Online Blogger Gathering: Peduli Hutan Indonesia

Bersyukur sekali rasanya bisa terpilih di antara 30 orang blogger yang ikut memeriahkan online gathering bareng @bloggerperempuan dengan tema "Melestarikan Hutan Lewat Adopsi Hutan". Acaranya dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lho, masih inget nggak kapan terakhir kali temen-temen menyanyikan lagu ini? Suasana online gathering nya jadi khidmat banget deh. Kak @rianibram yang jadi pemandu acara ini pun bikin suasana makin semarak. Biasanya lihat di Televisi nasional aja ya kan, sekarang bisa online bareng.

hutan indonesia

Terselenggaranya event ini salah satunya dengan harapan bisa semakin menumbuhkan rasa cinta kita kepada Hutan Indonesia. Rasa cinta itu bisa dibuktikan secara nyata dengan adopsi hutan sehingga saling membantu berupa dana donasi. Dengan mengadopsi hutan, tentu saja kita ikut membantu orang-orang yang menjaga hutan dan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan. Sebelum sharing session dimulai pun kita diajak main games seru lho supaya lebih konsentrasi ya kan menyimak cerita-cerita dari para narasumber.

hutan Indonesia

Menjaga pohon-pohon di hutan agar fungsi ekologisnya terjaga ya salah satunya dengan adopsi hutan karena melalui pohon asuh ini, kita bisa membantu masyarakat adat dan lokal agar hutan terlindungi dari deforestasi.  Dengan pohon asuh, hutan tetap terjaga, masyarakat bisa menjaga kawasan hutan, dan kesejahteraannya pun meningkat. Hutan Indonesia memang sedang tidak baik-baik saja terlebih lagi di masa pandemi sekarang ini yang dimanfaatkan oleh para perambah liar saat petugas dan penjaga hutan lengah karena fokus mengatasi virus corona, hutan-hutan di Bogor yang seharusnya menjadi daerah resapan air berubah menjadi penginapan, dan masih banyak lagi kerusakan lainnya. Dengan cara berbagi inilah kita setidaknya sudah berbuat sesuatu untuk hutan Indonesia. 

Mas Irham Hudaya dari @leuserconservationforum juga bercerita tentang Hutan Leuseur di Aceh dan berbagai ancaman-ancaman yang dihadapi seperti illegal logging. Keanekaragaman hayatinya yang beranekaragam menjadikan Kawasan Ekosistem Leuser sebagai kawasan penyangga TN Gunung Leuser yang menjadi salah satu warisan dunia UNESCO. Disana juga ada Stasiun penelitian Soraya yang menjadi salah satu tempat penelitian keanekaragaman hayati flora dan fauna yang dilindungi. Stasiun Soraya juga memiliki potensi ekowisata yang beragam lho seperti kegiatan menelusuri hutan, arung jeram atau rafting di sungai Alas, selain itu kita juga bisa berkunjung ke titik-titik air terjun di sekitar Stasiun Soraya.

stasiun soraya

Kak @satyawinnie pun mengajak kami jalan-jalan virtual ke Desa Ketambe, salah satu wilayah di Aceh Tenggara yang menghadirkan paket komplit untuk berwisata alam mulai dari air panas, juga flora, dan faunanya yang beranekaragam. Ketambe merupakan alternatif untuk masuk ke Taman Nasional Leuser. Menuju Ketambe juga lebih mudah dari Medan atau Kutacane, sebuah kota dekat ke Ketambe. Desa Ketambe ini cakupan wilayahnya tidak terlalu luas sehingga bisa dijelajahi dalam waktu yang singkat.

desa ketambe

Pengalaman online gathering kali ini begitu berharga untuk saya karena lebih membuka mata saya untuk mencintai dan ikut melestarikan kekayaan alam Indonesia. Kami juga para blogger diharapkan terus mengkampanyekan tulisan-tulisan yang menggugah pembaca agar peduli dengan keberlangsungan hutan di Indonesia. Dengan demikian kepedulian kita terhadap alam pun semakin terasah. Hutan sebagai salah satu penyangga kedihupan sudah sepatutnya dijaga agar janggan sampai musnah. Yuk mari lestarikan kekayaan lingkungan dan ikut jaga hutan untuk anak cucu nanti.

View this post on Instagram

Lagi ikutan online gathering bareng @bloggerperempuan nih . Ngobrolin tentang pelestarian hutan lewat adopsi hutan. Sebenernya kalo kita ikut serta dalam program adopsi hutan ini, sama aja kaya kita punya anak yang berupa pepohonan di hutan lho. . Seru deh obrolan kali ini diawali dengan games konsentrasi gitu dipandu kakak @rianibram 😂 . Lanjut ngobrol bareng kak @irham94, kak @satyawinnie, & kak Tian.. diajak jalan-jalan juga lihat hutan-hutan yang ada di Indonesia. Ada desa ketambe, air yang jernih, orang utan yang lagi bergelantungan di pohon, & masih banyak lagi kawasan lainnya. . Yuk kita jaga dan lestarikan bersama kekayaan alam di Indonesia yang beranekaragam ini ❤ . PS. Ada danbo lho lagi pake masker di slide terakhir hihihi . Special thanks buat yg fotoin & ngasuh bocah hahaha @keluarrumahproject . #HIIxBPN #AdopsiHutan @bloggerperempuan @hutanituid

A post shared by Gioveny (@gioveny_) on



51 comments:

  1. Aku juga seneng banget udah diundang acar gathering ini, Mbak, meskipun secara daring. Terbuka wawasanku soal hutan terutama dari paparan Winnie. Semoga makin banyak yg ikut melestarikan hutan salah satunya lewat Adopsi Hutan. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. Wah selamat ya ternyata terpilih jadi peserta yg berkesempatan ikut webinar.
    Banyak insight terkait pelestarian hutan ini ya.
    Semakin sayang deh sama hutan, pohon dan lingkungan

    ReplyDelete
  3. walaupun jauh dari hutan bukan berarti gak bisa ikut menjaga hutan ya, ternyata bisa lewat adopsi hutan. Lewart donasi & tulisan saling terhubung untuk menjaga hutan Indonesia

    ReplyDelete
  4. Hutan sekarang tak hanya paru-paru dunia, tapi juga sumber kehidupan. Jangan sampai anak cucu kita gak ketemu hutan ya. Kita harus ikut jaga kelestariannya

    ReplyDelete
  5. Aku kalau ikut webinar ini pasti anakku ikutan nyimak, dia suka sama lingkungan, hutan, tanaman, binatang dll. Makanya masuk kuliah pilih jurusan biologi.

    ReplyDelete
  6. Semoga sosialisai ini semakin rutin dan bertambah banyak yang menyuarakan. Seringkali yang tinggal di perkotaan kurang merasa akrab dengan hutan. Padahal kalau hutan sudah rusak, gak hanya yang tinggal di sekitar yang menderita

    ReplyDelete
  7. Selamat ya, terpilih sebagai peserta dalam online gathering ini. Jadi meningkatkan kesadaran pribadi yang bisa ditularkan ke pembaca, ya.

    ReplyDelete
  8. Semua orang PASTI bisa berkontribusi untuk menjaga hutan Indonesia ya
    Kereeenn nih webinarnya!

    ReplyDelete
  9. senangnya terpilih sebagai salah satu peserta online gathering ini, jadi lebih meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa..jadi banyak ilmu dan insight baru setelah mengikuti webinar mengenai Adopsi Hutan.

      Delete
  10. Hutan Indonesia katanya memang berkurang banyak ya sekarang, kalau gak ada pihak2 yang bikin acara kyk gini dan mengingatkan pentingnya hutan khawatir ke depannya bakalan habis dan anak cucu kita gak kebagian apa2 huhu. Semoga hutan Indoensia makin lestari yaa

    ReplyDelete
  11. Selamat mba..sudah terpilih ikut acara keren ini. Duuh..indahnya alam Aceh ya.. semoga benar2 dapat terus lestari..

    ReplyDelete
  12. Selalu saja ada ancaman akan kelestarian alam tetapi syukurnya, selalu ada usaha sekelompok orang untuk mencegah meluasnya perbuatan semena-mena kepada alam. Juga ada edukasi eperti online gathering ini. Ah, jadi optimis hutan Indonesia akan membaik ke depannya.

    ReplyDelete
  13. semoga adopsi hutan bisa jadi langkah nyata untuk melestarikan hutan kita

    ReplyDelete
  14. Salut sama orang-orang yang masih peduli dengan hutan dan mau menyebarkannya melalui media online. koreksi diri juga nih hehe

    ReplyDelete
  15. bener banget sih mbak, setelah ikut online gathering ini berasa makin cinta dengan hutan Indonesia :)
    apalagi di ajak ke Leuser dan desa Ketambe, uwwww

    ReplyDelete
  16. Banyak yang tak aanggap hutan itu ada. Tak tahu manfaat dan fungsinya. Dan pas hutan ilang atau berkurang tak terurus, padahal kita juga yang kena dampaknya. Senang kalau ada keepedulian seperti ini

    ReplyDelete
  17. Aku paling senang lihat yang hijau-hijau ginian, Mbak. Walau hanya virtual tapi rasanya 'ngayemi'. Pasti senang ya bisa dapat kesempatan jadi peserta webinar ini kayaknya nggak sembarangan orang yang dapat kesempatan ini.

    ReplyDelete
  18. Hutan Indonesia tuh memang cantik ya, jadi sudah selayaknya dijaga oleh semua rakyat Indonesia. KOnsep adopsi hutan ini bagus banget loh untuk dijalankan agar semua orang bisa membantu menjaga kelestarian hutan dengan cara yang paling mudah.

    ReplyDelete
  19. Huaa ada kak Satya Winie ya aku suka banget sama feed instagram beliau. Btw semoga program adopsi hutan bisa lancar dan makin banyak yang sadar serta peduli hutan ya.

    ReplyDelete
  20. Senangnya yaa..meski di rumah aja, tetap bisa belajar apa saja. Termasuk upgrade ilmu tentang hutan lewat Online Blogger Gathering Peduli Hutan ini~

    ReplyDelete
  21. Ingat zaman SD yaa...saat materi IPS.
    Semoga hutan di Indonesia tetap lestari dan kita semua bisa bersinergi adopsi hutan dan melakukan kegiatan lingkungan kecil-kecilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Online gathering membuka mata kita kembali bahwa pentingnya menjaga kelestarian alam di sekitar kita dan kita bisa ikut berpartisipasi dengan adopsi hutan.

      Delete
  22. asli, mbaak, jadi ikutan pengen ke Leuser yaa.. semoga kita bisa menjejak ke sana suatu hari nanti aamiin dan tentunya semoga kita pun bisa terus menjaga hutan agar tetap luaassss

    ReplyDelete
  23. Baru kali ini lho aku ikut webinar yang sangat menginspirasi untuk lebih mencintai hutan :)

    ReplyDelete
  24. Semoga makin banyak yang peduli kelestarian hutan kita ya, blogger bisa aktif berpartisipasi kampanye hutan lewat blog..

    ReplyDelete
  25. Baca ini rasanya jadi semangat buat jaga hutan :D
    Semoga nggak ada lagi yg ngerusak paru-paru dunia kita ini ya kak :D

    ReplyDelete
  26. Pelestarian hutan bukan hanya sekedar segelintir orang akan tetapi juga kita semua.

    Tidak kebayang panas dan bisa terjadi bencana dimana-mana.
    Semangat terus menghadapi cukong penebangan liar.

    ReplyDelete
  27. semoga makin banyak yang peduli sama kelestarian hutan ya mbak, karena jujur sedih banget liat berita hutan di eksploitasi untuk gedung2 baru

    ReplyDelete
  28. Kelestarian hutan memang harus dijaga ya biar anak cucu nanti bisa menikmati

    ReplyDelete
  29. Selamat ya mba sudah terpilih sebagai salah satu dr 30 blogger pilihan..semoga sukses ya..

    ReplyDelete
  30. Sampai sekarang aku masih terpukau dengan keindahan Desa Ketambe yang digambarkan oleh kak Winnie kemarin >.< pengen kesana jadinyaaa.

    ReplyDelete
  31. Baru tau bgt nih aku ada webinar yg membahas hutan lebih dalam bgni, biasanya ttg parenting trs 😀. Bnr2 jadi tempat edukasi jg ya buat kita biar makin peduli dgn hutan 🥰

    ReplyDelete
  32. Mbak gio, selamat ya termasuk dari 30 bloger terpilih aku jadi mau ikut lohhh acaranya keren bgt ya. terima kasih sudah memberikan insight

    ReplyDelete
  33. Hutan memiliki peran penting dalam kehidupan, salah satunya sebagai keseimbangan beragam kekayaan hayati. Begitu besar manfaatnya di segala segi kehidupan bagi makhluk hidup serta lingkungan

    ReplyDelete
  34. Mantep ih terpilih gathering online dari Blogger Perempuan. Salut 😉

    ReplyDelete
  35. Seru banget ya, hutan leuser. Pernah liat di foto2nya leonardo dicaprio saat menjelajah hutan ini buat mendukung kelestarian alam juga.

    ReplyDelete
  36. maskernya lucu ya mba,suka deh. Jarang-jarang ada masker gambar hutan dan satwa gitu

    ReplyDelete
  37. Senangnya bisa ikutan ...Menjaga kelestarian hutan emang penting banget ..bukan hanya untuk saat ini..tapi untuk kelangsungan hidup di masa depan ya...

    ReplyDelete
  38. Ya ampun pasti seru banget jalan-jalan virtual ke Desa Ketambe. Semoga hutan kita tetap lestari sampai anak cucu kelak. Sedih banget lihat hutan di eksploitasi :(

    ReplyDelete
  39. Barokallah ya mba bisa ikutan kelasnya nambah ilmu, dan bagaimana harus menjaga hutan dengan baik. Luar biasa memang ya, semoga kita selalu dimudahkan dalam mencintai lingkungan dan hutan

    ReplyDelete
  40. aku suka ttg konservasi atau cerita ttg hutan aplg di Indonesia..aku suka hutan dan pantai negeri ini,,,qt punya hutan yang luas,,semoga sampai ke anak cucu kita dlm hal pelestariannya

    ReplyDelete
  41. Hutan bisa diibaratkan paru paru bumi, kelestariannya perlu dijaga demi keberlanjutan generasi

    ReplyDelete
  42. Yah waktunya sudah lewat ya Kak? Padahal pengen banget ikutan webinar online begini.
    Soalnya seger banget gitu jika kita melestarikan hutan dan memberikan dampak baik terhadap makhluk.

    ReplyDelete
  43. Masya Allah keren banget Mbak acara webinarnya. Selamat juga telah terpilih sebagai peserta ya? Memang kegiatan melestarikan hutan harus kita lakukan secara kontinyu sekalian juga mengedukasi generasi kita juga agar melakukan pelestarian hutan di Indonesia.

    ReplyDelete
  44. wah acara yang keren
    agar kita semakin peduli hutan
    jika memungkinkan, pingin banget ke Leuseur dan Soraya Research Station
    Ingin tahu secara langsung proses adopsi pohon

    ReplyDelete
  45. Suka dengan makin banyaknya sosialisasi untuk menjaga hutan kita, karena ini jadi mengingat agar nggak lupa menjaga ekosistem hutan dan kelestariannya

    ReplyDelete
  46. walau gak langsung datang ke sana, tp jadi tahu gambaran nyata bagaimana kondisi hutan kita ya. saya ngiri deh sama kamu yg dapat kesempatan emas hadir di event ini

    ReplyDelete
  47. Selamat ya mba terpilih sebagai salah satu peserta online gathering ini 😀 semoga kita dan generasi seterusnya bisa melestarikan hutan Indonesia

    ReplyDelete
  48. Wah keren mbak bisa terpilih bersama 30 blogger lainnya pastinya dapat banyak ilmu ya selama acara dan pastinya ilmu tersebut diterapkan dan dishare...

    ReplyDelete
  49. Kita memang harus lebih menjaga hutan agar lebih lestari, dan acara webinar kayak gini membantu kita agar lebih berpikiran terbuka tentang kesehatan hutan

    ReplyDelete

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram