ih terpilih gathering online dari Blogger Perempuan. Salut 😉

    BalasHapus
  35. Seru banget ya, hutan leuser. Pernah liat di foto2nya leonardo dicaprio saat menjelajah hutan ini buat mendukung kelestarian alam juga.

    BalasHapus
  36. maskernya lucu ya mba,suka deh. Jarang-jarang ada masker gambar hutan dan satwa gitu

    BalasHapus
  37. Senangnya bisa ikutan ...Menjaga kelestarian hutan emang penting banget ..bukan hanya untuk saat ini..tapi untuk kelangsungan hidup di masa depan ya...

    BalasHapus
  38. Ya ampun pasti seru banget jalan-jalan virtual ke Desa Ketambe. Semoga hutan kita tetap lestari sampai anak cucu kelak. Sedih banget lihat hutan di eksploitasi :(

    BalasHapus
  39. Barokallah ya mba bisa ikutan kelasnya nambah ilmu, dan bagaimana harus menjaga hutan dengan baik. Luar biasa memang ya, semoga kita selalu dimudahkan dalam mencintai lingkungan dan hutan

    BalasHapus
  40. aku suka ttg konservasi atau cerita ttg hutan aplg di Indonesia..aku suka hutan dan pantai negeri ini,,,qt punya hutan yang luas,,semoga sampai ke anak cucu kita dlm hal pelestariannya

    BalasHapus
  41. Hutan bisa diibaratkan paru paru bumi, kelestariannya perlu dijaga demi keberlanjutan generasi

    BalasHapus
  42. Yah waktunya sudah lewat ya Kak? Padahal pengen banget ikutan webinar online begini.
    Soalnya seger banget gitu jika kita melestarikan hutan dan memberikan dampak baik terhadap makhluk.

    BalasHapus
  43. wah acara yang keren
    agar kita semakin peduli hutan
    jika memungkinkan, pingin banget ke Leuseur dan Soraya Research Station
    Ingin tahu secara langsung proses adopsi pohon

    BalasHapus
  44. Suka dengan makin banyaknya sosialisasi untuk menjaga hutan kita, karena ini jadi mengingat agar nggak lupa menjaga ekosistem hutan dan kelestariannya

    BalasHapus
  45. walau gak langsung datang ke sana, tp jadi tahu gambaran nyata bagaimana kondisi hutan kita ya. saya ngiri deh sama kamu yg dapat kesempatan emas hadir di event ini

    BalasHapus
  46. Selamat ya mba terpilih sebagai salah satu peserta online gathering ini 😀 semoga kita dan generasi seterusnya bisa melestarikan hutan Indonesia

    BalasHapus
  47. Wah keren mbak bisa terpilih bersama 30 blogger lainnya pastinya dapat banyak ilmu ya selama acara dan pastinya ilmu tersebut diterapkan dan dishare...

    BalasHapus
  48. Kita memang harus lebih menjaga hutan agar lebih lestari, dan acara webinar kayak gini membantu kita agar lebih berpikiran terbuka tentang kesehatan hutan

    BalasHapus
  49. Ancaman illegal logging memang nyata dan serious ya. Kita harus tingkatkan upaya untuk selalu jaga hutan

    BalasHapus
  50. Keren mba bisa ikut ini, pastinya ilmunya banyak banget yang didapet ya, ternyata ada ka Satya Winie ya. Semoga hutan kita makin sehat ya mba dan makin lestari. Jadi pengen ke Leuseur

    BalasHapus
  51. Wah senangnya bisa ikutan webinar ini. Semoga makin banyak orang yang memperhatikan kelestarian hutan ya.

    BalasHapus
  52. Indah hutan di Indonesia jadi gak ada salah nih kita ikut menjaga dan melestarikan hutan

    BalasHapus
  53. Jarang banget ada orang yg benar² terjun kampanyekan utk melestarikan hutan di Indonesia kita ini, jadi kita yg tidak bisa terjun langsung ya bantu support share kampanye ini kepada masyarakat, terutama kita ya mba para blogger.

    BalasHapus
  54. Sayang hanya jalan2 virtual kalau jalan beneran betapa nikmatnya yaaa :D
    Tp emang kondisi blm memungkinkan ya mbak hehe, dengan virtual pun kita jg jadi disadarkan betapa pentingnya manfaat hutan itu :D
    Sedih kalau ada hutan rusak. Dengan acara kyk gini moga makin membuat kita semangat utk ikut menyerukan kampanye menjaga hutan ya

    BalasHapus
  55. Pengen ikutan gathering online seperti ini mba. Ada banyak cara buat semakin peduli ke hutan ya mba :)

    BalasHapus
  56. Unik ya, namanya adopsi hutan..jadi kita ikut bertanggung jawab membesarkan pohon yang kita adopsi. Boleh juga idenya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, kita bisa ikut membantu juga ya jadinya jaga hutan agar tetap lestari lewat adopsi hutan

      Hapus
  57. Paru2 dunia itu katanya ada di Indonesia, ini katanya loh ya nggak tau bener apa nggaknya. Tp apapun itu ya hutan memang harus dijaga, biar bencana alam nggak makin melebar

    BalasHapus
  58. Aku suka sama acara seperti ini...
    Ini akan semakin banyak mengedukasi orang untuk peduli mejaga hutan ya mbak

    BalasHapus
  59. Wah sayang banget gak bisa ikutan, soalnya aku duka banget nih sama topik yang mengangkat tema lingkungan..


    KakasiM sharingnya ya mba

    BalasHapus
  60. Senang banget ada acara gathering secara online dan akhirnya kita punya wawasan mengenai hutan Indonesia ya mbak

    BalasHapus
  61. Seru banget bisa banyak belajar mengenai hutan Indonesia yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  62. Semakin menyadarkan bahwa hutan itu penting untuk dijaga baik oleh mereka yang tinggal d sekitar maupun warga di Kota ya Mbak. Istilah adopsi hutan ini bagus dan unik menurutku

    BalasHapus
  63. Seru banget ada sesi jalan-jalan virtualnya juga. Apalagi ke tempat yang ijo-ijo, bikin pikiran fresh meskipun di rumah aja :D

    Btw mbak, aku masih penasaran, teknisnya adopsi hutan ini gimana sih? Apa tiap orang nyumbang dan menanam pohon di lahan perhutani terus ditinggal aja. Atau tiap orang menanam pohon dan harus dirawat sampai tumbuh besar?

    BalasHapus
  64. jalan-jalan virtual ke hutan tuh seru banget. gak kerasa capeknya tau-tau lihat pemandangan yang belum pernah dilihat. hehe.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama