Insto Dry Eyes untuk Kesehatan Matamu

Sejak terlahir menjadi seorang ibu, hampir tiap saat aku selalu curi-curi waktu untuk pegang smartphone. Entah sekadar mencari hiburan di YouTube, mendengarkan musik, mengambil gambar si kecil saat tidur, browsing resep masakan, sampai ke hal-hal penting seperti membalas pesan dan posting blog. Dalam keadaan gelap dan terang, mata ini tak lepas dari layar smartphone. Bahkan kalau dikejar deadline, sebisa mungkin posting blog sambil menyusui. Saat smartphone sedang diisi dayanya, biasanya aku lanjut menonton televisi atau film di laptop. Gaya hidup berlama-lama di depan layar semacam ini memang bisa bikin lupa tidur dan lupa waktu.


Tanpa sadar, terkadang mataku terasa sepet, perih, dan pegel banget karena terlalu lama kontak langsung dengan layar smartphone. Pernah terasa kering sehingga harus segera diistirahatkan.  Astri Ningsih, alumni fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembangan dalam penelitiannya menguraikan penggunaan smartphone yang berlebihan memang akan meningkatkan risiko munculnya keluhan pada mata penggunanya, misalnya nyeri terasa berdenyut di sekitar mata, penglihatan kabur, penglihatan ganda, mata sulit fokus, mata perih, mata merah, mata berair, mata kering, sakit kepala, dan pusing disertai mual. Terlebih lagi mataku ini penglihatannya sudah kabur saat lepas kacamata, gejala-gejala seperti mata sepet ini kadang mengganggu aktivitas.


Untuk membuat mata nyaman kembali dan terhindar dari mata pegel saat berkegiatan, biasanya aku mengalihkan pandangan dari layar smartphone maupun televisi dan laptop. Seringnya dengan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian, mencuci piring, menyapu lantai, hingga memasak. Setelah pekerjaan rumah tangga selesai, dilanjutkan dengan berbaring sebentar. Untuk saat ini sih, aku lagi coba pakai Insto Dry Eyes juga untuk mengatasi mata kering. Harganya nggak bikin jebol kantong dan mudah ditemukan di minimarket, kemasannya juga menarik lho berbentuk tetes air mata. Insto Dry Eyes ini bekerja sebagai air mata buatan yang melembabkan dan melumasi mata kering sehingga mata kembali segar dan dapat kembali nyaman beraktivitas. Dengan kandungan alami seperti air mata dan ukurannya yang mungil, Insto sangat aman digunakan dan praktis untuk dibawa bepergian.


Penggunaan tetes mata dalam Pedoman Penggunaan Obat Bebas dan Bebas Terbatas yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan menguraikan petunjuk pemakaian obat tetes mata yang sesuai aturan. Pertama, ujung alat penetes jangan tersentuh oleh benda apapun (termasuk mata) dan selalu ditutup rapat setelah digunakan. Kedua, cuci tangan terlebih dahulu, kepala ditengadahkan, dengan jari telunjuk kelopak mata bagian bawah ditarik ke bawah untuk membuka kantung konjungtiva, obat diteteskan pada kantung konjungtiva dan mata ditutup selama 1-2 menit, jangan mengedip. Ketiga, ujung mata dekat hidung ditekan selama 1-2 menit. Terakhir, cuci tangan dicuci untuk menghilangkan obat yang mungkin terpapar pada tangan. Jangan lupa selesai digunakan simpan kembali di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau oleh anak-anak.



Mata lelah memang harus diistirahatkan sejenak sampai benar-benar segar kembali. Kita juga wajib menjaga kesehatan mata dengan asupan nutrisi yang banyak mengandung vitamin seperti buah dan sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan sawi, ikan salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, jeruk, wortel dan makanan lainnya. Pernah saat masih duduk di bangku sekolah, kesehatan mataku terganggu dan itu rasanya nggak enak banget karena mata jadi merah dan sering mengeluarkan kotoran sehingga nggak leluasa untuk bertemu orang lain karena sakit mata itu menular jika menatap langsung penderitanya. Terpaksa deh istirahat dulu di rumah sesuai dengan anjuran dokter. Bagi pembaca yang punya aktivitas segudang jangan lupa dijaga kesehatannya ya khususnya kesehatan mata, karena mata adalah salah satu alat vital yang berfungsi sebagai jendela dunia. Jangankan sakit mata, kelilipan debu saja sudah nggak karuan rasanya gatel maunya digaruk. Yuk jaga kesehatan matamu mulai hari ini!

Source: Pexels

26 comments:

  1. Insto ini wajib banget dibawa ke manapun sih
    Soalnya problema yg mendera mata tuh banyaaaakkk bgt ya sist
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Alhirnyaata bunda yg sakit mata sembuhnya lbh dari 10 hari dengan Insto tuh...Siapa yg ngobatin? Ya, ngobatin sendiri krn lg di rmh home sweet home. Kl kemana-mana juga kena sinar matahari mata jd silau dan sakit. Sampe skrng insto pasti ada di dalam tas kosmetic.

    ReplyDelete
  3. Tetes mata steril kita sama dong, bund 😍 ini wajib sih selalu ada di tas. Indoor or Outdoor butuh selalu!

    ReplyDelete
  4. Tetes mata insto ini memang penolong banget di kala mata sedang perih2nya karena gagdet, trus lihat kemasannya seger ya :)

    ReplyDelete
  5. Insto adalah obat tetes mata botol yang aku kenal.
    Jadi, kalau bicara obat tetes mata otomatis ingat Insto, bahahaha
    Iklan Insto berhasil banget di aku, eui!

    ReplyDelete
  6. Oh ternyata harus cuci tangan dulu ya. Mpo kebiasaan salah dong. Langsung pakai aja insto nya. Perbaiki ah kesalahan

    ReplyDelete
  7. tos sama dengan saya obat tetes matanya

    ReplyDelete
  8. Mata nih emang yang paling penting banget buat dirawat dan di jaga baik-baik. Karena investasi jangka panjang kan yah kak. Untung ada insto jadi sekarang kalau mata capek atau iritasi cepet deh diatasinya, aku juga selalu sedia insto kak dalam tas "3

    ReplyDelete
  9. Di era digital begini, mata memang rentan terkena gangguan. Jadi harus disiplin lagi menjaga kesehatan mata. Stok Insto dry juga buat jaga-jaga

    ReplyDelete
  10. Insto ini salah satu benda yang wajib ada di tas aku mbak, terutama kalo bepergian..

    ReplyDelete
  11. Oooo makanya mataku suka terasa perih ya kalau kelamaan di depan laptop. Emang ternyata pengaruh ya layar laptop dengan kelelahan mata tuh. Kudu sedia Insto Dry Eyes jua nih.

    ReplyDelete
  12. Aku juga paling sebeee kalau mata kering dan gatal mba. Harus selalu sedia produk seperti ini untuk melembabkan yaa

    ReplyDelete
  13. Aku tuh selalu di depan layar komputer. Mata jadi selalu capek. Kayaknya emang harus pakai Insto nih mba buat mata yang mudah capek

    ReplyDelete
  14. Kalau mata saya udah terlanjur mines gara-gara berlebihan menatap layar gadget dan baca buku dengan jarak pandang deket. Setelah mines gini baru sadar kalau menjaga kesehatan mata itu penting bangeet ya Mbak. So bagus nih sekarang udah ada alat tetes mata dari insto yang bisa mengatasi mata kering. Setidaknya dengan penggunaan tetes mata seperti ini bisa menghindarkan kita dari gangguan mata ya seperti minus yang saya alami.

    ReplyDelete
  15. Insto ini udah jadi semacam top mind-nya obat mata ya. Tiap mata ngalamin gangguan, pasti ingetnya pasti Insto.

    ReplyDelete
  16. Insto ini sangat membantu banget bagi kami yang selalu bepergian dengan kendaraan bermotor. Polusi dan sinar matahari yg bikin mata tidak nyaman bisa segera diatasi dengan insto ini

    ReplyDelete
  17. Insto ini ngebantu banget buat saya sebagai pekerja digital dan suka momotoran, kalau mata kering tinggal pakai ini aja.

    ReplyDelete
  18. Iya niiy akutu pke hape sehati Berjam jam ya secara kerjaan melototin layar hape atau laptop terus...huhu kudu nyetok Insto tuh..

    ReplyDelete
  19. PR banget buat aku nih, soalnya seharian depan laptop trus apalagi kalau hari kerja, makanya aku stok juga Insto Dry eyes

    ReplyDelete
  20. Merek fav aku nih, selalu sedia di kotak obat, aku termasuk yang sering banget iritasi jadi harus sedia insto.. apalagi sering banget pedang gadget dan laptop ya huhu

    ReplyDelete
  21. Iya ya kita sekarang udah terpapar dengan radiasi dari gadget. Hape diisi dayanya, eh malah buka laptop. Sama aja mata gak jadi istirahat. Makanya aku suka sedia Insto juga buat mengurangi pedes di mata

    ReplyDelete
  22. Setruju banget mbak, kalau mata lelah harus diistirahatkan. Mata ini aset jd juga jangan sampai dibiarkan kering ya. Pakai insto saat mata udah terasa gak nyaman gtu.

    ReplyDelete
  23. Aku suka takut-takut mau netesin obat mata.
    Jadi mending ngempet kalau perih dan pegal.
    Tapi...pengin coba Insto Dry Eyes aah...
    Mungkin bisa meredakan mata lelah.

    ReplyDelete
  24. Aku tuh sering ngalamin mata perih karena kering akinat kelamaan main game dan nonton drakor..hahaa

    ReplyDelete
  25. Aku beberapa kali ngalamin mata merah gini juga mbak, gegara capen lihatin layar mulu kayaknyaa haha memang kalo udah gitu enak pakai insto ya

    ReplyDelete
  26. Kesehatan mata memang perlu dijaga
    Karena panca indera satu ini benar benar mampu untuk membawa kita kepada hal hal ajaib dalam hidup

    ReplyDelete

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram