Sentuhan Cinta Johnson's: Tips dan Trik Memijat Bayi

Baru kali ini ajak si kecil ke acara khusus seusianya. Biasanya si kecil ku ajak berkegiatan bareng mam nya aja. Tapi di hari selasa kemarin, beda! Kelihatan banget si kecil senang dengan acaranya karena dia leluasa kesana-kemari berkenalan dengan bayi-bayi dan om juga tante lainnya. Mam nya sampe typo live tweet dan susah payah posting medsos karena doi belum bisa duduk manis kakakkk hahaha.



Berlokasi di Gran Mahakam, Johnson mempersembahkan sentuhan cinta untuk para ibu-ibu yang hadir. Ada bapak-bapaknya juga yang setia mendampingi. Atmosfernya beda banget karena baru bertemu lagi dengan teman-teman blogger dari sudut-sudut ibukota. Alhamdulillah aku bisa temu kangen sama Mbak Echa, setelah sekian purnama :')



Kenapa Pijat Bayi Penting?


Kami disambut oleh Ibu Devy Andrie Yheanne yang menyampaikan bahwa selama periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode penting bagi bayi, periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya sampai bayi beranjak dewasa.  Tidak hanya nutrisi yang cukup, namun penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan Ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi. Ritual pijat bayi adalah momen spesial yang membangun ikatan antara ibu dan anak. Salah satu faktor paling penting untuk perkembangan bayi yang sehat dan bahagia adalah sentuhan penuh kasih dari ibu. Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh adalah faktor yang krusial untuk pertumbuhan, komunikasi, serta proses belajar si kecil. Sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia, JOHNSON’S® memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta. Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas. 


Ibu Wynne Lukman menambahkan bahwa sentuhan cinta Johnson adalah program yang sudah ada sejak lama untuk menyiapkan generasi unggulan Indonesia. Di Indonesia, sejak tahun 1992 sudah mulai ada edukasi pijat bayi untuk anak. Di tahun 2017, Johnson juga memecahkan guinness world of record dengan peserta pijat bayi terbanyak. Pemecahan rekor dunia ini tidak lain untuk bisa menyebarluaskan informasi dan ilmu pijat bayi kepada seluruh masyarakat Indonesia. Memijat adalah cara yang menyenangkan untuk membantu mempererat ikatan ibu dan si kecil. Ini merupakan kunci untuk perkembangan bayi.



Pijat bayi biasanya dilakukan sebelum mandi dan sebelum tidur. Saat memijat bayi sebelum mandi, kita bisa menggunakan baby oil. Sebelum tidur malam, kita bisa memijat bayi sebelum tidur dengan baby lotion agar bayi lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Banyak peneliti dan ahli klinis percaya bahwa ikatan positif antara ibu dan anak dapat membantu anak dalam membentuk pondasi untuk hubungannya di masa mendatang.


Ibu dr. Bernie Endyarni Medise SpA(K), MPH melanjutkan bahwa perkembangan otak dan pertumbuhan fisik bayi ada di periode emas kehidupan. Ada empat perkembangan penting bagi anak yaitu gerak kasar, gerak halus, komunikasi berbahasa, dan kemandirian. Perkembangan ini didukung dengan bonding yang tercipta dengan ibu dengan berbagai aktivitas seperti mandi, mengganti popok, memberi makan, bermain, dan aktivitas lain. Manfaat lainnya dari pijat bayi adalah memperlancar pencernaan, peredaran darah, dan pernafasan. Bayi pun bisa tidur nyenyak, lebih awal, dan lebih lama. 


Teknik Pijat Bayi

Berhubung si kecil disana bahagia banget dan aktif sekali, jadi mam nya nggak bisa pijat langsung deh.  Mam cuma perhatikan gerakan-gerakan memijat yang dilakukan dan jangan lupa pilihlah waktu saat bayi sedang bangun dan sadar, tidak terlalu lapar atau kenyang. Jangan lupa cuci tangan dan melepas semua perhiasan yang digunakan ya!

Teknik pijat bayi ini sudah pernah saya lakukan sebelumnya saat si kecil masih berusia sekitar tiga bulan. Pijatannya dimulai dari wajah, dada, perut, kaki, hingga punggung dan tangan. Pijatannya dilakukan selembut mungkin dan tidak memaksakan jika bayi merasa tidak nyaman dengan pijatan yang kita berikan. Yuk Mam mulai pijat si kecil sejak lahir, sentuhan cinta ini sangat bermanfaat loh bagi tumbuh kembang si kecil. Jadi jangan ragu-ragu untuk memberikan sentuhan cinta melalui pijatan pada si kecil ya. Sentuhan cinta itu mudah kok dipelajari!


15 Komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

  1. Pijat bayi emang penting banget ya Mba. Soalnya anak aku kalo dipijat terus boboknya juga nyaman. Bahkan nagih sebelum tidur. Kadang balasa berbalas juga aku minta dipijitin, hahaha

    BalasHapus
  2. Dulu waktu Olil bayi, aku nyari info pijat memijat ini dapatnya konten Johnson ini 😍 keren ya Johnson baby 👍

    BalasHapus
  3. Anak saya juga dr bayi sampe umur setahun rutin dipijat. Sayangnya dukun pijat bayi sekarang ini langka Jadi klu mau pijat bayi hrs antri dan agak jauh dari rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pijat sendiri aja mbak.. biar ikatan batin dengan si bayi lebih kuat :)

      Hapus
  4. Sejak anak2 bayi.. aku udah rutin pijetin sendiri anak2ku baby oil Johnsons...Banyak manfaatnya ya..

    BalasHapus
  5. Johnson's keren banget yaaaa
    selalu mengedukasi parents dgn acara berfaedah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  6. Aku paling suka lihat bayi dipijat apalagi yang sampe bayinya merem-merem keenakan. Pasti boboknya nyenyak abis dipijat hihi.

    BalasHapus
  7. Akh perlengkapan baby yang sampai hari ini salah satu produknya masih aku pakai nih. Baby memang butuh dipijit ya kak

    BalasHapus
  8. Johnson's paling raudeh kebutuhan ibu dan bayi paling terpercaya dr dulu . Habis d pijit pasti nyenyak tidur nya

    BalasHapus
  9. Jadi produk Jhonson ini sudah mulai digunakan sejak aku bayi lo mbak sampai sekarang pun para Keponakanku juga memakai produk produk Johnson

    BalasHapus
  10. Orang dewasa saja suka dan jadi rileks ya mba kalo dipijat, apalagi bayi. Hehe.

    Ditambah lagi pake produk Jhonson yang andalan banget buat bayi. Wangi enak banget.

    BalasHapus
  11. Pijat bayi itu emang penting ya, anak jadi nyaman dan tenang kalau sudah dipijat. Dulu aku juga senang mijat anak-anak, sampai sekarang mereka suka dipijat.

    BalasHapus
  12. Baca ini di kereta jadi kangen my baby Bi. Sudah lama ga mijat, pas ada baby oil jonson di rumah jadi pengen pijat Bi ah

    BalasHapus
  13. Produk Johnson Baby skrg ada kemasan baru anti tumpah ya.. seneng deh.. btw pijat bayi memang bagus lho untuk meningkatkan bonding ibu dan anak, anak pun nyaman, jadi ga mudah rewel :)

    BalasHapus
  14. Menarik acara yg digelar Johnshons secara theraphy pijat bayi ini memberi
    manfaat emosional dimana bisa membuat ikatan atau bonding dengan ibu dan anak pun juga melatih si bayi untuk rileksasi

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama